Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • entries
    160
  • comments
    85
  • views
    103,487

Perbandingan Biaya Hidup Jakarta Dan Hong Kong, Mana Yang Lebih Murah?

baihaki1985

7,074 views

Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan dan kota terbesar yang ada di Indonesia. Setiap harinya, Jakarta dikunjungi oleh berbagai orang, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Baik itu untuk keperluan bisnis ataupun hanya ingin sekedar berjalan-jalan.

Kondisi yang ada di Jakarta pun hampir mirip dengan Hong Kong. Di mana Hong Kong menjadi salah satu kota perekonomian yang sangat penting. Selain itu, Hong Kong juga menjadi lokasi wisata dari traveler yang datang dari berbagai penjuru dunia.

blogentry-28968-0-60326300-1411222579.jpg

Pemandangan Hong Kong di malam hari (Wikimedia Commons/Robster1983)

Lalu, dengan kondisi yang hampir sama seperti itu, kira-kira mana ya yang mempunyai biaya hidup bulanan lebih mahal? Apakah Jakarta atau Hong Kong? Nah, terdapat sebuah situs bernama Expatistan yang memberikan data mengenai hal yang satu ini. Data ini pun cukup penting bagi Anda yang ingin tinggal mungkin dalam waktu cukup lama di Hong Kong. Entah itu untuk perjalanan bisnis ataupun wisata.

Terdapat enam kategori perbandingan yang digunakan. Enam kategori yang dimaksudkan adalah makanan, perubmahan, sandang, transportasi, perawatan pribadi dan yang terakhir hiburan. Secara umum, atau kalau bisa dibilang sebagian besar, biaya hidup di Hong Kong memang lebih tinggi jika dibandingkan Jakarta. Namun jangan salah, terdapat beberapa hal yang ternyata bisa didapatkan dengan harga lebih murah kalau Anda berada di Hong Kong.

Makanan

Terdapat tiga belas item makanan dan minuman yang dijadikan perbandingan harga di Hong Kong dan Jakarta. Contohnya adalah menu harian yang bisa dijumpai di daerah bisnis, menu combo di restoran fast food, susu cair, telur, minuman soda, buah apel dan sebagainya. Untuk kategori yang pertama ini, harga-harga di Hong Kong disebutkan 40 persen lebih mahal jika dibandingkan di Jakarta.

Namun dari 13 item yang dijadikan perbandingan, terdapat tiga item yang bisa didapatkan dengan harga lebih murah pada saat berada di Hong Kong. Tiga item tersebut adalah buah apel 1kg, 0,5 liter bir, serta satu buah botol wine.

Perumahan

Perumahan yang dimaksud di sini adalah biaya sewa rumah (mewah) dan kebutuhan di dalamnya. Untuk real estate, tentu saja harga sewa di Hong Kong jauh lebih tinggi, selisihnya mencapai angka 73 persen. Namun terdapat beberapa poin di mana Hong Kong menawarkan biaya yang leibh murah. Di antaranya adalah sarana utilitas (gas, listrik dan lain-lain) serta biaya internet.

Hal ini pun cukup normal, utamanya kalau melihat biaya internet. Bahkan biaya internet di Hong Kong lebih murah 39 persen jika dibandingkan di Jakarta. Sebagai catatan, Hong Kong merupakan kota dengan salah satu koneksi internet tercepat di dunia. Selain itu, Anda juga bisa bisa memperoleh koneksi internet secara gratis yang disediakan di berbagai lokasi umum.

Sandang

Lagi-lagi Hong Kong mempunyai harga pakaian yang lebih tinggi jika dibandingkan Jakarta, tepatnya secara umum terdapat selisih harga sekitar 21 persen. Namun yang perlu diperhatikan di sini, item patokan adalah produk dari brand ternama. Tentunya Anda nggak bisa membandingkan dong kalau produk KW di sini dengan produk KW di sana.

Transportasi

Hal ini cukup mengejutkan. Meski Hong Kong dikenal sebagai kota dengan sarana transportasi publik yang lengkap dan memudahkan para penggunanya, tapi ternyata harganya masih lebih mahal kalau dibandingkan di Jakarta. Sebagai contoh adalah harga tiket bulanan di mana di Expatistan disebutkan kalau biaya tiket bulanan di Jakarta menghabiskan biaya sebesar Rp327.873 (setara 213 dolar Hong Kong). Sementara di Hong Kong, biaya serupa diperoleh dengan harga hampir dua kali lipat, yakni sebesar 513 dolar Hong Kong.

Perawatan pribadi

Untuk keperluan perawatan pribadi, Hong Kong juga memberikan harga lebih mahal dibanding Jakarta. Baik itu keperluan untuk poting rambut, shampoo, pasta gigi dan lain-lain. Secara total, harga-harga barang tersebut dipatok dengan banderol 44 persen lebih mahal dibandingkan dengan di Jakarta.

Hiburan

Yang terakhir adalah masalah hiburan. Sayangnya, lagi-lagi harga untuk memperoleh fasilitas hiburan di Hong Kong dipatok dengan banderol lebih mahal. Sebagai contoh adalah dua lembar tiket bioskop di Hong Kong dipatok dengan harga sebesar 164 dolar Hong Kong. Namun Anda bisa juga mendapatkan iPod Nano yang harganya ternyata lebih murah di Hong Kong ketimbang Jakarta, bahkan harganya lebih murah mencapai prosentase 50 persen. Selain itu, harga pulsa di Hong Kong juga lebih murah, jauh lebih murah bahkan. Selisihnya mencapai 187 persen.

Sebagai catatan, perbandingan ini menggunakan data yang diperoleh dari para ekspatriat. Jadi, tentu gaya hidupnya berbeda dong dengan masyarakat biasa di kelas menengah. Namun secara umum, tentu saja Hong Kong memberikan gaya hidup yang lebih mahal kalau dibandingkan dengan di Jakarta. Jadi, data ini bisa dijadikan patokan harga termahal mungkin ya yang harus disediakan kalau ingin tinggal di Hong Kong dalam kurun yang cukup lama.



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

×
×
  • Create New...