kolong langit

Members
  • Content count

    362
  • Joined

  • Last visited

About kolong langit

  • Rank
    Senang Jalan Jalan

Recent Profile Visitors

2,663 profile views
  1. Lokalisasi Cafe di Jakarta

    Cafe atau warung kopi keren sangat menjamur di kota-kota besar, apalagi di Jakarta. Mereka yang tinggal di kota besar sangat mudah menemukan cafe untuk bisa bersantai atau bekerja. Saking banyaknya cafe di Jakarta, pengunjung seolah tak pernah selesai mencoba makan atau minum di cafe tersebut. Tapi tetap saja, cafe-cafe yang populer selalu lebih ramai dari cafe yang baru dibuka. Di Jakarta, di mana lokalisasi cafe, tempat paling ramai didirikan cafe? - Kemang Siapa yang nggak tahu nih lokasinya anak gaul Jakarta Selatan, Kemang. Dari yang hanya sekadar nongkrong sampai yang memang cari hiburan, Kemng tempatnya. Masuk ke wilayah Kemang, kita akan melihat berbagai cafe yang menawarkan aneka menu dan hiburannya. Wilayah ini ramai dan padat setiap harinya, dan membludak saat akhir pekan. - Senopati Tak jauh dari Kemang, Senopati juga merupakan daerahnya cafe-cafe populer. Di sepanjang jalan ini, kita bisa menemukan cafe kopi sampai restoran. Cafe yang sangat terkenal di sini antara lain anomali coffee, sementara untuk restorannya ada holycow dan lain-lain. - Panglima Polim dan Gandaria Di sini juga banyak terdapat cafe yang berinterior lucu-lucu. Kalau lagi bosan dengan suasana cafe yang itu-itu aja, coba cari ke daerah ini. Makanan dari yang lokal sampai ala Meksiko dan lainnya bisa ditemukan di sini. Beberapa yang populer adalah Mangia Cafe dan di sekitar Panglima Polim lainnya - Menteng Cafe-cafe yang ada di Menteng biasanya lebih banyak diisi oleh para pekerja kantoran yang meeting atau untuk keperluan event-event seperti pertemuan bisnis dan konferensi pers. Terletak di sekitar jantung perkantoran di Jakarta, cafe di sini memang banyak yang lebih luas dan biasa mempersiapkan jamuan untuk banyak orang. Begitu juga dengan di Wahid Hasyim yang tak jauh dari Menteng. Kita akan banyak menemukan cafe-cafe dan resto yang sering digunakan sebagai venue acara. - Tebet Selain Kemang, tempat nongkrong anak gaul lainnya adalah di Tebet. Sangat dekat dengan stasiun Tebet membuat wilayah ini sangat padat. Sering kali macet karena jalurnya satu arah. Tak hanya cafe-cafe mahal, di sini juga jadi rujukan para pecinta kuliner unik. Cafe yang terkenal antara lain adalah Comic Cafe, ada juga warung nasi goreng Mafia yang nggak pernah sepi pengunjung. Selain dipadati dengan cafe dan resto, di sini juga banyak berdiri distro-distro dan pedangan kaki lima. Yang biasa dicari di cafe Dari sekian banyak cafe yang ada di Jakarta, tidak semuanya ramai dikunjungi. Entah karena rasa dari menu yang disuguhkan biasa saja atau konsep yang ditawarkan kurang menarik. Karena, beberapa hal ini yang biasa dicari para pengunjung cafe. 1. Nyaman Untuk berlama-lama atau tidak Yang pertama, yang biasanya dicari sama pengunjung cafe adalah apakah tepatnya nyaman untuk diduduki berlama-lama atau tidak. Pengunjung cafe biasanya ingin duduk berlama-lama, entah itu untuk bekerja maupun mengobrol dengan teman kunjungannya. Salah satu yang membedakan antara cafe dengan restoran dan juga warung makan lain adalah karena di cafe, seseorang seharusnya merasa nyaman untuk duduk lama. Nggak pake diusirin dan nggak perlu mesen menu berat banyak-banyak untuk bisa nongkron berjam-jam. Yap, nongkrong berjam-jam yang biasa dicari para pengunjung cafe. Semakin nyaman tempatnya, biasanya semakin banyak pelanggannya. 2. Bisa untuk ramai atau tidak Selain bisa berlama-lama atau tidak, pengunjung cafe akan memilih sesuai dengan jumlah orang yang akan datang. Jika hanya sendiri, biasanya memang mencari yang lebih sepi. Jika berpacaran, biasanya akan lebih mncari suasana yang romantis atau lucu. Berbeda dengan mereka yang ingin datang ramai-ramai, tentunya akan mencari tempat yang lebih luas. Cafe cafe yang punya ruang lebih luas dan tentunya yang memang nyaman untuk berkumpul bersama-sama. Cafe pun punya target pasarnya masing-masing. 3. Rasa dari menunya Tetap saja, ke cafe selain menikmati suasananya, juga mengincar menu-menu favoritnya. Baik itu minumannya maupun makanannya. Kalau rasanya enak, nggak akan ragu deh buat nongkrong sambil makan, bahkan akan merekomendasikan ke orang-orang. Banyak cafe yang memang tempatnya biasa saja tapi karena menunya enak makanya jadi ramai sekali. Meskipun nggak sedikit juga yang kebalikannya. Apalagi bagi para penikmat kopi. Walaupun banyak cafe yang menyediakan kopi, mereka selalu bisa menemukan perbedaan keenakan dan keunikan rasanya lho. 4. Keunikan menunya Ada juga orang yang datang ke cafe karena menu-menu yang unik. Salah satu daya tarik apa pun memang keunikannya. Dari sekian banyak kopi, bagaimana cafe a bisa membuatnya menarik dengan menciptakan keunikannya tersendiri. Apalagi dalam makanannya. Menu-menu yang unik akan jadi unggulannya. Bahkan ada juga yang menunya sama tapi hanya strategi promosinya yang unik. Yang unik-unik ini yang biasa dicari pelanggan-pelanggan yang ingin dapat sesuatu yang punya rasa berbeda, yang bisa unik dan lucu buat diunggah ke media sosial. Ya, yang hipster gitu deh. 5. Desain interior Seperti yang gue tulis tadi, banyak cafe yang ramai padahal rasa dari sajiannya biasa aja. Tapi, yang bikin ramai justru karena konsep ruangannya yang lucu, karena pengunjung cafe biasanya datang untuk 'ngopi cantik'. Desain interior yang lucu tentu jadi incarannya. Cafe-cafe selalu menawarkan keunikan konsep ruangannya, kalau kata anak sekarang desainnya yang instagramable gitu deh. Yang memanjakan mata, kenyamanan kita, serta yang lucu buat diupload. Ada cafe yang berkonsep vintage, modern, futuristik, dan lain sebagainya. Ini jadi nilai jual tersendiri lho, apalagi kalau keunikan dan kelucuan cafe itu diunggah ke sosmed dan bikin orang lain juga pengen datang. Makanya, cafe-cafe bersaing untuk menawarkan konsep yang unik tersebut. 6. Banyak direkomendasikan atau tidak Efek media sosial emang nggak bisa dianggap sebelah mata. Banyak orang mencari rekomendasi dari media sosial, situs-situs, dan juga mouth to mouth. Semakin banyak yang merekomendasikan akan semakin yakin seseorang berkunjung ke sana. Para pengunjung baru biasanya akan bertanya dulu atau mencari informasi tentang cafe yang recommended untuk kebutuhan dan keinginan mereka. Makanya, buat penggiat bisnis cafe, promosi melalui berbagai media penting banget. Sering kan kita mendengar cafe-cafe yang lagi hits di kalangan anak muda. Padahal menunya sangat sederhana, tapi karena banyak direkomendasikan, kita datang aja bisa sampai ngambil nomor antrean. 7. Fasilitas Pengunjung cafe akan mencari cafe yang sesuai dengan kebutuhannya. Apa cuma nongkrong cantik, mau bekerja, atau mau bikin acara. Mereka akan menyesuaikan keinginan mereka dengan fasilitas yang cafe itu tawarkan. Biasanya, wifi harus selalu ada di cafe apapun jenisnya. Walaupun sudah punya data masing-masing, wifi tetap jadi buruan mereka yang datang ke cafe. Selain itu, fasilitas umum lain an fungsinya. Misal, apakah memang mereka menyediakan fasilitas untuk acara bisnis, acara ulang tahun dan lain sebagainya. Ada cafe yang biasa dijadikan tempat nonton bareng karena selain cukup luas, juga bisa menyediakan layar besar. Ada juga yang memberikan pelayanan untuk acara-acara tertentu, misalnya ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya. Fasilitas dan pelayanan ekstra juga yang dicari pelanggan bisnis. 8. Harganya worthed tidak Untuk soal harga, sebenarnya memang tidak banyak dipersoalkan karena mereka yang datang ke cafe memang dari kalangan menengah ke atas. Akan tetapi, jika range harga yang ditawarkan over price dan tidak sebanding juga dengan apa yang diberikan, maka pelanggan juga enggan datang kembali. Rata-rata pengunjung cafe sudah hafal range harga normal untuk menu yang ditawarkan.
  2. Rekomendasi Tempat di Granada, Spanyol

    Granada, kota kecil yang beradi selatan Spanyol ini ternyata menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berada di wilayah kaki bukit pegunungan Sierra Nevada di Andalusia, Granada menjadi tempat penting yang bersejarah. Berbagai arsitektur bangunan masa lampau adalah pusat daya tarik kota ini. Sudah bukan rahasia lagi jika Andalusia dulunya punya sejarah yang panjang. Mulai dari masa kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam hingga masa kekuasaan kerajaan Kristen. Granada, adalah salah satu kota di mana Islam pernah berjaya, maka tak heran jika di sini banyak terlihat bangunan khas Arab yang megah. Berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi jika pergi ke Granada, Spanyol. Alhambra Calat Alhambra yang berarti benteng merah merupakan bangunan megah yang dibangun di masa Bani Umayah II dan dicatat sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1984. Alhambra adalah bukti kejayaan hingga keruntuhan Islam di Spanyol. Situs ini menjadi situs utama yang paling banyak dikunjungi di Granada dan juga Spanyol secara keseluruhan. Alhambra menjadi tempat tinggal pasukan Islam sebelum abad ke-11. Di awal abad 13, Alhambra pun berdiri dan menjadi rumah serta kerajaaan muslim di Granada dan bertahan hingga abad ke-15 saat kerajaan Kristen dari Castile dan Aragon berhasil menaklukan Alhambra. Alhambra disebut benteng merah karena warna tanah liat yang kemerahan terlihat di hampir semua sisi bangunan. Alhambra dibangun di atas tanah yang datar dan tinggi dan terdiri atas istana dan bentengnya. Arsitektur yang megah menandakan betapa besarnya kerajaan Islam saat itu. Alhambra terdiri atas 2 bagian utama, yakni Alcazaba dan Madinah. Alcazaba merupakan benteng luar istana yang menjadi pusat pelatihan dan pertahanan militer. Sementara Madinah adalah kota yang menjadi pusat pemerintahan para raja. Bagian lain yang terkenal juga Generalife tempat beristirahat dan penuh hiburan, Charles V Palace kerajaan Raja Charles yang baru dibangun sejak pemerintahannya dan kini dibuka sebagai museum, Rauda sebuah taman, dan Nasrid Palace kediaman para raja. Nasrid Palace adalah bagian yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Untuk memasuki wilayah ini, pihak pengelola menetapkan aturan yang sangat ketat, yakni harus sesuai dengan jam yang tertera di tiket masuk. Tidak boleh terlambat, karena jika demikian maka tiket akan hangus dan pengunjung pun tidak bisa masuk. Hal ini demi menjaga situs bersejarah yang katanya dikunjungi 8 ribuan orang setiap harinya. Generalife adalah bagian di Alhambra yang konon dibuat untuk memberi gambaran tentang surga. Banyak kolam air mancur dengan taman-taman indah di sana. Ini adalah tempat para raja menikmati waktu istirahat mereka. Selain itu, Alcazaba yang menjadi pusat pelatihan militer juga menyuguhkan pemandangan luar yang indah dan menakjubkan. Alhambra bukan hanya menarik minat pecinta traveling saja. Situs ini juga menarik minat para arsitek, ilmuan, sejarawan, hingga matematikawan. Istana megah ini disebut sebagai salah satu kreasi manusia yang sangat cerdas, perpaduan keilmuan dan estetika yang mencengangkan. ALhambra bukan hanya indah dilihat tapi juga dikerjakan dengan penuh perhitungan dan ketelitian. Terbukti dari pencahayaan ruangan yang alami, penyejuk istana, hingga perairan yang bisa mengairi taman dan lingkungan Alhambra yang begitu besar. Ukiran kaligrafi Arab terlihat di berbagai sisi dan sudut bangunan. Interior ruangan dihiasi dengan kaligrafi dan desain megah terlihat pada langit-langit bangunan dan menjadi tanda kebesaran seni Islam yang memengaruhi arsitektur bangunan Spanyol saat ini. Alhambra sempat terguncang akibat ulah penguasa pada zamannya dan juga bencana alam namun berhasil ditemukan dan direstorasi sejak abad ke-19. Saat ini, Alhambra menjadi situs wisata bersejarah yang menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara di Spanyol. Jika ingin berkunjung ke Alhambra, disarankan untuk memesan tiket secara online karena jumlah pengunjung yang dibatasi. Kalau pun mau mencoba, harus datang pagi sekali dan beradu peruntungan. Jangan lupa untuk melihat jam yang tertera pada tiket. Untuk mengunjungi situs ini dibagi ke dalam 3 waktu, yakni kunjungan pagi, sore, dan malam. Persiapan lainnya adalah membawa bekal dan juga gunakan sepatu yang nyaman karena situs ini sangat luas. Butuh sekitar 3 hingga 6 jam untuk bisa puas mengelilingi setiap sudut Alhambra. Albaycin Mengunjungi Granada akan kurang lengkap jika tidak mampir ke Albaycin atau Albayzin yang merupakan perkampungan tua di Granada. Albaycin merupakan pemukiman yang sangat kental dengan nuansa Marokonya. Bangunan yang ada di sini seragam berwarna putih dengan tanaman yang merambati dinding-dinding kokohnya. Bangunan di ALbaycin ini sering disebut dengan Carmens. Tidak ada jalan yang lurus. Semuanya berkelok dan membentuk labirin. Pemukiman tua yang luas ini menjadi tempat terakhir masyarakat Moor, atau penduduk Islam di Granada. Kaum Moor sempat bertahan meski kerajaan Kristen sudah menguasai Granada. Di abad ke-14, penduduk Moor yang mengungsi di Albaycin ini pun akhirnya benar-benar diusir. Dulunya, sangat banyak Masjid di Albaycin, namun kemudian sebagian dihancurkan dan sebagian lagi dikonversi menjadi gereja. Namun kini seiring dengan banyaknya lagi populasi muslim di Granada, masjid pun dibangun di sini. Menyusuri Albaycin seperti berjalan menyusuri masa lalu. Masih terlihat asli dan sangat indah. Dari sini, pengunjung juga bisa menyaksikan kemegahan Alhambra yang menakjubkan, terutama di malam hari. Pengunjung yang ke Albaycin juga bisa menikmati pemandangan dari pegunungan Sierra Nevada. Jalannya yang kecil dan berliku membuat lokasi ini sangat cocok ditelusuri dengan berjalan kaki. Tak hanya sekedar jalan-jalan saja. Di lokasi ini, wisatawan bisa menikmati berbagai kuliner lezat dan tentunya cuma di Granada yang menyediakan "tapas" atau semacam sandich khas Spanyol gratis setiap kali memesan minuman. Kalau ingin berbelanja oleh-oleh, bisa menuju Calle Calderia Nueca di mana banyak sekali macam pernak pernik sepertisisha, keramik tanah liat, kain, dan lain sebagainya. - Sacromonte Sacromonte dulunya adalah sebuah perkampungan di lembah sungai Darro yang dihuni kaum marjinal di Spanyol. Setelah kerajaan Kristen berhasil merebut kembali wilayahnya, termasuk Granada di Andalusia ini, kaum-kaum marjinal seperti muslim, yahudi dan gipsi pun menggali wilayah ini dan mengubahnya menjadi rumah goa. Sacromonte yang unik pun kini menjadi objek wisata yang memperlihatkan rumah-rumah dalam goa dan menawarkan pertunjukkan seni dan budaya.\ Di sinilah terdapat tarian flamenco yang terkenal. Tarian ini merupakan tarian yang lahir dari perpaduan budaya masyarakat yang menghuni Sacromonte. Sebagian besar rumah goa di sini dijadikan sebagai museum etnografi. Pada beberapa waktu tertentu, tarian flamenco akan dipertunjukkan di salam satu rumah goanya. Sacromonte juga punya pemandangan yang menarik untuk dilihat. Rumah-rumah goa ini dicat berwarna putih dan dikelilingi hamparan hijau bak di negeri dongeng. Tentunya, ini sudah mendapat sentuhan restorasi sebagai upaya pelestariannya. Dulunya, tidak ada pencahayaan yang berarti dan sangat sempit. Masih terlihat keasliannya hanya terdapat beberapa ruang saja setiap rumah. Jika ada keluarga besar, rumah hunian akan terpisah dari goa yang dijadikan sebagai dapur. Nah, pengunjung juga bisa mencoba jamuan lokal yang ada di Sacromonte ini lho.
  3. Dubai, kota ini merupakan kota paling modern di dunia. Kota yang berada di pinggir Teluk Persia ini juga dikenal sebagai kota dengan pembangunan yang paling cepat sepanjang sejarah. Hanya 3 dekade saja, Dubai, menjadi kota yang memiliki banyak arsitektur canggih dan megah hingga memecahkan berbagai rekor dunia. Misalnya, Burj Khalifa sebagai gedung berpenghuni tertinggi di dunia, Burj Arab sebagai hotel tertinggi di dunia, The Dubai Mall sebagai mall terluas di dunia, Palm Jumeirah sebagai pulau buatan terbesar di dunia, dan lain sebagainya. Sebelumnya, saya pernah membahas tentang wisata langit atau menikmati Dubai dari ketinggian. Yap, kota di Uni Emirat Arab ini emang populer dengan skydivingnya. Spot skydiving di Dubai kayaknya emang wajib banget dirasakan para pecinta olahraga memacu adrenalin ini. Di balik kemegahan dan kecanggihan Dubai yang futuristik, kota ini juga masih menyimpan kekayaan budaya masa lampau. Bangunan bersejarah yang otentik masih dijaga dan dilestarikan. Tempat-tempat tradisional pun dipertahankan dan disentuh ulang agar tidak termakan oleh waktu. Dan tentunya, tempat-tempat berlatar budaya dan sejarah yang orisinil ini menjadi daya tarik turis dari berbagai pelosok dunia. Jika kamu ingin menemukan lokasi tradisional di Dubai, kamu bisa menjelajahi sejumlah pasar dan pemukiman tertuanya. Ini dia beberapa yang akan saya bahas tentang lokasi-lokasi tradisional tersebut. Pasar tradisional Pasar tradisional (Souq) merupakan lokasi yang paling pas buat wisatawan yang ingin berkunjung menikmati denyut aktivitas masyarakat lokal. Selain itu, keuntungan lain jalan-jalan ke pasar tradisional adalah cuci mata sampai cuci kantong hehehe. Banyak barang yang bisa dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Di Dubai, sejumlah pasar ini sangat populer dan wajib dikunjungi. - Spice Souq atau Pasar Rempah Souq yang ini merupakan souq rempah-rempah yang terkenal di Dubai. Kita akan menemukan berbagai macam rempah-rempah di sini. Ada lada, ketumbar, dan ada juga kurma. Pasar rempah ini berdekatan dengan pasar-pasar lainnya. Jadi, pastikan juga mengelilingi area pasar di sini semuanya. Wangi rempah yang khas akan menuntun anda memasuki pasar tersebut. Sebelum membeli, anda dipersilakan untuk mencicipi dulu rempah-rempah ini. Hmm enak ya. Namanya juga pasar, harga yang ditawarkan tak selamanya mahal. Anda bisa membeli eceran dengan harga yang terjangkau. Oya, meski ini pasar tradisional rempah, tapi tempatnya bersih dan rapi lho. Sekedar jalan-jalan di sekitar souq rempah ini juga menyenangkan. - Gold Souq atau Pasar Emas Nah, ini sangat populer di Dubai dan bisa dibilang wajib banget ke sini, bahkan jika hanya untuk jalan-jalan. Masih di sekitar pasar rempah tadi juga, anda akan menemukan pasar emas atau gold souq. Di Dubai, di sinilah pusat perdagangan emas baik untuk para pedagang maupun pengguna sendiri. Gold Souq sangat cantik karena sepanjang jalan anda akan dipenuhi emas-emas yang berkilauan. Berbagai macam emas dan perhiasan ada di sini. Dari cincin, gelang, kalung ada di sini. Modelnya pun macam-macam dan sangat indah. Harganya? Wah, harga emas yang mendulang tentunya. Tak perlu khawatir soal keasliannya, karena di Gold Souq ini sudah dijaga oleh pemerintah soal emas yang masuk dan diperdagangkan. Jadi cukup aman. - Souq Parfum Yang ini juga nggak boleh terlewatkan. Pasar parfum terletak tak jauh dari kedua pasar yang sudah disebutkan di atas. Pasar ini menyediakan aneka wewangian baik yang tradisional mapun yang esensial. Kalau ke sini, kamu akan mencium wangi-wangi parfum dari parfum badan sampai dupa. Nah, memang dijualnya seperti dalam ukuran besar. Tapi, di sini kita juga bisa mendapatkan dalam jumlah sedikit saja. Bahkan, serunya lagi, di souq parfum ini kita bisa meminta si pedagang untuk mencampurkan beberapa aroma agar tercipta wangi khas yang ekslusif buat kita. asyik ya. - Textile Souq atau pasar kain Sudah puas jalan-jalan di pasar rempah, emas, dan juga pasar parfum, sekarang bisa mengunjungi pasar kain. Lokasi textile souq tak jauh dari pasar di atas tadi, hanya saja kita harus menyebrang sungai dengan menggunakan abra, yakni perahu panjang yang menjadi alat transportasi umum andalan di Dubai. Asyik ya.. bisa belanja sambil menikmati suasana sungai dengan perahu tradisional di sana. Di pasar textile ini sangat cantik karena warna warni dan aneka motif kain yang dijual. Dari mulai kain biasa sampai sutera ada di sini. Pedagangnya pun banyak yang berasal dari Pakistan. Kita bisa menemukan pakaian tradisional yang sudah jadi seperti abaya (jubah panjang untuk wanita) dan juga kandora (jubah panjang untuk pria) yang memang sudah populer dari tanah Arab. harganya bervariasi dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Jangan ragu untuk menyusuri setiap lorongnya karena akan sangat menyenangkan. Kalau nggak berniat membeli, cukup beri senyuman. Meskipun para pedangan akan keluar toko atau berkumpul di jalan untuk menawarkan barang dagangan mereka, kita nggak perlu khawatir akan diusik kalau nggak jadi beli. - Souq Madinat Jumairah Pasar tradisional lain yang nggak kalah populernya ada di sini. Souq Madinat Jumairah merupakan pasar tradisional yang sangat rapi dan cantiiiikk. Pasar ini ditata rapi sedemikian rupa karena memang ditujukan untuk para turis yang ingin membeli suvenir dan menikmati lezatnya kuliner Dubai. Di pasar ini terdapat aneka produk fashion seperti baju, sepatu, hingga cemilan khas Dubai yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Banyak souvenir menarik yang bisa didapatkan di sini. Setelah melewati pasar, ada gondola, perahu melintasi kanal, dan juga berbagai restoran yang bisa dikunjungi sebagai alternatif destinasi selanjutnya. Untuk mengunjungi Souq Madinat Jumairah ini, anda bisa berkendara sekitar 15 menit dari pusat kota. Pokoknya tempatnya bersih, rapi, romantis, dan ala-ala dongeng 1001 malam gitu deh. :) Pemukiman Tertua Al-Bastakiya Pemukiman tertua di Dubai yang satu ini disebut sebagai Al-Bastakiya. Pemukiman ini memiliki sejarah yang penting di Dubai dan kini dibuka untuk umum. Al-Bastakiya terletak di Dubai Creek dengan ciri jalan yang sempit. Ciri khas lainnya adalah menara angin di rumah-rumah tua yang ada di wilayah ini. Konon, menara angin tersebut memang dipasang oleh penduduk setempat untuk membuat udara lebih sejuk saat musim panas tiba. Al Bastakiya sudah berdiri sejak abad 18 akhir. Pemukiman ini dikenal sebagai pemukiman yang dihuni oleh sebagian penduduk yang kaya raya terbukti dari bangunan yang megah di sana. Pada tahun 1970an, Al Bastakiya hendak digusur namun beruntung batal dan hingga kini dilestarikan terus. Jika ke sini, kita akan menemukan berbagai lokasi menarik, bahkan mulai dari jalannya yang mirip labirin, kecil dan berkelok-kelok banyak blok. Selain itu, ada Masjid Bastakiya, galeri seni, restoran, dan juga hotel. Menikmati galeri di Al Bastakiya adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan para turis. Mereka bahkan bisa naik ke atap untuk menikmati pemandangan dari atas.
  4. Menikmati Dubai dari Ketinggian

    Dubai, kota di Uni Emirat Arab ini selama 2 dekade belakangan memang berkembang sangat pesat. Dubai bahkan diberi predikat sebagai kota yang pembangunannya paling cepat sepanjang masa. Kota ini kini berubah menjadi kota paling modern di dunia. Berada di pinggir Teluk Persia, Dubai punya pemandangan yang indah dan ditunjang dengan teknologi paling mutakhir. Selain sebagai kota paling modern dan paling cepat pembangunannya, Dubai memiliki banyak rekor dunia. Bandaranya saja tercatat sebagai salah satu bandara terfavorit di dunia dengan lantainya yang juga terluas. Beragam fasilitas canggih bisa ditemukan di bandara maupun di luar. Dubai juga dikenal sebagai kota yang memiliki bangunan-bangunan pencakar langit dengan desain yang mencengangkan. Karena itu, banyak wisata yang menawarkan keindahan Dubai yang dinikmati dari atas. Ada rencana ke Dubai? Cek dulu beberapa wisata dari langit Dubai yang terkenal itu. 1. Burj Khalifa Burj Khalifa, gedung pencakar langit ini sudah tersohor sejak awal perencanaan pembangunannya. Diresmikan pada tahun 2010, Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang mencapai 818 meter. Tingginya ini 2 kali lipat dari Menara Petronas di Kuala Lumpur atau 3 kali dari Menara Eiffel di Paris. Burj Khalifa ini merupakan gedung 160 lantai yang berisikan hotel, apartemen, ruangan observasi, restoran, dan fasilitas lainnya dan memiliki 54 lift dengan kecepatan 60 km/jam. Gedung ini merupakan gedung yang bebas penyangga dan terbuat dari beton yang beratnya setara dengan 100 ribu gajah dan baja yang jumlahnya setara dengan yang dipakai 5 pesawat airbus 380. Begitu banyak predikat yang disandang Burj Khalifa ini, termasuk gedung dengan lantai tertinggi yang berpenghuni serta lift yang terjauh. Oya, nama Burj Khalifa ini sebenarnya diambil dari seorang pemimpin Dubai, Khalifa bin Zayed Al Nahayan, yang berjasa meloloskan Dubai dari krisis ekonomi di tahun 2009 sekaligus yang memberikan sambungan dana untuk pembangunan gedung ini. Semula, nama bangunan ini adalah Burj Dubai. Buat temen-temen yang ingin mencoba sensasi ketinggian dari atas Burj Khalifa, tentu bisa. Tiket masuknya adalah sekitar 500 ribu rupiah kurang lebih dan kita akan dibawa ke At the Top di lantai 124. Lift yang dighunakan adalah lift yang sangat cepat. Di sana, kita bisa keluar balkon untuk menikmati pemandangan canggih Dubai baik pagi maupun malam hari. Kalau nggak berani, disediakan teleskop di dalam ruangan di lantai yang sama. Di ruangan tersebut juga ada toko souvenir yang bisa menjadi tujuan belanja oleh-oleh. Tertarik melihat kota dari atas gedung yang pernah dipakai syuting Tom Cruise untuk Mission Impossible: Ghost Protocol ini? 2. Dubai Skydive Nah kalau yang satu ini buat temen-temen pecinta olahraga beradrenalin tinggi. Pasti pernah mendengar yang namanya skydiving kan? Buat yang pengen coba, Dubai adalah salah satu kota terbaik untuk melakukan skydiving. Wow!!! Dubai Skydive ini merupakan tempat di mana kamu bisa skydiving dari ketinggian hampir 4 ribu meter. Kamu akan terjun tandem bersama pelatih profesional dan menikmati keindahan Dubai di atas pulau buatan terbesar di dunia bernama Palm Jumeirah. Pulau ini luasnya sekitar 800 kali lebih besar dari lapangan sepak bola dan jika dari atas akan terlihat seperti tangan atau pohon palem. Pemandangannya akan berpadu dengan lautan biru yang sangat indah dari Dubai. Nah, untuk mengikuti skydiving ini, harus memiliki syarat-syarat tertentu. Misalnya, harus berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki berat badan yang cukup, tidak lebih dari 100 kg untuk pria dan tidak lebih dari 90 kg untuk wanita. Jika sudah, akan ada arahan tentunya dari instruktur yang akan memandu kita menyelami langit Dubai. Calon penerjun akan menaiki pesawat dan jika sudah pada titik penerjunannya, langsung dipasang alat-alat tandem. Posisi kepala akan ditegakkan pelatih sesaat sebelum melompat. Setelah melompat, kita pun bisa menikmati keindahan Dubai dari atas. Oya, akan ada kameramen atau fotografer yang mengiringi kita selama terbang. Mereka hanya pakai wingsuit dan akan mengabadikan momen kebanggaan itu. Untuk itulah, harganya lumayan mahal. Untuk melakukan skydiving dan mendapatkan dokumentasinya itu, dibandrol sekitar 7,2 juta rupiah. Kalau dilihat dari videonya, pendaratannya mulus. Nah, memang dianjurkan untuk menggunakan sepatu sporty agar landing sempurna. Waktunya sekitar lebih dari satu menit. Puas menikmati pemandangan terbang, instruktur akan menarik parasut untuk bersiap mendarat. Wowww, berani coba, nggak? 3. Ziplining Dubai Dan yang satu ini adalah sensasi menikmati keindahan Dubai lewat zip lining atau kita biasa menyebutnya juga sebagai flying fox. Eits, jangan anggap remeh dulu. Zip Lining di Dubai ini nggak pendek lho. Zip liningnya juga biasa disebut fountain zip lining karena melewati air mancur tertinggi di dunia yang tingginya sekitar 50 lantai gedung. Zip lining Dubai akan dilakukan dari ketinggian 90 meter yang diawali di sebuah apartemen di sana. Panjangnya adalah 558 meter dengan kecepatan sekitar 70 - 80 km/jam. Durasinya sekitar 40 detik saja, weeeeww!!! Nggak heran kalau zip lining ini disebut sebagai zip lining paling ngeri yang pernah ada di dalam kota di dunia. Pendaratannya akan berakhir di mall terbesar di dunia, Mall Dubai. Berbeda dengan bungee jumping dan skydiving, orang yang menikmati zip lining ini tentunya akan menggunakan lintasan saat meluncur. Sensasinya sangat menyenangkan karena pemandangan Dubai yang ditampilkan sangat indah. Di depan adalah pemandangan gedung Burj Khalifa dan akan terkena semprotan dari Dubai Fountain atau air mancur Dubai tadi. Nah, waktu wahana ini dibuka, orang pertama yang naik adalah Syeikh Hamdan atau yang dikenal juga dengan nama Fazza, putra dari pemimpin Dubai. Pria kelahiran 1982 ini dikenal sebagai pria kaya yang sangat sporty. Balik lagi ke zip lining Dubai, sayangnya, nggak semua orang bisa naik zip lining ini. Ternyata, zip lining Dubai ini merupakan sebuah proyek Dubai untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan pentingnya berolahraga. Bagi yang ingin merasakan sensai naik zip lining tersebut, harus mengikuti event di media sosial. Setiap minggunya, akan ada 30 orang terpilih yang menaiki zip lining ini. Kalau mau ikut, pastikan dulu kalau berumur lebih dari 10 tahun atau harus dengan pendamping. Selain itu, beratnya harus berkisar antara 50 sampai 110 kg. Jangan khawatir karena keamanannya sudah dijamin. Kamu juga akan diberi arahan serta harus menandatangani dokumen persetujuan sebelum benar-benar meluncur dari atas Dubai ini. Gimana tertantang buat ikutan?
  5. - Tentang Gerhana Matahari Total di Indonesia Fenomena alam gerhana matahari total akan melewati sejumlah kota di Indonesia. Fenomena ini terhadi saat bulan berada di antara matahari dan bumi. Saat bulan menutupi matahari secara keseluruhan, maka bumi akan menjadi gelap. Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 9 Maret 2016 atau 8 Maret bagi mereka yang berada di garis tanggal internasional timur, seperto Hawaii. Negara lain di Eropa maupun Amerika yang dilintasi oleh gerhana matahari total ini masih berada di waktu malam hari sehingga kegelapan akibat GMT tidak nampak terasa. Berbeda dengan sejumlah tempat di Indonesia yang dilalui pada pagi menjelang siang sehingga tak heran jika para ilmuan dan media baik dalam maupun luar negeri berbondong-bondong mengunjungi titik-titik dilaluinya gerhana matahari total. GMT sendiri pernah terlihat di Indonesia pada tahun 1983. Saat itu, pemerintah melarang masyarakat untuk melihat gerhana matahari total tersebut. Larangan pemerintah ini disebut sebagai 'dosa pemerintah di masa lalu' oleh Wakil Presiden Jusuf Kala. Menurut BMKG, fenomena ini baru bisa disaksikan lagi di Indonesia atau di lintasan yang sama pada 2042. Karena itulah, pemerintah memberikan kebebasan untuk menikmati GMT di berbagai titik namun dengan beberapa tips yang aman. Untuk mengantisipasi membludaknya titik-titik pemantauan GMT, pemerintah juga sudah menyiapkan segalanya. - Lokasi yang dipadati wisatawan Gerhana Matahari Total ini akan melewati 12 provinsi di Indonesia. Beberapa titik yang diresmikan pemerintah untuk memantau GMT ini antara lain di Palembang, Jambi, Pulau Pagai Selatan, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwu, Ternate, Maba, dan beberapa lagi lainnya. Namun lokasi lain di Indonesia, seperti di Jakarta masih bisa merasakan gerhana matahari sebagian atau tidak total. Jakarta akan bisa melihat 50 - 60% gerhana ini, Medan 77%, Denpasar 76%, Makasar 88%. Lokasi yang paling lama dilewati oleh Gerhana Matahari Total ini adalah Maba di Maluku Utara. Namun untuk mencapai lokasi ini harus menempuh perjalanan udara, laut dan darat. Karena itu, hanya para ilmuan dan media tertentu saja yang banyak menuju lokasi ini. Bagi para wisatawan, termasuk presiden Jokowi, membanjiri Bangka Belitung tepatnya di Tanjung Pandan untuk menikmati GMT. Selain Tanjung Pandan, Palembang pun tak kalah dibanjiri wisatawan pemburu GMT. Jembatan Ampera akan ditutup selama 12 jam untuk memberikan space warga dan wisatawan yang ingin menikmati GMT tersebut. - Tips menikmati gerhana matahari total Gerhana Matahari Total memang fenomena alam yang tak ingin dilewatkan begitu saja. Jika kamu termasuk yang ingin menikmati GMT ini, ikuti tips-tips aman dan nyamannya. Pertama, mitos modern yang berkembang adalah tentang melihat GMT bisa membuat mata buta. Yang dimaksud adalah cahaya matahari memang sama-sama berbahaya jika dilihat dalam waktu yang lama dan secara langsung. Saat GMT terjadi, pupil akan membesar karena situasi yang gelap. Bahayanya ketika bulan mulai bergeser lagi atau pada gerhana matahari sebagian yang kembali terang sehingga membahayakan mata. Hal ini bisa menyebabkn titik hitam pada pandangan mata yang sulit disembuhkan. Kedua, amannya, untuk melihat GMT ini memang sebaiknya menggunakan kacamata khusus gerhana yang bisa melindungi mata. Ingat, kacamata hitam saja tidak cukup kuat untuk melindungi mata, apalagi dengan mata telanjang. Ketiga, tempat ternyaman menyaksikan GMT ini adalah di tempat yang terbuka yang tidak terhalang oleh pepohonan maupun gedung-gedung. Nah, sudahkah kamu menemukan tempat tersebut? - Bertepatan dengan Nyepi Gerhana Matahari Total yang terjadi besok, 9 Maret 2016 bertepatan dengan Hari Raya Nyepi. Jadi, umat Hindu baik yang di Bali maupun di luar Bali sudah mengatakan jika mereka tidak menikmati GMT tersebut, meskipun lokasi umat Hindu seperti di Bangka Belitung, dilintasi GMT. Mereka tidak memantau atau menonton TV langsung mengingat larangan untuk menyalakan TV dan keluar rumah saat Nyepi. Jadi, mereka akan melihat liputannya saja di keesokan harinya.
  6. Desain Paspor Terkeren

    Paspor, buku identitas kita di luar negeri ini memang merupakan dokumen yang sangat penting. Buat yang baru membuat paspor di tahun 2015 hingga sekarang, pasti senang melihat paspor yang berdesain lebih bagus dari yang sebelumnya. Yap, paspor Indonesia sejak tahun 2015 sudah berganti wajah desain dan warna. Apa saja perbedaannya? 1. Warna Sampul Saya cukup lama nggak update soal pembuatan paspor terbaru. Terakhir bikin paspor di tahun 2014 dan cukup terkejut saat melihat paspor adik yang baru dibuat awal tahun 2016 lalu. Perbedaan yang bisa dikenali sejak awal melihat tentu saja warna sampul buku paspornya. Dulu, punya saya warnanya hijau lumut dan kini pakai hijau tosca. Secara warna, memang lebih cerah. Kalau dari sampul, saya sih lebih suka yang lama. Selain warna gelap itu kesukaan saya, di sampul paspor lama ada motif bendera, sedangkan yang baru polos bersih. 2. Desain halaman isi Tapi setelah membuka halaman dalamnya, kesan saya langsung berubah. Saya langsung jatuh hati melihat buku paspor yang baru ini. Gimana nggak, paspor baru yang kini semua disamaratakan menjadi 48 halaman tersebut memiliki desain halaman yang sangat kaya. Di setiap halamannya punya desain yang berbeda-beda dan bertemakan kekayaan nusantara kita, baik dari ranah budaya, seni, sejarah, alam seperti flora dan fauna, dan lain sebagainya. Beberapa yang bisa saya sebutkan antara lain adalah gambar angklung, burung cendrawasih, candi borobudur, tari saman, badak bercula satu, wayang, dan masih banyak lagi. Keren. 3. Biaya Biaya pembuatan paspor yang baru dan lama ini juga berbeda. Dulu, saya membuat paspor dengan harga 255 ribu rupiah. Saat ini, pembuatan paspor menjadi 300 ribu rupiah. Tapi dengan desain yang lebih baik seperti itu tentunya menurut saya sih sah sah saja. :) Selain perbedaan di atas, ukuran buku paspor juga mengalami sedikit perbedaan. Ukurannya lebih kecil sehingga terlihat lebih 'bantet' dari paspor yang lama. Karena menariknya desain paspor baru Indonesia, saya jadi penasaran dengan paspor di negara lainnya. Berikut ini, saya rangkum sederet paspor yang punya desain keren di dunia. 1. Norwegia Seperti Indonesia, Norwegia belum lama juga mengganti desain paspor mereka. Bahkan, paspor orang Norwegia dianggap sebagai paspor paling keren di dunia. Kok bisa ya? Norwegia membuat warna sampulnya tampak berbeda dengan kebanyakan paspor di negara lainnya. Warna-warna paspor yang dipilih Norwegia adalah warna-warna bendera mereka, yakni putih, merah dan juga hijau. Dalam setiap halamannya diisi dengan gambar-gambar alam yang menjadi ciri khas keindahan negeri tersebut. Menariknya nih, gambar yang ada di dalam paspor tidak terlihat biasa saja jika diletakkan di bawah sinar ultra violet. Gambar pemandngan danau dan gunung yang semula berwarna kehijayan, biru, dan abu ini berubah menjadi nuansa malam jika dilihat dengan sinar UV. Gambar bulannya menjadi hijau terang dengan langit aurora. Cantik dan pastinya keren banget. Oya diketahui jika pembuat atau desainer paspor Norwegia itu merupakan sebuah studio desai bernama Neue Design Studio yang ada di Oslo. 2. Kanada Masih dengan paspor yang bisa menyala. Nggak hanya di Norwegia ternyata ada paspor yang bisa nyala seperti itu. Kanada bahkan lebih beragam lagi. Paspor orang Kanada ini menjadi populer karena seseorang mengunggah paspor kerennya itu di Youtube pada tahun 2015 silam. Padahal, paspor seperti ini sudah dirilis sejak tahun 2013. Videonya tersebut langsung menjadi perbincangan betapa kerennya paspor Kanada ini. Jika dilihat kasat mata dan dengan pencahayaan biasa, kita tidak akan menemukan keunikannya. Tapi ketika disorot dengan sinar UV, maka perbedaannya akan sangat jelas. Gambar yang ada di dalamnya langsung berubah warna-warni dan indah. Paspor Kanada memiliki sejumlah gambar yang menceritakan sejarah Kanada itu sendiri. Gambarnya seperti kastil, gedung parlemen, air terjun Niagara kebanggaan mereka, dan lain sebagainya. Seperti paspor Indonesia baru, di setiap halaman paspor Kanada ini berisi kebanggaan yang dimiliki Kanada. Dan itu akan bersinar sangat indah ketika disorot dengan lampu UV. Bahkan, seperti ada kembang api yang menyala di atas kastil. Punya kita bisa nyala juga nggak ya? 3. Finlandia Jika tadi yang serba nyala, kalau paspor yang satu ini dikenal unik karena gambar rusanya. Finlandia memang dikenal sebagai tempatnya para rusa natal. Negara ini menonjolkan gambar rusa di setiap halaman paspornya. Uniknya, paspor Finlandia terlihat seperti flipbook gambar rusa. Jika dibuka dengan cepat, rusa akan terlihat seperti bergera. Idenya keren. 4. Australia Australia punya warna sampul paspor hitam yang keren. Hanya ada gambar di tengah dan tulisan Australia di bagian bawahnya. Sangat sederhana tapi terlihat elegan. Dan tahukah kamu jika Australia ini memiliki paspor satu-satunya di dunia yang dilengkapi dengan fitur keamanan? Yap, paspor Australia ada fitur keamanan yang dibuat sedemikian rupa sehingga paspor ini canggih dan keren. 5. Selandia Baru Berbeda dengan kebanyakan paspor di dunia yang sambulnya simple, Selandia Baru punya paspor yang unik. Di bagian sampul depan dan belakang dibuat gambar hmm seperti dedaunan dan berwarna agak keemasan. Ini membuat paspor Selandia Baru cukup mencolok di banding paspor lain di dunia. 6. Swiss Bicara soal cover, Swiss juga punya cover paspor yang cukup unik. Cukup berbeda dengan standar paspor Eropa lainnnya. Di Swiss, sampul paspor berwarna merah dengan tulisannya berada di ujung kanan bukan di tengah. Di bawahnya ada tanda salib yang juga menjadi lambang di bendera Swiss. Sangat sederhana tapi terlihat cute. Sebagai identitas kita di negeri orang, paspor memang harus dilindungi dengan baik. Jangan sampai rusak atau malah hilang. Berikut ini beberapa cara menjaga paspor agar tetap rapi dan aman saat jalan-jalan. - Gunakan cover pelindung Pertama, kamu bisa menggunakan cover pelindung paspor agar tetap bersih dan rapi. Cover ini bisa didapatkan di mana saja bahkan kamu bisa memesan desain yang sesuai keinginan kamu. Banyak jasa desain cover paspor yang beredar di dunia maya. Ada yang membuatkan karikatur, inisial, dan lain sebagainya. Fungsinya pun bertambah bukan hanya menjaga kebersihan paspor, tapi juga mempercantik paspor kamu. - Masukkan dalam dompet Kalau kamu bukan tipe orang yang suka ribet atau nggak suka dengan cover pelindung seperti di atas, kamu cukup memiiki dompet yang bisa muat paspor. Dompet ini akan menjaga paspor dari barang-barang lain di dalam tas kamu. Banyak dompet yang cukup besar yang memang diperuntukkan untuk menyimpan paspor, uang, dan kartu-kartu. Dompet ini cukup berguna buat yang nggak suka melihat kartu dan isi dompet berceceran. Satu dompet tapi semua masuk. - Bawa tas kecil khusus barang penting Jangan lupa untuk membawa tas kecil setiap kamu jalan-jalan. Tas ini berfungsi untuk menyimpan gadget, dompet dan paspor tentunya. Tas kecil akan lebih berguna karena tidak ribet saat dipakai jalan-jalan. Kamu nggak perlu lagi ngubek-ngubek tas ransel atau koper jika memerlukan items perintilan dan dokumen yang penting tersebut. Tips Lain - Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya, kamu foto copy halaman yang sudah berstempel di paspor kamu sebelum kamu berganti paspor. Kok gitu? Berdasarkan pengalaman orang-orang, kalau paspor habis atau ganti paspor, paspor lama tidak dikembalikan pihak imigrasi. Nggak tahu apa ada yang bisa berhasil meminta balik atau nggak. Tapi buat jaga-jaga, lebih baik kita foto copy saja atau difoto. Ini bisa berguna jika suatu saat mengajukan permohonan visa. Kadang ada yang meminta fotocopy halaman yang sudah distempel untuk mengetahui sudah pernah pergi kemana saja. Keuntungan lainnya, buat koleksi pribadi kita juga nggak ada salahnya, kan ? Sekian.
  7. Sebelum Bisnis Fashion, Lakukan Ini Dulu

    Bisnis fashion masih menjadi bisnis yang paling menggiurkan bagi banyak orang. Dari mual jualan kaos, atasan, hingga bawahan atau ragam item fashion lain selalu menarik dan seolah tak pernah lekang dimakan zaman. Kenapa ya bisnis fashion itu masih menjadi yang utama? Mari ketahui dulu apa yang menjadi daya tarik di bidang fashion. 1. Selalu update Fashion ini selalu mengikuti perkembangan zaman sehingga orang-orang akan selalu membutuhkannya. Karena itu, fashion akan selalu membuka peluang bisnis dalam jangka panjang. 2. Tidak basi Banyak yang enggan membuka bisnis makanan karena memang resiko gagal jika tidak laku lebih besar. Bahan pangan atau kuliner akan lebih beresiko basi atau kadaluarsa jika kelamaan menumpuk. Nah, fashion tidak demikian. Barang fashion meski tidak laku masih bisa dijual. Kalau modelnya sudah ketinggalan zaman, bisa digunakan cuci gudang dan lain sebagainya. 3. Selalu dibutuhkan orang Tentunya, kebutuhan premier kita adalah sandang, pangan, papan. Jelas jika sandang atau pakaian adalah kebutuhan utama. Karena itu, akan selalu dibutuhkan. Orang-orang akan tetap mencarinya dan meski banyak bisnis fashion yang menjamur, akan selalu dicari orang. 4. Mudah dan murah Bisnis fashion bisa dilakukan siapa pun dan dari mana pun. Bisnis ini tidak memiliki keahlian khusus asal selalu mau belajar dan mengikuti tren. Selain itu, bisnis fashion tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Punya modal pas-pasan pun bisa membuka bisnis di bidang fashion. Nah, sebelum benar-benar membuka bisnis online, apa saja yang harus kita lakukan? 1. Melakukan riset Sebelum memulai, lakukan dulu riset atau penelitian terkait produk yang akan kamu luncurkan. Mengapa kamu memilih produk itu sebagai item bisnis kamu. Lalu, siapa target pembelinya, apakah si target memang membutuhkannya. Siapa saja yang akan menjadi pesaing kamu, apa keunggulan dan kekurangan mereka. Semua informasi seperti itu wajib diketahui kamu sebelum benar-benar memulai untuk membuka bisnis fashion. Ini akan membantu kamu untuk memutuskan langkah yang lebih matang dan kreatif. 2. Buat perencanaan yang matang Jika sudah, mulailah membuat daftar rencana yang harus kamu lakukan. Di sini merupakan dapur konsep bagaimana produk akan kamu pasarkan. Perencanaan ini harus dibuat sematang mungkin agar eksekusinya semakin mantap. 3. Buat brand yang unik dan menarik Tentukan nama toko atau brand yang akan kamu buat. Tipsnya, buat yang mudah diingat dan tidak pasaran. Selain itu, kamu juga bisa membuat nama brand atau toko fashion kamu ini yang menggambarkan apa produk yang akan kamu jual. Memilih yang unik itu bagus, tapi yang terpenting mudah diingat para konsumen nantinya. 4. Pilih bahan dan model Sebagai calon pebisnis fashion, kita juga harus mengerti bahan apa yang akan digunakan berikut juga modelnya. Ketahui berbagai macam bahan agar bisa mengerti kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, jika ingin bisnis kaos, ketahui berbagai jenis katun combad, bahan ini paling banyak digunakan karena adem. Atau misalnya jika ingin bisnis fahsion wanita, ketahui berbagai jenis bahan seperti satin, sifon, dan lain sebagainya. Model juga begitu. Agar selalu up to date, kita juga harus melek tren dan model. Kita bisa sesuaikan model produk yang kita jual dengan tren yang sedang kekinian. 5. Pilih kru Kru ini istilah saya aja sih. Maksudnya, jika ingin menjahit dengan orang lain, cari penjahit yang memang sudah kamu coba hasilnya. Atau jika ingin membuka item sablon, maka cari penyablon yang bagus. Kru lain bisa termasuk penjual bahan yang bagus dan lain sebagainya. 6. Siapkan media dan bahan promosi Nah, jika sudah selesai semua. Jangan lupa, media promosi ini penting. Kalau buka secara online, manfaatkan media sosial, website, dan market place seperti tokopedia, bukalapak, olx, elevania, dan lain sebaginya. Banyaknya market place membuat peluang untuk berbisnis semakin besar dan mudah. Kamu juga bisa membuat materi promosi yang menarik seperti promo launching, atau membuat foto produk yang menarik. Itu saja, sekian dan semoga sukses :)
  8. Hati-Hati Botol Minuman Palsu

    ngerriii banget, jaman sekarang apaa aja dipalsuin
  9. Akun Instagram Dengan Video Lucu

    sebenrnya berani jelek sih hehehe sekarang banyak banget artis instagram.. kayaknya mereka juga jadi untung banyak gara-gara followers banyak. Diendors dapet duit deh hhi
  10. Review Mission Impossible: Rogue Nation

    Mission Impossible kembali hadir nih dan yang tahun ini adalah film yang ke-5. Untuk yang suka banget sama film yang diperankan Tom Cruise ini pasti wajib ditonton. Kenapa? Karena film ini jadi film yang masih aja nongkrong di posisi nomor 1 box office saat ini. Buat ratingnya, kalau di IMDB itu ada 7,9 dan lebih keren lagi di Rotten Tomatoes yang mana kasih rating 92%. Wiihh jadi makin penasaran dong? Makanya, saya juga ikutan nonton dan menurut saya, saya kasih rating 6,5 dari 10 deh.. Ada beberapa hal yang kurang bisa saya nikmatin, tapi overall memang oke ini film. Mission Impossible: Rogue Nation merupakan instalmen yang ke-5 dari Mission Impossible. Masih diperankan oleh Tom Cruise dan juga Jeremy Renner di antaranya. Mission Impossible Rogue Nation mengembalikan aktivitas Ethan Hunt, William Brandt, Benji Dunn dalam IMF atau Impossible Mission Force. Dan kali ini, mereka mendapat tantangan untuk memecahkan kasus gembong teroris dunia yang sama terlatihnya dengan mereka dan begitu sulit terlacak, yang disebut dengan The Syndicate. Mereka juga berusaha untuk menghancurkan IMF itu sendiri. Apakah sesimple itu masalahnya? Ini kerennya Mission Impossible Rogue Nation. Konfliknya cukup padat dengan karakter masing-masing yang menjebak penonton. kehadiran Rebecca Ferguson sebagai Ilsa Faust adalah sesuatu yang segar di sini. Ilsa memiliki karakter yang rumit dan agak sulit ditebak. Sesekali ia berada di pihak lawan, tapi sesekali berada di pihak Ethan dan kawan-kawan. Tapi yang jelas, Ilsa punya tujuan untuk dirinya sendiri. Bukan hanya Ilsa, karakter Lane dan bahkan Brandt sebagai teman dari Ethan pun sempat diragukan. Setiap orang punya karakter yang agak sulit ditebak. Keunggulan lainnya adalah adegan action yang dihadirkan di Mission Impossible Rogue Nation ini. Tom Cruise memang pantas diacungi jempol karena berani memerankan beberapa adegan actionnya tanpa stunt man. Adegan di awal ketika dia naik ke atas pesawat itu adalah adegan yang benar2 dilakukan oleh Tom sendiri. Sejumlah adegan action lainnya juga menarik dan padat. lagi-lagi, Rebecca Ferguson punya magnet yang kuat di film ini. Rebecca sebagai Ilsa mampu membuat penonton terpukau dengan adegan actionnya. Seksi tapi tangguh, thumbs up sih buat action directornya. Film ini emang agak membosankan di bagian tengah. Bagian di mana Ilsa bingung harus kemana dan gimana itu salah satu yang bikin boring. Adegan akhir juga terlalu sederhana untuk actionnya, tapi seolah dapat puncak baru, karena ada bagian di mana penonton tersentak dan akhirnya bersorak di bagan akhir. Jadi, semua yang membosankan itu jadi kayak terlupakan begitu saja. Karena tidak adanya adegan yang terlalu vulgar malah membuat film ini justru terlihat lebih seksi. Maksudnya nih, di film ini sih kita nggak akan melihat Ilsa dan Ethan kissing, tapi karena cuma flirting2 gitu justru makin bikin chemistry keduanya bikin oke. Yaa kalau ada Mission Impossible selanjutnya, semoga aja Rebecca Ferguson main lagi. Untuk hiburannya, film ini cukup menghibur. Karakter Benji yang menghidupkan suasana itu bikin film ini menarik sih. Apalagi waktu adegan Benji harus nyelundup sementara Ethan di bawah sana lagi menyelam, wah itu scene favorit meskipun bukan scene klimaksnya. Di sana, kayak bisa menggambarkan secara keseluruhan rasanya nonton Mission Impossible kelima ini. Ada menegangkannya, lucunya, gemesnya, dan lain-lainnya deh. Mission Impossible ini disutradarai dan juga ditulis oleh Christopher McQuarrie. Silakan ditonton bagi yang belum nonton dan ngebet pengen nonton ini.
  11. Aplikasi Wajib Pengguna LINE

    iya tuh ngeselin emang.. aku sih suka block aja mereka yang keseringan invite game semua
  12. Alat dan Bahan Serbaguna Buat Anak Kosan

    beli sekali masak aja hehehe
  13. Aplikasi Wajib Pengguna LINE

    Warning! Tulisan ini bukan promosi yeee tapi murni pengalaman sebagai user aja, nggak lebih. LINE, salah satu aplikasi chat messanger yang termasuk cepat ngebeat saingannya. Dulu, seinget saya nih, LINE belum banyak digunakan. Zamannya android masih baru masuk, whatsapp paling bisa diandalkan karena sejumlah pengguna non android masih bisa menggunakannya. Ketika KakaoTalk masuk, cukup booming karena banyak banget promo menarik dan juga stiker lucu. Kakao dulu sering banget ngadain promo nontonlah, F&B dan sebagainya yang menarik para penggunanya buat pakai. Apalagi banyak artis yang jadi ambassadornya dan dibuatkan stiker, jadi makan menarik. Oya, dan juga layanan free call KakaoTalk yang dulu unggul banget dan WA waktu itu belum bisa telpon, jadi inilah yang membuat banyak orang juga pakai Kakao selain WA. Ketika LINE muncul, awalnya banyak yang ogah karena kebanyakan aplikasi serupa dengan teman yang itu-itu aja. Tapi sekarang, saya rasa LINE malah bisa diunggulkan. Nggak ada data survey yang pasti yang bisa saya paparkan, tapi dari pantauan saya di ruang publik dan di lingkungan sekitar, hampir mayoritas pengguna smartphone adalah pengguna LINE. Kalau di angkot, suka lihat ada yang main LINE, di mall, di kantor, di mana-mana pakai LINE. Grup-grup juga banyak yang menggunakan LINE. Saya pun pengguna LINE dan menurut saya, sekarang ini banyak banget yang menjadi keunggulan LINE dibanding WhatsApp dan juga KakaoTalk di Indonesia. Beberapa keunggulan tersebut menurut saya antara lain adalah: - Punya stiker yang lucu Semua juga setuju kalau di LINE ini stikernya ngegemesin banget. Banyak banget stiker yang lucu yang bisa kita pilih dan bikin chatting rasanya seru banget. Dari mulai karakter LINE sendiri, kayak Cony dan Brown sampai ke tokoh-tokoh animasi, film, hingga artis Korea. Stiker yang ngegemesin ini ada juga di Kakao, akan tetapi kalau di LINE ini lebih besar aja kali ya ukurannya dan lebih variatif. Ngaku, kamu pasti punya stiker audio dan motionnya Syahrini kaaaaaan??? *HAHAHAHA ala Syahrini di LINE. - Lihat gambar tanpa saved Terus lagi nih, keunggulan LINE dibanding lainnya adalah kita bisa melihat gambar tanpa menyimpannya. Nggak kayak di Whatsapp yang kalau kita download, secara otomatis akan kesimpan di storage ponsel kita. Kalau kita nggak mau save, baru kita hapus manual. LINE membiarkan kita melihat gambar tanpa harus menyimpannya. Namun sayang, LINE belum bisa berkirim audio file kayak musik gitu ga kayak di WA. Yang jelas, buat saya yang suka bermasalah sama kapasitas storage, ini sangat bermanfaat :) - Cepet masuknya Hmm kalau yang ini mungkin relatif. Tapi saya pribadi merasakan perbedaannya. Bahkan WA saya yang baru saya reinstal, clear cache dan lainnya suka lemot banget. Kalau nggak dibuka, messages baru nggak masuk. Sering dikomplen karena nggak baca WA padahal ya nggak buka-buka WA karena nggak ada notifnya kalau nggak dibuka Kalau saya nyalain paket data pagi-pagi nih (tidur biasa matiin paket data), LINE pasti seketika itu juga langsung muncul. Baru setelahnya yang lain-lain deh kalau udah refresh sempurna. - Banyak promo dan event Keunggulan lain dari LINE adalah promo menarik yang ada di sana. Apalagi di bulan puasa, itu voucher KFC Goceng banyak banget dibagiinnya hehe. Seru-seruan yang bikin rame. Banyak eventnya juga. Misalnya kayak cuma main tebak gambar lah atau apalah pkoknya, rame banget. Kiriman dari LINE tiap harinya ada aja. Keganggu? silakan notifnya dimatikan atau diblock aja sekalian dari iklan-iklan promo itu. Bulan puasa ini, sudah berapa kali dapat KFC Goceng? Ada yang dapet voucher pizza? McD? Solaria? atau iPhone 6? hehehe - Akun official Yang menarik lainnya adalah akun official yang ada di sini. Mulai dari official penyanyi hingga aktor atau aktris dunia juga ada. Hmm buat yang suka koreaan juga banyak di sini. Ada akun official Maroon 5, Taylor Swift, Katy Perry, dan sebagainya. Di sini, kita juga bisa dpaat berita-berita dari artis kesayangan dengan cepat dan resmi juga pastinya. Nah, kalau beruntung, biasanya suka ada live chat gitu di mana kita bisa live chatting dengan si artis. Seru kan? Bisa terhubung dengan siapa pun dan di mana pun. - Bisa buat jualan Menarik juga karena bukan cuma artis yang bisa bikin akun official. Akun line ini bisa banget buat ajang promosi atau media bisnis kita. Kalau punya jualan OL, bisa tuh buka di LINE. Banyak media kayak majalah atau apa pun yang punya akun LINE mereka. Akun tersebut menjadi media promoso materi yang ditawarkan. Jadi, main sambil berbisinis boleh lah ya.. OL shop di IG juga sekarang mah pada punya LINE buat order dan tanya-tanya barang. Lebih mudah dan seru dibanding harus simpen nomor kayak WA. Kalau LINE kan nggak sebar nomor Hp hanya ID line saja, jadi buat yang suka privasi tinggi, ini pas aja untuk dipublikasikan di ruang publik. - Timeline Nggak tau kenapa saya suka sama timeline di LINE ini. Kalau di whatsapp kan nggak ada timeline. Kalau pun ganti status jarang ada yang ngeh. Beda kalau di LINE, yang vukan hanya sekesdar app messenger aja tapi juga jadi media sosial sekaligus. Nice lah. - Translate lumayan Ini juga salah satu yang saya rasa sangat menguntungkan. Saya punya beberapa kenalan dari Jepang dan Korea yang mana bahasa inggrisnya kurang lancar, apalagi bahas indonesia. Nah, saya juga nggak bisa baca huruf2 mereka jadinya berkomunikasi dengan Line translate cukup membantu. Walaupun nggak sempurna banget, tapi paling nggak, kita nggak perlu bolak balik kamus-app karena bisa langsung ngundang chatting si translate line ini ke kamar chat kita. Dia otomatis akan menerjemahkan apa yang kita tulis. Makanya, nulisnya yang bener juga. Nggak boleh tuh pake bahasa alay. Tulisan harus sesuai dengan kaidah EYD ya.. - Free Call bagus nggak delay Untuk masalah free call, sekarang semua aplikasi serupa punya nih yang namanya free call. Tapii kalau disuruh komen antara WA dan LINE, saya lebih suka pakai LINE. Kenapa? Pakai LINE nggak delay. Kalau saya nelpon pakai WA nih, saya harus menyesuaikan waktu delay nya jadi kayak banyak jeda buat diem gitu. Pakai line kadang delay tapi itu juga kalau jaringan lagi jelek aja. Biasanya lebih pas dan asyik-asyik aja. Tapi ada juga temen yang merasa sebaliknya. Dan menu video call sekarang bikin makin enak pakai LINE. Saya suka pakai kalau lagi kangen adik atau keluarga atau ehem ehem. Patah-patah kalau sinyal nggak stabil, selebihnya lancar aja kok Enak deh. lumayan jernih :) - Nggak berat/jarang crash Selain nggak lemot saat menerima pesan, LINE menurut saya adalah yang jarang crash. Beda banget sama BBM atau whatsapp belakangan ini yang nggak ngerti juga kenapa padahal udah diupdate mulu tapi sering crash. Minta tutup paksa dan pas buka lemot banget. LINE walaupun pernah tapi tergolong jarang. Jadi lebih nyaman aja saat menggunakan aplikasi ini. - Kesambung dengan desktop Ini juga nih menarik dan berguna banget buat yang sehari-harinya mantengin desktop. Nggak perlu ribet cek cek HP pas lagi kerja, karena LINE bisa diinstal di desktop. Kita bisa langsung chatting kayak pake YM dulu hehe. Lebih simple dan nggak rusuh atau ribet juga bolak balik ngecekin atau mainin hp. BIsa sambil kerja juga jadinya. Ya be wise lah kapan harus kerja kapan harus chattingan, apalagi chat yang cuma buat hiburan doang. hehe - Aplikasi menarik Inilah yang (kayaknya) terakhr buat saya. Aplikasi di LINE. Kita tahu dong banyak banget aplikasi yang ditawarkan di LINE. Mulai dari aplikasi hiburan sampai aplikasi games. Kalau buat games, jujur ya saya suka keganggu sama Lets Get Rich dan sejenisnya. Lagi nunggu message yang masuk malah Lets Get Rich, hffff. Kalau udah keseringan ngirimin begituan mulu, yang nggak deketdeket amat mah saya blick aja hahaha. Ya mungkin karena saya emang belum tertarik main sih jadi belum tau gimana keseruan masih game yang ngajak kaya mulu itu. Dari pada games, saya belakangan ini lagi suka banget sama aplikasi di LINE berikut ini. Kamu? - YCON Sebenernya udah lama banget nih pengen instal YCON ini tapi selalu gagal karena storage penuh mulu. Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk menguninstal beberapa aplikasi demi si YCON ini, hiks. Sejauh ini sih nggak mengecewakan dan seru banget. Buat yang belum tahu, YCON ini apliasi untuk membuat stiker sendiri. Jadi buat yang suka bosen sama stiker yang tu-itu aja, bisa nih bikin sendiri. Caranya, masuk ke free coins atau langsung ke store nya dan cari aja YCON. Download, instal dan coba deh dimainin, seru. Kirim ke temen2 lain jadi kita punya banyak stiker custom. Di YCON ini, template nya sudag tersedia. Kita bisa memilihnya beradasarkan tema atau berdasarkan mood. Misalnya nih, ada tema tentang royal couple atau pasangan kerajaan, ada yang tentang princess gitu, tentang hawaii style, tentang petualangan, tentang karakter dan sebagainya deh. Sedangkan mood bisa dipilin apakah sedang sedih, senang, takjub, marah, atau apa pun. Nantinya, template langsung muncul dan terlihat. Tugas kita hanyalah memasukkan foto ke dalam template tersebut. Cara memasukkan fotonya bisa dengan selfie langsung di situ. Atau bisa juga dengan mengambil di galley. Setelah itu, kita bisa mengatur sendiri letak dan ukurannya. Ada juga pengaturan untuk cahaya. Kalau filter yang banyak, unduh lagi aplikasi bantuan lainnya. Namun saya merasa cukup sih dengan isi bawaan dari YCON ini. Kalau sudah nih, kita tinggal masukkin kata-katanya kalau ada. Kita bisa nulis pesan yang sesuai dengan apa yang ingin kita sampaikan. Cobain deh bikin ketagihan haha. Oya kalau sudah selesai bisa langsung di share ke timeline atau chat room di LINE. Bisa juga disimpan ke gallery. - WEBTOON Yang suka komik, bisa banget nih download WEBTOON ini. Aplikasi dari LINE ini menyediakan banyaaak banget komik digital yang bisa kita baca dalam bahasa indonesia langsung. Kita bisa memilih webtoon apa yang sedang paling populer atau bisa juga pilih berdasarkan genrenya. FYI aja, Webtoon ini sudah banyak diadaptasi untuk dijadikan drama atau film jadi makin seru aja. Yap seperti apa yang digambarkan di iklannya Webtoon, di mana aja bisa baca komik seru. Emang seru sih apalahgi kalau lagi killing time. Mayan baca-baca. - MIx Radio Buat yang nggak bisa banget lepas dari musik. MixRadio ini cocok banget. Mix Radio merupakan layanan musik yang recommended buat music lover. Kita bisa memilih genre musik apa yang paling kita sukai dan juga penyanyi favorit yang sering kita dengar. Nantinya kita akan dapat playlist sendiri yang sesuai sama keinginan kita. Good app, enak menggunakannya. Tampilannya juga lumayan seru. Sayangnya, saya baru buka sekali dan harus uninstal karena nggak cukup storage nya :(. Nah itu tadi tuh cuap-cuap saya tentang LINE. Sekali lagi, bukan promosi karena ini murni cerita pelanggan aja. Selamat chattingan dengan LINE.
  14. Tips Traveling Ala Einstein

    terima kasih :)
  15. Alat dan Bahan Serbaguna Buat Anak Kosan

    maksudnya bukan disimpen tapi makanan yang bisa dimasak dengan rice cooker hehehe oh iya bener juga kompor tapi yang kompor buat camping itu yang kecil kayaknya bisa juga heheh yoih klo cewe kan lebih mikir masak masak juga ahahah