• entries
    360
  • comments
    1,267
  • views
    371,184

T-Money M-Pass Vs T-Money, Mana Yang Lebih Oke?

vie asano

2,883 views

images?q=tbn:ANd9GcTlrdSDYHDEsETqXGcsNWE

Saya ingin melanjutkan sedikit tulisan tentang aneka kartu sakti yang berlaku di Seoul. Sebelumnya saya sudah menulis tentang T-money, yang saking panjangnya, tulisannya sampai dibagi dalam bagian 1 dan bagian 2. Sekarang saya ingin berbagi informasi tentang kartu lainnya yang biasa diperlukan oleh wisatawan asing di Seoul, yaitu T-money M-Pass dan Seoul City Pass, namun saya ingin fokus dulu pada T-Money M-Pass. Apa bedanya T-money M-Pass dan T-Money biasa? Mana yang lebih menguntungkan bagi wisatawan asing? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Tentang T-money M-Pass

T-money M-Pass (selanjutnya akan saya sebut dengan M-Pass saja) merupakan singkatan dari T-money Metropolitan Pass. Kartu ini sejatinya merupakan sebuah kartu transportasi yang menawarkan kesempatan untuk naik aneka transportasi umum di Seoul secara cuma-cuma, selama sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berbeda dengan T-money yang sifatnya lebih sebagai e-money.

Perbedaan lainnya, M-Pass ini dijual dalam sistem paketan yang terdiri dari 1 Day Pass, 2 Day Pass, 3 Day Pass, 5 Day Pass, dan 7 Day Pass. Masing-masing paket dibandrol dengan harga yang berbeda. Makin besar paketnya, makin banyak diskon yang bisa didapat sehingga jatuhnya lebih ekonomis. Untuk lebih detailnya, lihat di bagian keuntungan dan kekurangan dari M-Pass.

Keuntungan menggunakan M-Pass

Alasan pertama, kartu M-Pass ini merupakan kombinasi antara free pass transportasi dan kartu T-money. Jadi seandainya pun paket yang Anda beli sudah habis masa berlakunya, kartu M-Pass ini bisa digunakan sebagai kartu T-money. Syaratnya, Anda hanya perlu untuk mengisi saldonya saja.

Alasan kedua, karena M-Pass ini dapat digunakan juga sebagai T-money, maka Anda sekaligus bisa menggunakan kartu ini di tempat-tempat yang menerima T-money (lihat disini).

Alasan ketiga, dengan membeli M-Pass, Anda akan mendapat kupon diskon untuk masuk ke berbagai tempat wisata. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

-Myungdong Hanjeungmak (30%)*

-Myungdong Mud (30%+sertifikat)*

-Sejong Center (10%), khusus untuk performing arts*

-Dragonhillspa (diskon KRW2000)*

-N Seoul Tower (10%)*

-Chongdong Theater (10%)*

-Lotte World (10%)*

-Sachoom Dance-Musocal (20%)*

-diskon khusus di beberapa restoran di Myeongdong.

-Seoul Museum of Art (gratis)

Alasan keempat, terkadang suka ada penawaran khusus jika membeli tiket masuk ke berbagai tempat wisata menggunakan M-Pass, termasuk diskon untuk masuk ke tempat wisata lain yang belum saya tulis di atas. Info detail bisa didapat saat membeli M-Pass.

Kekurangan dari M-Pass

1.M-Pass ini hanya dapat digunakan maksimal 20x dalam sehari, dan hanya dapat digunakan untuk moda transportasi tertentu. Berikut daftarnya:

-Seoul Metropolitan Rapid Transit Lines 5-8

-Korail

-Seoul Metropolitan City Metro Line 9

-Korea Airport Train (Stasiun Seoul-Incheon International Airport)

-Incheon Metro T-money M-Pass & Subway

-Seoul Green and Blue bus

Catat: Kartu tidak dapat digunakan untuk: Shinbundang Line (DX Line), GyeongchunLine (ITX Line), Korea Airport Express Train, dan Red Bus.

2.Harganya relatif mahal, kecuali jika Anda berencana untuk pergi ke banyak tempat dalam durasi waktu paket pembelian M-Pass.

3.M-Pass punya masa berlaku yang terbatas, yaitu maksimal 1 bulan sejak pembelian. Paket dihitung sejak kartu pertama diaktifkan, dan masa berlaku paket habis pada tengah malam di hari terakhir. Berbeda dengan T-money yang tidak punya masa kadaluarsa.

Harga M-Pass

1-Day Pass: KRW10000*

2-Day Pass: KRW18000* (disc 10%)

3-Day Pass: KRW25500* (disc 15%)

5-Day Pass: KRW42500* (disc 15%)

7-Day Pass: KRW59500* (disc 15%)

Harga tersebut belum termasuk dengan deposit sebesar KRW4500* (refundable) dan biaya service sebesar KRW500* (non-refundable).

Dimana bisa membeli M-Pass?

M-Pass bisa dibeli di berbagai pusat informasi wisata di Seoul, di antaranya adalah Seoul Global Culture & Tourism Center di Myeongdong dan Gangnam Tourist Information Center. Detailnya bisa dilihat disini dan disini. Bisa juga meminta bantuan dari mobile tourist offices di Seoul. Atau jika Anda masuk ke Korea Selatan lewat Incheon International Airport, bisa membeli M-Pass di tempat-tempat berikut ini (pukul 07.00-22.00 setiap harinya):

-Meja informasi utama yang ada di lantai kedatangan di Bandara Incheon.

-Meja informasi utama di Bandara Incheon. Bisa hubungi nomor ini: 032-743-3270 (bagian Timur), 032-743-3272 (bagian Barat).

Oya, saat membeli M-Pass ini Anda harus mengisi formulir khusus, karena M-Pass memang dikhususkan untuk wisatawan asing.

Sedangkan untuk proses top-up (jika ingin menggunakan M-Pass sekaligus sebagai T-money), bisa dilakukan di tempat-tempat yang menerima top-up T-money. Bisa juga dengan melakukan top-up sendiri di berbagai stasiun. Infonya bisa dibaca disini.

Prosedur penggunaan M-Pass

Prosedurnya tak jauh berbeda dengan penggunaan T-money. Bisa baca di bagian ini ya.

Prosedur refund

Saat masa berlaku paket sudah habis dan ingin me-refund biaya deposit sebesar KRW4500* (maupun jika ingin me-refund sisa saldo jika kartu sudah digunakan sebagai T-money), proses refund bisa dilakukan di tempat-tempat berikut ini:

-Tourist Information Center di depan Exit 5 dan 10, Lantai 1 Incheon International Airport;

-Seoul Global Culture & Tourism Center di Myeongdong;

-Gangnam Tourist Information Center;

-GS25 Convenience Store.

Kesimpulan

Mengingat adanya batasan maksimal 20x naik aneka moda transportasi dalam waktu sehari, perlu kejelian lebih untuk mengatur itinerary wisata agar kartu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Terlebih karena ternyata tidak semua moda transportasi bisa diakses menggunakan M-Pass. Jadi saran saya, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli M-Pass dengan selalu merujuk pada itinerary wisata Anda. Jika tidak yakin bisa memaksimalkan jadwal, atau berniat wisata secara santai saja, disarankan untuk menggunakan T-money biasa dibanding membeli M-Pass.

***

Untuk ulasan tentang Seoul City Pass, tunggu tulisan selanjutnya.

***

* Harga/syarat & ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.



1 Comment


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now