stream_title_11

Showing all content posted in for the last 365 days.

This stream auto-updates     

  1. Today
  2. GATHERING ADVENTURE Jalaners Regional SUMUT, 9 - 10 September 2017 Hola semuwah……. Horassss..!! Berawal dari ide temen-temen saat kopdar jalaners Sumut di Raden's Crispy Steak & Spicy Chicken di akhir bulan Juli kemaren, akhirnya keluarlah rencana Gathering Adventure untuk explore Pesona Sumatera Utara yang di fix kan tanggalnya di 9-10 September 2017. Total ShareCost per orang hanya RP. 433.000, itu sudah termasuk ( Transportasi, Akomodasi, konsumsi, Penyebrangan Ferry, Retribusi Wisata, Parkir wisata & umum dan pengeluaran lain-lain) pokoknya sudah semua. Sebenarnya ShareCost Awal hanya Rp. 350.000 per orang, namun karena adanya biaya-biaya tambahan yang tidak di anggarkan sebelumnya, maka Sharecost tambahan dikenakan Rp. 83.000 per orang sehingga totalnya menjadi seperti yang di sebutkan diatas. Mari kita ikuti keseruannya… TITIK KUMPUL & KEBERANGKATAN Schedule Gatheringnya sih Sabtu-minggu, 9-10 Spetember 2017, tapi keberangkatan kami di hari Jum’atnya , dan sesuai kesepakatan kami pilih SPBU Setia Budi sebagai Titik Kumpul keberangkatan. Jum’at , 8 September 2017 sekitar jam 20.00 wib temen-temen sudah pada kumpul di SPBU Setia Budi, setelah saling berkenalan dengan teman-teman yang baru bergabung di komunitas maka kami pun mulai mempersiapkan tas masing-masing untuk di susun di bagasi mobil. Selanjutnya.. pengarahan dari ketua Team Gathering Adventure @Dhistiraz ( Kenzie ) dan berdo’a bersama sebelum keberangkatan. Tepatnya pukul 22.00 Wib kami berangkat dari titik kumpul menuju ke kota Pamatang Siantar sebagai destinasi pertama yang akan kami kunjungi. WISATA MALAM DI KOTA PEMATANG SIANTAR Berangkat dari titik kumpul pukul 22.00 wib dan sampai di Pematang Siantar pukul 00.30 wib ( dini hari ). Sesampainya di kota Pematang Siantar hujanpun turun dengan derasnya, kamipun mampir ke SPBU yang berada di seberang RS. Horas Insani, menurut rencana sih kami akan istirahat disana hingga pagi hari. Sudah satu setengah jam kami disana namun hujan tidak kunjung berhenti, baru sekitar menjelang jam 2.30 wib hujan mulai reda.. Sepertinya ada yang aneh nih, temen-temen pada clingak clinguk pandang-pandangan… eh ternyata temen-temen pada kelaperan… Karena di sekitar SPBU nggak ada kedai makanan yang buka, akhirnya kami menuju ke SIANTAR SQUARE yang berada di Jl. Vihara PEMATANG SIANTAR. Untuk Menuju ke Siantar Square sangat mudah, Jika Anda dari Arah Medan menuju Parapat, pasti akan melewati Jalan Sutomo atau Jalan Lintas Tengah Sumatera yang berada di pusat kota , nah dari pusat Perbelanjaan Ramayana terus saja, nanti di sebelah kiri jalan ada gapura bertuliskan SIANTAR SQUARE pas di pangkalnya Jl. Vihara. Jika Anda kemalaman dan tidak ada lagi rumah makan yang buka, silahkan mampir kemari saja, karena mereka buka sampai pagi. Mulai dari sate padang, indomie rebus, nasi goreng, teh manis panas, kopi panas , kopi susu panas pun kami tuntaskan wkwkwww TUGU BECAK BSA PEMATANG SIANTAR Setelah perut kenyang… sembari menunggu waktu subuh tiba, kamipun tidak mau menghabiskan waktu percuma, jam 04.00 wib kami menuju TUGU BECAK SIANTAR, disana mobil kami parkirkan di tempat parkir disamping tugu, tepatnya dihalaman Gedung Dinas Kebudayaan Pematang Siantar. Turun dari mobil…… weshhhh para Celebgram langsung cari posisi joss buat selfie, maklum Tugu Becak Siantar adalah salah satu Hot Spot yang lagi naik daun dan menjadi salah satu objek yang paling di buru oleh para Celebgram. Sebagai informasi, Tugu Becak Siantar ini di resmikan pada hari sabtu, 15 September 2016, Becak Siantar yang ber merk Birmingham Small Army (BSA ) dan sejenisnya ini merupakan warisan Perang Dunia yang masih beroperasi dengan baik. So ..jika rekan-rekan main ke Pematang Siantar, pastikan mampir ke Tugu Becak Siantar ini. Lokasi Tugu Becak Siantar (BSA) berada di Jalan Merdeka, di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan Pematang Siantar, Sumatera Utara. Hingga akhirnya Adzan subuh pun berkumandang, saya dan teman-teman kita yang muslim tentu harus menunaikan ibadah wajib, dan sekitar 15 menit dari Tugu Becak Siantar, kami pun singgah di Masjid Rindam ( Al-Huda ) yang berada di jl. Bangau, Pematang Siantar. Masjidnya cukup besar dengan pelataran parkir yang luas. Setelah mobil terparkir di halaman Masjid kami semua pun turun baik yang muslim maupun yang non muslim, setelah bersih-bersih di kamar mandi kami yang muslim masuk ke dalam masjid untuk sholat subuh, dan teman-teman kami yang tidak sholat subuh beristirahat di teras depan masjid. Setelah selesai sholat subuh, kami bergabung kembali dengan teman-teman yang berada diteras depan, dan disana kami rebahan meluruskan badan sambil cerita kesana kemari. PEMANDIAN BAH DAMANIK Sekitar jam 06.30 kami bergerak dari Masjid Rindam untuk mulai melanjutkan Adventure, Jam 6.50 wib kami sampai di simpang tiga SPBU Simarimbun, atau lebih jelasnya persimpangan Jalan Parapat ( menuju Parapat) dengan Jalan Pematang Purba yang mengarah ke Sidamanik. Tujuan kami adalah pemandian Bah Damanik, sekitar 40 menit dari Simpang tiga SPBU, sampailah kami di Sidamanik tepatnya pas di depan Palang yang bertuliskan “Pemandian Bah Damanik”, Sebenarnya secara jarak sih tidaklah jauh dari simpang tiga SPBU, andaikan jalannya bagus, harusnya sekitar 15 menit sudah sampai . Tapi karena jalannya rusak sana sini membuat kami harus berhati-hati . dalam hal ini “ jika ada pejabat pemerintah yg berwenang yang membaca tulisan ini, mohon kiranya jalan menuju Sidamanik ini diperbaiki.. “ Lanjut…. Dari plang nama pemandian Bah Damanik, mobil kami terus masuk kedalam sekitar 10 menitan, jalan pelan-pelan , dan akhirnya sampai ke pelataran parkir mobil dan sepeda motor. Untuk tarif parkir disini dikenakan Rp. 15.000.- per mobil, kalo bisa dinego saja, bisa aja jadi Rp. 10.000 per mobil, soalnya belum ada aturan khusus yg mengatur tarif parkir disini. Setelah turun dari mobil kami bersiap menuju pemandian Bah Damanik dengan menuruni anak tangga, namun sebelumnya kami harus membayar retribusi terlebih dahulu sebesar Rp. 5.000,- per orang, harusnya sih kalo di kali 14 orang totalnya, Rp. 70.000.- tapi kami minta diskon jadi kami hanya bayar RP. 60.000.- saja untuk 14 orang, lumayan.. BTW nih, tarif Rp. 5.000.- itu hanya untuk mandi-mandi di pemandian, naik rakit, dan untuk kamar kecil, sedangkan untuk sewa pondok di kenakan Rp. 25.000.- per pondok. Selanjutnya….. acara bebas di pemandian… Air nya sungguh dingin dan segar… kami yang tidak tidur semalaman ini menjadi bugar begitu nyemplung ke air. Rasa kantuk juga hilang… kalo pakar kesehatan bilang, itu karena banyaknya “ ION NEGATIF “ sehingga tubuh menjadi segar…. Au ah……. Tips : Karena Pemandian BAH DAMANIK adalah salah satu Spot Wisata yang paling diburu wisatawan, maka datanglah pagi-pagi agar teman-teman bisa menikmati jernihnya air Bah Damanik, sebagaimana kami yang menjadi tamu pertama di hari itu, karena jika teman-teman datangnya siang atau sore hari, sudah keburu rame orang, daaan… airnya udah nggak jernih lagi. KEBUN TEH BAH BUTONG Jam 9.30 wib kami harus keluar dari pemandian Bah Damanik, karena masih ada destinasi wisata yang harus di kunjungi yaitu Perkebunan Teh . Kebun teh yang ada di PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari di Kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun, Pematangsiantar kerap ramai disambangi wisatawan. Oleh karenanya kami juga tidak ingin melewatkan perkebunan teh yang konon hasil teh dari perkebunan ini adalah merupakan teh terbaik di dunia. Lama perjalanan dari pemandian Bah Damanik ke Perkebunan Bah Butong Ini hanya memakan waktu 3 menit saja, dari kejauhan sudah terlihat plang nama milik PTPN IV yang di bawahnya bertuliskan Selamat Datang di Kebun Bah Butong. Sesampai disana ternyata sudah ada beberapa rombongan wisatawan yang sudah tiba terebih dahulu, dan kamipun mengambil posisi parkir di pinggir jalan. Tarif Parkir disini Rp. 10.000, per mobil tapi di nego jadi Rp. 5.000.- saja . Satu hal yang menjadi perhatian kami disana adalah, penduduknya yang sangat ramah, siapapun orang nya yang kami tanya-tanya disana, mereka akan menjelaskan dengan ramahnya… kami bisa melihat dari mata mereka akan rasa ingin menolong orang lain yang membutuhkan jawaban. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh dari sini, ada beberapa pedagang yang menawarkan teh hijau, teh benalu, teh linting dll yang harganya juga tidak mahal. Saya membeli 1 bungkus teh hijau seharga Rp. 15.000.- untuk ukuran 250 gr. AIR TERJUN BAH BIAK Setelah puas kami perfoto dan ber selfie ria di perkebunan teh Bah Butong ini, kami melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun BAH BIAK, lokasi nya tidak jauh dari perkebunan bah Butong, sekitar 3 menit perjalanan kami sudah melihat Plang menuju Air Terjun Bah Biak, kami pun belok ke kiri mengikuti petunjuk, sayangnya jalan menuju ke air terjun Bah Biak ini, masik tanah, belum di lapisi batu krikil apa lagi aspal hehehe.. maklum ini kan sebenarnya jalan perkebunan.. Beberapa kali saya harus turun untuk mengecek kondisi jalan yang kami lalui, karena khawatir kalo nanti mobil akan kepater, selip atau apalah… tapi ternyata disana tanahnya pasir bercampur batu bukan tanah liat, sehingga walaupun berlumpur tapi bagian bawahnya keras. Sehingga aman untuk dilalui kendaraan. Dan sekitar 10 menitan lamanya akhirnya kamipun sampai di tempat parkiran Air Terjun Bah Biak yang letaknya berada di perkebunan teh Sidamanik. Setelah parkir , kami langsung menuju ke air terjun bah biak, dengan menuruni anak tangga terlebih dahulu. Retribusi masuk tempat wisata ini, Rp. 2.000 per orang. Sesampai di air terjun Bah Biak kami langsung ambil posisi cantik untuk jeprat-jepret. Namun karena hari sudah mulai siang kamipun tidak sempat untuk basah-basahan disana, karena harus melanjutkan destinasi selanjutnya, “ BUKIT SIPOLHA “. Seyogyanya kami berencana mengunjungi BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG terlebih dahulu sebelum menuju Bukit Sipolha, namun karena pertimbangan waktu akhirnya kami memutuskan untuk men-skip kunjungan ke Simarjarunjung. Next Time lah kami akan kesana. BUKIT SIPOLHA Rasa nya sudah tengah hari dan perut pun mulai lapar, dalam perjalanan menuju Bukit Sipolha, kami singgah di rumah makan padang yang ada di desa Sait buttu, untuk membeli nasi bungkus, yang rencananya akan kami nikmati nanti pas di bukit sipolha. Setelah membeli nasi bungkus, kami pun melanjutkan perjalanan, setelah beberapa menit sampailah kami di pertigaan antara Jalan Pematang Purba dan Jalan Simarjarunjung. Jika belok kekanan menuju Simarjarunjung dan Tigaras, sedangkan jika belok ke kiri menuju Sipolha dan Parapat, maka kamipun memilih belok ke kiri jalan yang menuju ke Bukit Sipolha dan Parapat. Selama perjalanan menuju bukit sipolha, kami disuguhi pemandangan yang menakjubkan, kilauan air danau toba terlihat dari kejauhan, didalam mobil teman-teman pada kegirangan melihat pemandangan pinggiran danau toba yang begitu indah. Dan sekitar 30 menitan kami sampai di persimpangan menuju Bukit Sipolha, kami pun menyusuri jalan sempit yang berbatu dan sedikit curam, namun bagi kami itu sudah biasa, jadi ya santai sajah… Sekitar 10 menitan sampailah kami di pelataran parkir yang sederhana dan mobil kamipun ambil posisi parkir yang strategis sesuai dengan arahan tukang parkir. Sayangnya Sesampai kami di parkiran, hujan turun dengan deras, sehingga kami tidak bisa langsung naik ke bukit Sipolha, tapi kami mampir di warung kopi, sembari menunggu hujan reda, sekalian lah nyantap nasi bungkusnya, Udah lapar…. Baru sekitar setengah jam hujan mulai reda.. dan akhirnya cuaca kembali panas, maka saatnya untuk naik keatas Bukit Sipolha yang selama ini sudah di impikan… PENYEBERANGAN TIGARAS Setelah berpuas-puas di Bukit Sipolha, kami harus segera menuju ke pelabuhan Tigaras, karena kami harus mengejar jadwal penyebrangan jam 15.15 WIB, menuju Simanindo, Samosir. Sesampai di Pelabuhan Tigaras, sudah ada 12 mobil yang mengisi palataran pelabuhan dan mobil kami masuk pada urutan 13 dan 14, amanlah. Karena Kapal penyebrangan hanya bisa memuat 15-16 mobil saja, dan sisanya akan di masukan ke jadwal berikutnya. Saya langsung menuju Loket untuk membayar administrasi penyebrangan, dengan perincian sbb: Untuk Minibus Rp. 96.500, Penumpang 6 orang dewasa ( Supir tidak dihitung) Rp. 40.200, jadi perorangnya Rp. 6.700.- Asuransi keseluruhan 6.550 jadi totalny Rp. 143.250.- untuk Retribusi parkir per mobil Rp. 10.000 per mobil tapi negolah jadi Rp. 5.000.- bisa kok. Waktu penyeberangan sekitar 40 menit dari Tigaras menuju Pelabuhan Simanindo. TUGU SITIO TIO Selepas keluar dari Dermaga Simanindo kami langsung mampir ke Tugu Sitio- tio untuk sekedar berfoto-foto saja, setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Wisma AGAPE yang berada di Tomok, Samosir. Perjalanan dari Simanindo ke Tomok memakan waktu sekitar, 50 menitan, dengan kecepatan sedang.. 30-40 km/jam. PENGINAPAN WISMA AGAPE, TOMOK, SAMOSIR. Sengaja Kami memilih Wisma Agape karena secara harga cukup murah, untuk kamar berisi 6 ranjang seharga Rp. 180.000,- + 10% ppn + uang kebersihan Rp. 10.000 per orang. Lumayanlah untuk menghemat budget, tapi dengan catatan tidak ada air minum, tidak ada sarapan. It’s OK air mineral kami sudah lebih dari cukup. Kondisi kamar cukup bersih, kamar mandi besar dan juga bersih. Kami memesan 2 kamar, 1 kamar untuk para ladies dan 1 kamar lagi untuk para cowok.. Untuk makan malam kami beli nasi bungkus kerumah makan padang, FYI untuk temen-temen yang muslim tidak perlu khawatir, karena di Tomok, cukup banyak rumah makan Muslim . Untuk masalah harga, sepertinya sudah pada kompakan antara rumah-makan satu dengan yang lain. Yaitu harga rata-rata Rp. 20.000.- untuk nasi bungkus pake ayam maupun ikan, kecuali ikan Lele harganya Rp. 18.000.- perbungkus. Lebih mahal sih memang jika dibandingkan dengan yang di jual dikota Medan yang sebungkusnya hanya paling 9.000 – 11.000 saja. Tapi yah maklumlah mungkin karena ini tempat wisata, yang penting masih ada makanan yang bisa kami makan. Setelah makan malam bersama, kami melanjutkan dengan acara tukar kado, dimana kado ini sudah kita sepakati harganya Rp. 10.000.- saja, dan tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk mencari kado seharga Rp. 10.000.- udahlah… yang penting ada kado .. hahahaha Setelah acara tukar kado selesai , temen-temenpun sudah tidak sabar menuju tempat tidurnya masing-masing, maklum pada kurang tidur ditambah full day wisata jadi tidur malam ini sangat lelap… Pagi harinya, untuk meregangkan otot kami zumba dan aerobik ala kadarnya, yang penting otot-otot tidak kaku dan badan berkeringat.. di lanjut… mandi pagi di danau toba… segeerrrrr.. WISATA BELANJA DI TOMOK , 10 September 2017 ( day 2 ) Jam 8 pagi kami harus beres-beres dan siap-siap untuk melanjutkan perjalanan wisata, destinasi pertama adalah pusat oleh-oleh / kerajinan di Tomok, temen-temen pingin beli oleh-oleh buat dibawa pulang. Jadi silahkan berbelanjaa… sekali lagi mereka beruntung, karena mereka dapat harga bukaan dasar… PEMANDANGAN PULAU TAO Sebenarnya dari Tomok kami ingin langsung menuju Pantai Pasir Putih Parbaba, tapi ditengah perjalanan kami melihat pemandangan yang lumayan indah, yakni pemandangan pinggirian danau dengan background Pulau Tao, jadi kami mampir sejenak sekedar untuk perphoto-photo. Yang penting happy… PANTAI PASIR PUTIH PARBABA Mungkin sebagian dari kami sudah ada yang pernah ke mari, tapi pergi bersama teman-teman komunitas tentu lebih berbeda & seru. Tiket masuk pantai pasir putih parbaba Rp. 2.000.- per orang, jadi untuk 14 orang RP. 28.000.- namun seperti biasa kami minta diskon, jadi hanya bayar RP. 25.000.- saja. Rencana kami memang ingin makan siang di Parbaba, makanya pada saat kami masih di Tomok pagi tadi, kami sudah membeli nasi bungkus terlebih dahulu. Kami menyewa tikar seharga Rp. 30.000.- untuk kami duduk dan makan siang bareng-bareng, sayang sih sebenarnya karena kami hanya memakainya untuk makan siang saja, dan setelahnya kami sudah kearah tepi danau untuk berphoto ria. Dari semua pantai pasir putih yang ada di Samosir, Pantai Pasir Putih Parbaba inilah yang paling ramai dikunjungi, mungkin karena namanya yang sudah dikenal orang terlebih dahulu, dan fasilitas permainannya yang cukup banyak, sehingga wisatawan menjadikan pantai pasir putih Parbaba sebagai destinasi pilihan. PEMANDIAN AIR HANGAT – AEK RANGAT Setelah dari pantai pasir putih Parbaba, kami melanjutkan perjalanan ke AEK RANGAT, namun terlebih dahulu kami harus mengisi BBM kendaraan di kota Pangururan yang merupakan ibu kota kabupaten Samosir. Nah Bagi teman-teman yang membawa kendaraan ke pulau samosir, sebaiknya isilah BBM terlebih dahulu disini. Karena SPBU di Pulau Samosir hanya ada di sini. SPBU terdekatnya adalah di Parapat, dan Simpang tiga Jalan menuju Sidikalang itu jika temen-temen ingin pulang ke Medan melalu Tele, Jauh bukan ? Setelah isi full BBM, kami menuju ke Aek Rangat, sampai di Aek Rangat kami membayar retribusi masuk RP. 2000. Per orang, dan kami angsung menuju keatas dimana tempat biasa orang-orang berfoto dengan background Abjad “ AEK RANGAT ". Jika kami menginap satu malam lagi disini mungkin kami akan menikmati hangatnya air belerang dikawasan ini, namun karena kami masih punya beberapa destinasi lagi, maka kami harus melanjutkan perjalanan. Dan tujuan kami selanjutnya adalah Tempat Wisata AEK SIPITUDAI atau Air Tujuh Rasa. AEK SIPITUDAI Aek Sipitudai yang berarti Air Tujuh Rasa ini sudah sangat tersohor namanya dari dulu kala, namun beberapa temen-temen ada yang belum pernah mampir kemari untuk melihatnya secara langsung. So tentu saja tempat ini menjadi destinasi yang tidak boleh di lewatkan. Tiket Masuk Ke Tempat wisata ini RP. 2.000.- per orang, parkir Rp. 10.000.- per mobil, bisa saja dinego jadi RP. 5000.- per mobil. Tips Guide sukarela saja. Yang menjadi menarik para pengunjung adalah rasa airnya, penasaran” mengapa airnya bisa berbeda rasa di setiap pancurannya ”, karena mata airnya berbeda ? itu benar, tetapi dari semua mata air itu airnya megalir kedalam satu kolam penampungan dan bercampur menjadi satu. Dan dari kolam penampungan itulah airnya di alirkan ke dalam 7 Pancuran yang berbeda. Pendeknya satu penampungan 7 pancuran tapi rasanya beda. Untuk hal yang satu ini, tentu ada penjelasan secara ilmiahnya, namun saya sih menganggap ini adalah keajaiban yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. BUKIT HOLBUNG ( DOLOK HOLBUNG ) Nama Bukit Holbung Baru mencuat beberapa tahun terakhir ini, keindahan pemandangan danau toba dari puncak bukit Holbung ini tidak diragukan lagi, bahkan orang-orang yang sudah pernah kemari pun masih ingin kembali kemari hanya demi pemandangan yang menakjubkan. Tidak luput pula banyaknya informasi yang kurang pas mengenai Bukit Holbung ini, menjadikan banyak perdebatan diantara netizen mengenai letak posisi bukit ini. Ada yang mengatakan terletak di desa holbung, desa Janji Martahan, desa Hariara Pohan. Yang benar dan bisa di validasi kebenarannya adalah, Bukit Holbung / Dolok Holbung, berada di Desa Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara. Anda bisa cek via Map batas desa milik pemerintah daerah maupun bisa melalui Google map. Terlepas dari perdebatan letaknya dimana, yang jelas Bukit Holbung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata, terutama bagi para Celebgram. Untuk mendapatkan hasil photo dan view yang bagus, memang untung-untungan, karena cuaca disini sangat cepat perubahannya. Terutama jika di musim hujan seperti sekarang ini. Namun secara keseluruhan pemandangan Bukit Holbung tetap Indah di cuaca apapun. Sampai saat ini tidak ada kutipan retribusi apapun, selain parkir sebesar RP. 5000.- per mobil Setelah puas kami di bukit holbung, kamipun kembali melanjutkan destinasi berikutnya, yakni air terjun Sampuran Efrata. Namun karena waktu Ashar sudah tiba, mampirlah kami ke Masjid yang ada di pinggir jalan di desa Janji Martahan untuk sholat Ashar. Sekalianlah kami numpang buang air kecil di sana soalnya udah kebelet sedari tadi. Tips : Bawalah makanan, karena udara yang dingin Anda pasti akan cepat merasa lapar, dan disini tidak ada satupun yang jualan makanan. Jika Anda berkunjung kemari, sebaiknya memakai sendal gunung atau sepatu tracking, karena anak tangga bisa licin bila habis diguyur hujan. Kenakanlah Jaket untuk menahan udara dingin, dan topi jika cuaca panas. Karena background pemandangan mayoritas berwarna hijau, maka pakailah pakaian yang cerah selain hijau, agar jika di photo akan terlihat lebih bagus. Jika Anda kemari menggunakan sepeda motor, sebaiknya persiapkan mantel, atau setidaknya plastik pelindung tas dari air. Karena curah hujan disini tinggi. Satu-satunya tempat berteduh disini hanyalah pos penjagaan yang ukuran kecil. Tapi jika Anda membawa tenda ya tidak akan menjadi masalah. AIR TERJUN SAMPURAN EFRATA Air terjun Efrata ini berada di desa Sosor Dolok, kecamatan Harian, kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara. Jaraknya sekitar 20 km dari kota pangururan, sebenarnya jalan menuju Air terjun Efrata ini searah dengan jalan menuju Bukit Holbung. Namun kami melewatkannya , karena kami mau mengunjungi bukit holbung terlebih dahulu. Baru setelah kami pulang dari bukit holbung, kami mampir ke air terjun efrata ini. Tarif masuknya Rp. 2.000 per orang, dan parkir Rp. 5000 per mobil. Setelah turun dari mobil kami langsung menuju air terjun, yang letaknya tidak jauh dari rumah warga. Sebenarnya air terjun efrata ini sangat indah, namun sepertinya tidak banyak wisatawan yang datang kemari, mungkin karena letaknya jauh dari tempat wisata utama samosir, seperti Parapat, Tuk Tuk dan Tomok. Saran : Jika Anda mengunjungi Air terjun efrata, sebaiknya membawa bekal makanan yang cukup, minimal cemilanlah, terutama bagi yang muslim. Karena di sekitar air terjun hanya ada satu yang jual makanan, dan mungkin tidak bisa dikonsumsi oleh temen-temen yang muslim. MENARA PANDANG TELE Dari Air terjun Efrata, kami langsung menuju TELE, sebagai destinasi terakhir yang bisa kami kunjungi . Tepat pukul 18.30 wib kami sampai di Menara Pandang Tele. Sebenarnya kami khawatir jika sampai di tele ini hari sudah gelap, tapi Alhamdulillah, pukul 18.30 itu cuaca masih belum terlalu gelap, masih terlihat jelas pemandangan gunung pusuk buhit yang menjulang tinggi dan pinggiran danau toba yang terlihat indah. Kamipun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan pemandangan yang menakjubkan ini, sayangnya tidak bisa lama, karena hanya dalam beberapa menit saja hari sudah gelap dan malam pun tiba. Tiket masuk Rp. 2.000 per orang, Toilet Rp. 3.000 Setelah selesai photo-photo, kamipun melanjutkan perjalanan pulang ke Medan. Tips : Karena tidak ada Rumah makan disini, jadi sebaiknya belilah Cemilan untuk mengganjal perut. PERJALANAN PULANG KE MEDAN Tepat Pukul 19.00 wib, kami bertolak dari Menara Pandang Tele, menuju Medan. Kami melintasi jalan Dolok sanggul-Sidikalang, selama perjalanan kami tidak melihat adanya rumah makan yang buka, padahal kami sudah mulai lapar, dan persediaan cemilan sudah menipis. Dan setelah beberapa jam diperjalanan sampailah kami di simpang tiga Sidikalang, kami merasa senang karena kami melihat ada rumah makan yang buka, namun sayangnya itu rumah makan untuk non halal, sehingga kami tidak jadi singgah dan harus melanjutkan perjalanan lagi sambil berharap ada rumah makan yang buka, tapi ternyata tidak ada satupun rumah makan yang buka, mungkin karena sudah malam dan hujan pula, sehingga rumah makan tutup lebih awal. Sesampainya di Sumbul, sebenarnya kami ingin pulang lebih cepat, dengan melewati jalan besar Medan Sidikalang, namun saya mendapat informasi dari beberapa teman yang kemaren malamnya melewati jalan tersebut, mengatakan bahwa ada beberapa titik rawan longsor, dan mobil temen saya juga hampir terkena longsoran pada malam itu. Selain longsor Jalan juga sangat berkabut jarak pandang hanya sekitar 5 meter jika melintas diatas jam 9 malam, apalagi ini musim hujan. Sehingga sebagai ketua Team Adventure saya memutuskan untuk mengambil jalan amannya saja, dengan pertimbangan keselamatan, meskipun dengan resiko jalan lebih jauh dan lebih buruk, mau tidak mau kami harus tempuh melalui jalan Silalahi, menyusuri pinggiran danau toba hingga akhirnya sampai ke Tongging, dan dari tongging kami naik menuju simpang merek , tepat pukul 22.30 malam kami sampai disana, dan kami berhenti di salah satu rumah makan yang masih buka, kamipun memesan makanan dan makan dengan lahap saking laparnya.. Setelah makan kami melajutkan perjalanan pulang, alhamdulillah perjalanan lancar, dan kami sampai ke Kota Medan sekitar pikul 02.00 dinihari. Dan masih sesuai Schedule, karena schedulenya jam 02.30 pagi sampai Medan. TIPS UMUM : 1. Sebaiknya persiapkan SmartPhone dan PowerBank dalam kondisi Full Charge, karena Anda akan banyak menggunakannya untuk berselfie ria dan merekam video, pastikan juga Anda membawa SD Card tambahan untuk menyimpan file video/foto atau sekurang-kurangnya, pindahkan dan kosongkan terlebih dahulu ruang penyimpanan Smartphone Anda. 2. Pastikan Anda Membawa Makanan/cemilan, Obat-obatan pribadi, karena bisa jadi anda tidak akan menemukannya di perjalanan. 3. Pastikan Anda membawa baju untuk mandi-mandi, dan baju ganti. 4. Konsumsilah Vitamin C, agak tubuh Anda tetap Vit, selama dalam perjalanan. PENUTUP Terima kasih buat temen-temen Jalaners Regional MEDAN ( SUMATERA UTARA ), yang sudah ikutan GATHERING ADVENTURE dalam Rangka Explore Pesona Sumatera Utara, semoga Pariwisata di Sumatera Utara semakin baik dan maju. Amin. Peserta Gathering Adventure : @Dhistiraz ( Kenzie Yudhistira ), @Jenatan Sianipar ( Jenatan Sianipar), @Just Fadli ( Anjas), @Vean Tristan ( Vean Tristan), @thepo (Thepo), Rizal Jali, Hasrol Aswad, @Diana Rose (Diana Rose), @Diana Ray (Diana Ray), @Nur Affanny Rezky (Fanny), Rara, Muni, Sarah, Indah Jho
  3. Itinerary Time Managing Help

    Cuma sama keluarga aja ber 4. Jadi tour leader betul dan kecil2. dijamin kalap kalo udah ke Sofmap akihabara wkwkw. gw beliin oleh2 buat sodara aja cuma 100rb an deh Gundamnya @twindry
  4. [Review] Tioman Dive Resort

    Yoi, tapi sangat rekomen disini. Bisa pinjem DVD juga direception walopun baret2 @deffa mungkin skrng sudah ada TV Cable sih harusnya http://www.divetioman.com/accommodation/tioman-dive-resort/ Yups sudah ada Satelite TV
  5. Jalan2 seru ke Tioman Island

    wah baru liat komen ini nih @deffa secara garis besar waktu kunjungan yang lalu itu masih sepi untuk turisnya. tapi banyak orang2 yang nginap disana berminggu2 atau berbulan2 untuk diving course, karena memang tmpt ini terkenal bagus untuk diving. Gatau juga kalau sekarang.
  6. RUMAH PARIS Bed & Breakfast Yogya

    Kan ditulisnya harga MULAI 395/night.. dan itu klo ga booking langsung yaa via booking dot com.. di traveloka kek nya ga masuk deh.. di booking dot com tinggi harganya.. jadi bisa aja siihh per kamar, ada 3 kamar disana mas deff.. Tii atii yang bawa camera tuh bayar mahhaall hahaha.. pake HP aja 25 rebu per 30mnt cobakkk
  7. 14 days China trip itinerary idea please!

    ya okinawa nampak nya keren tuh banyak pantai, sesekali main pantai kan seru juga eh tapi pas musim apa ya kamu? @Gabriella Vania Wijaya
  8. RUMAH PARIS Bed & Breakfast Yogya

    oh sewa nya se rumah saya kira bisa per kamar gitu @Dewi Calico iya makasih ya :)
  9. RUMAH PARIS Bed & Breakfast Yogya

    Engga nginep mas Deeff,. Kalo nginep sewa serumah harga 1,7 juta hahahaha. Btw, Hepibesdei mas Deff.. sehat selalu, semakin jauh mainnya yaaa..
  10. RUMAH PARIS Bed & Breakfast Yogya

    pernah baca tentang penginapan ini unik ya tapi kemarin gak nginep disini ya @Dewi Calico ?
  11. wih @ko Acong menang banyak wkwkwk
  12. 14 days Itinerary Shenzhen - Guangzhou - Japan

    @Gabriella Vania Wijaya Coba ke selatan Okinawa kayak nya seru tuh baca2 FR nya mas @kyosash
  13. 14 days Itinerary Shenzhen - Guangzhou - Japan

    Hi all Kemarin sempet tanya buat trip ke China ... tapi karena beberapa pertimbangan, jadi harus dirombak lagi itinerarynya. jd bakalan berangkat di bulan January, which is winter gitu #nekat #gakapok foto bisa cek di www.instagram.com/mlle.gabriella ini few posts yg lalu hehe kurang lebih maunya kayak gini 14D1. sub-hk-shenzhen 15D2. day trip to guangzhou (enaknya ngapain ya disana?) 16D3. shenzhen 17D4. shenzhen - hk - Osaka 18D5. Osaka 19D6. day trip to Nara 20D7. Day trip to Kobe 21D8. Day trip to Kyoto 22D9.Osaka 23D10. tokyo 24D11. tokyo 25D12. tokyo 26D13. tokyo 27D14. tokyo - HK 28D14. HK - SUB #Note : I've been to Japan before, jd mostly uda pernah pergi. any suggestion enaknya kemana lg? apa ya yang perlu di coba makan sama visit? (ini uda pernah ya hahaha Hakone, Sapporo, Otaru, Shirakawago) thank youuu
  14. 14 days China trip itinerary idea please!

    @silvia_win thank you kak
  15. SIBOCAH TUA NAKAL KLILING Di KiLING FieL dan Saigon City Sibo ngubek2 SAIGON city ingin ketemu Dewi ular yang Cantik dengan modal 2 USD @100 LOW Gadget Low/ min Bhs Ingris Menurut Pengamatan Dan Menurut penglitan saya dengan perasaan yang real Awal pertama saya mendarat di Tan son nath Airport sudah Mulai Panic Dipalak Petugas Imigrasi minta Siao chien Sio vey (tip) Diselipkan 5 lbr @1 ringgit Cop cop cop Setelah Keluar Bandara Saya Arahkan Kaki belok Kanan dengan senjata Senyum dan Xie xie Kepada Para Calo pemangsa Yang Nengok kiri dan kanan Beruntung Saya Sudah Hapal dikepala Dengan Masukan Info Ter Up Date Salah satu nya Di Bandara Tan Son nath Al tempat Tukar Uang / beli Simcar dan Terpenting info yellow Bus Beroprasi Dari jam 00.03 S/ D 00.01 Bohong Kalo Dibilang Bus Malam Tidak Ada (Bus Hijau) Seperti KataKomentator Traveller “Katanya Katanya” “Konon Menurut Cerita Temen saya” Itu Info Dah Kadaluarsa 5 ato 7 Tahun lalu Bahkan Copet pun Mati kutu sekarang Lanjut Tentang Shutle Bus Ada Yellow Bus To Down town Harga 12000 VND stara Rp 7200 Setelah bus Berjalan Kenektur Dengan Sabar Menanyakan Tujuan Hotel kita dan Saya Sebutkan Beng than Area Dan di Halteu bakal sampe diberitahukan unkle next stop bus Ok H2 Setelah Pulih Dari Penatnya Perjalanan BD KL Ho chi Minh City Setelah Semalam Pesan Trip Mekong River Dengan 2 tempat Kunjungan utama Delta River Dan sampan dan Kunjungan Wajib Coconout King serta Big Budha dengan Plus Makan Siang Paket Harga 600.000 VND hasil Nawar beli Di Hotel * Sebenarnya Masih Bisa Mendapatkan Yang Lebih Murah Namun bisa bisa Jadi Mahal Bila nga Punya Waktu Karena + Sewa Taxi tuk ngejar Bus Atao Tanpa Paket Makan Ato Seperti Share2 Yang Dulu Katanya Pake Bus Umum itu Sangat Tidak Disarankan 1 Terminal bus Masih Jauh dari Distrik 1 Masih Jauh ke Delta mewkongnya Dan Jarang sekali Keberangkatannya…. Belum Pulangnya kita Kehabisan Last Bus To City Harus Sewa Ojek or Taxi Ke Pelabuhanya dan Ke lokasi Chuchi Tunel Belum susah Kita Mendapatkan Boat nya Harus Tunggu Sampe Kuota Penuh Baru Shae River Boat Dimulai Inilah Yang Bisa menjadi Mahal; Di waktu / Mahal Ke Harga berpotensi kena Scam jauh Diluar Pengawasan Petugas Turism Bule Kere Saja Nga Mau Pusing mereka Pake Tur local juga Perjalanan Mekong river cuise semua Menyenangkan dengan Dihibur Tur Guide Yang Humories Jadi Pengamatyan saya Kita Ke Saigon Sebaiknya Ambil 2 Sesi tur Lokal Mekong tur 1 day fuul antara 500000 sd 600000 VNd Chuchi Tunel Half day Tur 300 sd 400 vnd Total Rate Tengah 900.000 Vnd x0.6 =Rp 540.000.- Untuk City Tur Kita Pake Grab Missal tujuan ke Remand Warmen Yang Paling Jauh 40.000sd 50.000 VND Atao Setelah Pulang Dari Chu chi Tunel minta Turun Di tengah Jalan tujuan Reamen War museum langsung ekplor jl Kaki Durai 2 Jam Total Pengeluaran Saya Selama 4 H 3 malam Di Saigon Sbb Rinciannya 15 jam · Berawal Tukar 2 lbr @100 USD rate 2.290.000 Bayar Hotel Plus 2 Item Tur ( 1 Mekong Fullday + Chuchi Half Day ) 1.858.000 VND 12 x Kopi@ 12000vnd + Duren 1x 210000Vnd Total Habis Pengeluaran 1.488.000 Bandara Jadi Rincian selama Saya Di Saigon sbb Mendarat Tukar USD jatah 200 Beli Simcar 190.000 Tiket Bus 24.000 Hotel Bill Cek out Tur Mekong + chuci Tunel 1.858.000 VND. Jatah Makan 20000 x 3d 600.000 VND Kopi sepuasnya 12000x//// tambah Duren Total 210.000 VND _____________________________________________________ Total Estimasi .2882.000 VND D Setara RP 1.729.000.-
  16. 안녕하세요.... Finally Incess Traveller ndeso tingkat pemula (jadi belom expert haha ) yang manjah ini come back nulis lagi. Im so sorry, 미안해 Baru balik lagi. Dan aku akan share sebuah sweet story about my Journey. Tentang sebuah Rumah yang sangat keren, cute, nice and eye catching. Serius ini aku ga sok lebay yak. Sunday yang cerah. Aku memulai perjalanan ke Rumah Paris. Rumah Paris ini berada di Jalan arah ParangTritis. Jadi gampang kalo mau nyari, pakai Google Map pun juga ketemu. Yaapp akhirnyaaaa. Parkir mobil dan memasuki rumah paris. This is a Rumah paris. Sebuah rumah kecil yang sangat manis di dominasi warns Biru pastel. Rumah ini terdiri dari dua Lantai. Inilah isi dari Rumah Paris. ** Bagian Depan ## Setelah Pintu Masuk :: Bagian Dalam ;; Bagian Lantai 2 // Bagian Tangga %% Bagian Belakang Disini sudah dilengkapi dengan AC, Kulkas, Kompor, TV. Jadi sangat lengkap. Banyak spot bagus untuk berfoto manjjaahh. Berapa banyak biaya untuk bisa menikmati Rumah Paris ? - ** Untuk berfoto di bagian depan saja hanya membayar 10 K IDR (ada tulisan di depan rumah paris). ** Berfoto menggunakan HP full semua bagian membayar 25 K per person dengan jangka waktu selama 30 menit. So, harus pinter atur waktunya yaa biar maksimal foto di semua tempat. ** Untuk Cam sejenis DSLR maupun Mirrorless (jenis Cam besar gitu yaa) tarif nya beda lagi. ** Untuk menginap maupun sewa tempat juga ada tarif lainnya. Inilah rincian tarifnya: Apa sih yang Dewi rasakan di Rumah Paris ? - Yap, I'm so happy. Seru dan suka aja pokoknya dengan konsepnya yang sangat cute ini. Segala pernak pernik yang menghiasi itu bikin aku betah. Yang jelas sih yaaa disini bersih banget. Ber AC jadi tenang aja pas foto foto ga akan berkeringat, kecuali di luar yaa. Dan untuk dapat foto yang bagus sih yaa aku sarankan datang di siang hari biar cahaya nya itu pas. Jauh ga sih Rumah Paris, dan gimana cara kesana kalo pake kendaraan umum ? - Bisa pakai Taxi maupun Transport Online. Dari Jogja Kota kisaran 30 menit berkendara. Kalau misal nyetir sendiri dan ga tau arah bisa langsung pakai Google Maps. Gampang kok lokasinya. Dan inilah Alamatnya: - JL. PARANGTRITIS KM. 8,4 TIMBULHARJO SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA 55186 Contact: - WA: 089683799665 BBM: 7ED1435D Telf: 0274-6463042 Telf: 089683799665 Email: paris.rumah@gmail.com Twitter, IG, FB: RumahParis
  17. guangzhou

    untuk lampu2 saya Kurang Tau Di Guangzhou coba di shenzhen Banyak mall Jualan Lampu2 Padahal Awal September Lalu Ada Pameran Perlampuan Di Shenzhen Atao Nanti tgl 17 Okt Pas Ada Pameran Cantoon Fair DAn saya juga Akan Ke sana Sebaiknya Segera Pesan Hotel dulu Biasanya Berbarengan Dengan Golden Peak season Dan Cantoon Fair Hotel2 Fuul Booking
  18. 14 days China trip itinerary idea please!

    @Gabriella Vania Wijaya Umumnya turis suka ke window of the world dan splendid china, kamu bisa pilih salah satu atau dua dua nya. (lokasinya tidak jauh hanya 1 halte metro) Jika kamu mau pergi ke 2 tempat, pergilah ke WOW dulu, siang/sore baru ke splendid china. Di WOW naiklah tram (kereta wisata) yang akan berhenti di lokasi populer untuk photo stop, lalu boleh mampir ke snow world di dalam WOW untuk melihat atau masuk untuk bermain salju. Jika kamu memilih 2 tempat di WOW tidak perlu explore terlalu banyak, cukup lokasi tram berhenti untuk photo stop untuk menghemat tenaga. Lalu ke spendid china sampai malam, tontonlah pertunjukkan dragon dan phoenix dance dan juga pertunjukkan lain jika masih ada waktu. Jika kamu cuma ke WOW sorenya mungkin bisa ke dong men pedestarian street, Jika kamu cuma ke splendid china, munngkin bisa berangkat siang jadi bisa explore sampai malam, pagi mungkin bisa ke lowu shopping. Saya lebih suka splendid china, byk miniatur bangunan terkenal china, pertunjukkannya juga spektakuler, binatang2 seperti kuda, sapi, kamibing, merak dll juga naik panggung.
  19. 14 days China trip itinerary idea please!

    @deffa sudah kak ke sapporo yg awal tahun kemarin hahaha, mungkin ke okinawa dehhh bisa jd masukan @silvia_win thank you kak :) kalau sehari aja enaknya ngapain ya di shenzhen?
  20. Pelayanan Exchange Cepat dan Terpercaya

    Kartu Debit Bitcoin dari Unichange.me Cepat Semua order penarikan selesai dalam 1 jam kerja Berbeda Setiap pelanggan bias memesan sampai 4 kartu Unichange – kartu plastic dan virtual dalam mata uang USD dan EUR Aman Kartu Plastik Bitcoin dilindungi dengan chip dan PIN Proses verifikasi di unichange.me diperlukan dalam rangka untuk mengikuti kebijakan KYC dan AML dari layanan kami dan uji kelayakan dari bank kami. Pengguna yang diverifikasi sepenuhnya mendapatkan akses ke: pilihan untuk membeli e-currency menggunakan transfer bank; pilihan untuk menjual e-currency menggunakan transfer bank; kemungkinan untuk memesan kartu debit Unichange; kemungkinan untuk menukar FasaPay. Verifikasi pengguna terdiri dari 2 langkah: Dan untuk informasi selengkapnya silahkan klik disini!
  21. 14 days China trip itinerary idea please!

    @ Gabriella, have a nice holiday. theme park populer di Shen zhen adalah window of the world yg berisi miniatur bangunan dunia dan splendid china folk village yg berisi miniatur bangunan di China untuk yg splendid china jika mau berkunjung mesti meluangkan waktu sampai malam, the most interesting adalah pertunjukkan dragon and phoenix dance menjelang theme parknya tutup (must see) selain pertunjukkan ini, masih banyak pertunjukkan lain yang sangat menarik (yang waktu dan lokasinya berbeda di dalam splendid china) ada baiknya menyiapkan masker (jika mau ke toilet bisa untuk di pakai)
  22. Yesterday
  23. Shibuya, Tempat yang Tidak Pernah Tidur

    memang selalu ramai disini
  24. Fujiko F Fujio Museum

    ini mudah2an terealisasi januari nanti
  1. Load more activity