• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,552

Spot-Spot Menarik Untuk Menyaksikan Sunset Di Hong Kong

baihaki1985

1,894 views

Menyaksikan keindahan alam tak pernah menjadi sebuah aktivitas yang membosankan. Termasuk di antaranya adalah aktivitas menyaksikan matahari terbenam atau sunset. Bahkan banyak pendaki yang rela jauh-jauh naik gunung hanya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Di Hong Kong sendiri, terdapat beberapa spot menarik yang bisa dijadikan tempat untuk menyaksikan peristiwa harian ini. Anda pun bisa memilih lokasi mana yang terbaik. Bisa pula memilih lokasi yang lebih mudah dijangkau.

Sunset Peak

Lokasi pertama yang bisa dikunjungi untuk bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Hong Kong adalah Sunset Peak. Kelihatan banget bukan dari namanya? Sunset Peak mempunyai ketinggian 869 meter di atas permukaan laut.

Sunset Peak terletak di Pulau Lantau. Untuk bisa mengakses puncak yang satu ini, Anda bisa menuju ke Lantau South Country Park yang ada di Lantau Selatan. Di situ, Anda bisa melakukan aktivitas hiking di Lantau Trail dengan start awal di Mui Wo.

blogentry-0-0-74121000-1417546396.jpg

Pemandangan matahari terbenam di Sunset Peak, Lantau (Flickr/K.L. Lau)

Secara total, terdapat 12 hiking trail yang adai di Lantau. Nah, rute hiking trail ke Sunset Peak ini adalah Lantau Trail Stage 2. Rute ini mempunyai panjang sejauh 6,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam. Cukup melelahkan, terutama bagi yang kurang terbiasa dengan aktivitas mendaki gunung.

blogentry-0-0-46686500-1417546650.jpg

Sunset di Sunset Peak (Flicrk/K.L. Lau)

Namun sesampainya di puncak, Anda akan merasakan pengalaman yang menakjubkan. Dan tentu saja, untuk menuju ke sini, Anda harus membawa perbekalan yang cukup. Baik berupa minuman ataupun makanan.

Sky100

Kalau aktivitas hiking bukan menjadi kegiatan yang Anda sukai, ada cara yang lebih mudah untuk bisa menyaksikan keindahan momen matahari terbenam di Hong Kong. Caranya pun tak begitu sulit. Anda hanya perlu datang ke gedung tertinggi di seluruh Hong Kong, yakni International Commerce Centre (ICC).

Lokasi gedung ini ada di Kowloon, tepatnya berada di alamat 1 Austin Road West, West Kowloon, Tsim Sha Tsui, Hong Kong. Anda bisa membaca lebih detail mengenai gedung tertinggi di Hong Kong ini pada artikel berikut. Seperti yang saya tuliskan di situ, di gedung ICC ini terdapat sebuah tempat observatory yang memang disediakan untuk umum, yakni Sky100.

Sky100 tersebut berada di lantai 100 dari total 118 lantai yang ada di ICC. Dan tentunya, akses masuk menuju ke Sky100 ini tidak gratis. Dari dek observatory ini, Anda pun bisa menyaksikan pemandangan Hong Kong dalam suasana 360 derajat.

Beroperasi dari pukul 10 pagi hingga pukul sembilan malam, momen yang sangat menarik untuk bisa datang ke tempat ini adalah saat matahari terbenam. Di sini, pemandangan untuk menyaksikan matahari terbenam bisa dilakukan secara puas. Karena tak ada gedung-gedung tinggi yang mengganggu pemandangan Anda.

blogentry-0-0-79075400-1417546833.jpg

Sunset dari Sky100 Hong Kong (Flickr/Calvin YC)

Untuk menuju ke sini, Anda bisa membeli tiket standar dengan harga sebesar 168 dolar Hong Kong untuk orang dewasa. Sementara untuk anak usia 3-11 tahun atau para lansia dengan usia lebih dari 65 tahun, tiketnya bisa diperoleh dengan harga lebih murah, yakni 118 dolar Hong Kong.

Tian Tan Buddha atau Patung Buddha Besar

Berada di Ngong Ping yang merupakan salah satu dataran tinggi di Hong Kong, Tian Tan Buddha atau Patung Buddha Besar juga menyajikan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan. Kalau dibandingkan dengan dua tempat sebelumnya, tentu saja akses ke tempat ini berada di tengah-tengah.

Cara menuju ke Patung Buddha Besar tentunya lebih mudah kalau dibandingkan menuju ke Sunset Peak. Namun kalau Anda membandingkannya dengan Sky100, tentu saja Sky100 memberikan kemudahan. Toh Anda hanya perlu naik lift yang telah disediakan untuk para pengunjung.

blogentry-0-0-75746100-1417546988.jpg

Sunset di Patung Buddha Besar (Kredit:Secondglobe.com)

Dan pemandangan matahari terbenam yang bisa disaksikan di sini pun tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan dua tempat sebelumnya. Terlebih kalau Anda bisa menyaksikan pemandangan langit merah merona yang menjadi background patung buddha terbesar yang ada di Hong Kong ini.

Akses transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Tian Tan Buddha sangatlah mudah. Yang paling gampang dan sangat menyenangkan adalah dengan menggunakan sarana transportasi Ngong Ping 360. Menggunakan kereta gantung ini memang memberikan pengalaman tersendiri. Terlebih kalau Anda memilih untuk memakai dek kristal yang bagian bawahnya menggunakan bahan dari kaca.

Alternatif lainnya untuk bisa menuju ke sini adalah dengan menggunakan bus umum yang bisa dijangkau dari Mui Wo. Namun sebelumnya, tentu Anda harus menggunakan jasa transportasi kapal ferry dari Central untuk bisa menuju ke Mui Wo. Namun yang perlu diperhatikan, lama perjalanan antara menggunakan bus umum dengan memakai kereta gantung Ngong Ping 360 memiliki selisih waktu yang cukup signifikan. Dan yang perlu diperhatikan juga, Ngong Ping 360 tidak beroperasi 24 jam, tapi hanya dari pukul 10 pagi hingga pukul 18 sore.

Victoria Harbour

Selain tiga tempat tersebut, spot yang bisa dijadikan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam adalah menuju ke Victoria Harbour. Pelabuhan yang menjadi ikon Hong Kong ini memang memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda bisa mendapati gedung gedung pencakar langit yang ada di Hong Kong dengan background langit yang mulai berubah warna. Sangat cantik.

blogentry-0-0-70802800-1417547309.jpg

Pemandangan matahari terbenam di Victoria Harbour (Flickr/Butch Botln)

Victoria Peak atau The Peak

blogentry-0-0-53547500-1417547151.jpg

Pemandangan sunset di Victoria Peak (Flickr/Kelvin Lok)

Spot yang terkenal ini juga bisa dijadikan lokasi untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam di Hong Kong. Dengan menggunakan sarana transportasi Peak Tram ataupun bus umum, Anda sudah bisa sampai di The Peak. Tak begitu sulit, karena Victoria Peak memang lokasinya berada di Pulau Hong Kong dan menjadi salah satu spot menarik yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan.



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now