• entries
    160
  • comments
    84
  • views
    102,552

Berjalan-Jalan Di The Bund, Shanghai

baihaki1985

1,174 views

Seperti halnya Hong Kong, Shanghai merupakan kota yang sangat menarik. Di sini, Anda pun akan mendapati banyak tempat-tempat yang sangat populer di mata para traveler dunia. Salah satunya adalah The Bund yang merupakan sebuah area waterfront di pusat Shanghai, Cina.

Tempat ini menjadi daya tarik dari para wisatawan dunia karena menjadi pameran arsitekur dunia secara langsung. Bahkan banyak yang menyebut kalau The Bund merupakan Museum Arsitektur Internasional. Sebutan tersebut disematkan pada The Bund karena tempat ini memiliki deretan gedung-gedung yang hadir dengan desain arsitektur berbeda. Ditambah lagi, Shanghai juga dikenal sebagai salah satu kota dengan gedung bergaya art deco terbanyak dunia.

blogentry-28968-0-28391900-1417816207.jpg

Sungai Huang Pu Shanghai (Wikimedia Commons/Jakub Halun)

Berada di sepanjang sungai Huang Pu, The Bund memang menyajikan suasana tersendiri jika dibandingkan tempat lain. Terlebih kalau Anda datang ke Shanghai bersama dengan pasangan. Tempat ini akan menjadi lokasi yang sangat romantis. Dan tak hanya populer di telinga para wisatawan, The Bund juga menjadi tempat nongkrongnya masyarakat lokal Shanghai.

The Bund yang juga disebut dengan nama Zhongshan Dong Yi Lu (East Zhongshan 1st Road) ini memang kerap menjadi simbol tersendiri kota Shanghai selama puluhan tahun. Daya tarik utama dari tempat ini memang adalah bangunan dengan desain arsitektur yang menarik di sepanjang jalan di depan sungai. Dulunya, The Bund di Shanghai ini memang menjadi tempat berdirinya berbagai bank serta kantor perdagangan dari berbagai negara seperti Inggris Raya, Perancis, Amerika, Italia, Rusia, Jerman, Jepang, Belanda serta Belgia.

blogentry-28968-0-51124900-1417816305.jpg

The Bund di malam hari (Wikimedia Commons/Mr. Tickle)

Tak mengherankan, karena Shanghai sendiri merupakan sebuah kota pelabuhan. Dan The Bund sendiri menjadi lokasi yang sentral karena berada tepat di depan sungai Huang Pu. Dan pada akhir abad ke 20, The Bund pun berkembang menjadi pusat perekonomian di Eropa Timur. Bahkan di sana juga menjadi kantor pusat beberapa institusi finansial Cina.

Ada banyak gedung yang bisa dinikmati keindahannya selama berada di The Bund. Misalnya adalah China Merchant Bank Building. Gedung nomor 9 di The Bund ini merupakan salah satu bangunan yang bersejarah. Hal ini karena gedung tersebut menjadi bank milik Cina pertama yang ada di daratan Cina. Dan kini, bangunan tersebut berubah menjadi sebuah toko milik Shiatzy Chen.

Gedung-gedung yang berdiri berjejer di The Bund pun seolah menjadi display pameran bangunan dunia. Anda akan menemukan gedung dengan desain yang berbeda di sepanjang jalan ini. Di antaranya ada gedung yang bergaya Gothic, Baroque, Ronasque, klasik ataupun Renaissance.

Selain itu, dinding pengontrol banjir yang ada di sepanjang sisi sungai Huang Pu juga menjadi faktor menarik tempat ini. Terlebih dari situ, para wisatawan yang berkunjung bisa secara langsung menyaksikan pemadangan area Pudong dengan sungai Huang Pu.

blogentry-28968-0-85359100-1417816128.jpg

Pemandangan Pudong di Malam Hari Dilihat dari The Bund (Pixabay/Qtisan)

Terlebih kalau Anda datang ke sini pada malam hari. Pemandangan dari The Bund ke arah Pudong memang menyajikan keindahan tersendiri. Dari The Bund, Anda bisa menyaksikan gemerlapnya Oriental Pearl Tower serta Shanghai World Financial Center yang mempunyai total lantai sebanyak 100 lantai.

Selain itu, ada pula beberapa landmark lain yang bisa dijumpai di The Bund. Yang tak ketinggalan tentunya adalah patung Banteng Emas The Bund Financial Bull yang memiliki desain sangat mirip dengan patung Charging Bull di Wall Street, Amerika Serikat. Di sini, juga ada patung tokoh komunis Chen Yi yang juga merupakan walikota pertama kota Shanghai.

Pada saat berkunjung ke The Bund, Anda juga tak boleh melewatkan untuk mendatangi Bund Sightseeing Tunnel yang juga menjadi landmark dari tempat ini. Terowongan ini merupakan sebuah terowongan bawah air yang dibangun melintasi sungai Huang Pu dan menghubungkan antara The Bund dengan area Pudong. Dan tempat ini juga menjadi salah satu yang popler.

Terowongan tersebut memiliki panjang sejauh 646,7 meter. Tak hanya sebuah terowongan biasa, Bund Sightseeing Tunnel merupakan sebuah terowongan yang dilengkapi dengan efek multimedia khusus. Selain itu, untuk melintasi terowongan ini, Anda juga diajak menggunakan kereta maglev yang menyajikan pemandangan dalam sudut 360 derajat. Atraksi ini mulai dibuka pada tahun 2000. Dan pihak pengelola pun mengklaim kalau hingga saat ini, Bund Sightseeing Tunnel telah digunakan oleh lebih dari jutaan orang.

blogentry-28968-0-01823200-1417816381.jpg

The Bund Sightseeing Tunnel (Wikimedia Commons/J. Patrick Fischer)

Kereta tersebut berjalan secara otomatis dan dengan kecepatan yang stabil. Perjalanan dari The Bund menuju ke Lujiazui di Pudong membutuhkan waktu selama 3 hingga 5 menit. Kalau Anda ingin menggunakan daya tarik wisata yang satu ini, pintu masuknya ada di alamat 300 Zhongshan East First Road (Puxi) dan 2789 Binjiang Road (Pudong). Anda pun bisa memilih untuk melakukan perjalanan single trip ataupun round trip, namun tidak gratis ya.

Awalnya, pembangunan terowongan ini sebenarnya digunakan untuk jalur pejalan kaki. Namun pada akhirnya, Pemerintah Cina menggunakan sebuah mobil otomatis yang dibuat di Prancis. Dan sebagai tambahan, mereka pun menggunakan jasa perusahaan asal Amerika yang pernah bekerjasama dengan Disney untuk memberikan tambahan efek visual audio di dalam terowongan tersebut.



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now