• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,552

Dari Hong Kong Lanjut Ke Makau? Ini Pilihan Transportasinya (2-Habis)

baihaki1985

1,414 views

Hmm... sebelumnya sih, sori kalau artikel tentang kondisi transportasi dari Hong Kong ke Makau dan sebaliknya ini terpending beberapa hari :D. Oh iya, artikel ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya yang ada di link ini.

Transportasi air

- CotaiJet

Seperti halnya TurboJet, CotaiJet juga mempunyai tiga lokasi pemberangkatan, yakni Hong Kong Macau Ferry Terminal di Sheung Wan, China Ferry Terminal di Kowloon serta Hong Kong International Airport. Namun kelebihannya, CotaiJet menawarkan dua opsi tujuan terminal di Makau, yakni Macau Taipa Ferry Terminal dan Macau Outer Harbour Ferry Terminal.

blogentry-0-0-30437100-1417119594.jpg

Kapal milik CotaiJet (Wikimedia Commons/T1NH0)

Tujuan Macau Taipa Ferry Terminal

Ketiga lokasi pemberangkatan sama-sama membutuhkan waktu perjalanan selama 60 menit. Terminal Hong Kong Macau Ferry beroperasi dari pukul 6:30 hingga 11:59 dengan frekuensi keberangkatan setiap 30 menit. Sementara keberangkatan dari China Ferry Terminal terhitung mulai 16 Oktober 2014 adalah pada pukul 08:00, 09:00, 11:00, 12:00 serta 13:30. Tidak ada pemberangkatan pada malam hari. Sementara itu terhitung mulai 16 Desember 2014, pemberangkatan di HKIA dengan tujuan Taipa dilakukan pada 11:45, 13:15 serta 16:45 dan tidak ada pemberangkatan pada malam hari.

Terdapat tiga kelas yang disediakan oleh CotaiJet, yakni Cotai Class, Cotai First serta VIP. Untuk keberangkatan dari Sheung Wan, tiket pada hari biasa dipatok sebesar 165 dolar Hong Kong. Sementara untuk hari minggu dan akhir pekan sebesar 177 dolar Hong Kong. Dan yang terakhir untuk pemberangkatan pada malam hari dipatok sebesar 201 dolar Hong Kong. Harga tiket yang sama pun berlaku untuk pemberangkatan dari China Ferry Terminal. Sementara itu untuk pemberangkatan dari HKIA dipatok dengan harga paling murah sebesar 254 dolar Hong Kong.

Tujuan Macau Outer Harbour Ferry Terminal

Terdapat tiga kelas tempat duduk yang ditawarkan oleh CotaiJet untuk pemberangkatan dari Hong Kong Macau Ferry Terminal di Sheung Wan. Yang paling murah tentunya adalah kelas ekonomi. Di mana pada hari biasa, tiketnya bisa didapatkan dengan harga sebesar 165 dolar Hong Kong. Sementara di akhir pekan dan hari libur, tiketnya dibanderol sebesar 177 dolar Hong Kong. Keberangkatan hanya dilakukan pada pukul 07:00, namun terkadang mereka menjalankan pemberangkatan tambahan, bahkan juga terkadang ada pemberangkatan pada malam hari.

Sementara kalau pemberangkatan dari Kowloon, dilakukan pada pukul 10:00 siang. Harga tiketnya pun tak berbeda dengan yang ada di Sheung Wan. Sementara itu pemberangkatan dari HKIA mempunyai tarif yang lebih mahal. Untuk kelas ekonominya sendiri, dibanderol dengan harga sebesar 254 dolar Hong Kong.

Transportasi udara

Meski Hong Kong dan Makau bisa dijangkau dalam waktu yang singkat menggunakan transportasi air, ada pula moda transportasi yang menyediakan waktu tempuh lebih singkat lagi. Moda transportasi tersebut lewat udara dengan menggunakan helikopter. Perusahaan yang menjalankan layanan transportasi ini antara lain adalah East Asian Airlines serta Hong Kong Helicopter Company.

Untuk helipadnya sendiri bisa dijumpai di Terminal Hong Kong Macau Ferry. Dan tentunya, waktu tempuh antara Hong Kong dengan Makau hanya butuh waktu selama 15 menit. Penerbangan dari Hong Kong menuju ke Makau pun biasanya dilakukan dari pukul 9:30 hingga 10:59 dengan interval pemberangkatan dilakukan setiap 30 menit. Untuk harga tiketnya sendiri, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak 3000 dolar Hong Kong.

blogentry-0-0-76860600-1417120125.jpg

Mata uang Pataca Makau (150currency.com)

Sesampainya di Makau, Anda pun tentunya harus memperhatikan masalah administrasi selama di imigrasi. Selain itu, mata uang Makau juga berbeda dengan di Hong Kong. Kalau di Hong Kong mata uangnya adalah dolar Hong Kong, maka di Makau mata uang yang digunakan adalah Pataca. Meski begitu, Anda tak perlu buru-buru menukarkan uang dolar Hong Kong yang dimiliki dengan Pataca Makau. Ditambah lagi, nilai tukar antara dolar Hong Kong dengan Pataca juga tak terlalu berselisih jauh. Bisa dikatakan 1:1 lah. Hal ini karena toko, taksi serta restoran yang ada di Makau juga menerima mata uang Dolar Hong Kong. Jadi, nggak ada permasalahan untuk hal yang satu ini.



1 Comment


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now