• entries
    360
  • comments
    1,267
  • views
    366,679

[Sharing] Itinerary Wisata Jepang 23-31 Mei 2014 (2-End)

vie asano

1,257 views

Lanjutan dari tulisan berjudul [sharing] Itinerary Wisata Jepang 23-31 Mei 2014 (1). Klik hyperlink untuk melihat detail itinerary pada hari pertama yah.

DAY 02 / Sabtu, 24 Mei 2014

06.00 – Morning call. Cari sarapan di sekitar hotel.

08.00 – Stasiun Kameido

08.07 – naik JR Chuo/Sobu Line Local Service (¥220*/pax)

08.31 – Tiba di Stasiun Yoyogi

08.32 – Transfer ke JR Yamanote Line (¥0*/pax)

08.35 – Turun di Stasiun Harajuku. Jalan 1 menit ke Takeshita Dori, dan jelajahi Harajuku.

800px-Takeshitadori_-02.jpg

Foto 01:

Takeshita Dori [foto: Aimaimyi/wikimedia]

Keterangan:

Takeshita Dori merupakan jalan utama di Harajuku. Jika mencari oleh-oleh, rekomendasi terbaik kunjungi Daiso Harajuku (toko 100 yen). Bisa klik hyperlink untuk melihat-lihat tentang Daiso Harajuku.

10.00 – Pergi ke Omotesando, dan jelajahi area Omotesando.

800px-Omotesando_Hills_005.jpg

Foto 02:

Suasana di Omotesando [foto: Ocdp/wikimedia]

Keterangan:

Jika masih ingin cari oleh-oleh, wajib mampir ke Oriental Bazaar. Sedangkan jika tertarik dengan arsitektur modern, Omotesando kaya akan bangunan dengan bentuk arsitektur yang unik. Salah satu yang direkomendasikan untuk di foto/dikunjungi adalah Omotesando Hills.

11.00 – Tiba di Stasiun Meiji-jingumae

11.11 – naik Tokyo metro Fukutoshin Line (¥170*/pax)

11.13 – Turun di Stasiun Shibuya, keluar melalui Hachiko Exit. Jelajahi Shibuya, sambil mencari makan siang.

Keterangan:

Lho, ngapain kok ke Shibuya lagi? Bukankah semalam sudah pergi ke Shibuya? Saya sengaja men-suggest untuk mengunjungi Shibuya lagi untuk berjaga-jaga jika semalam nggak bisa terlalu menikmati suasana karena terlalu lelah. Lagipula, Shibuya di malam hari punya suasana yang berbeda dengan siang hari, khususnya untuk suasana di sekitar Shibuya Crossing (bisa baca disini: Shibuya Crossing: Antara Cerita, Realita, dan Tips). Jika tujuan utamanya untuk shopping, lebih cocok mengunjungi Shibuya di siang hari.

13.15 – Stasiun Shibuya

13.30 – Naik Tokyo Metro Ginza Line (¥200*/pax)

13.45 – Turun di Stasiun Ginza. Jelajahi area Ginza.

800px-Ginza_Wako_Clock.jpg

Foto 03:

Ginza [foto: Jordy Meow/wikimedia]

Keterangan:

Ginza dikenal sebagai distrik kelas atas yang melambangkan kemewahan. Bagi pecinta barang-barang branded, bisa berburu di distrik ini. Sekedar jalan-jalan dan menikmati suasana juga oke, karena di Ginza banyak bangunan dengan arsitektur cantik dan menarik.

15.30 – Stasiun Ginza

15.36 – Naik Tokyo Metro Ginza Line (¥170*/pax)

15.38 – Tiba di Stasiun Shimbashi

15.43 – Naik JR Yamanote Line (¥140*/pax)

15.45 – Turun di Stasiun Yurakucho. Jelajahi Yurakucho.

Keterangan:

Yurakucho ini sebetulnya bisa dicapai dengan jalan kaki dari area Ginza. Hanya saja karena ada anggota rombongan yang sudah lanjut usia, jadi sengaja diatur agar naik kereta saja. Yurakucho ini juga menarik untuk dilihat-lihat karena memiliki bangunan dengan gaya arsitektur menarik seperti Tokyo International Forum. Yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi adalah mampir ke gerai Muji, atau menyusuri pinggiran rel dan melihat-lihat deretan izakaya (=kedai minum khas Jepang) yang membentuk atmosfir kawasan yang unik.

17.20 – Stasiun Yurakucho

17.30 – naik JR Yamanote Line (¥170*/pax)

17.35 – tiba di Stasiun Akihabara

17.37 – Naik JR Chuo/Sobu Line Local Service

17.45 – Turun di Stasiun Kameido. Jalan kaki 4 menit ke Bussiness Hotel Kuronjyo.

17.49 – Bussiness Hotel Kuronjyo. Cari makan malam dan istirahat.

Keterangan:

Disini salah satu anggota rombongan sengaja pergi ke Stasiun Tokyo untuk mengurus JR Pass yang akan digunakan untuk besok. JR Pass yang sudah dibeli di Indonesia memang harus di issue kembali di berbagai kantor JR yang ada di stasiun besar.

***

Sample itinerary-nya saya cukupkan dulu sampai disini yah. Sebetulnya masih ada hari ke-3 dan seterusnya, namun setelah dipikir-pikir, pada prinsipnya penyusunan itinerary-nya nggak jauh berbeda. Yang berbeda hanya obyeknya saja kok. Saya akan memberikan bocoran untuk rute di hari ke-3 dan seterusnya, selanjutnya silahkan coba susun itinerary-nya sesuai dengan kebutuhan masing-masing yah (sekalian latihan, hehe).

Hari ke-3, rombongan pergi ke Osaka menggunakan shinkansen. Karena JR Pass sudah di issue pada malam harinya, perjalanan menggunakan shinkansen-nya tidak perlu beli tiket lagi. Di Osaka, obyek wisata yang kunjungi antara lain Osaka Castle (baca disini: Osaka Castle 1, Osaka Castle 2, Osaka Castle 3), Namba Parks, dan Dotonburi.

Hari ke-4, rutenya menuju ke Kyoto. Obyek wisata yang dikunjungi di kota ini antara lain Gion area, Arashiyama Bamboo Forest, dan Kinkaku-ji (baca disini: Kinkaku-ji 1, Kinkaku-ji 2). Setelah itu kembali pulang ke Osaka. Tapi kalau jeli menyusun itinerary-nya (dan kalau fisik masih memungkinkan), masih sempat kok main ke obyek wisata populer lainnya seperti Fushimi Inari Taisha dan Kiyomizu-dera (baca disini: Kiyomizu-dera Temple 1, Kiyomizu-dera Temple 2, Kiyomizu-dera Temple 3).

Hari ke-5, nah ini agak ribet karena akan pergi ke Nara dan Hiroshima, lalu lanjut ke Kagoshima. Perlu kejelian untuk menyusun rute agar bisa mengakses ketiga kota tersebut dalam satu hari saja (plus harus ekstra hati-hati dalam mengatur waktu wisata agar nggak over time). Hari ke-6 hingga hari ke-8 waktu bebas, karena rombongan akan tinggal di Kagoshima bersama kerabat. Baru pada hari ke-9, rutenya hanyalah dari Kagoshima kembali ke Tokyo untuk terbang lagi ke Jakarta.

Sebagai penutup, pada realisasinya itinerary yang saya susun ini nggak semua terpenuhi karena semua kembali pada kondisi tubuh pada saat hari H. Namun alhamdulillah sih sejauh ini nggak ada yang nyasar walau hanya berpegang itinerary saja, karena dalam itinerary versi asli dilengkapi dengan keterangan yang lebih detail.

Semoga contoh itinerary-nya bermanfaat yah.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now