Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • entries
    160
  • comments
    85
  • views
    102,775

Wisata Budaya Di Hong Kong: Perayaan Kelahiran Buddha Dan Tam Kung

baihaki1985

574 views

Seperti halnya di tempat lain, Hong Kong juga menyajikan berbagai jenis wisata budaya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Entah itu berupa sebuah festival atau acara keagamaan. Dan kalau Anda ingin datang ke Hong Kong di bulan Mei, terdapat dua acara keagamaan yang sayang untuk dilewatkan. Dua perayaan tersebut adalah kelahiran Buddha dan Tam Kung.

Sosok Budha tentu semua orang sudah mengetahuinya. Namun bagaimana dengan sosok Tam Kung? Tam Kung merupakan dewa laut yang biasanya juga disebut dengan Dwa Tam. Tam Kung secara khusus banyak dipuja oleh masyarakat di Hong Kong dan Makau. Menurut legenda orang-orang Cina, Tam Kung merupakan salah satu dewa yang bisa meramalkan cuaca. Dan sebagai daerah yang punya banyak pulau, tak heran kalau orang-orang Hong Kong menyembah dewa yang satu ini.

Sedikit kisah mengenai Tam Kung, merupakan seorang yang dilahirkan di perfektur Huizhou Cina. Menurut cerita yang berkembang, Tam Kung pada masa kecilnya sudah mempunyai kesaktian, yakni mampu menyembuhkan penyakit. Selanjutnya, Tam Kung pun diangkat menjadi dewa dan terbang ke nirwana pada usia 25 tahun di Nunung Sembilan Naga di Huizhou.

Di Hong Kong, terdapat tiga lokasi kuil yang didedikasikan untuk memberikan persembahan kepada dewa Tam Kung. Yang pertama berada di Shau Kei Wan Street East. Kuil ini dibangun pada tahun 1905 dengan menggunakan dana swadaya masyarakat. Pada awalnya, kuil ini mempunyai bentuk yang kecil, namun telah mengalami pembangunan beberapa kali. Oleh pemerintah Hong Kong, Kuil Tam Kung di Shau Kei Wan ini pun dijadikan gedung bersejarah Grade I.

blogentry-28968-0-16965200-1410765319.jpg

Kuil Tam Kung di Shau Kei Wan (Wikipedia/Cara Chow (Charlotte1125))

Kuil yang kedua adalah Kuil Tam Tai Shin yang ada di Sha Tau, Tung Ping Chau dan dibangun pada tahun 1877. Penduduk di Tung Ping Chau kebanyakan berasal dari kawasan Shantou di Guangdong Cina. Meski telah berpindah tempat, masyarakat Tung Ping Chau tetap memelihara kebudayaannya dan memberikan persembahan kepada dewa Tam Kung.

Sedangkan kuil yang terakhir beralamat di No.9 Blue Pool Road, Happy Valley, tepatnya di persimpangan dengan Ventris Road. Kuil ini pada awalnya berlokasi di lereng tak jauh dari Hong Kong Santorium and Hospital di Happy Valleh dan dibangun tahun 1901. Namun kuil tersebut akhirnya digusur karena perkembangan wilayah perkotaan.

Berbeda dengan Tam Kung, nama Buddha tentunya lebih familier. Buddha atau kerap juga dikenal dengan nama lain seperti Buddha Gautama, Siddharta Gautama atau bahkan Shakyamuni merupakan seorang suci yang mengajarkan Agama Buddha. Sidharta lahir di Republik Shakya yang terletak di kaki gunung Himalaya. Sidharta pun dipercaya lebih banyak mengajarkan ilmuya di India bagian timur.

Meski begitu, Agama Buddha saat ini sudah menyebar tak hanya di India. Bahkan di Hong Kong, Buddha menjadi agama dengan penganut yang terbanyak kemudian diikuti oleh agama Tao. Dengan kondisi seperti itu, tak heran kalau para penganut agama Buddha merayakan kelahiran Siddharta seperti halnya di tempat lain.

Menariknya, perayaan kedua sosok berpengaruh ini, yakni Tam Kung dan Buddha, dilakukan secara bersamaan di hong Kong. Kedua peringatan tersebut sama-sama dilakukan pada hari ke delapan pada bulan keempat penanggalan Cina. Kalau pada tahun 2014, perayaan tersebut jatuh pada tanggal 6 Mei. Sementara itu di tahun 2015, kedua perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Mei.

blogentry-28968-0-01631100-1410765492.jpg

Perayaan Ulang Tahun Dewa Tam Kung di Hong Kong (Wikipedia/Chong Fat)

Peringatan kelahiran Tam Kung dilakukan di kuil Tam Kung yang ada di Shau Kei Wan. Di situ, para pengunjung pun akan mendapati keramaian dan berbagai pernak-pernik tradisional khas Cina. Bahkan terdapat arak-arakan yang menampilkan berbagai pertunjukan. Dari tarian singa hingga tarian naga. Selain itu, ada pula iring-iringan pertunjukan bela diri dan musik-musik tradisional.

Sementara itu, kalau Anda memilih untuk mendatangi perayaan kelahiran Buddha, maka tempat yang layak untuk dikunjungi adalah Po Lin Monastery dan Tian Tan Buddha yang ada di Lantau. Di sini, Anda akan mendapati banyak penganut agama Buddha yang turut serta dalam Upacara Pemandian Buddha. Ada pula beberapa acara lain yang sengaja diadakan untuk peringatan ini. Di antaranya adalah pertunjukan budaya kung fu Cina, akrobat, ataupun upacara penggantian wajah.

Anda pun akan mendapati banyak umat Buddha yang turut serta pada acara ini. Selain itu, saat perayaan akan ada banyak lentera yang merepresentasikan pencerahan oleh Buddha. Selain itu, pada momen ini Anda juga bisa menyaksikan secara langsung peninggalan Buddha berupa tulang parietal yang pertama kali dibawa ke Hong Kong. Tulang tersebut dipercaya merupakan milik dari Shakyamuni.

blogentry-28968-0-98328200-1410765810.jpg

Perayaan ulang tahun Buddha (Travigators.com)

Selain itu, lokasi lain yang bisa didatangi untuk bisa melihat secara langsung perayaan ulang tahun Buddha adalah di 10.000 Buddha Monastery yang ada di New Territories. Sebagai informasi tambahan, 10.000 Buddha Monastery memang tak mempunyai patung Buddha sebesar di Lantau. Namun di sana, Anda akan mendapati banyak patung Buddha dengan jumlah mencapai angka hampir 13 ribu buah.



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

×
×
  • Create New...