• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,377

Tips Jalan-Jalan Hemat Ke Hong Kong: Mencicipi Jajanan Khas

baihaki1985

5,135 views

Tips jalan-jalan hemat ke Hong Kong kali ini masih bertema tentang makanan. Kalau sebelumnya adalah tempat-tempat yang menawarkan makanan murah, maka kali ini kita bicara tentang jajanan khas yang bisa dijumpai di Hong Kong. Dan tentu saja, jajanan-jajanan tersebut bisa diperoleh dengan harga yang tidak bikin kanton cekak. Jadi, jangan khawatir bagi yang suka backpackeran dan jalan-jalan hemat.

Menemukan jajanan atau pun cemilan khas di Hong Kong bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan dengan mudah. Ingin mencari tempat yang menjual cemilan enak? Gampang saja sih, cari tempat yang antreannya panjang. Maka bisa dipastikan kalau tempat tersebut menjual makanan yang enak, syukur-syukur juga bisa didapatkan dengan harga murah.

Terdapat berbagai macam jajanan lokal Hong Kong yang bisa Anda coba pada saat berkunjung ke bekas jajahan Inggris ini. Kalau penasaran, berikut ini adalah beberapa cemilan khas Hong Kong yang bisa Anda jadikan target pencarian pada saat datang ke Hong Kong.

Egg Puff

Cemilan yang pertama bernama egg puff, kerap juga disebut dengan nama egette, egg wafle, bubble wafle dan kalau di bahasa kanton bernama gai daan jai. Seperti namanya, jajanan ini memang dicetak dalam bentuk bulatan-bulatan kecil yang terkumpul jadi satu. Jadi semacam kayak pancake tapi cetakannya menonjol bulat-bulat.

blogentry-28968-0-76470100-1405605650.jpg

Jajanan ini cukup populer di Hong Kong dan Makau. Bahannya pun tidak terlalu sulit, dibuat dari campuran telur, gula, tepung serta susu. Biasanya Egg puff ini paling enak dimakan pada saat masih panas. Bisa dimakan secara langsung atau juga bisa dimakan bersamaan dengan selai rasa buah, cokelat ataupun kacang.

Pineapple bun

Meski namanya pineapple bun, cemilan yang satu ini sama sekali tidak menggunakan nanas sebagai bahan bakunya. Penamaan tersebut dikarenakan bagian atas cemilan ini biasanya dibentuk menyerupai kulit nanas. Pineapple bun atau yang juga disebut dengan nama bo lo baau ini cukup populer di Hong Kong dan Makau. Namun di chinatown di seluruh penjuru dunia, jajanan yang satu ini akan sangat sulit dijumpai.

blogentry-28968-0-35701600-1405605658.jpg

Untuk yang muslim, sepertinya nggak disarankan untuk mencoba cemilan ini. Hal ini karena salah satu komposisi untuk membuat pineapple bun ini adalah lemak babi. Bahan-bahan lainnya menggunakan gula, telur serta tepung. Kadang kue ini diberi variasi dengan isian di dalamnya. Meski cukup populer, banyak juga yang kurang begitu suka dengan cemilan ini karena dianggap mengandung banyak lemak dan kolesterooolll.

Egg tart

Cemilan ini cukup sering masuk dalam liputan kuliner di televisi. Terlebih kalau liputan yang menampilkan tentang makau ataupun Hong Kong. Selain di dua tempat tersebut, egg tart juga kerap dijumpai di negara Eropa seperti Portugal serta Inggris. Seperti diketahui, Makau dan Hong Kong merupakan bekas jajahan dari dua negara Eropa itu. Jadi tidak heran kalau makanan ini pun menjadi cukup populer di Hong Kong.

blogentry-28968-0-65956300-1405605666.jpg

Seiring dengan perkembangan zaman, egg tart yang bisa didapatkan di Hong Kong pun mempunyai berbagai variasi. Bukan hanya egg tart biasa. Kini juga terdapat beberapa jenis lainnya seperti egg tart putih telur, egg tart susu, egg tart madu, egg tart rasa jahe dan lain-lain. Pada awalnya, egg tart merupakan makanan asal Portugal yang bernama pastel de nata. Namun makanan ini merambah ke Hong Kong dari Makau dengan sedikit adopsi.

Shaqima

Makanan yang satu ini cukup banyak bisa dijumpai di daerah-daerah pemukiman warga Cina. Shaqima merupakan sebuah cemilan manis dan bahan dasarnya terbuat dari gula batu, tepung serta butter. Makanan ini juga cukup populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Di Hong Kong sendiri terdapat sebuah brand yakni 'Dynasty' yang sudah terkenal sejak tahun 1945 dan bisa dijumpai di supermarket atau toko lokal.

blogentry-28968-0-23180100-1405605671.jpg

White Sugar Cake

Kue yang juga dikenal dengan nama Bak Tong Gou dalam bahasa kanton ini menjadi salah satu jajanan yang cukup umum di Hong Kong. Terbuat dari campuran tepung beras, gula, air dan ditambah dengan ragi, kue ini biasanya dicetak dalam bentuk lingkaran. Kemudian pada saat penyajiannya, dipoting kecil-kecil serta berasa manis.

blogentry-28968-0-86640100-1405605812.jpg

Put Chai Ko

Ini adalah salah satu jenis makanan yang populer di Hong Kong. Berbentuk puding, put chai ko mempunyai rasa yang manis. Selian dikenal dengan nama put chai ko, kue ini juga kerap disebut dengan nama red bean pudding, put chai pudding, bootjaigo ataupun earthen bowl cake.

blogentry-28968-0-09781400-1405605676.jpg

Makanan ini konon berasal dari sebuah tempat di Cina yang bernama Taishan, berjarak sekitar 140 kilometer dari Hong Kong. Makanan ini kabarnya sangat populer di Hong Kong pada tahun 1980an dan kerap ditawarkan di pinggir jalan dengan memakai kereta dorong. Biasanya, jajanan ini disajikan dengan menggunakan mangkok ataupun cup alumunium. Dan saat ini, put chai ko bisa dijumpai di Hong Kong dengan berbagai variasi rasa.

*semua gambar diambil dengan menggunakan lisensi creative commons



3 Comments


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now