• entries
    360
  • comments
    1,267
  • views
    367,726

[Sharing] Itinerary Wisata Jepang 23-31 Mei 2014 (1)

vie asano

2,402 views

Kemarin-kemarin saya sempet main di forum Jalan2 dan menemukan beberapa thread tentang itinerary Jepang. Ada 2 yang paling mencuri perhatian saya: Trip ke Jepang dan Bantu Susun Itinerary di Tokyo-Osaka 7D/6N. Sempat tergelitik untuk ikutan share contoh itinerary di kedua thread tersebut. Tapi setelah saya pikir-pikir, saya akan mulai dengan share contoh itinerary Jepang yang pernah saya buat lebih dulu.

Saya pernah sharing tentang masalah itinerary Jepang pada tulisan Menyusun Itinerary Wisata ke Jepang. Namun disana saya hanya mencontohkan dasar-dasar membuat itinerary (versi saya tentunya), dan sample itinerary wisata yang saya buat untuk kota Kyoto saja. Nah, kali ini saya ingin sharing tentang itinerary wisata yang saya buat untuk Mbak D, seorang teman yang pernah saya sebut dalam tulisan berjudul Musim Semi di Jepang, Lihat Sakura Dimana?. Itinerary yang saya buat ini sudah lengkap detail waktunya, nama obyek wisatanya, hingga biayanya. Dan karena itinerary ini sifatnya real (proyek nyata) dan relatif baru (Mei 2014), mudah-mudahan bisa membantu Jalan2ern yang akan pergi wisata ke Jepang dalam waktu dekat untuk memperkirakan masalah obyek wisata dan juga biayanya, minimal menginspirasi dalam pemilihan obyek wisata yang akan dikunjungi.

Jadwal wisata:

23-31 Mei 2014

Jenis wisata:

Wisata keluarga

Total rombongan:

7 orang

Rute wisata:

(Kanto Area) Tokyo, (Kansai Area) Osaka, Kyoto, Nara, Hiroshima, Kagoshima

Keterangan tambahan:

-Karena ada anggota rombongan yang sudah berusia lanjut, ada request agar waktu wisatanya dibuat sesantai mungkin (tidak terlalu mengejar jumlah obyek wisata maupun mengejar waktu), dan diusahakan jangan pergi ke tempat yang banyak jalan menanjaknya.

-Minta di suggest obyek-obyek wisata makro saja, pokoknya yang paling populer di kota tersebut.

-JR Pass sengaja diatur baru berlaku mulai hari ke-3 karena durasi waktu wisata ±9 hari sementara paket JR Pass minimal 7 hari.

-Untuk Kagoshima tidak perlu dibuat itinerary-nya, karena akan singgah di rumah saudara.

Detail itinerary:

DAY 01 / Jumat, 23 Mei 2014

13.55 – Tiba di Haneda International Airport

14.45 – Jalan menuju Haneda Airport International Terminal

15.04 – Naik Keikyu Main/Airport Line Rapid Ltd.Exp (¥410*/pax)

15.17 – Tiba di Stasiun Shinagawa

15.24 – Transfer ke JR Yamanote Line, menuju Stasiun Akihabara (¥220*/pax)

15.39 – Tiba di Stasiun Akihabara

15.41 – Transfer ke JR Chuo/Sobu Line Local Service (¥0*/pax)

15.49 – Tiba di Stasiun Kameido. Jalan 4 menit ke Bussiness Hotel Kuronjyo (note= nama penginapan yang dipilih)

15.53 – Bussiness Hotel Kuronjyo. Lakukan check-in, dan simpan barang di dalam kamar.

Keterangan:

Hotel ini dipilih oleh hubby secara kebetulan via internet. Ternyata hotelnya lumayan bersih, cukup nyaman, dan lingkungannya juga menyenangkan. Pada waktu itu, rate-nya ±¥8000*/kamar (kebutuhannya 3 kamar, dengan kombinasi 2 orang/kamar + 2 orang/kamar + 3 orang/kamar). Lokasinya tak begitu jauh dari Stasiun Kameido, dan stasiun ini hanya berjarak 2 stasiun ke Stasiun Asakusa dan 3 stasiun ke Stasiun Akihabara. Stasiun Kameido juga hanya berjarak 2 Stasiun ke Stasiun Ryogoku, dan dari stasiun itu mudah mengakses Edo-Tokyo Museum (bisa baca disini: Edo-Tokyo Museum 1, Edo Tokyo Museum 2, Edo-Tokyo Museum 3). Bagi yang masih bingung mencari akomodasi, bisa melirik hotel ini.

16.15 – Jalan kaki ke Stasiun Kameido (sebetulnya hanya perlu waktu ±4 menit, namun sengaja di setting durasinya agak santai)

16.26 – Naik JR Chuo/Sobu Line Local Service (¥160*/pax)

16.33 – Tiba di Stasiun Asakusabashi

16.38 – Naik Toei Subway Asakusa Line (¥170*/pax)

16.40 – Tiba di Stasiun Asakusa (subway). Jalan kaki 4 menit ke Kaminarimon, gerbang utama Sensoji Temple.

16.44 – Tiba di Kaminarimon, jalan melewati Nakamise Dori dengan tujuan ke Sensoji Temple

16.50 – Sensoji Temple

800px-Asakusa_Sensoji_Kaminarimon_2012.JPG

Foto 01:

Kaminarimon Gate [foto: Kakidai/wikimedia]

Keterangan:

Sensoji Temple ini termasuk salah satu kuil yang wajib dikunjungi di Tokyo. Bagi yang mencari obyek wisata populer, wajib berkunjung ke kuil ini. Klik hyperlink untuk informasi lebih lanjut.

17.30 – Kembali ke Stasiun Asakusa via Nakamise Dori. Jangan lupa eksplorasi dulu area ini, karena Nakamise Dori populer sebagai tempat untuk berburu oleh-oleh ala Tokyo.

18.15 – Tiba di Stasiun Asakusa, naik Tokyo Metro Ginza Line

18.47 – Tiba di Stasiun Shibuya (via Hachiko Exit).

800px-1_shibuya_crossing_2012.jpg

Foto 02:

Shibuya Crossing [foto: Chensiyuan/wikimedia]

Keterangan:

Setelah keluar dari Hachiko Exit, sempatkan dulu berfoto dengan salah satu landmark Shibuya yaitu patung Hachiko. Atraksi terdekat dari sana adalah Shibuya Crossing, dan aktifitas selanjutnya menjelajah Shibuya. Jangan lewatkan juga untuk melihat bangunan Shibuya 109 yang juga jadi salah satu simbol Shibuya dan sering muncul di berbagai manga dan film populer.

19.30 – Makan di Coco Curry Shibuya (tempat makan yang biasa kami rekomendasikan jika ada yang cari makanan di Shibuya. Alasannya? Bisa klik di hyperlink Coco Curry Shibuya yah, dijamin mupeng juga deh hehe..)

20.30 – Kembali ke Stasiun Shibuya

20.43 – Naik JR Yamanote Line outer loop (¥310*/pax)

20.47 – Tiba di Stasiun Yoyogi

20.49 – Transfer ke JR Chuo/Sobu Line Local Service (¥0*/pax)

21.16 – Tiba di Stasiun Kameido. Jalan 4 menit ke Bussiness Hotel Kuronjyo.

21.20 – Tiba di Bussiness Hotel Kuronjyo, selamat beristirahat.

Saya masih akan lanjut dengan itinerary hari ke-2 dan seterusnya. Bagi yang suka sightseeing, itinerary hari-2 mudah-mudahan bisa menginspirasi karena saya akan mengajak jalan-jalan ke Harajuku, Omotesando, Shibuya, Ginza, dan banyak lagi. Stay tune terus yah.

***

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.



4 Comments


Recommended Comments

Sis met kenal, sis tlg tanya mengenai transfer train spt itin day 1 transfer di shinagawa dari airport rapid ke yamanote line itu jalannya jauh gak sih? berhub bawa bawa koper kalau turun naik tangga cuma utk transfer train lumayan juga heboh. Sis klu aku mau minta tlg dibuatkan itin spt diatas boleh gk? bgm caranya ? thanks.

Share this comment


Link to comment

Sis met kenal, sis tlg tanya mengenai transfer train spt itin day 1 transfer di shinagawa dari airport rapid ke yamanote line itu jalannya jauh gak sih? berhub bawa bawa koper kalau turun naik tangga cuma utk transfer train lumayan juga heboh. Sis klu aku mau minta tlg dibuatkan itin spt diatas boleh gk? bgm caranya ? thanks.

 

Hi sis/bro, salam kenal :D Saya lupa2 ingat jalannya jauh nggak ya. Cuma nggak masalah kok klo pun bawa koper karena skr di berbagai stasiun sudah ada lift walau cuma 1-2 saja :D

 

Soal itinerary, sy pm yah sis/bro :D

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now