Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • entries
    12
  • comments
    61
  • views
    9,016

"pemalak" Berseragam Di Terminal 3 Soetta

Sari Suwito

1,018 views

Sebagai warga negara Indonesia, entah harus merasa malu ataupun miris mendengar aduan dari salah satu tamu saya dari Malaysia. Bandara yang merupakan pintu gerbang masuk/keluar wilayah Indonesia ternyata menjadi salah satu aib bagi dunia wisata Indonesia dikarenakan oknum2 yang berada di dalamnya.

Kejadian ini terjadi ketika tamu saya akan masuk boarding room di Terminal 3 Soekarno Hatta, tamu kan diwajibkan untuk scan semua barang bawaan, dan tamu saya membawa hand carry beberapa camilan yang di beli di Bandung serta buah salak yang sudah di packing rapi dalam kardus. Petugas menegur tamu saya, kalau buah salak itu berbau tajam jadi tidak boleh dibawa masuk ke kabin pesawat. Kemudian petugas tersebut dengan tanpa basa basi meminta uang supaya buah salak tersebut bisa dibawa ke atas pesawat. Alangkah terkejutnya tamu saya, karena ini bukan pertama kalinya membawa buah salak ke Malaysia dan tak pernah ada warning kalau buah salak dilarang dibawa ke dalam pesawat.

Tamu saya otomatis merasa geram dan marah, pada awalnya berniat untuk membuang buah salak itu, tapi sayang juga buah salak sudah dipacking rapi. Tamu saya bilang seandainya buah salak itu tadi dibawa dalam plastik, tamu saya berniat menginjak-injak buah salak di depan mata petugas Bandara kemudian melemparkan ke tempat sampah di depan petugas bandara tersebut untuk menunjukkan ketidaksetujuan dengan attitude petugas Bandara tersebut. Tetapi tamu saya sudah terlanjur merasa jengkel dan malas untuk berdebat, akhirnya dengan terpaksa mencari-cari uang rupiah yang masih tersisa di dompetnya, dan sialnya yang tersisa tinggal 1 lembar uang 100ribuan. Walhasil uang 100ribu mendarat dengan terpaksa ke tangan petugas di Bandara dibarengi hati yang dongkol.

Saya tak habis pikir bagaimana mungkin seorang petugas melarang buah salak dibawa ke dalam kabin, tapi begitu dikasih duit 100ribu buah salak tersebut boleh dibawa masuk ke kabin pesawat. Kejadian ini mungkin terjadi di beberapa bandara lain di Indonesia, dan apakah ini mental petugas Bandara di Indonesia yang hobby memalak penumpang pesawat?

Sungguh memprihatinkan...



3 Comments


Recommended Comments

ya inilah yang bikin bangsa indonesia di cap jelek moral nya di mata dunia

hal2 seperti ini lah yang merugikan. Memang kalo Moral Tempe ya begitulah hasilnya. Teman saya juga pernah kejadian begitu, waktu itu dia bawa oleh2 bandung semacam dodol dll dalam 1 box rapi. Kena juga, tujuan dia ke Hongkong mengunjungi sodaranya dan itu untuk oleh2 kesana. Petugas udah gak basa basi lagi langsung nodong  "Kalo Mau Lewat Ada Biaya Retribusi 500 ribu" dalam bahasa Inggris.. Temen saya ini maaf etnis tionghoa, karna mungkin di sangka dia orang Hongkong jadi di palak, tapi temen saya langsung keluarin paspor dan dia yakini kalo dia orang indonesia sampe teriak "Saya Orang Indonesia Pak" . Tapi tetep aja dia bayar dikasih 200 ribu oleh temen ku dan petugas nya mau2 aja.

 

Ya gimana lagi ini salah satu moral jeblok Bangsa Indonesia, pasti kalo orang indonesia yang bermoral sama cuma bilang "Ya biasalah itu saling berbagi lah sama orang indonesia juga, petugas itu juga perlu sampingan kan" Contoh jawaban orang yang bermorla jeblok juga. Seakan2 instansi Pemerintah ini tidak pernah merasa cukup dengan gaji nya, makanya korupsi dimana2. 

 

Oiya sekarang lebih baik kalo ada kejadian apapun dari Instansi Pemerintah yang merugikan kita Masyarakat, langsung bukti foto atau lebih kuat lagi video. Kta harus berani untuk bikin buktinya, langsung foto atau video. Kalo mereka melawan dan mengancam untuk menyita dan menahan kita, cukup bilang "Saya Citizen Journalism" hal itu sama kuatnya dengan "Pers" dan kita punya Hak untuk itu.

 

Maaf karena saya Sarjana Ilmu Politik dan paling sering "Berseteru" dengan Pemerintah ketika masih Kuliah. Kalo denger instansi pemerintah yang kayak Tikus Got langsung Gatel pengen gw apain gtu biar jera tu orang :D

Share this comment


Link to comment

sptnya tamu saya jg ga kepikiran utk  moto2in petugasnya...dan hanya pasrah ketika dimintain duit. akhirnya cuma curhat ke saya dech...hihihi....

dulu jg pernah kejadian di Bandara Polonia Medan, waktu itu mau pameran produk2 hasil olahan kikan dari Malaysia. Petugas Bandara ga kasih ijin masuk untuk produk2 yg mau dipake buat pameran, lalu ujung2nya petugas minta duit dan akhirnya dikasih ijin masuk dech.
 

Share this comment


Link to comment

ya pasti banyak pengalaman kayak gini seh, cuma bagi anak2 forum ya saya sarankan biasakan lah menjadikan diri itu sumber berita dan fakta, jadi selalu siap untuk mengabadikan hal2 negatif yang seperti ini. Agar pemerintah juga bisa mikir kalo ada "korupsi" tingkat rendah di instansi mereka :D

Share this comment


Link to comment
×
×
  • Create New...