yayan

Members
  • Content count

    228
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    2

Everything posted by yayan

  1. trip tahun yang lalu... berawal dari liak tanggalan merah dikalender muncullah hasrat nanjak lagi...be-be-em an dgn kawan nyari tandeman nanjak....---skip-skip-skip--- muncul opsi nanjak Rinjani, target puncak, dgn waktu 3hr (jumat, sabtu, minggu).. hunting tiket buat kamis malam, flight yg terakhir...mendarat di selaparang jam 21.00 WIT... ketemu kawan seperguruan di bandara sepalarang, saia dari Sby, dia dari Makasar, janjian nanjak Rinjani berdua. santai sejenak di bandara sambil ngopi dan bahas rencana jalur yg akan dilewati, akhirna pertimbangan waktu diputuskan lewat Sembalun. Day1 (jumat); pagi dari pos Sembalun, packing2 sambil prepare apa yg kurang buat pendakian sambil nunggu pos pendakian dibuka jam 07.00WIT registrasi, beres, siap2 bergerak kekaki gunung. *Start pendakian jam 09.00WIT, dimulai dari sebelah kiri pos pendakian, medan yang landai melewati perladangan dan sabana sampai dipos 1. lama perjalanan 1jam *pos1 pos2 dengan medan yg hampir sama(masih sabana) udara mulai panas, durasi perjalanan 1,5jam. pos2 rame benar ketemu beberapa rombong pendaki dengan porter2 mereka,,skip aja lanjut pos3 istirahat disono ntar. *pos2 pos3, masi sabana dan sedikit bukit mulai menghadang..didepan udh tampak bukit penyesalan dan bukit penderitaan, mulai lelah dan lapar... --mpe pos3 istirahat dan mempersiapkan makan siang(lebih pas makan sore). liak2 situasi, woi trnyata ada rombongnya yg buka tenda. fisik oke, lapar hilang lanjut lagi, setelah berdebat mau ngambil jalur yg mana akhirnya dipilih via jalur bukit penyesalan. kira2 tengah perjalanan mulai senja, istirahat sambil memepersiapkan perlengkapan penerangan. lancrot jalan lagi, target sampai plawangan sembalun dan camp, teman tandeman sempat sambat kaki na kecetit, pijat urat sebentar, enakan lanju jalan lagi..mulai malam dan udah sampai diatas bukit sambil melewati deretan pinus dikit2. Alhamdullilah sampai plawangan jam 20.00WIT, buka tenda, cari aer, makan malam trz lanjut tidur(setelah pasang alarm) Day2 (sabtu); terbangun oleh alarm, persiapan coffe n sarapan sblum summit attack, jam 04.00WIT mulai menembus pagi menuju top Rinjani. belum stengah perjalanan kita berdua ngantuk, akhir na tidurlah dipinggir jalur pendakian hehheeee(asli gak nyadar coz ngantuk) terbangun oleh ribut2, ternyata ada rombongan yg naek, lgs terbangun n lanjut jalan dengan semangat membara...maklum nda mau didahului... ----skip-skip-skip--- sampai puncak jam 06.00WIT alhasil menikmati sunrice masih kurang seperempat perjalanan, gak apalah yg penting sampai puncak dan didukung cuaca cerah tanpa angin. sampai puncak, poto2, makan camilan, dan meninggalkan jejak, lanjut turun ke plawangan. sampai tenda diplawangan, langsung syok nda keluarlah kata2 mesrah dasar monyet, emang bener itu monyet berhasil mencuri sebungkus blue band (tepok jidat gak jadi masak omelet). --skip-skip-skip istirahat, makan sambil diskusi mau lewat mana tutun, lanjut packing. turun lewat sembalun lagi.. --skip-skip--- pas adzan magrib menyambut kami waktu sampai desa sembalun. eh emang rejeki ketemu pick up warga yg mau ke mataram diajaki naek gratis. sambil naek pick up cari tiket buat pulang hari sabtu, cari yg paling murah dapat flight pertama, akhir na kita nginep dipom bensin depan bandara coz bandara udh ditutup dan baru dibuka lagi jam 04.00 dinihari.. Day3 (sabtu); mandi dibandara, cek in, dan balik ke surabaya, saia lanjut ke Nganjuk, teman ke Malang. udah segitu aja, kisah saia sebagai pendaki yg kepepet waktu heheheeee
  2. Langsung saja.....berawal dari iseng dengan kondisi terakhir pendakian merapi dan tanya sana sini....akhir kata kepingin nyambangi ni gunung.... berangkat dari surabaya, April, 19-2013 terminal Bungurasih jam 9.29pm dari rencana semula pingin naek bus CEPAT yang ternyata bus yg ditunggu-tunggu nda nonggol juga....pindah haluan naek bus yg biasa aja dah. April, 20-2013 terminal Tirtonadi-Solo tiba jam 4.30am..istirahat bentar sambil ngisi perut dan berjumpa dengan adek2 yg mo ke Merapi jua....akhir na kita barangkat barengan dah menjadi satu grup... dari tirtonadi dilanjutkan naek bus Jur Semarang turun di perempatan Surowedan (RSUD Boyolali) ..berganti bus kecil menuju Cepogo dan lanjut ke Selo-Boyolali. Sampai dipos perijinan, bayar tiket masuk TN Merapi, tanya2 kondisi terakhir jalur dan cuaca belakangan di kawasan tsbt. dari New Selo kira2 jam 9.15am kita mulai pendakian dengan tujuan ke camp di Watu Gajah kurang lebih jam 2.00pm sampai dan mulai mencari lokasi buwat mendirikan tenda, cuaca siang itu berkabut disertai angin gerimis dan menjadi hujan hingga dinihari,.. Pagi, April 21. kira2 jam 5.00am dimulailah perjalanan kepuncak semu Merapi, karna puncak Garuda na udah hilang di telan kawah. Cuaca cerah angin cukup kencang menjelang pasar bubrah tapi ga apa semua itu terbayarkan dengan viuw yg terbentang, di sebelah utara tampak gn. Merbabu, jauh ke arah barat ada gunung bersodara: Su-Si (sindoro-sumbing) dan Dieng Plateu..sementara dari timur sedikit2 tampak cahaya matahari dari balik gugusan gn. Lawu.... poto-poto yg laen nyahh....
  3. yayan

    Taman Nasional Baluran

    ini lanjutan dari topik sebelumnya, TAMAN NASIONAL BALURAN dari agan Honeybee Salah satu diantara 3 Taman Nasional yang ada di Provinsi Jawa Timur, terletak disebelah utara-timur Kabupaten Situbondo. Taman Nasional Baluran menyajikan eksotisme savana afrika di Indonesia. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran. Gerbang utama Taman Nasional Baluran terletak di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo, Km 35,Wonorejo, Banyuputih, 68374 Kabupaten Situbondo. Waktu kunjungan terbaik adalah pada musim kemarau sekitaran bulan juni-agustus-kenapa begini, savana Baluran merupakan ekosistem kering dengan curah hujan yang sangat sedikit sepanjang tahunnya, kunjungan dimusim kering dilakukan supaya kita semua dpt melihat hewan-hewan yang ada karna umumnya hewan tsbt banyak bekumpul disekitar kubangan air yang sengaja disediakan petugas TNB.
  4. yayan

    nYang suka snorkelan

    Teknik Memasang Masker. Pada saat memasang masker, pastikan tidak ada rambut ataupun benda lainnya yang terselip diantara karet masker dengan kulit. Tekanlah masker sehingga rapat dan vakum. Masuknya air dapat mengganggu kenyamanan pemandangan dan merusak konsentrasi pernafasan mulut yang memang tidak mudah. Teknik Masker Clearing. Saat snorkeling, terkadang ada air yang merembes masuk ke dalam masker kita, sangat mengganggu. Nah, untuk membersihkannya, tariklah nafas melalui mulut, dan hembuskan kuat2 melalui hidung sehingga udara bercampur air yang ada dalam masker keluar. Kencangkan masker kembali samapi vakum sebelum melanjutkan snorkeling. Teknik ini bisa dilakukan di atas maupun di bawah permukaan air. Teknik Snorkel Clearing. Apabila terdapat air dalam snorkel, tariklah nafas dalam-dalam dan hembuskan kuat-kuat agar air keluar melalui filter snorkel di depan mulut kita, teknik ini dikenal dengan teknik clearing(pembersihan air dalam snorkel). Teknik Pernafasan. Tariklah nafas perlahan melalui mulut, kemudian keluarkan pelan-pelan. Lakukan ini di perairan dangkal dimana kaki bisa berpijak di dasar air. Jika sudah terasa nyaman, tenggelamkan kepala perlahan sampai seluruh telinga masuk dalam air. Cobalah untuk bernafas dalam posisi (membungkuk) tersebut. Teknik Mengapung. Kalau sudah merasa nyaman dan masker tidak kemasukan air, mulailah mengangkat kaki dari dasar sehingga tubuh kita mengapung diatas air, namun dengan setengah kepala didalam air. Keseimbangan akan tercapai saat kita membuka tangan dan kaki kita, kita tidak akan tenggelam. Posisi dasar ini adalah posisi yang digunakan untuk beristirahat saat berada di air. Bila keseimbangan sudah didapatkan, silahkan berenang kesana kemari sesuai keinginan anda, tapi ingat, jangan benamkan seluruh kepala di dalam air, karena bila ujung snorkel kemasukan air berarti anda harus melakukan teknik clearing. Teknik menyelam dangkal. Bila anda ingin menyelam lebih dalam untuk mendekati/menyentuh obyek indah yang anda minati di dalam air, tariklah nafas sedalam mungkin, tahan, lalu menyelamlah. Jangan terlalu lama di dalam air, naiklah saat nafas anda masih tersisa sedikit. Naiklah ke permukaan dan gunakan nafas sisa anda untuk melakukan teknik clearing, atau lepaslah pelindung mulut anda dan segera bernafas melalui mulut tanpa snorkel. Teknik ini tidak disarankan untuk pemula karena merupakan teknik yang paling sulit. Teknik terakhir yang harus anda pelajari adalah teknik menghargai. Hargailah alam laut yang indah itu tanpa merusaknya. Nikmati saja pemandangannya, atau abadikan menggunakan kamera tahan air. Jangan hancurkan terumbu karang yang kecil, carilah pijakan karang besar yang kokoh bila anda ingin beristirahat. Jika anda menghargai mereka, niscaya mereka pun akan dengan ramah menerima anda, menyambut anda dan semoga sesuatu yang buruk tidak terjadi pada anda saat ber-snorkeling ria. www.planetdiving.com dan www.oceanicindonesia.com
  5. yayan

    Seputaran Sempu....

    PANDUAN MENUJU CAGAR ALAM PULAU SEMPU. silahkan buat teman, share-share info ato mau tanya2 akan saia usahakan update dan saia bantu jawab sebisa dan setahu saia. saia sedikit jabarkan dari sendang biru menuju pulau sempu.. Untuk ke Segoro Anak di P. Sempu bisa melalui : Pada umumnya dalam menjelajah ke Pulau Sempu bisa melewati 2 jalur, yakni • Jalur timur diperuntukkan bagi para PEMIKAT ALAM (hanya diMusim KEMARAU) yang menyukai tantangan dan berniat untuk memutari area Pulau Sempu. Setidaknya ada 4 medan yang akan kita temui bila melewati jalur ini, yakni susur hutan, susur rawa, naik tebing, dan susur pantai. Jalur timur melewati Pantai Waru-Waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-Kura – Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan – Teluk Semut. -->start dari Pantai Waru-waru, pantai indah dengan ciri-ciri ada batang pobon yang menjorok ke pantai menuju Telaga Lele. Jalan setapak yang dulunya masih mudah sekarang telah tertutup pohon tumbang. Potong kompas dan terabas hutan dilakukan untuk melewati medan ini. Dan untuk melewati medan ini, pastikan menggunakan baju lapangan lengkap dari atas sampai bawah (tutup kepala, slayer, kaos lengan panjang, kaos tangan, celana panjang, sepatu). Kurang lebih 2,5 jam perjalanan akan sampai di Telaga Lele. Telaga yang konon bila kita memancing disana, ikannya harus dimakan disana, dan tidak boleh dibawa pulang. Perjalanan dilanjutkan menuju Telaga Sat. Cukup mudah, cukup cepat dan cukup mengerikan karena melalui hutan dengan vegetasi rapat. Kurang lebih 1 jam untuk sampai di Telaga Sat. Telaga Sat merupakan telaga yang airnya tinggi saat musim penghujan (kira-kira air se-dada orang dewasa) dan surut saat kemarau. Hati-hati bila musim hujan, karena jalan setapak dipinggir danau tertutup air. Susur rawa merupakan medan antara Telaga Sat dan Pantai Kura-kura. Trip 1 berakhir indah ketika terlihat pantai dengan karang berbentuk mirip kura-kura. Melepas penat setelah seharian menebas hutan belantara. *Saran saja, bila berniat beristirahat disana, ada sebuah tebing yang berbentuk gua, bisa untuk membangun tenda, terlindung dari badai, hujan, dan angin. • Trip 2 (Pantai Kura-Kura – Pantai “*ch*†- Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan) Start dari Pantai Kura-Kura kami harus trecking naik tebing dan turun tebing. Disini tali webbing sangat berguna. Konsentrasi dan kerjasama tim diperlukan untuk melewati medan ini. Bersusah payah melewati tebing kami disuguhi pantai yang cantik tetapi di peta belum ada namanya. Melewati satu bukit, disana terlihat hamparan pasir yang sangat terbentang memanjang. Di daerah ini juga terdapat mata air yang bila kita “beruntung†akan bertemu macan tutul disana (saya hanya ketemu jejak penyu hijau diatas pasir). Istirahat dan menambah persediaan air dapat dilakukan di pantai ini, ada sumber air tanah di dekat tebing karang sedikit masuk ke arah hutan. Susur pantai dimulai dari sini melewati Pantai Kembar 1 dan pantai Kembar 2 kemudian naik melewati bukit. Dari atas bukit terlihat dari jauh genangan air tenang berwarna hijau yang sangat indah itulah Segoro Anak yg ramai dikunjungi sebagai hotspot di pulau sempu • Jalur barat diperuntukkan bagi para “wisatawan†yang ingin menikmati keindahan segara anakan. Jalur ini relatif sudah nyaman untuk dilalui, karena jalur ini seperti buatan manusia yang sudah sering dilewati. Jalur barat melwati Teluk Semut – Segara Anakan – Teluk Semut. Rasanya kurang afdol saya hanya menyajikan seputaran SEMPU.... tanpa menjelaskan bagaimana akses menuju kesana, Cara Menuju Sempu dari Malang Menuju Pulau Sempu menggunakan transportasi umum sebenarnya sangat mudah. Namun yang menjadi persoalan adalah waktu. Akan banyak membuang waktu bila menggunakan angkutan umum, mengingat angkutan umum selalu ngetem atau menunggu penumpang penuh tanpa batas waktu, bahkan harus menunggu dua jam… Oleh karena itu, bila memang berniat menggunakan angkutan umum, usahakan berangkat pagi-pagi. 1.Bila menggunakan kereta matarmaja, silahkan turun di stasiun Kota Baru Malang. Lalu keluarlah dari stasiun dan mencari angkot dengan kode yang memiliki huruf AG jurusan Arjosari-Gadang. Bila menggunakan bus turun di terminal Arjosari lanjut ke terminal gadang. Baca juga Terminal Malang 2.Dari terminal gadang, cari colt L-300/bison jurusan Turen. Mudah sekali mendapatkannya. Begitu turun di Gadang akan banyak yang menawari kita angkutan menuju Turen. 3.Di turen, ambil angkot jurusan ke Pantai sendang biru(warna biru telor asin). Di sinilah biasanya titik terlama menunggu penumpang. Namun, klo beruntung kalian menemukan angkot yang sudah penuh, bisa langsung jalan. 4.Begitu sampai pantai sendang Biru, kita segera menuju ke bagian pengelola buwat mengurus surat izin. Dengan membayar ijin masuk 5.Selanjutnya segera mencari perahu tuk menyeberang ke Pulau sempu yang sudah ada di depan mata dari tempat bagian perizinan. Rata-rata perahu menerapkan tarif PP Rp 100.000,00/kapal. Bayar di muka, lalu kita minta nomor handphone pemilik perahu (lihat saja di tiang perahunyanya, ada no perahunya). Kita bisa janjian jam berapa akan di jemput kembali. Bila terlambat, kita bisa memberi tahu lewat HP. Oh iya, kapasitas kapal muat tuk sekitar 10 - 12 orang tergantung besar kecilnya orang dan bnyak sedikitnya bawaan… perjalanan menyeberang ke pulau sempu hanya menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Walaupun begitu, jangan senang dulu karena perjalanan sebenarnya baru akan di mulai setelah melalui pantai sendang biru, yaitu trekking…. Saran: 1.Saya sarankan bila ke Pulau sempu datang secara berkelompok. Selain lebih menyenangkan, juga kan ramah di kantong dan tidak menghabiskan banyak waktu, contoh: angkot Turen-Sendang biru, kita bisa charter sehingga tidak ngetem terlalu lama. Demikian juga tuk perahu, dengan berkelompok, kita tinggal cost sharing Rp. 100.000,00 dengan teman 1 kapal lainnya. 2.Pantai sendang biru adalah titik terakhir menemukan air tawar. Di pulau sempu, kita tak kan menemukan air tawar sehingga harus membawa bekal air tawar. Tidak cukup satu botol, tetapi lebih dari itu, karena perjalanan yang cukup berat dan akan banyak menguras tenaga (ini penilaian subyektif saya tentang trekking ke pulau sempu) ---yang bawa kendaraan pribadi (kuda besi maupun gerobak besi) bisa dititipkan pada pos ataupun rumah warga, lebih kurang 500m dibelakang pos perijinan kampung. darisini bisa belanja u/ melengkapi jika memang berencana menginap disempu. Sendang Biru juga terdapat pusat pelelangan dan pasar ikan 3.Sarapan lah sebelum melakukan perjalanan ni. Jangan meremehkan kondisi rute di sempu karena ni akan benar-benar di luar dugaan. Apalagi bagi teman yang awam dengan petualangan alam dan trekking. Klo musim kemarau, jalurnya tidah terlalu sulit karena jalan tidak berlumpur. Tapi bila sedang musim hujan, bersiap2lah bertarung dengan jebakan lumpur yang lumayan menguras tenaga buwat melangkah. Sekali lagi trekking ke sempu itu penilaian subyektif. 4.Bila teman berniat tidak menginap (camping) dan berniat tuk pulang sore hari, maka siap siap bawa bekal minimal lampu senter. Antisipasi bila temans kemalaman di dalam hutan menuju ke pantai sendang biru. 5.Bila dalam rombongan tidak ada orang yang pernah ke sempu sebelumnya, di sarankan tuk menyewa penunjuk jalan yang biasanya di tawarkan di bagian perizinan (biasanya warga sekitar) dengan tariff sekitar Rp. 100.000,00 6.Pakailah sandal gunung / sepatu trekking ato bisa nyewa sepatu karet di Sendang biru. Sandal jepit dapat di pastikan akan mudah putus dan licin sehingga mudah melukai kaki sendiri 7.Perhatikan tanda2 bahaya di pantai itu. Ada bendera2 berwarna merah yang bergambar tengkorak yang artinya sangat berbahaya. Patuhi peraturan disana. Karena ombak dan karang di pantai ni sangat kuat. Jangan demi mo narsis dan mencari spot terbaik tuk foto mengidahkan bahaya2 yang sudah di larang…(kayae sekarang dh ga ada) FAKTA : 1.pantai segara anakan di pulau sempu mang sudah tidak bersih lagi. Banyak sampah2 botol, yang berserakan di pinggir pantainya. Ketika mencoba tuk berenang dan snorkeling di pantainya, saya harus berenang bersama ganggang2 yang mengambang, plastik bekas minuman, dan genangan minyak yg mungkin di peroleh dari tumpahan minyak dari kapal tongkang di lepas pantai samudra Indonesia yg masuk ke dalam lubang karang segara anakan. Sangat di sayangkan kawans, karena ulah pengunjung ato bahkan sebenernya adalah tanpa sadar kita sendiri yang membuat menjadi kotor. 2.Karena sedikit kecewa dengan kondisi pantainya, maka ku coba tuk naik ke atas tebing tuk eksplore karang2 di pantai ni. Dan alhasil mang karang2 di sana sangat indah. Tajam seh lumayan sedikit membuat luka di kaki 3.Suhu di segoro anakan awalnya mang tidak dingin sama sekali, tapi menjelang subuh semakin dingin namun tetap dalam hitungan tidak dingin menurutku. Jadi cukuplah membawa sleeping bag bila ingin tidur di luar tenda, atau bila di dalam tenda cukuplah matras dan kain pantai 4.Bila pasang tenda, perhatikan garis pantai. Soalnya ketika malam hari, pasang air laut bisa sapai luber sepuluh meter dari bibir pantai. Daripada mengungsi tengah malam karena banjir, maka pada saat pasang tenda di lihat aja dan perkirakan tenda yg kita pasang posisinya sudah aman. salam jalan2, jangan kalah dengan anak saia yo ! last edited in; 14/11/14
  6. yayan

    saran

    Jadi saran saia, kl buat judul topik ato pertanyaan jgn cuma gitu doank.. Lagian penulisan jangan disingkat singkat kaya getoh, itu apa bahasa sms... Mw jalan2 ke ptk-jkt-jogja...wahh kalo member disini yang notabene dr brebagai kalangan usia bisa macam2 persepsi yang timbul. Btw ptk yang dimaksud apah??? Ptk=pitik? Akhirna yang mau kasi saran tmbh binun.. Kl jakarta jogja mw murah coba aja nebeng nebeng, kan jatuh na murah tu, malah isa gratis
  7. yayan

    Siap Menjelajahi Blitar

    Yang lagi hitz ditengah kota blitar n dekat dgn makam bung karno, yaitu kampung coklat
  8. yayan

    Naik Gunung

    klo orang sekitar, istilah na apa ya...maleman gitu sambil nyekar dimakam eyang Syarif, yg konon leluhur daerah sekitar kaki merbabu
  9. yayan

    Naik Gunung

    @deffa, kalo dimerbabu dah biasa lo maleman 21 Ramadhan pada naek gunung,, dulu seh skitaran 5thn yg lalu, kl sekarang mah udh rame digunung mana2, efek dari pilem 5k
  10. yayan

    Naik Gunung

    iyo om @deffa, apalagi kl pas puasaan pasti nda rame di gunung...(ini tidak berlaku digunung jateng)
  11. yayan

    Naik Gunung

    udh mainstream kl mo nanjak diwaktu long weelend, event nasional, dan liburan pasti ramai
  12. melu belajar upload yaaa #gagal ternyata
  13. yayan

    Backpacking Baluran National Park

    haha@deffa..habis kehilangan passwd...sambil mengingat2... sekarang saia didaerah yg aga susah signal buat online sih
  14. yayan

    Backpacking Baluran National Park

    brangkatlah kawan2 mumpung udah masuk musim kemarau, jadi peluang isa liak hewan liar lebih banyak....n kl kemarau gini udah kering semua savana so kerasa banget hawa Afrika van Java na
  15. yayan

    Malang dan Terminalnya

    Mengenal Terminal Kab. Malang di Malang ada beberapa terminal penumpang umum yang dapat melayani trayek bus/angkot antar kota dan tempat2 sekitarnya yaitu; ** Terminal Arjosari : Ini merupakan terminal induk di Malang yang merupakan terminal terbesar melayani bus dari dan ke luar kota, seperti Surabaya, Probolinggo, Jember, Jakarta, Solo-Jogjakarta. disini juga ada terminal angkot yang melayani berbagai trayek ke dalam kota Malang, disekitar terminal juga banyak terdapat hostel dengan tarif yang murah. **Terminal Gadang, ini sebuah terminal kecil yang melayani rute ke arah malang selatan dan malang timur. Bus dari terminal ini melayani tujuan ke Blitar, Tulungagung, Lumajang. (Ke pantai selatan Malang via terminal ini, etc Balekambang, Sendangbiru-Sempu) **Terminal Landungsari, nah untuk ke kawasan wisata Batu dan Air Terjun Coban Rondo bisa ditempuh dari terminal ini. Akses penghubung ketiga terminal tersebut kita dapat menggunakan angkot - baca tulisan @cheezlover Jadi kalau kita berniat menggunakan moda transpotasi umum untuk ke berbagai obyek wisata malang bisa merujuk terminal tersebut.
  16. yahooo, siap tok wes...tapi isa na week end
  17. setojohhhhh, saia mendaki jugak pake porter dan guide
  18. wes gini aja om deffa, kl mau kepantai berarti ada estimasi waktu aja, dolo sekali pernah ke gugusan pantai selatan malang(p. bajul mati n gua cina) jam 9 page dari terml Arjosari ngalam dengan bus mini itu sampai sana skitar jam 2 siang, skip skip kl balik dari sana jam 4-5 sore sampai ngalam lagi skitar jam 8-9 an malem
  19. @ines sekitaran songgoriti wae ato selecta villa na nag mbatu mesti macet apalgi tanggal nom, utowo ukam iso golek villa di malang dek
  20. gut idea dek..cuman kl kepantai panas, lengket dan amis heheee belum lagi jackpot kl di kendaraan
  21. kok minurut saia kl ending na k pantai Jeuh bet, isa2 malah pegel dijalan coz dr Malang kepantai na kurleb 40km dengan jalan yg naik-turun, mengak-menggok gak karuan
  22. @deffa: udeh om, kan tempo hari udah saia post diTopik sebelah
  23. yayan

    Tempat Wisata Di Surabaya

    Kl sejarah na itu basis na arek2 suroboyo pas jaman perang, skarang jadi pertokoan dan showroom mubil