• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,552

Dari Hong Kong Lanjut Ke Makau? Ini Pilihan Transportasinya (1)

baihaki1985

1,458 views

Hong Kong dan Makau merupakan sama-sama wilayah dari negara Cina. Keduanya juga sama-sama memperoleh status sebagai wilayah administratif khusus, dan mempunyai sistem pemerintahan tersendiri yang berbeda dengan negara Cina. Seperti halnya Hong Kong, Makau juga pernah diduduki sangat lama oleh negara Eropa, tepatnya Portugis. Dan tentunya, Makau yang terkenal dengan bisnis judinya, juga menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi saat berada di Hong Kong.

Ditambah lagi, sarana transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Makau dari Hong Kong bisa didapatkan dengan mudah. Anda pun bisa memilih transportasi yang sesuai dengan kantong. Kalau ingin transportasi murah, ada. Transportasi dengan harga yang cukup mahal pun bisa digunakan. Lengkap dah pokoknya. Baik itu menggunakan transportasi udara serta air. Jadi, Anda pun bisa memilih transportasi mana yang sesuai dengan Anda. Baik itu secara kebutuhan ataupun kondisi keuangan.

Sebenarnya ada pula sarana transportasi dari Hong Kong menuju ke Makau atau sebaliknya dengan menggunakan transportasi darat. Sayangnya, langkah tersebut saat ini tak bisa dilakukan. Alasannya adalah karena jembatan yang menghubungkan antara Hong Kong dengan Makau tengah dalam proses perbaikan. Jembatan tersebut lebih lengkapnya menghubungkan antara Hong Kong, Zhuhai serta Makau dan mempunyai nama Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge. Dan tentunya, setelah proses renovasi jembatan tersebut selesai, akses transportasi dari Hong Kong menuju ke Makau pun bakal lebih banyak. Dan hal ini pun tentunya menguntungkan bagi para traveler.

Transportasi air

Kalau pilihannya adalah menggunakan transportasi air, terdapat dua perusahaan yang menawarkan jasa ferry dari Hong Kong menuju ke Makau atau rute sebaliknya. Selain itu, ada dua terminal keberangkatan yang digunakan untuk menuju ke Makau. Terminal keberangkatan yang pertama adalah Hong Kong Macau Ferry Terminal di Sheung Wan. Sedangkan terminal keberangkatan kedua adalah China Ferry Terminal yang ada di Kowloon. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih untuk melakukan keberangkatan ke Makau di Bandara Internasional Hong Kong (HKIA). Sementara itu, dua perusahaan tersebut adalah:

TurboJet oleh First Ferry

Pemberangkatan dilakukan dari Hong Kong Macau Ferry Terminal menuju ke Macau Outer Harbour Ferry Terminal. Perjalanan pun ditempuh selama 55 menit dan beroperasi selama 24 jam. Selain itu, kapal ferry juga berangkat setiap 15 menit sekali. Jadi, kalau Anda ingin berkunjung ke Makau, tak perlu melakukan pemesanan tiket terlebih dulu. Cukup langsung datang ke terminal keberangkatan yang ada di kawasan Sheung Wan. Untuk menuju ke Hong Kong Macau Ferry Terminal pun tak begitu sulit. Anda bisa menggunakan sarana transportasi MTR dan turun di stasiun Sheung Wan. Selanjutnya, Anda bisa keluar di pintu exit D.

Mengenai harga tiketnya, terdapat tiga jenis tiket yang ditawarkan, yakni VIP, Super serta ekonomi. Harga tiket pun tentunya berbeda. Paling murah adalah kelas ekonomi yang pada hari biasa dipatok seharga 164 dolar Hong Kong. Sementara pada akhir pekan serta hari libur, harga tiket ekonomi naik menjadi 177 dolar Hong Kong. Sedangkan kalau Anda melakukan perjalanan pada malam hari, ongkos tiket yang harus dibayarkan adalah sebesar 200 dolar Hong Kong.

blogentry-28968-0-38135500-1416913303.jpg

Ferry TurboJet bersandar di Terminal Hong Kong Macau Sheung Wan (Wikimedia Commons/Jetfoil HO)

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan TurboJet yang berangkat dari Kowloon, tepatnya dari China Ferry Terminal yang beralamat 33 Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon. Namun frekuensi pemberangkatan dari Kowloon ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemberangkatan dari Pulau Hong Kong. Layanan TurboJet di China Ferry Terminal ini beroperasi dari pukul 7 pagi hingga 21:30 dan berangkat setiap 90 menit. Waktu tempuhnya pun sedikit lebih lama, yakni 60 menit.

Meski berangkat dari tempat yang berbeda, TurboJet yang ada di Kowloon dipatok dengan ongkos tiket yang sama dengan yang ada di Sheung Wan. Hal ini pun bisa menjadi referensi terkait tempat menginap Anda pada saat berada di Hong Kong. Apakah itu menginap di kawasan Kowloon ataupun di wilayah Pulau Hong Kong.

blogentry-28968-0-63835100-1416913313.jpg

Suasana di dalam ferry TurboJet (Flickr/Herobum)

Opsi ketiga, Anda juga bisa menggunakan sarana transportasi TurboJet yang berangkat dari Hong Kong International Airport (HKIA). Namun seperti halnya TurboJet yang berangkat dari Kowloon, layanan di sini juga tak berlangsung selama 24 jam, hanya dari pukul 7:30 hingga 22:00 dengan frekuensi pemberangkatan setiap 90 menit dan durasi perjalanan selama 50 menit. Hanya terdapat dua kelas di sini, ykani ekonomi serta super dengan harga tiket masing-masing adalah 254 dolar Hong Kong dan 407 dolar Hong Kong.

Adanya perbedaan dalam klasifikasi tiket pun tak jauh berbeda kalau Anda melakukan perjalanan dengan moda transportasi lain. Misalnya perbedaan dalam ukuran lounge yang disediakan serta snack di tengah perjalanan. Sementara itu, untuk kelas VIP memperoleh ruang tersendiri dan untuk menggunakan kelas VIP juga harus melakukan pemesanan terlebih dulu. Hal ini karena jumlah tempat duduknya terbatas.

(bersambung)



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now