Okky Kusuma

Members
  • Content count

    802
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    7

Okky Kusuma last won the day on April 16

Okky Kusuma had the most liked content!

About Okky Kusuma

  • Rank
    Petualang
  • Birthday 10/24/1985

Profile Information

  • Gender
    Male
  • Location
    Jakarta
  • Interests
    Travelling & Music

Recent Profile Visitors

5,149 profile views
  1. biasanya bikin sendiri masbro. wah... gagal jantung dengan EF 25% gak mungkin traveling yang membutuhkan mobilitas tinggi atau kegiatan ekstrim kayak hiking atau climbing. Dan tentunya masbro perlu partner yang mengerti betul kondisi masbro dan tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi keadaan yang gawat dengan diri masbro.
  2. Sumber: ohbaby.co.nz Pertanyaannya??? "Dok, istri saya sedang hamil. Tapi kita ada rencana mau melakukan traveling. Amankah ???". Pertanyaan yang sering saya alami ketika bekerja sebagai dokter keluarga. Jawabannya??? Aman... Selama tak ada penyulit yang menyertai kehamilan itu. Pertanyaan selanjutnya adalah, "penyulit yang seperti apa yah, dok ?". Okay, akan saya sedikit jelaskan apa saja penyulit-panyulit itu. Pertama adalah usia kehamilan. Merupakan pengetahuan umum kalau usia kehamilan manusia adalah 9 bulan (kurang-lebih). Dimana selama 9 bulan itu kita bagi menjadi 3 masa berdasarkan perkembangan janin dan placenta. Yaitu Trimester pertama (bulan 1-3), Trimester kedua (bulan 4-6), dan Trimester ketiga (bulan 7-9). Dan usia kehamilan yang paling aman untuk melakukan traveling adalah pada trimester kedua dan pertengahan trimester ketiga (usia kehamilan 4-8 bulan). Kenapa??? Pada trimester pertama (usia 1-3 bulan), 90% pada seluruh kasus kehamilan (khususnya kehamilan pertama kali), akan mengalami hiperemesis gravidarum atau bahasa awamnya morning sickness. Gejalanya tentu saja muntah-muntah dan diperparah nafsu makan yang menurun sampai tidak ada sama sekali. Tentunya gak mau donk saat travel, pasangan kita muntah-muntah terus ??? yang ada bukannya menikmati tempat wisata, malahan sibuk merawat pasangan. Selain itu, apabila aktivitasnya cukup berat (seperti hiking contohnya), ada kemungkinan terjadinya abortus. Gejala awalnya adalah perdarahan berupa flek-flek pervaginam. Yang tentu saja hal ini dapat menghambat proses pertembuhan sang janin Sedangkan pada akhir trimester ketiga (usia > 8 bulan), adalah saat yang rentan untuk proses persalinan. Sering terjadi persalinan premature (khususnya kehamilan yang sudah kesekian kalinya) apabila sang ibu terlalu banyak aktivitas yang menyebabkan kelelahan. Kedua, adalah komplikasi selama kehamilan. Komplikasi apa saja yang sering terjadi pada masa kehamilan???? Satu, Diabetes Gestational. Yaitu penyakit Diabetes Mellitus (kencing gula) yang terjadi selama masa kehamilan. Tentunya apabila ini terjadi, maka sang ibu harus mengkonsumsi obat-obatan anti diabetes. Yang menjadi masalah adalah bukan ketika kadar gula yang tinggi, tapi ketika kadar gula yang rendah akibat dari cara minum obat yang salah atau dosis yang salah. Karena ketika kadar gula rendah, maka sang janin otomatis akan kekurangan asupan makanan. Keadaan ini tentu saja membahayakan jiwa sang ibu dan sang janin. Biasanya gejala yang timbul adalah tiba-tiba sang ibu bertingkah aneh, bicara meracau, cenderung tidur, bengong, kontak tidak adekwat, dan keringat dingin. Dua, Hipertensi Gestational. Yaitu penyakit hipertensi (darah tinggi) yang terjadi selama masa kehamilan. Sebenarnya tidak masalah ketika tekanan darah sang ibu dapat dikontrol dengan obat-obatan anti hipertensi. Yang jadi masalah adalah ketika tekanan darah tetap tinggi walau sudah mengkonsumsi obat anti hipertensi. Ini yang kita sebut sebagai Persistent Hypertension. Keadaan ini cukup gawat, karena akan mempengaruhi kondisi sang janin. Tiga, Pre-eklampsia /Eklampsia. Ini sedikit complicated dibanding yang lainnya. Karena penyakit ini adalah kumpulan dari berbagai macam gejala. Gejala awal yang terdeteksi adalah tekanan darah yang meningkat dan menetap. Kemudian seluruh tubuh akan terlihat bengkak, biasanya bagian yang pertama kali bengkak adalah kedua kaki. Dan paling parah adalah terjadi kejang. Keadaan ini tentunya membahayakan jiwa sang ibu dan sang janin. Kesimpulannya adalah... Ibu yang sedang mengandung dengan usia kehamilan 4-8 bulan tanpa adanya komplikasi kehamilan, cukup aman melakukan traveling. Tentunya sangat disarankan untuk tidak melakukan solo traveling
  3. Okay... Setelah sekian lama, ketemu lagi dengan saya Okky Kusuma tanpa 'H'. Untuk pembukaan mari kita mengingat sejenak bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang di dunia, yaitu 95.181 km !!!! dimana 2/3 dari total luas negara Indonesia adalah lautan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Hal itu yang membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam bawah laut. Salah satunya adalah keindahan bawah laut yang membuat negara Indonesia menjadi salah satu negara tujuan wisata bahari. Ratus ribuan wisatawan baik dari manca negara atau domestik berlomba-lomba mengeksplore keindahan bawah laut. Membuat Diving menjadi salah satu kegiatan yang sangat diminati. Diving... Itu kata kuncinya. Kegiatan olah raga sekaligus wisata yang termasuk dalam golongan ekstrim. Tak sembarangan orang bisa melakukan kegiatan diving dan harus mengikuti pelatihan-pelatihan khusus sampai pada akhirnya ia bisa dapat melakukan kegiatan itu. Ancaman lingkungan adalah salah satunya. Karena manusia pada hakikatnya adalah makhluk darat yang tak bisa hidup dengan lingkungan bawah laut. Kehidupan di atas permukaan laut dan di bawah permukaan laut sangatlah berbeda. dua dunia dan dimensi yang berbeda. Kali ini saya akan mencoba memaparkan penyakit yang selalu akan terjadi pada setiap diver apabila dia melakukan penyelaman tanpa pengetahuan yang cukup atau ketidak hati-hatian. Penyakit ini disebut Barotrauma. Dan sesuai dengan namanya, artinya adalah trauma yang terjadi pada organ tubuh yang diakibatkan oleh tekanan. Tentunya besar tekanan antara lingkungan di bawah permukaan laut dengan di atas permukaan laut cukup berbeda. Perbedaan tekanan ini diatur dan dirumuskan dalam Hukum Boyle Dimana P itu adalah Tekanan (Preassure) dan V itu luas permukaan (Volume) Mulai bingung ??? Okay, mungkin ini akan lebih gampang dimengerti... Masih bingung ??? Okay... tahan sebentar. disimpan dulu sambil mencerna info terakhir mengenai hukum Boyle yang ditetapkan pada kedalaman laut. Yaitu, bahwasanya, setiap kita menyelam sedalam 33 Meter, maka tekanan akan meningkat sebanyak 1 Atm. Jadi kasarnya pada permukaan laut (dimana dihitung 0 meter) besar tekanan adalah 1 Atm, sedangkan pada kedalaman 33 Meter di bawah laut besar tekanan 2 atm. Sampai disini masih pahamkan ??? Kita balik lagi ke Barotrauma dimana penyakit ini terjadi akibat adanya trauma pada organ tubuh akibat tekanan. Dan organ tubuh yang pertama kali kena adalah organ tubuh yang mengalami rongga. Yang paling sering adalah Telinga, Sinus, Paru-paru, dan pembuluh darah. Sekarang kita fokus dulu ke paru-paru karena organ tubuh ini yang paling besar persentasenya mengalami trauma. Dan sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, coba cermati gambar berikut ini untuk lebih gampang dalam membayangkannya. Sudah ??? Sekarang saya coba menjelaskan... Paru-paru bekerja dengan mengembangkan-kempiskan dirinya. Dengan mengembangkan dirinya, maka udara akan masuk ke dalam paru-paru yang kemudian disalurkan keseluruh tubuh. Sebaliknya dengan mengempiskan dirinya, maka udara akan keluar dari paru-paru ke alam bebas. Pada tekanan 1 Atm, paru-paru akan berkembang dengan sempurna (Kita menganaloginya dengan skala 5). Semakin tinggi tekanan, maka daya mengembang paru-paru akan terhambat. Menurut penelitian, daya kembang paru-paru akan berkurang 1/5nya setiap peningkatan 1 Atm. Jadi pada kedalaman 33 meter dimana tekanannya naik menjadi 2 atm, daya kembang paru-paru maksimal hanya sampai 4/5 dari total 5/5 (skala yang awalnya 5, menjadi 4). Bisa dimengerti ??? Jadi apabila pada daya kembang di skala 5, oksigen dapat masuk sebanyak 10 buah. maka pada skala 4 (kedalaman 33 meter, tekanan 2 atm), oksigen dapat masuk hanya 8 buah. Tentunya ini yang membuat tubuh lama-lama akan mengalami kekurangan pasokan oksigen. Nah apa bila kita turun dengan perlahan-lahan, maka tubuh akan bisa beradaptasi dengan perubahan itu. Tapi apabila kita terlalu cepat turun, maka tubuh akan kaget dan tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat itu. Hal ini lah yang membuat tubuh mengalami hipoksia (keadaan kekurangan oksigen). Dan apabila organ otak mengalaminya, akan terjadi blackout (pingsan). Bagaimana dengan saat kita naik ??? okay... bayangkan ketika kita meniup balon. Bila kita meniup balon dengan cepat, maka pengembangan balon akan sangat cepat. Pengembangan yang cepat ini akan membuat balon lebih gampang meledak dibanding pengembangan yang lambat. Begitu juga dengan paru-paru. Katakan saat ini kita berada di kedalaman 66 meter dengan tekanan 3 atm. Berarti saat ini, paru-paru kita hanya dapat mengembang 3/5nya saja (skala 3). Ketika kita naik dengan cepat, maka tekanan akan cepat pula berkurang. Dengan tekanan yang cepat berkurang maka daya mengembang paru-paru akan semakin cepat. Yang pada akhirnya akan menyebabkan paru-paru kita akan meledak karena paru-paru mengembang dengan begitu cepat (sama kayak balon tadi). Ketika paru-paru meledak, maka disebut pneumothorax. Okay... Sampai di sini dulu. Ada pertanyaan ???
  4. banyak kok. khususnya dengan pasien diabetes yang mendapat terapi insulin, biasanya punya dog tag yang memberitahu bahwa dia penderita diabetes dan menggunakan terapi insulin. untuk pasien dengan gagal jantung tentunya pasti melakukan traveling setelah keadaannya stabil
  5. flu singapore

    sama2 bro. masih lah
  6. flu singapore

    @deffa @Dewi Calico Nama Asli Flu Singapore adalah Hand-Foot-Mouth Disease (HFMD). Kenapa bisa disebut Flu Singapore ??? karena pada April 2008 pernah terjadi epidemik di Singapore dengan pelaporan telah terjadi 2.600 kasus. Flu Singapore disebabkan oleh virus Coxsackie. Dan sesuai namanya, gejala yang timbul adalah muncul ruam-ruam kemerahan di daerah mulut, tangan, dan kaki. Lama-lama ruam ini akan membentuk vesikel yang pada akhirnya akan pecah. Selain itu, ruam-ruam ini akan memberikan rasa nyeri, gatal, dan panas pada daerah tempat dia muncul. Bila pada mulut, maka akan menimbulkan gejala nyeri tenggorokan. Dan kenapa dinamakan flu padahal gak ada flu (pilek) ??? itu dikarenakan gejala umum yang timbul pada kebanyakan penyakit. Kita menyebutnya Flu-like syndrome. gejala-gejala tersebut adalah demam, kepala pusing/nyut-nyutan, badan pegal/ngilu-ngilu, nafsu makan menurun, dan kadang disertai mual. Dan sama kayak penyakit virus lainnya, obatnya adalah banyak istirahat serta meningkatkan daya tahan tubuh disamping obat untuk meredakan gejala-gejala yang ada. karena penyakit yang disebabkan oleh virus adalah jenis penyakit yang self-limiting disease. Artinya penyakitnya akan sembuh sendiri bila daya tahan tubuh kita membaik. Sebagai info tambahan, penyakit ini sempat epidemik di Jakarta pada tahun 2009.
  7. already done... monggo dicek bro. btw gw berangkatnya kayaknya dari tanggal 24nya bro
  8. Gw mah yang penting kebersamaan Wakakakakakakakak
  9. @deffa jah !!!! udah full booked yah... padahal gw baru aja mau daftar. Gagal lagi deh kayak ke Lombok kemaren. Huehehehehehehehe...
  10. Problem solved...
  11. imun bisa habis ??? mungkin lebih tepatnya menurun yah. ibaratnya tubuh kita tuh kayak mesin yang selalu nyala 24 jam non stop. pertanyaannya, apa yang bakal terjadi pada mesin itu bila dipake 45 tahun terus-menerus tanpa pernah berhenti ??? suntik sistem imun itu sifatnya hanya membantu. analoginya tentara Indonesia yang hanya berjumlah 10 ribu melawan invasi makhluk angkasa yang jumlahnya 500 ribu, maka Indonesia perlu bantuan dari negara luar untuk menambah jumlah tentaranya. untuk bakteri tifoid, 2 kemungkinan itu bisa aja terjadi. kita gak tau yang pasti yang mana. hanya saja, untuk keluhan nyeri perut, itu bukanlah karena tifoid. itu murni adalah masalah di lambung. perlu endoskopi ??? perlu banget sih enggak... harus pun juga enggak... tapi untuk kepuasan diri, silahkan aja.
  12. Suka merasa pedih ??? Pedihnya itu bisa terlokalisir apa tidak ??? Pedih yang dirasakan terus-menerus apa saat tertentu aja ??? Pedihnya kambuh biasanya saat apa ??? Dan yang terakhir, bila pedih kambuh, ada rasa kembung dan mual enggak ??? Jujur aja, bagi orang Indonesia dan negara berkembang lainnya, kuman tifoid adalah kuman yang senantiasa ada di saluran pencernaan kita. Hal ini terjadi karena budaya dan cara makan kita yang masih dikatakan cukup 'bar-bar' dibanding orang yang hidup di negara maju. Yang menyebabkan tipes kambuh ??? ya keadaan dimana tubuh kita sedang lemah dan sistem imun kita sedang turun. Sakit tenggorokan bisa menyebabkan tipes kambuh ??? bisa iya dan bisa tidak. Iya jika radang tersebut sedemikan hebat sehingga tubuh kita drop dan sistem imun tubuh kita turun sehingga kuman tifoid bisa kembali aktif. Tidak jika sebaliknya. Penyebab radang tenggorokan yang paling utama adalah virus dan yang kedua bakteri. obat yang manjur ??? mmmhhhh... jujur aja radang tenggorokan sepenuhnya tergantung pada sistem imunitas tubuh kita. Obat hanya membantu. Palingan tergantung dari penyebabnya. Bila virus diberikan anti virus, bila bakteri diberikan antibakteri. Beberapa dokter bahkan suka menambahkan anti radang.
  13. field report

    Setelah dari danau Kaolin, tujuan gw selanjutnya adalah Museum Tanjung Pandan yang berada tak jauh dari pantai Tanjung Pendam. Awalnya museum ini menyimpan sejarah tentang perkembangan Timah di Belitung (sama kayak Museum Timah di Pangkal Pinang). Didirikan oleh seorang Geologist kebangsaan Belgia, DR. Osberger. Namun setelah diambil alih pemerintah, untuk menambah daya tarik, ditambahkan koleksi benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan-kerajaan yang berada di Belitung. Biaya masuk ke museum ini sebesar Rp. 2000 / orang. Puas menjelajah museum, tujuan paling akhir adalah museum rumah adat Belitung dan monumen kemerdekaan di alun-alun kota. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 13:00. Gw pun segera balik ke hotel untuk check-out dan langsung menuju bandara untuk balik ke kota Jakarta tercinta dan balik ke dunia realita. Anyway, trims atas perhatiannya. Mudah-mudahan FR ini cukup membantu bagi member Jalan2 lainnya yang punya rencana berliburan ke Bangka-Belitung. Kalo gw pribadi bro, lebih enak di Belitung. Akses ke tempat wisatanya lebih dekat dan dalam satu hari kita bisa mengunjungi berbagai macam tempat. Dan tentunya bisa jauh lebih hemat. Harga paling mahal adalah saat nyewa kapal untuk tour pulau2. biaya sewa sekitar Rp. 400-600 ribu / perahu. satu perahu maksimal bisa ampe 10 orang (katanya). jadi makin banyak orang, patungannya makin murah. Palingan harga yang gak bisa ditawar hanya tiket pesawat pulang-balik.
  14. field report

    Hari terakhir di Belitung, gw memutuskan untuk wisata keliling di pusat kota Tanjung Pandan. Jadi gak perlu cemas dan terburu-buru untuk check-out hotel. Destinasi pertama yang gw kunjungi adalah Danau Kaolin yang berada di desa Perawas. Sebenarnya ini bukan danau alami atau danau buatan. Awalnya merupakan bekas lubang penambangan Kaolin yang dilakukan sejak tahun 1851 oleh John Francis Loudon. Kaolin itu sendiri adalah berupa mineral aluminosilikat yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan keramik Cina. Cara penambangannya dengan menggali tanah yang mengandung Kaolin sedalam minimal 1-2 meter kemudian menyemprotnya dengan air bersih sehingga menghasilkan cairan yang mengandung Kaolin. Lalu cairan tersebut disaring dan digiling.