Sign in to follow this  
  • entries
    10
  • comments
    68
  • views
    12,057

Hoover Dam, Waduk Terbesar Didunia

Donnie

2,600 views

Bagi para pecinta wisata tentu sudah tidak asing dengan tempat-tempat yang dinobatkan sebagai 'keajaiban dunia' karena keindahan, kemegahan, dan keunikan bangunan peninggalan masa lalu. Candi Borobudur, tembok besar Cina, Machu Pichu, Colosseum Roma, adalah sebagian dari keajaiban-keajaiban dunia tersebut. Namun, keajaiban struktur bangunan era modern juga tidak kalah menarik lho untuk dikunjungi. Salah satu dari kategori ini, yang pernah saya kunjungi adalah Hoover Dam (bendungan/waduk Hoover), bendungan terbesar didunia yang berlokasi digurun Nevada, AS.

Sebenarnya, perjalanan ke Hoover Dam tidak termasuk dalam itinerary saya selama perjalanan di Amrik (yang field reportnya akan saya tulis terpisah). Ide ke Hoover Dam tercetus dari seorang kawan saat kami merapat di Vegas. Ia, yang sebelumnya sempat akan kesana dlm kesempatan yang lalu, karena beberapa hal harus membatalkan keinginannya. Ajakan yang menarik, saya yang pada dasarnya senang keluyuran ke tempat-tempat unik seperti itu langsung menyambut baik ide tersebut. Perjalanan Vegas-Black Canyon, lokasi Hoover Dam memakan waktu sekitar dua jam berkendara dengan mobil. Melintas gurun Nevada yang dingin saat itu-karena sudah menjelang musim dingin-kami harus berjuang melawan silaunya sinar matahari Saking silaunya jarak pandang kami menjadi sangat terbatas sehingga cukup menyulitkan untuk berkendara. Alhamdulillah, walau waktu perjalanan jadi molor kami selamat sampai tujuan.

1375269_10151914414873890_671957699_n.jpg

Sungai Colorado 1

1391708_10151914415748890_672428999_n.jpg

Sungai Colorado 2

Mungkin karena saya berkunjung saat weekend, suasana disana lumayan ramai. Setelah membayar tiket tour sebesar US$ 11, saya mengikuti guide yang menjelaskan latar belakang dan sejarah pembangunan Hoover Dam. Terletak di perbatasan antara negara bagian Nevada dan Arizona yang dipisahkan oleh sungai Colorado. Tepatnya di Black Canyon, ngarai dengan perbukitan batu menjulang dan jurang-jurang yang dalam. Menurut si guide, pada 1930, tim ahli pemerintah AS menyadari potensi besar aliran sungai Colorado sebagai penghasil listrik dan sumber irigasi bagi negara bagian California, Nevada, dan Arizona. Untuk itu, pemerintah AS pimpinan Presiden Herbert Hoover-yang namanya digunakan sebagai nama waduk- harus membangun sebuah waduk berukuran raksasa untuk membendung aliran sungai dan mengalirkannya sesuai kebutuhan.

1380347_10151914419363890_557480227_n.jpg

Halaman depan

1375727_10151914417488890_727762732_n.jpg

Pemandangan dari atas

1391973_10151914419813890_2123543076_n.jpg

Selain sebagai pembangkit listrik dan irigasi, waduk tersebut juga berfungsi sebagai pengontrol banjir. Namun, bukan perkara mudah untuk membangun waduk-apalagi berukuran raksasa-dengan kondisi geografis Black Canyon yang berbukit batu lengkap dengan jurang-jurangnya yang dalam. Tak heran, pembangunan waduk yang dilaksanakan oleh Six group of companies. Inc. membutuhkan waktu sampai lima tahun (1931-1935). Ribuan pekerja yang dilibatkan dalam megaproyek tersebut mengakui kesulitan yang mereka hadapi sehingga membutuhkan skill yang tidak biasa untuk menyelesaikannya. Korban tewas dalam pembangunan konon mencapai ratusan orang. Belakangan, setelah jadi waduk terbesar dunia itu mempunyai fungsi lain sebagai obyek wisata karena struktur bangunannya yang unik dan pemandangan alamnya yang indah.



15 Comments


Recommended Comments

@deffa: Hehehehe..iya, Mas..baru sempet lg main2 kesini..kmrn2 sibuk bgt..semlm mata jg udah sepet bgt tp pengen nulis..ya nulis yg singkat padat aja deh..

@Om Rudi: Rugi ah ksana, boss..saya mah mending ke Jatiluhur aja..hehehehe

Share this comment


Link to comment
On 11/30/2015 at 8:18 AM, deffa said:

ok mas @Donnie kalo poto nya masih ada di reupload lagi aja sayang :D

Cieeee manggil sayang *ehhh wkwkwkwkwk

12 hours ago, Donnie said:

dapet juga tuh foto2nya Bro @deffa..buat Bro @HarrisWang monggo..semoga bermanfaat, thx seblmnya

Wahhh... gede banget ya. ckckckck Keren mas!

Share this comment


Link to comment
15 hours ago, budhi sugeng said:

kayak di film apa gitu ya..yang gempa -gempa gitu...pernah liat sekilas..mantep nihh tapi ngeri liatnya .:salut

yup itu ada di film Transformer ke Satu mas :D 

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now