• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,509

Berjalan-Jalan Ke Ngong Ping, Lantau Hong Kong (1)

baihaki1985

820 views

Menghabiskan waktu bepergian ke Hong Kong, utamanya ke Pulau Lantau tak cukup dengan waktu sehari. Terlebih Pulau Lantau memang menjanjikan banyak tepat serta atraksi yang bisa dikunjungi. Sebelumnya sih, pernah saya tulis mengenai betapa megahnya Patung Buddha Besar ataupun bagaimana menariknya suasana rekreasi bermain Disneyland yang ada di Lantau.

Meski begitu, masih ada beberapa lokasi wisata lain yang bisa dikunjungi di Lantau, lebih tepatnya di Ngong Ping. Mestinya sih, saya buat tulisan ini sejak beberapa waktu lalu. Terlebih pas menulis tentang Patung Buddha Besar. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan? hehehe..., nyari pembelaan saja ini mah.

Lalu ada apa saja di Ngong Ping? Ini tentunya pertanyaan yang kerap dimunculkan sebelum berkunjung ke sebuah tempat wisata. Tenang saja, Anda akan merasa puas setelah berkunjung ke tempat ini. Tak hanya satu lokasi wisata ataupun atraksi yang bisa Anda kunjungi di sini.

Po Lin Monastery

Po Lin Monastery merupakan sebuah wihara agama Buddha yang ada di dataran tinggi Ngong Ping. Usia wihara ini pun sudah sangat tua, didirikan pada tahun 1906 oleh tiga orang biksu yang berasal dari Cina, tepatnya dari Provinsi Jiangsu. Nama wihara ini pun sebenarnya bukanlah Po Lin, melainkan Da Maopeng. Namun nama tersebut secara resmi diubah menjadi Po Lin Monastery pada tahun 1924.

Dan Po Lin Monastery juga tak bisa dilepaskan dari Patung Buddha Besar, karena keduanya merupakan satu kesatuan. Pada awal pendiriannya, Po Lin Monastery memang adalah sebuah gubuk sederhana. Namun lama kelamaan, Pemerintah Hong Kong pun serius dalam mengembangkan potensi wisata tempat yang satu ini. Dan kini, mereka pun terus menambah bangunan baru yang masuk dalam kompleks Po Lin Monastery.

blogentry-0-0-18297200-1417361287.jpg

Grand Hall of Ten Thousands Buddha Po Lin Monastery (Kredit:Hong-kong-traveller.com)

Penambahan terbaru yang dilakukan oleh Pemerintah Hong Kong di Po Lin Monastery adalah bangunan bernama Grand Hall of Ten Thousand Buddhas. Dan seperti namanya, bangunan tersebut pun memuat 10 ribu patung Buddha di dalamnya. Selain itu, bangunan ini juga berfungsi sebagai Dharma Hall serta Scripture Library.

Selain itu, ada pula Great Hall yang merupakan bangunan utama dari kompleks Po Lin Monastery. Great Hall tersebut dibangun pada tahun 1920-an. Dan bangunan ini juga menjadi saksi bagaimana penyebaran agama Buddha di Hong Kong, utamanya di Pulau Lantau berkembang sangat pesat.

blogentry-0-0-63334600-1417361505.jpg

Suasana di Main Hall bangunan utama Po Lin Monastery (Kredit:Chinatravelgo.com)

Tak hanya itu, Great Hall ini juga memiliki desain interior dan eksterior yang unik. Anda pun akan mendapati banyak ukuran pada bagian luar gedung ini. Sementara itu, di bagian dalamnya, utamanya pada bagian langit-langit, Anda akan mendapati hal yang sangat mengagumkan. Baik itu berupa lukisan di langit-langit ataupun karena lampu gantungnya yang khas. Satu lagi yang tak bisa dilepaskan dari Po Lin Monastery adalah Mountain Gate Pai Lau yang merupakan pintu masuk dari wihara tersebut. Pintu gerbang ini mempunyai desain yang khas.

blogentry-0-0-45835000-1417362070.jpg

Tampilan luar gedung utama Po Lin Monastery (Wikimedia Commons/Michal Osmenda)

Oh iya, Anda juga bisa sekalian untuk menikmati sajian kuliner ketika berkunjung ke Po Lin Monastery ini. Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin mencoba bagaimana sih menu sehari-hari seorang biksu yang ada di Po Lin Monastery? Setiap harinya, akan ada menu makanan vegetarian yagn disajikan di Dining Hall serta Fat Ho Memorial Hall di Po Lin Monastery. Menu ini disajikan dari pukul 11:30 hingga pukul 17:00

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Deli Vegetarian Cafe yang berada di sebelah wihara. Seperti namanya, tentu saja restoran yang satu ini menyajikan kuliner berupa makanan vegetarian. Jadi, Anda bisa sekalian mencoba sajian kuliner vegetarian di tempat yang tak jauh dari sebuah wihara terkenal seperti Po Lin Monastery.

Po Lin Monastery sendiri bisa dikunjungi secara gratis, dan buka dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00. Jadi, pastikan kalau Anda ingin berkunjung ke tempat ini, berangkat dari penginapan pada pagi hari. Jadi, bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk bisa menikmati suasana di tempat ini.

Dari Po Lin Monastery, Anda juga bisa secara langsung menyaksikan kemegahan Patung Buddha Besar. Selain itu, karena lokasinya berada di daratan tinggi, Anda juga bisa memperoleh pemandangan yang sangat menakjubkan di tempat ini. Jadi, nggak salah kalau Po Lin Monastery beserta Patung Buddha Besar menjadi salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan saat pergi ke Hong Kong.

Wisdom Path

blogentry-0-0-08904400-1417360514.jpg

Wisdom Path (Flickr/Rob Young)

Sebenarnya tempat ini juga masih menjadi satu kesatuan dengan Po Lin Monastery. Dan untuk menjangkaunya, Anda hanya butuh berjalan kaki beberapa menit dari Po Lin Monastery. Dan di sana, Anda akan mendapati beberapa tiang yang berdiri berderatan. Delapan tiang tersebut terpatri dengan Sutra Hati. Kurang begitu ngeh sih dengan yang dimaksud Sutra Hati. Yang penting sih, Sutra Hati ntu sangat dihormati oleh para pemeluk agama Buddha (mungkin ada yang bisa memberi koreksi?).



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now