Sign in to follow this  
  • entries
    25
  • comments
    105
  • views
    18,022

Celoteh First Trip Luar Negeri: Singapore 2D 1N

zeekyuryu

1,371 views

2x_zps55088ae9.jpg

Sebenernya mau masukin ini ke Field Report tapi dengan alasan akan lebih banyak curhat ga jelas jadi mendingan masuk ke blog aja deh. hehehe...

Singapore, negara kecil tetangga sebelah Indonesia ini sudah langganan menerima turis dari berbagai negara, tak terkecuali dari Indonesia. Nggak terlalu berasa di luar negerinya karena memang rata-rata pedagang bisa berbahasa Indonesia dengan baik, heheh.

Weekend kemarin, tepatnya tanggal 3 Mei 2014, aku berkesempatan mengunjungi Singapore yang seolah menjadi kunjungan internasional hampir wajib bagi para Indonesian. kenapa begitu? mungkin karena rate tiket pesawat yang murah dan sudah banyak banget yang pergi ke sana, jadi kayaknya kurang afdol kalau keluar negeri tapi belum ke Singapore. IMHO aja sih :D

Trip kali ini sama temen-temen dan bos kantor. Total 5 orang dengan komposisi semua wanita. Yeaaah Girls' days out! Nggak paham sama harga pasti tiket pesawatnya berapa, yang jelas kita berangkat pakai Tiger mandala pukul 7 pagi dari Jakarta.

Honestly, this is my first flight dan pastinya first trip juga keluar negeri! Jadi mohon maap kalau agak-agak norak gitu hahaha :D

Kami berlima berkumpul di Bandara Soetta sekitar pukul setengah 6 pagi. Udah web check in dan langsung masuk. Kami pun take off sekitar pukul setengah 8an. Sampai Sin sekitar pukul 09:30 waktu sana. Sambil muter-muter, foto-foto, ke toilet, dan sebagainya, kami sampai di York Hotel dengan taxi pukul 11-an.

Note dulu: XL ku ga bisa. Padahal udah ngikutin apa kata Momodddd @deffa *sob* :( :( :( Jadi, apalah daya, wi-fi baru nyala di hotel. Dan sedikit merana tanpa internet sepanjang hari. hehe.

Lanjut, setelah beristirahat sebentar, kami pun langsung menuju Paragon untuk makan siang. Mengikuti itinerary si bos, makanya makannya di Paragon, tepatnya di Soup Restaurant. Makan ayam jahe yang katanya enak. Dan yeah, masih aneh sih sama lidahku, jadi nyicip dikit aja.

Ini resto emang rame parah sih. Tapi kalau dilihat-lihat emang hampir semua resto ramai dan penuh. Entah memang sudah biasa seperti ini atau karena hari Sabtu, tapi antreannya teratur dan pelayanannya cepat. Meski antre, tapi ga lama gitu.

Selesai isi perut, kami keluar ke Orchard untuk menuju stasiun MRT. Nggak lupa sih foto-foto sepanjang jalan dan nyoba es 1 dollar yang sangat populer itu. Pilihanku tetap jatuh pada rasa cokelat, no other!

Kesan pertama tentang Orchard, yaaaa keren. Ramai tapi bersih dan nyaman. Menariknya lagi memang lalu lintasnya juga. Waktu menuju hotel, kami lewat Bugis dan memang macet. tapi masih lebih manusiawi dibanding Jakarta :D lebih rapi lah. Cuma di Orchard ini penyebrangan yang fokus pada zebra cross itu bkin seneng lihatnya. beberapa lokasi di Jakarta memang udah banyak yang tertib menyebrang di zebra cross tapi masih ada juga yang suka iseng nekad nyebelin. *jadi inget kejadian Mampang. colek @adel_lia :D

Kembali ke perjalanan kami di Singapura. Karena 3 di antara kami membawa kartu MRT teman dari Indonesia, jadi kami hanya perlu top up 10 dollar untuk bisa jalan-jalan pakai MRT. (semua kartu yang dibawa ternyata saldonya tipis semua). Dan 2 di antara kami akhirnya beli kartu tourist pass seharga 20 dollar untuk satu hari (10 dollarnya bisa refund keesokan harinya).

Kunjungan sekarang menuju Sentosa. Setelah lihat-lihat peta dan bertanya pada petugas, kami pun menuju Stasiun Harbour Front. Untuk menuju stasiun tersebut dari Orchard, kami transit dulu di Dhoby Gaut untuk pindah jalur ke Harbour Front.

Sampai di sana, langsung naik melalui Vivo City mall. Masuk untuk naik monorel dengan harga 4 Dollar. Tapi turis pass ga bisa masuk dengan kartu tersebut alias harus beli kartu baru. Yang kami tuju adalah Sentosa Island. Niat pertama mau ke Aquarium terbesar di dunia itu tapi karena sudah agak sore dan mereka tutup pukul 18:00, kami pun mengurungkan niat. Akhirnya hanya bermain di depan saja dan pastinya fto-fto mainstream di depan Universal Studio :/

Habis puas fto-fto, si bos pengen main kasino di bawah. Akhirnya pada ke sana, dan saya serta 1 teman ga ikut masuk. Istirahat duduk-duduk di depan aja sambil jajan-jajan dikit. Setelah itu, keluar Sentosa dan kembali ke Vivo City.

Di Vivo ini mampir ke Candy Empire cuma sekali turun dari lantai loket menuju Sentosa itu (Kalau ga salah inget ya). Di sini belanja cokelat buat oleh-oleh. Harganya ga murah dan ga mahal juga kayaknya. Standard aja. Aku beli 3 Pergale seharga 12 dollar sin. Ada juga cokelat yang per gramnya 4 dollaran. Atau 10 sgd 3 juga ada. Macem-macem dan memang ramai tokonya.

Selesai belanja cokelat, kami kembali menuju Dhoby Gaut untuk lanjut ke Esplanade. Kenapa ke Esplanade? Karena niat kami mau ke Merlion. Tapi ternyata, sepetinya kami salah. hehhe tiba di Esplanade, dari MRT keluar cari Esplanade nya jauuuh banget. dan sepi. Gedung yang mirip nanas ini ga terlalu jd pusat perhatian turis sepertinya. setelah ambil gambar sedikit, lanjut deh jalan lagi ke Merlion Park.

Nah, di sini baru ramai banget. Harus pinter-pinter ambil spot biar bisa foto-foto berlatar si Merlion. Hheheh.. puas gaya-gayaan sambil nikmatin pemandangan yang mulai senja, kami lanjutkan perjalanan menuju Mustafa Centre.

Karena si bos juga belum pernah ke Mustafa Centre, kami hanya berpatokan menuju Litte India. Ternyata salah, harusnya kalau mau ke Mustafa Centre, MRT terdekatnya adalah Farrer Park. Naik lagi, cuma 1 stasiun setelah Little India, kami pun sampai di Mustafa.

Oya, karena sebelumnya tepar banget, jadi istirahat dan leha-leha di Sevel MRT abis dari Merlion. Sampai di Mustafa Centre kira-kira jam 8an dan capek banget. Laperrr... akhirnya malah ga ke Mustafa Centrenya. Membelok ke belakang Mustafa, mall apa ya.. lupa.

Yaudah, makan di Food Republic. Aku pesan Yong Tofu harganya 5 sgd. Enak sih seger banget kuahnya. 9 items pilih sendiri isinya. Aku sih pilih bola-bola seafood, tahu, telur, seaweed, sama sawi. Pakai nasi dan ternyata kenyang banget.

Udah kekenyangan dan capek parah, jadi ga nafsu ke Mustafa Center. Beruntung, di lantai yang sama dengan Food Republic ini lagi ada pameran handmade gitu. Lihat-lihat banyak yang lucu dan lumayan murah. Pernak-pernih alat-alat rumah tangga sampai stationary dan juga fashion. Di sini, aku beli jam tangan lucu gitu 2 biji dengan harga @ 8 sgd.

Kami pun kembali sekitar pukul 10-an dan sampai di hotel jam 11-an. Yah, mengakhiri perjalanan hari ini dengan cape banget jadi langsung istirahat. see ya di hari kedua.

Hari kedua

Hari kedua di Singapore hmmm mungkin kami terlalu lelah. Akhirnya karna kaki pada sakit gt, kami pun masih berleha-leha hingga pukul 10an. Baru mulai beranjak untuk siap-siap jalan lagi dan pukul 12 kami check out. Nitip barang di hotel lalu melangkah.

Hari ini memang dikhususkan utk jalan cari oleh-oleh alias belanja. Kami mengunjungi mall pertama yang terdekat dengan hotel, yaitu di Far East. Di sini, ada toko langganan si bos kalau beli sepatu, yaitu Mondo. Sebelum ke sana, mampir dulu di toko pernak-pernik atau oleh-oleh gitu. Maaf lupa namanya, yang jelas masuk dari pintu samping gitu langsung di depannya. Nah di sini, yang jual kayaknya orang India. Harganya bisa ditawar lumayan jauh.

Di sini dapet harga 15t sgd untuk kaos yang ada tulisan Singapore nya. Di barcode sih harganya 25 sgd tapi bisa ditawar jd 15. Mungkin harganya emang sgitu. Ga tau kemahalan atau ga, tapi pas lihat di bandara harganya 29 sgd untuk kaos yang sama. wew!

Pajangan-pajangan gitu juga banyak di sini. temenku dapet 20 sgd 3 bji. Waktu lihat yang sama di Takashimaya 1 nya 10 sgd heheh ya iya sih beda tempat beda rate haha. Ada juga gantungan kunci 10 sgd 3 biji. Tapi kami berniat memang tdk membeli gantungan kunci karena terlalu mainstream (hmm padahal lainnya juga oleh2 mainstream yak. hahah mgkn karena klo gantungan itu kayak ga kepake aja di orang2 sekitar).

Abis beli-belian oleh-oleh di sini, kami ke Mondo itu. Sepatunya emang lucu-lucu. Docmart keren gitu cuma 20-30-an sgd. Kalau di Indonesia harganya bisa 400 ribuan minimal. Lumayan lah lebih murah dikit. Kebetulan emang tokonya mau tutup jadi sale mereka.

Far East ini kayak ITC sih dan banyak toko yang tutup ga tau kenapa, jadi abis pada belanja sepatu (yang mana itu lamaaaa banget hahah maklum cewe semua) lalu lanjut deh menuju ION Plaza.

Di sini, tetep yang dimampirin toko sepatu lagi haha. Rubi, kayaknya udah pada tahu nih. Si Rubi ini rame banget lagi gelar sale. 30 sgd 2 pasang sepatu dan ada juga yang sepasangnya 10 sgd. Dompet tas gitu harganya 20 sgd dan kacamata gitu juga 10 sgd/pcs. Yah masih lama lagi sih di sini. kelamaan milih-milih dan coba-coba ahhha.

Selesai dari Rubi, kami makan siang. Udah ga tahan. Makan lah akhirnya kita si laksa itu. Untung ada porsi kecil dan besar jadi aku pilih porsi kecil yang sebenernya gede juga sih. Harganya 5 sgd kurang lebih.

Beres makan, sekalian balikin kartu MRT yang tourist pass dan minta refundnya. Abis itu jalan lagi nyari Watson karena ada yang mau dibeli di sana. Sambil nunggu yang pada ke Watson, aku masuk deh ke toko stationary Typo dan ini sumpah lucuuu banget di sini.

Barang-barangnya bkin mupeng gitu. mulai dari alat tulis, pajangan meja, dinding, sampai pernak-pernik lainnya. Nah di sinilah akhirnya saya beli oleh-oleh buat temen. Tote bag lucu gitu yang harganya 2 sgd/pcs. Lumayanlah. Beli 3 dulu karena rencananya mau hunting yang lain. Tapi ternyata waktu udah mepet banget pas sorenya dan kebetulan lewat toko ini lagi, jadi aku pun kembali dan membeli lebih banyak lagi. Mas-masnya juga lucu kok #salahfokus hahaha

Masih dalam situasi belanja. Putar sana putar sini lihat-lihat sejumlah brand fashion dan kosmetik dunia gitu. Lihat-lihat aja karena kebetulan emang kerjaan kami berhubungan dengan fashion dan lifestyle. Yaudah puas mondar-mandir, keluar Orchard lagi dan beli es 1 dollar lagi.

Lanjut ke Takashimaya yang mana aku hanya bisa melihat-lihat. Harganya jauh banget dari budget. Oya, temenku beli kit kat hijau di sini. Karena ga ada kan di Indonesia, katanya. Kalau ga salah, 1 pack gitu 8 sgd.

Lokasi belanja kami akhirnya berkutat di daerah ION aja. Lucky Plaza ga kami kunjungi karena ternyata udah sore banget. Jadi cari yang sekalian jalan balik ke hotel aja.

Sampai di hotel jam setengah 6. sesuai yang kami rencanakan. Packing lagi di toilet hotel dan jam 6 taxi kami pun datang. Lalu lanjut ke Bandara.

Sampai di bandara, kami coba web check in dan ternyata gagal. Baru tau kalo web check in paling lambat 72 jam sebelumnya. Hmmm.... ga tau deh gmana yang jelas antrean check in biasa masya Allahhh panjang banget. Untungnya kita nanya-nanya petugas dan dikasih tunjuk antrean khusus Jakarta yang ternyata sepiii. Yeay! Mungkin orang-orang pada langsung antre aja jadi ga tau kalau ada loket di ujung yang kosong.

Masih 2 jaman lebih menuju waktu flight. kami pun muter-muter bandara lagi. Ada pesenan parfum, cokelat, dsb jadi belanja lagi di sini. Kalau oleh-oleh ga recommended emang belanja di bandara karena jadi mahal banget. Puas belanja dan makan malem dulu di McD, abis itu benar-benar pulang ke Indonesia.

Setengah 12 lah sampai di Jakarta dan langsung menuju rumah masing-masing. 2 days for my first experience.. it's awsome Alhamdulillah :)

es 1 dolar .jpg

esplanade ramerame.jpg

soup resto di paragon.jpg

yong tofu.jpg

art di esplanade.jpg

candy empire vivo1.jpg

lupa ini dimana.jpg



4 Comments


Recommended Comments

hahay ke spore ya kemaren :D

wah gak bisa ya XL nya, aneh, padahal di web nya harusnya bisa

apa udah setting manual ke provider singapore ?

Share this comment


Link to comment

hahay ke spore ya kemaren :D

wah gak bisa ya XL nya, aneh, padahal di web nya harusnya bisa

apa udah setting manual ke provider singapore ?

udaaah ommm :( tapi tetep aja ga bisa inetan di sana hiks :(

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now