Silverline

Members
  • Content count

    207
  • Joined

  • Last visited

About Silverline

  • Rank
    Senang Jalan Jalan

Profile Information

  • Gender
    Not Telling

Recent Profile Visitors

2,269 profile views
  1. "Di depan mata gue sendiri, copet copet itu beraksi. 'mereka' dengan sengaja menabrakkan dirinya ke korban dan dalam sekejap, hilanglah handphone si korban. parahnya, 'mereka' gak merasa takut walau orang se bis kota tau mereka habis nyopet. kenapa mereka? karena si pencopet gak sendiri, mereka komplotan" masalah copet mencopet di jakarta, memang udah gak asing. cerita di atas, gua tulis sendiri berdasarkan pengalaman gua beberapa hari lalu naik Metromini 640 jurusan pasar minggu tanah abang. beberapa hari selanjutnya, temen gue ada yang hampir kecopet, sayang si copet kurang beruntung. beberapa hari selanjutnya lagi, temen gua yang lain, kecopetan. BB dan dompetnya hilang, masih di metromini yang sama, metromini 640. gua juga gak sekali kehilangan barang barang gua di metromini yang sama. jadi, gue pun mulai belajar memahami sepak terjang mereka. untuk yang di jakarta, gue berbagi tips menghindari tangan tangan jahil itu. yang pertama, mereka biasanya melakukan trik yang sama, pas lu mau turun dari angkutan. lu berdiri tentunya kalo mau turun, dan pastinya baru melangkah turun kalo angkutan berhenti. sepanjang itu, mereka akan ikut berdiri, lalu aksinya bisa dengan ngeraba2 kaki lu dengan alesan duitnya jatuh, atau nabrak lu dengan alesan gak pegangan, atau sengaja mepet mepet lu. intinya sama, ngalihin perhatian lu ke mereka yang nabrak, dan dari arah sebelah lu yang lain, temennya bakal ambil barang berharga lu. jadi kalo lu ditabrak dari kiri, temennya pasti di kanan, gitu sebaliknya. nah, dalam posisi ini, kalo ada orang baik dan nyadar, pasti langsung ngomong "eh, itu ngapain pada mepet2", atau apa, dan saat itulah lu harus sadar bahwa lu sedang jadi korban copet. lu bisa cek dulu barang barang lu sebelum turun. yang kedua mereka setelah nyopet, gak ikut turun bareng lu, mereka akan tetep ada di atas bis itu. nah, kalo lu nyadarnya pas udah turun, dan masih mungkin ngejer bisnya, lu kejer bis itu, coba inget inget siapa yang nabrak lu, kalo lu punya keberanian lebih, ajak ngomong yang nyopet. kalo lu bisa bahasa sumatra (no offense, pengakuan sendiri dari yang nyopet), lebih bagus. bilang aja sama2 orang perantauan. yang ketiga kalo misal si bis udah gak bisa dikejar lagi, lu sms orangnya (kalo yang di copet hape). sekali lagi, coba pake bahasa sumatra (biasanya sumbar atau palembang. sekali no offense, no sara, ini pengakuan langsung dari si copet). kalo lu gak bisa, minta temen lu yang asli dari sana. biasanya mereka ngajakin diskusi dengan pura pura mengaku dapet kartu lu dan minta nego sama lu kalo dia temuin copetnya, lu bakal kasih apa. kalo itu barang berharga bagi lu (ada file berharga, foto2 berharga, sms berharga), gua rasa ada baiknya lu nego sama dia. yang keempat sebelum kejadian, seperti saran saran orang biasanya, hati hati aja sama barang bawaan lu pada. jangan taro sesuatu di kantong lu. karena pengalaman gua, pake jins pun gak ngejamin gak bakal kecopetan. naroh barang di kantong depan jins juga gak ngejamin gak kecopetan. BB 8320 gua ilang pas di taro di kantong depan jins gua. kalo pake tas, apalagi yang cewe, tas nya kedepanin. akan lebih bagus kalo lu bisa bawa backpack trus taro di depan. karena kalo tas cewe, kadang kadang gak nyadar udah kebelakang. temen gue yang baru keilangan BB sama dompetnya kemaren, pake tas cewe dan gak nyadar kalo habis dicopet. jangan bawa banyak banyak barang berharga, dan juga jangan terlalu menarik perhatian. pengalaman gue pas ngeliat orang yang dicopet kemaren, penampilannya borjuis, kaya anak anak sekarang yang serba mahal. mulai dari sepatu bahkan sampe topinya. terakhir, tetep waspada jalan jalan di jakarta. segimanapun kita mencegah, yang namanya musibah gak mungkin dihindari, tapi ya sebisa mungkin jangan kita yang ngasi kesempatan buat musibah itu dateng terakhir, sekali lagi, no sara, no offense, gue sendiri diskusi sama orang yang nyopet hape ane (w508) lewat sms, gue sendiri yang denger dari supir dan kernet siapa mereka, gue sendiri yang ngedenger mereka berbahasa pake bahasa daerah yang gue pastiin kalo gue tau itu bahasa mana, hanya untuk kebaikan kita bersama dan kenyamanan kita bersama yang pengen menikmati jalan jalan di ibukota jakarta
  2. Nah, kemaren, setelah tanya tanya sama om travellinglover soal angke disini, gue beraniin diri nyoba dateng sendirian kesana. yang pasti bukan buat ke kepulauan seribu seperti tidung, harapan, pramuka, atau bira besar. tapi buat nyobain makan seafood nya. yang pasti, tujuan utama nyobain seafood karena ngiler sama foto foto si om travellinglover yang bikin ngences, cek aja sono di threadnya, siapa coba yang gak bakal ngiler. nah, tapi sayangnya di threadnya om travellinglover, gue kira masih kurang tips nya. jadi karena gue udah nyobain, ane bagi bagi aja disini soal milih milih seafood, restoran, bahkan angkutan ke muara angke 1. yang pertama soal angkutan ----- untuk yang ini, emang gak ribet. naik taksi juga nyampe. tapi kalo lagi macet, pasti naik taksi bakal jadi musibah, karena argonya pasti edan. niat makan enak murah, jadi ngenes karena mahal. jadi gua pilih angkutan umum. gua berangkat dari senen, naik kopami 02. bentuknya kaya kopaja atau metromini, tapi warnanya biru. hati hati banyak copet juga.kalo mau tidur silahkan, karena lu bakal berhenti di pemberhentian terakhir. turun dari kopami, di pemberhentian terakhir, biasanya banyak ojeg yang nawarin ke angke. jangan mau, karena ada angkutan nomor B01. pasti nyampe dah. bayar 2ribu, udah sampe di terminal angke. setelah itu, pasti banyak becak yang nawarin ke pelabuhan dengan alesan jauh, jangan mau, jalan kaki aja ke arah pemadam kebakaran, trus lurus ke gapura tempat bayar retribusi. emang sedikit agak becek, jadi pakailah sendal dan celana selutut daripada ntar kotor. 2. masalah restoran ---- restoran disana, banyak yang udah punya bahannya. kita pesen apa ke restoran, pasti langsung ada. tapi berdasarkan pengalaman gue, harganya jadi lebih mahal. jadi cari restoran yang mau masakin. biasanya posisinya di belakang pasar yang ke arah mesjid. bukan restoran yang hadep hadepan trus berjejer itu. disitu agak susah kalo minta masakin aja. sebelum masakin, tanya harga dulu, kebiasaan di jakarta, kalo kita gak tanya dulu, di ujungnya dimahalin. nah, kalo kaya gini kan gak jadi makan murah dong? trus jangan lupa tanya, bisa masak jenis apa dulu. ntar udah beli sana sini ternyata gak bisa masak sesuai kemauan kita. 3. masalah ikan ---- kalo ini sih standar ya, sama kaya beli ikan di pasar pasar lainnya. syaratnya musti seger. nah, untuk cari ikan seger gak susah. bagi yang belum pernah liat ikan dan gak tau seger apa gaknya, di angke, gak perlu repot. ambil aja yang ada, ntar yang masak ppasti ngasitau kalo itu gak seger. nah kalo udah gitu, tukerin aja ketempat kita beli. tapi alangkah lebih bagus kalo lu udah tau ikan itu seger apa gak sebelum lu bawa ke restoran. kalo setau gue, ya matanya masih bagus, dagingnya juga kalo di teken, masih kenyal kenyal, trus baunya gak amis. harganya, sebisa mungkin, tawar aja dulu setengahnya. kalo gak mau, tinggalin aja, ntar dia pasti kasi harga pas. standar harga tiap minggu pasti beda beda, makanya gua gak mau kasi standar harga disini, daripada gak sesuai dengan keadaan disono. terakhir, untuk semuanya, namanya kita mau makan mureh, jangan keliatan banget borjuisnya. penampilannya sederhana aja, dan siap siap tahan bau. jangan kaya orang yang gak bisa nyium bau amis, ntar bisa tambah mahal tu harga. sebaiknya juga gak usah bawa mobil, soalnya yang bawa mobil, sebelum turun aja, udah banyak orang orang yang nempel ngikutin mobil buat nawarin restorannya. pilih sendiri aja, karena kadang orang orang itu dbayar dari harga yang lu bayar ke restorannya. means, ini akan tambah mahal. oh ya, buat ngilangin bau amis, mungkin bisa bawa minyak kayu putih dan trus olesin aja di bawah hidung. sekian dari gua ini. semoga makin banyak yang bisa makan enak dan murah. ketimbang ke restoran mahal, mending bersusah susah dikit ke yang murah, bener gak?
  3. Silverline

    Momotoran di Bali untuk Wisata?

    mas atau mbak yang nulis disini udah masukin salah satu transport fvorit di Bali adalah motor. Nah, kebetulan, gue termasuk orang yang lebih suka pake motor kalo di Bali. Alesannya, Bali udah makin macet bro. Apalagi kaya kemaren pas gue kesana tanggal 30 Desember. Asemm, semua macet. Nah, karena gue sering pake motor, gua jadi tau, mana aja yang harus gua kunjungi dulu, jam berapa kesononya, dan lain lain. Jadi, karena berdasarkan pengalaman, gua tulis aja tips tips yang bisa gua kasi disini ya 1. Kalo di bali mau pake motor, yang pertama kudu hapal jalan atau gak bawa GPS. ------------ Kenapa? karena jalan di bali itu lumayan belok belok. Misal aja kalo dari Kuta mau ke Jimbaran, kalo gak nyadar sama pertigaan yang kita mestinya belok, kita bakal kelewatan dan nyasar ntah kemana. Parahnya, penunjuk jalan yang biasa ada di jalan jalan itu kurang lengkap. plus kalo naik motor, susah ngeliatnya. jadi usahain lah bawa peta, atau setidaknya hape yang ada petanya. kebetulan waktu itu gue bawa nya iPad 2. Tentuin mau kemana dulu ------------- Jujur, walau pake motor bisa cepet, lu gak akan bisa ngabisin semua tempat di Bali sekaligus satu hari. Selain jauh jauh, juga kasi waktu buat menikmati tempatnya. yang kemarin gua lewati buat bisa ngunjungi semua ke bali adalah seperti ini: hari pertama. gue ke arah jimbaran, uluwatu, GWK. Nah itu kebetulan satu jalan. Lu bisa ke uluwatu dulu yang posisinya paling ujung, lalu balik arah ke kuta lagi. sambil balik arah ke kuta, lu bisa singgah di pantai uluwatu, pantai dreamland, GWK, pantai jimbaran. hari kedua, baru ke arah denpasar. nanti ketemu Sanur, terus aja sampe besakih. Cukup sampe situ, karena bener bener jauh jaraknya. dari kuta ke sanur aja jauhnya amit hari ketiga, ke arah ubud, ini juga lumayan jauh, jalannya juga banyak belokan, naik gunung turun gunung, tapi pemandangan priceless. lu bisa terus sampe batur. dinginnya mantep, jadi siap siap jaket hari ke empat, baru jalan ke arah barat laut. disana ada tanah lot, sampe ujungnya pantai lovina. jangan lupa, semuanya awalnya dari kuta, karena gue pikir disitu tempat yang paling pas kalo nginep, selain murah, juga deket sama pantai kuta 3. Bensin secukupnya aja -------------- iya, karena banyak tempat pom bensin. kalo gue mikirnya, sayang kalo ngisi penuh, trus ntar balikin ke yang punya motor masih setengah, padahal tadi ngambilnya dalam keadaan udah mau abis. jarak pom bensin juga gak jauh jauh kok. 4. pilih motor matic ------------- di bali, sewa motor bisa macem macem. ada trail, ada bebek, ada matic. karena jaraknya yang cukup jauh, dan belok belok, plus macet, pilih aja motor matic. tapi ya kalo bisa make nya standar, jangan dikebutkebutin, biar gak boros\ 5. baju ganti di dalam plastik ------------ penyewaan motor di bali tu banyak yang gak punya jas hujan. jadi kalo uda hujan, pasti basah semua baju yang kita pake. kalo masih punya tujuan lain, kan sayang kalo di batalin. kalo setelah ujan langsung panas sih gak masalah, bisa kering, ya kalo gelap, mau gak mau harus ganti. jadi jangan lupa bawa jas hujan 6. siapin duit receh ----------- gak di jakarta, gak di bali, semua sama aja, setiap berhenti bentar, pasti ada tukang parkir. tapi ya beneran buat tukang parkir, bukan untuk pengamen, karena bali bebas pengamen. 7. cari motor yang ada tempat papan seluncurnya ----------- khusus yang hobi surfing seperti surfing di uluwatu, di bali nyediain motor yang ada tempat surfingnya. tanya aja ke orang yang nyewain, mestinya sih punya, kalo gak punya, cari tempat lain aja 8. hati hati ban bocor ----------- di bali itu, jarang banget ada tambal ban, gak kayak di jakarta yang bertebaran dimana mana. nah, jadi lebih hati hati lah bawa motor. ranjau paku sih gak ada, tapi yang namanya musibah, siapa yang tau kan? sementara, segitu aja dulu ya. ntar kalo ada yang bisa diinget2 lagi, gue tulis lagi disini. semoga bisa membantu buat temen temen yang mau momotoran di bali. inget, tetep ikuti aturan, pake helm yang penting dan jangan kebut kebutan. oke? safe drive
  4. Silverline

    Cari jodoh di Pasar Nikah Shanghai

    Nah, sebenernya ini ada sejarahnya sis bening. Jadi karena orang cina itu gak sebanding jumlah cowo sama cewe, dan rata2 sibuk sama kerja, makanya banyak yg susah dapetin jodoh. Gitulah akhirnya kenapa tahun 1996 dibuat seperti ini Iya, unik banget emang bro, hihi
  5. Silverline

    Kalo ditilang, harus bagaimana?

    Saran saya,mmending ntar kalo tanggal sidang udah lewat, sis coba ambil di kantor polisi atau di kejaksaan biasanya. Harganya bener bener harga tilang, jadi gak segitu. Tergantung pasalnya juga sih
  6. Silverline

    Cari jodoh di Pasar Nikah Shanghai

    merasa dikutuk jadi jomblo? udah saat nya buat nikah, masih belum punya gebetan? dateng aja ke pasar, kerasa aneh kan? jomblo kok malah disuru dateng ke pasar. Eits, tunggu dulu, pasar ini emang aneh dan unik. adanya di Shanghai, Cina. namanya pasar Nikah Shanghai. ya, layaknya pasar, ada proses jual beli. tapi, yang dijual belikan disini, bukanlah sayuran, ikan, ayam, souvenir, tapi jodoh, ntah itu untuk pasangan wanita, ntah itu untuk pasangan laki lakinya. selain itu, pasangan laki laki dan perempuannya gak di pajang disana, hanya CV nya saja. kira kira beginilah penampakan pasar tersebut: kertas yang di gantung gantung itulah calon jodoh pembeli. aneh bukan?
  7. Silverline

    Trend Baru Wanita China: Pakai Facekini di Pantai

    wadaw, apa apaan ini, masa ke pantai pake topeng? ya kalo gak mau item, jangan ke pantai dong, haha.. toh, ke pantai kan menikmati air yang bisa dirasain dari ujung kepala sampe ujung kaki
  8. Silverline

    Pasar Bisu - Uniknya Indonesiaku 3

    kayanya gak mungkin bisa deh, kecuali udah di anggep penduduk sana juga. kalo penduduk sana, berarti harus ngerti dulu isyaratnya, barulah ikut proses jual belinya yang lebih keren, kodenya dalem sarung lagi, jadi gak bisa diliat orang wah, kita kan gak tau juga ni pak, mana tau jarin tengah, karena paling panjang, paling besar nilainya ya kan bisunya untuk jual beli doang pak, masa iya mau ke toilet pake isyarat juga, bisa bocor duluan ntar
  9. Silverline

    Pasar Bisu - Uniknya Indonesiaku 3

    sumatra barat mbak, bukan sumatra utara. iya, saya juga masih penasaran, pengen tau kode kodenya, tapi pasti hanya orang orang itu aja kali ya yang ngerti. ntar kalo semua ngerti, semua pasar bakal jadi pasar bisu dong mbak. kan gak rame lagi? gak ada lagi yang teriak ayam ayam.. ikan ikan.. sayur sayur.. hehe
  10. Silverline

    Restroom Cultural Park : Taman Kota atau Taman Toilet?

    kalo tingkat kejorokan itu berbanding lurus dengan jumlah masyarakat di suatu negara, jadi wajar kali ya cina bisa lebih jorok. karena terdiri dari lebih banyak etnis, lebih banyak kepala, jadi lebih banyak yang ngasal, gitu mungkin ya hubungan logisnya?
  11. Silverline

    Danau Pagaralam Lampung

    ya sebeernya ini tujuan wisata, tapi ya memang belum di komersilkan. di datangi untuk ngeliat keajaiban disana aja, keindahan dan magisnya bro. kalo di indonesia, yang namanya tujuan wisata kan identik dengan duit bro. lumpur lapindo misalnya, sekarang udah ditulis "wisata lumpur lapindo" dan masuknya sekarang udah bayar, edan
  12. Silverline

    Semua Tempat yang bisa Dikunjungi di Sumatra Barat

    nah, gimana bro, menurut pandangan dan penilaian pribadi yang bener bener udah ngeliat maninjau, beneran keren gak? kalo bisa, share fotonya juga aja bro disiini, mana tau bisa jadi racun, trus yang lain jadi pengen ikutan
  13. Silverline

    Oleh2 Khas Makassar: Minyak Gosok Cap Tawon

    bisa nitip bro kalo mau nitip ntar pas ke makasar lagi, hehe *jadi jualan deh cap tikus? balo? malah baru denger ini. apaan ya itu om?
  14. Silverline

    Pasar Bisu - Uniknya Indonesiaku 3

    itu sis, di daerah koto baru, sumatra barat itu. di film negri 5 menara itu juga nunjukin sumbarnya banget. inget pas pemeran kipli ngomong pake bahasa awak alias bahas minang sis..
  15. Silverline

    Lokasi laut terdalam

    merinding gini gua bacanya. pasti serem banget nih keadaannya. gelap di daratan aja udah serem, apalagi gelap di dasar laut ya?