Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • entries
    160
  • comments
    85
  • views
    102,774

Tips Tetap Sehat Berwisata Ke Hong Kong

baihaki1985

706 views

Berlibur atau jalan-jalan memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Saat itu, kita bisa menghabiskan banyak waktu tanpa harus memikirkan mengenai hal-hal lain yang biasa terjadi di keseharian. Entah itu tetangga yang sering bertengkar, kerjaan yang menumpuk, atau mungkin omelan si bos yang terus terngiang di telinga.

Apapun itu, berlibur adalah salah satu cara Anda untuk bisa menenangkan diri dan menikmati waktu Anda sendiri. Dan tentunya, Hong Kong bisa menjadi lokasi liburan yang sangat menyenangkan. Tak hanya liburan yang sangat konsumtif, aka belanja yang bisa Anda lakukan saat di Hong Kong. Anda pun bisa memilih Hong Kong sebagai tempat berlibur untuk menenangkan diri.

Berbagai tujuan wisata bisa Anda jadikan pilihan untuk menenangkan diri. Contoh gampangnya adalah Anda bisa berkunjung ke Pulau Lantau atau Pulau Lamma. Kedua pulau tersebut relatif mempunyai banyak tempat wisata yang tak terlalu ramai. Jadi, Anda bisa secara santai menghabiskan waktu sambil menikmati waktu.

Pun halnya kalau Anda ingin menikmati waktu berbelanja pada saat berada di Hong Kong. Bisa memilih jenis tempat belanja yang ingin didatangi. Anda bisa berkunjung ke Causeway Bay ataupun berkeliling di Nathan Road. Selain itu, tak lupa pula bisa datang ke Ladies Market untuk bisa memperoleh produk-produk dengan harga murah.

Namun apapun aktivitas yang Anda lakukan di Hong Kong, menjaga kesehatan tentu menjadi hal yang prioritas. Hong Kong memang tak seperti di Timur Tengah seperti Arab Saudi yang mengharuskan adanya penyuntikan vaksin tertentu. Jadi, Anda tak perlu takut kalau akan ada penyuntikan. Namun hal ini tak serta merta membuat Anda gegabah dan tak mengindahkan masalah kesehatan.

Atasi masalah jetlag

Hong Kong mempunyai jarak yang cukup jauh dan terdapat perbedaan waktu yang cukup jika dibandingkan dengan di Indonesia. Tak jarang, Anda akan mendapati jetlag, terlebih jika sebelumnya terbang dari lokasi lain yang posisinya lebih jauh. Untuk itu, ada baiknya Anda banyak minum saat berada di dalam pesawat. Selain itu, Anda juga harus mengatur waktu tidur saat berada di pesawat. Ada banyak cara lainnya untuk mengatasi jetlag.

Jangan sampai dehidrasi

Berbeda dengan di Indonesia, Hong Kong merupakan wilayah dengan iklim subtropis. Jadi, terkadang Anda akan membutuhkan adaptasi pada saat berada di tempat ini. Terlebih pada saat musim panas, di mana suasananya sangat panas. Ditambah lagi, Anda tentunya tak ingin menghabiskan waktu secara sia-sia di Hong Kong hanya dengan tiduran.

Namun yang paling penting, apapun kegiatan Anda selama di Hong Kong, pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Mendapatkan air minum yang higienis di Hong Kong sangat mudah, karena air di sana memenuhi standar Amerika. Namun tak ada salahnya juga kalau Anda memilih untuk minum air kemasan dari brand tertentu.

Menjaga tubuh agar tetap fit

Meski saat liburan, Anda juga harus menjaga agar tubuh tetap fit. Terutama jika memilih untuk berlibur dalam jangka cukup lama saat di Hong Kong. Anda bisa melakukan aktivitas jogging di pagi hari atau bisa pula memilih aktivitas hiking di Hong Kong.

Di Hong Kong banyak tempat yang bisa dijadikan tujuan wisata hiking. Baik itu dengan tingkat kesulitan yang tinggi, menengah atau mudah. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Keuntungannya, selain bisa dijadikan sebagai cara untuk menjaga tubuh tetap fit, aktivitas hiking memberikan Anda cara menikmati pemandangan Hong Kong dari tempat yang menyenangkan.

Pembatasan rokok

Jangan samakan Indonesia dengan Hong Kong. Di sana, Anda tentunya tak bisa dengan bebas menenteng rokok ke sana kemari. Memang sih ini nggak ada kaitannya dengan tips kesehatan. Namun menurut peringatan di bungkus rokok tanah air, Rokok Membunuhmu. Jadi, hindarilah merokok selagi bisa.

blogentry-28968-0-71209300-1410036260.jpeg

Tanda pelarangan rokok di Hong Kong (Wikimedia Commons/psubhashish)

Namun menghindari rokok pada saat di Hong Kong tak hanya bisa membuat sehat tubuh. Tapi juga bisa membuat sehat kondisi keuangan. Sebagai catatan, di Hong Kong Anda tak boleh merokok di semua ruangan indoor yang bisa diakses publik secara bebas. Termasuk di antaranya adalah bar, restoran, mall ataupun tempat karaoke. Pelarangan ini juga berlkau di dalam kendaraan umum.

Kalau bandel tetap merokok di tempat-tempat terlarang itu, Anda bisa dikenakan denda yang cukup besar, yakni sebesar 1500 dolar Hong Kong atau setara 2,2 juta rupiah. Sayang dong kalau duit sebesar itu hanya buat pemerintah Hong Kong hanya gara-gara merokok. Oh iya, denda tersebut tak hanya berlaku untuk mereka yang kedapatan merokok. Kalau Anda terlihat sedang membawa puntung rokok, atau bahkan pipa yang dibuat untuk aktivitas merokok di tempat-tempat yang tak boleh merokok, siap-siap saja merogoh kocek untuk membayar denda.

Rumah sakit untuk tindakan medis emergency

Kalau Anda dalam kondisi yang darurat dan membutuhkan tindakan medis secepatnya, terdapat beberapa rumah sakit di Hong Kong yang bisa didatangi 24 jam. Salah satunya adalah The Queen Mary Hospital, nomor teleponnya adalah 2855 3838. Penting untuk dicatat.

blogentry-28968-0-90445600-1410036195.jpg

Queen Mary Hospital (Wikimedia Commons/Chong Fat)



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

×
×
  • Create New...