Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda

rainhujan

Members
  • Content Count

    92
  • Joined

  • Last visited

About rainhujan

  • Rank
    Tidak Baru Lagi

Recent Profile Visitors

2,395 profile views
  1. Mati lampu atau padam listrik pasti pernah temen-temen rasain, kan? Mati lampu emang nggak enak banget, apalagi di siang hari di mana aktivitas seharusnya lagi produktif-produktifnya. Sebenarnya kalau sedang mati lampu saya suka teringat kalimat seorang teman, "mati lampu sekali aja ngeluh banget, gimana mereka yang di pedalaman yang susah listrik." Iya banget ya. Mati lampu sesekali emang bikin jengkel, tapi gimana kalau daerahnya memang sering jadi target padam listrik? Entah apa alasannya, di lokasi saya tinggal di Depok begitulah. Pernah denger kalau Depok adalah wilayah yang memang petirnya besar-besar, jadi di wilayah saya sering banget kena padam listrik kalau hujan lebat campur petir. Tapi kadang, nggak ada hujan juga mati lampu karena pemadaman bergilir. Meskipun memang jengkel, tapi harus bisa berdamai dengan kejengkelan tersebut. - Melihat cuaca Karena memang sering banget mati lampu di cuaca buruk, maka saya dan keluarga jadi harus jeli sama cuaca. Kalau memang terang, rasanya cukup tenang. Tapi kalau mulai hujan, itu udah mulai waspada. Harus jeli, karena kalau nggak, bisa mati gaya banget saat mati lampu. Kalau masih siang dan terang benderang dan nggak ada kerjaan, bisa aja keluar rumah cari udara segar dar pada panas. Tapi kalau cuacanya buruk? Mau keluar juga nggak enak. - Mengenali tanda-tanda mati lampu Sama seperti kami waspada saat hujan lebat campur petir, kami pun sedikit banyak bisa mengenali tanda-tanda mau lampu hehehe (saking seringnya kan). Agak enak sih memang kalau sudah ada pemberitahuan sebelumnya, jadi bisa lebih siap. Nah, kalau nggak ada sama sekali? Selain cuaca, ada beberapa tanda-tanda mati lampu lain, seperti listrik mulai nggak stabil atau bahkan dimatiin dulu selama 5 menit, nyala sebentar lalu beberapa waktu kemudian akan dilakukan pemadaman lagi. Atau bisa juga mengenali tandanya dari sinyal ponsel. Kalau yang pake tsel di rumah gue sih nggak terlalu pengaruh, tapi buat pengguna XL ketahuan banget. Waktu mau mati lampu dan bahkan selama mati lampu, jaringan bakal emergency call. Atau kalau pun ada, datanya cuma kuart EDGE dan nggak stabil. Udah mati gaya banget buat internetan deh kalau sinyalnya udah begitu. - Melakukan persiapan Karena itulah, waktu tanda-tanda mulai muncul, gue sih langsung sigap. Penuhin baterai ponsel, laptop, dan sebagainya yang bisa digunakan meskipun listrik padam. Karena jaringan juga jelek dan nggak bisa berharap banyak, biasanya, gue cari screencap apapun yang bisa gue baca dan pengen gue lihat. Kalau lagi ada kerjaan ya persiapan biar bisa tetap kerja meskipun listrik mati. Kalau lagi libur, pindahin file tontonan ke gadget-gadget dan lain sebagainya hehehe. Eh, tunggu dulu, tapi persiapannya juga bukan untuk pribadi aja, biasanya, yang krusial kalau malam hari, langsung cash lampu baterai, cari lilin, dan ngisi penampungan air. - Harus selalu siap Karena memang sudah terbiasa, makanya kami pun harus selalu siap setiap waktu. Baterai gadget, laptop dan lain lain harus selalu terisi penuh. Begitu juga dengan air dan peralatan penerangan yang harus mudah dijangkau dan tersedia. Keseringan mati lampu sampai malas sendiri buat ngeluh ini itu ke PLN. Tapi ada pelajaran dari mati lampu. Pelajaran buat selalu bersyukur karena tanpa listrik itu di era modern kayak sekarang nggak enak banget. Kebayang gimana mereka yang masih susah listrik beraktivitas? Kita juga harus belajar untuk hemat listrik demi menjaga bumi sendiri. Cabut charger yang sudah tidak dipakai, matikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai agar kita bisa terus menikmatinya hingga cucu cicit kita nanti.
  2. Pasar kaget pagi, apa tuh? Sebenarnya saya nggak tahu apa nama yang benar, tapi kalau di lingkungan saya, kami menyebutnya demikian. Temen-temen pasti pernah mendengar yang namanya pasar malam, bukan? Pasar malam biasanya digelar di malam hari dengan aneka barang yang dijual. Itemsnya mulai dari prdouk fashion, sepatu, kuliner, dan yang bikin pasar ini mencirikan pasar malam adalah adanya wahana-wahana bermain untuk anak. Wahana tersebut misalnya kemedi putar, odong-odong, sampai bianglala. Nah, serupa, mirip dengan pasar malam, ada juga pasar seperti itu yang digelarnya pagi, maka kami menyebutnya pasar kaget pagi. Kok ada kagetnya? Pasar kaget ini sebenarnya kayak pop up market gitu kan istilah keren zaman sekarang. Nah bedanya ini lebih tradisional dan tidak terorganisir dengan resmi. Pasar kaget biasanya muncul di lokasi-lokasi yang punya ciri jalan lebar dan panjang. Para pedadang akan menggelar lapak mereka di sepanjang jalan dan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu. Sistemnya, ada aja tuh bagian yang mungutin dana 'kebersihan' lapak untuk sekian jam satu harinya. Harganya nggak semahal kalau kita ikutan bazaar. Murah, mungkin memang diperuntukkan bagi orang2 yang akan membersihkan lokasi ini setelah pasar ditutup menjelang siang. Yap, pasar kaget pagi ini hanya buka biasanya setelah subuh hingga pukul 9 pagi saja. Namanya juga pasar kaget dan biasanya memang dibuka setiap akhir pekan saja seperti hari Minggu. Kemana bisa menemukan pasar ini? Gampang, dimana ada jalan baru atau jalan yang biasa ramai untuk jalan pagi, di sana biasanya ada pasar kaget pagi. :) Menariknya, banyak jajanan kulineran lezat menggugah selera di pasar kaget pagi. Makanannya sih kebanyakan makanan untuk sarapan. Dan inilah beberapa jajanan / cemilan kuliner yang bisa kita temui di hampir semua pasar kaget pagi. Lepas olahraga, nimbun lemak lagi dong - Sosis bakar Ini jajanan emang lagi ngehitz pake banget. Entah siapa yang mulai duluan, sosis bakar ini kayaknya ada diiii mana-mana. Di setiap pasar kaget, di situ ada sosis bakar. Harganya bervariasi. Mulai dari yang 10 ribu sampai ada yang 15 ribu per sosisnya. Cukup besar untuk anak-anak, tapi buat orang dewasa duh itu kurang hehehe. Sosis bakar ini sosis yang ditusuk dengan bambu atau kayu kemudian dioles dengan bumbu bakar kemudian di panggang di atasnya. Memang bagi para pedagang, untuk menjajakan jajajan seperti ini tidaklah sulit. Terbukti, jajanan ini menjamur dan bisa ditemukan di mana-mana. Selain sosis, para pedagang sosis bakar ada juga yang menyediakan seafood curahan untuk digoreng atau dibakar. Ada yang menjualnya dalam satu lapak. Hmm emang sih enak - Seblak Seblak, ini makanan kalau saya nggak salah, awalnya dari Bandung. Di Bandung kita bisa menemukan panganan ini di mana-mana dari pinggir jalan hingga masuk cafe. Apa sih seblak? Kerupuk mentah yang belum digoreng diolah dengan bumbu mirip capcay dengan sayuran seperti sawi dan rasanya kebanyakan sih pedas. Bisa dicampur dengan telur, sosis, bakso, dan juga ceker. Harganya juga berariasi denga range sekitar 6 sampai 15 ribu rupiah per porsinya. Seblak belakangan semakin populer dan bisa ditemukan di pasar-pasar kaget pagi. Enak ga? Kalau saya bilang sih enak hehe. Oya ada seblak yang berkuah, ada juga yang cuma seperti kuah tumis yang sedikit, bahkan ada yang goreng. Bisa dimakan tanpa nasi atau juga dengan nasi, sesuai selera aja. Seblak ini gurih dan emang enak banget buat nambah keringet karena cukup pedas rasanya. - Tahu gejrot Jajanan yang satu ini seolah tak pernah usang di makan waktu hehehe. Tahu gejrot ini adalah tahu kecil seperti tahu sumedang gitu yang digoreng dan kemudian dipotong kecil-kecil lagi. Disebut gejrot karena tahu tersebut disiram dengan bumbu manis dan pedas. Dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serta gula merah rasanya ini seger banget. Ketika tahu digigit rasanya kayak ada air yang muncrat dimulut dan pedas manis. Hmmm... Panganan ini favorit banget dari dulu. Abangnya masih dengan gerobak mirip gerobak rujak. Kamu mungkin pernah menemukannya kan di pasar kaget pagi di sekitar rumah kamu? - Gorengan Ini sih nggak dimana-mana. Tukang gorengan ada di mana saja, termasuk di pasar kaget pagi. Gorengan ini emang disukai kebanyakan orang Indonesia. Cocok juga buat dimakan saat sarapan pagi. Items gorengan favorit saya sih bakwan sama tahu. Ubi goreng juga enak. Dan memang nggak semua tukang gorengan, gorengannya enak. Ada aja perbedaan rasanya. Harga gorengan juga bervariasi. Ada yang masih 500-an, ada juga yang 2000 dapat 3 biji. Bahkan ada juga yang sudah memasang harga 1000 sampai 2000 per bijinya. Oya, jangan kebanyakan makan gorengan juga karena nggak bagus buat kesehatan. Selain bikin batuk, juga mengandung kolesterol jahat yang tinggi - Siomay Batagor Nah, jajanan dari Bandung yang serba bumbu kacang juga banyak ditemukan di pasar pagi. Siomay dan batagor misalnya. Panganan ini selalu nggak ketinggalan momen buat ikut buka lapak di pasar kaget pagi. Selain enak, siomay dan batagor juga mengenyangkan. Jadi nggak heran, jajanan ini diantriin sama orang dewasa. Kalau anak-anak kan lebih suka makanan yang simple dan kecil lucu gitu. - Cireng Cireng juga banyak ditemukan di pasar kaget pagi. Tahu cireng? Iya, aci digoreng, hehehe. Cireng sebenarnya bisa juga ditemui di tukang gorengan. Tapi, ada cireng yang berdiri sendiri yang disebutnya sama Cireng Bandung. Cireng Bandung ini punya isian yang enak-enak. Mulai dari sosis, ayam, daging, sampai seafood kayak udang. Nah, biasanya ada juga cireng yang rasanya pedess banget dan disebut juga sama cireng jeletot. Tapi enak-enak kok. Kalau harga bervariasi juga. Satuannya bisa dibandrol mulai 2000 hingga 5000 rupiah. - Bakso Tusuk Kalau pagi kayaknya masih jarang ya yang jualan bakso kuah gitu. Tapi, bakso tusuk udah cukup banyak dan bisa jadi jajanan kuliner yang mudah dijumpai di pasar kaget pagi. Bakso tusuk ini merupakan bakso yang ditusuk. Ukuran baksonya ada yang besar, ada juga yang kecil-kecil. Bakso tusuk ini ada yang direbus ada juga yang dibakar. Kalau direbus, cukup menggunakan bumbu kecap atau saus kalau mau pedas. Kalau dibakar, pakai bumbu bakar seperti sosis atau jagung bakar gitu. Sama-sama enak dan yang begini anak kecil biasanya doyan. Harganya bervariasi. Ada yang dihargai 500 per baksonya, ada juga yang lebih murah atau bahkan lebih mahal. - Roti Bakar Sarapan pagi nggak ketinggalan sama yang namanya roti bakar. Nah, di berbagai pasar kaget pagi, kamu juga akan mudah menemukan tukang roti bakar. Roti yang digunakan biasanya roti tawar bakar. Hmm kalau isian kayaknya nggak ada ya. Paling selainya aja yang beda-beda atau banyak pilihannya. Selain roti bakar, pilihan sarapan atau jajanan roti lainnya adalah burger. Tentunya burger sederhana dan harganya relatif murah. - Kue basah Jajanan lainnya adalah kue basah. Kue ini adalah kue tradisional yang masih banyak digemari orang-orang kita. Ada kue putu ayu, kue cucur, dadar gulung, kue pisang, dan lain sebagainya. Menyebut kue basah biasanya kue-kue manis :) Nah, itu tadi jajanan yang bisa dijumpai di pasar kaget pagi. Pasar kaget ini memang seru lho untuk dikunjungi. Sekalian jalan pagi, sekalian cuci mata atau bahkan bisa belanja, sekalian juga kulineran murah :) Kalau mau makan besar, tentu nggak pernah absen deh tukang nasi rames, bubur, nasi uduk, dan lontong sayur, dan lain sebagainya. Oke, Selamat menyambut Senin :)
  3. Pernah nggak terserang flue saat jalan-jalan keluar kota atau bahkan keluar negeri? Pasti rasanya nggak nyaman banget. Flue memang mudah menyerang siapa saja, apalagi di musim yang kurang baik seperti sekarang ini. Jika flue menyerang saat sedang jalan-jalan, apa yang harus dilakukan? Berdasarkan pengalaman penulis, ini dia sederet cara ketika flue menyerang kita di kampung atau negeri orang. 1. Bawa obat-obatan sederhana Menurut saya, obat-obatan sederhana perlu diperhatikan traveler apalagi yang memang sudah tahu gampang terkena flue atau gampang sakit. Obat-obatan yang kita bawa sendiri akan lebih membantu kita saat terkena flue atau masuk angin di negeri orang dari pada kita harus mencari obat di sana. Apalagi kalau di luar negeri, kita nggak tahu obat mana yang baik atau yang cocok dengan tubuh kita. Obat-obatan yang biasa saya bawa misalnya obat masuk angin yang juga cukup enak buat badan kalau lagi capek. Selain itu obat flue yang bisa menurunkan demam, batuk, dan juga pileknya. Yang ini juga yang biasa saya konsumsi. Nggak perlu banyak-banyak. Cukup disesuaikan saja dengan lama kita traveling. 2. Bawa Masker Selain obat-obatan, masker juga biasanya nggak ketinggalan saya bawa dalam daftar items traveling saya. Masker saya lebih suka yang kain dari pada masker yang sekali pakai. Menurut saya, masker dari kain bisa lebih irit dan lebih nyaman juga saat dipakai. Masker ini membantu banget saat flue. Kalau pun nggak flue, masker biasanya saya pakai saat tidur di perjalanan. 3. Jika punya waktu banyak, cukupkan istirahat Cek itinerary kamu. Apakah kamu punya waktu yang cukup banyak untuk traveling kamu saat itu? Jika ya, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk beristirahat sebentar saja, apalagi jika demam mulai terasa. Flue, banyak yang bilang, obatnya memang cuma istirahat. Kamu bisa pakai setengah sampai satu hari kamu untuk istirahat total di hotel atau penginapan kamu. Manfaatkan dengan tidur yang berkualitas. Istirahat yang cukup sangat membantu proses penyembuhan sakit yang kamu rasakan. 4. Jika mepet, kendorkan jadwal sedikit Nah terus gimana dong kalau waktu jalan-jalan kamu padat banget dan cuma punya sedikit waktu? Kamu bisa mengakalinya dengan memiliki tidur berkualitas di malam hari. Kalau biasanya jalan-jalan, kamu akan balik tengah malam ke hotel, coba kembali lebih awal lalu tidur. Gunakan waktu tersebut untuk proses recovery agar keesokan harinya kamu bisa lebih fit dan bisa lebih asyik jalan-jalannya. Cara lainnya, kamu bisa mengendorkan jadwal kamu agar tidak terlalu lelah. Ini juga bisa membantu mengusir flue atau gejalanya yang bikin pegel-pegel badan itu. 5. Minum air hangat dan jaga makan Selain beristirahat yang cukup, kamu juga butuh menjaga pola makan kamu saat jalan-jalan. Hindari makanan yang bisa memperburuk kondisi fisik kamu seperti makanan yang berlemak atau goreng-gorengan. Pilih makanan yang bisa membuat tubuh kamu lebih fit seperti buah-buahan dan juga sayuran. Selanjutnya, kurangi minum es meskipun kamu sangat ingin. Lebih baik pilih minuman hangat, terutama air putih. Air putih hangat efektif buat mempercepat tubuh mengusir flue yang menyerang. So, keep healthy ya. 6. Keep enjoying Yang terakhir, namanya flue emang nggak nyaman banget apalagi kalau datang di saat kita lagi pengen beraktivitas banyak. Tapi, jangan sampai flue malah membuat suasana jalan-jalan kamu jadi berantakan. Tubuh kita punya kekuatan untuk memulihkan diri dari penyakit. Coba dibawa happy aja, dibawa santai agar tidak terlalu kerasa. Kalau gue sih gitu. Semakin dirasa malah semakin sakit rasanya. Tetep enjoy ya meski lagi flue. jangan lupa, langsung cek kesehatan saat kembali ke Indonesia :)
  4. Ajang Grammy Awards ke 2016 baru saja selesai digelar semalam waktu Amerika. Seperti yang kita tahu, Grammy Awards merupakan ajang penghargaan populer dan tertinggi di Amerika. Ajang ini bukan hanya diperuntukkan oleh musisi asal Amerika saja, tapi juga internasional. Ada yang membanggakan Indonesia tahun ini. Kalian mungkin sudah tahu salah satu nominatir Grammy Awards berasal dari Indonesia, malah musisi yang satu ini masih anak-anak. Usianya saat ini 12 tahun! WOW. Kita kenalan yuk sama bocah bernama Joey Alexander ini. Joey Alexander memiliki nama asli Josiah Alexander Sila yang merupakan anak dari Denny Sila dan Farah Leonora Urbach. Hmm ternyata usut punya usut, Joey ini adalah keponakan dari artis cantik Nafa Urbach. Joey lahir di Denpasar pada 25 Juni 2003 sehingga saat ini usianya 12 tahun. Kedua orang tua Joey ini dulunya membuka usaha di bidang traveling. Kemudian setelah menutup usahanya, itu, mereka pindah ke Jakarta. Hmm terus dari mana bakat Joey? Joey, pada wawancaranya dengan salah satu media TV internasional, mengungkapkan dulu ayahnya merupakan musisi amatir. Bisa bermain sejumlah alat musik namun bukan profesional. Nah, dari kecil, Joey ini sering kali diperdengarkan musik-musik, terutama musik jazz yang menjadi musik favorit kedua orang tuanya. Karena itu, Joey kecil sudah sangat akrab dengan musik beraliran jazz. "Ayah saya bisa bermain gitar dan piano sedikit. Piano itu adalah alat musik yang sangat lengkap dan menarik minat saya," kata Joey mengutip laman BBC. Selain sering mendengarkan koleksi orang tuanya, Joey juga sering diajak menonton pertunjukkan musik dan membuatnya sangat jatuh hati pada musik tersebut. Di usianya yang ke-6 tahun, Joey mendapat hadiah sebuah piano dari ayahnya. Dari sanalah, ia mulai mengasah bakatnya. Joey belajar secara otodidak lewat lagu yang sering ia dengarkan dan dari idola-idola di aliran jazz yang dikaguminya. Sekecil itu, Joey memang sudah mengenal dan mengidolakan musisi Jazz dunia, seperti Monk, John Coltrabe, Harry Connick Jr, Bill Evans, Herbie Hancock, Miles Davis, dan lain sebagainya. Saat keluarganya pindah ke Jakarta, Joey punya lebih banyak kesempatan untuk bermain dan mengasah bakat bermain pianonya. Diketahui, ia pernah belajar dengan musisi jazz kondang tanah air seperti Indra Lesmana. Dari kepiawaiannya inilah ia ditarik untuk bermain di sebuah acara di Jakarta di mana idonya, Herbie Hancok, datang sebagai duta UNESCO. Penampilan Joey ini bahkan membuat Hancock takjub dan terpesona. Sayap karir Joey semakin melebar ketika setahun kemudian, saat usianya 9 tahun di tahun 2013 ia memenangkan sebuah kompetisi musik jazz di Ukraina. Kompetisi tersebut diikuti oleh 43 musisi dari segala usia dari 17 negara. WOW!!! Ia pun aktif tampil dalam acara-acara musik jazz lokal maupun dunia seperti Java Jazz Festival dan lain sebagainya. Nama Joey Alexander semakin terkenal di mana-mana. Joey pindah ke New York City pada tahun 2014 lalu. Di sana, ia memiliki kesempatan untuk merilis album yang isinya bukan hanya diciptakan para musisi jazz handal saja, tapi ada lagu yang ia ciptakan sendiri. Judul album pertamanya adalah My Favorite Things pada tahun 2015 dan dirilis di bawah naungan Motema Music. Album tersebut bahkan laris di atas album Metalica versi Billboard. Joey Alexander pun jadi musisi Indonesia pertama yang tembus Billboard 200. Luar biasa kan. Kesuksesan My Favorite Things ini viral di situsnya maupun di Youtube. Tak berhenti di sana. Album ini membawa Joey Alexander masuk ke nominasi Grammy Awards 2016. Bukan cuma 1 nominasi, tapi 2! Joey masuk nominasi di kategori Album Instrumental Jazz Solo Terbaik untuk My Favorite Things dan salah satu single-nya, Giant Steps masuk dalam kategori Improvisasi Jazz Solo Terbaik. Prestasi ini sangat membanggakan mengingat ini pertama kalinya musisi Indonesia masuk ke ajang Grammy Awards. Bahkan, Joey adalah nominator termuda di ajang tersebut. Joey Alexander memang tidak memenangkan piala Grammy tersebut, akan tetapi saat tampil di panggung Grammy Awards, ia mendapat standing ovation dari semua yang hadir. Hm, bayangkan. Banyak musisi dunia di ajang tersebut dan fans Joey juga petinggi-petinggi pemerintahan di berbagai negara. Joey memang ingin memperkenalkan musik jazz pada anak muda. Ia ingin jazz tidak hanya dinikmati orang tua saja, tapi yang muda bahkan anak-anak seperti dirinya. Oya, meski pun sudah mendunia, Joey ini masih sangat anak-anak lho. Dia masih suka bermain seperti anak sebayanya. Congrats Joey!
  5. Rasa takut memang biasa dihinggapi seseorang dalam banyak keadaan. Bahkan rasa takut yang berlebihan malah menjadi gangguan dan membuat seseorang lemah serta sulit beraktivitas. Apa pun rasa takut yang dimiliki, sebaiknya, kamu mulai menaklukannya. Ini akan membuat kamu lebih punya nyali dan berani dalam menghadapi banyak situasi. Kamu punya rasa takut apa? Yuk, coba kita tangani segera. 1. Kenali rasa takut dan penyebabnya Pertama, kamu harus tahu dulu kamu takut apa dan penyebabnya apa. Ini bisa kamu lakukan dengan menulis rasa takut yang kamu punya. Misalnya, kamu punya takut ketinggian, takut berenang, takut binatang-binatang tertentu dan lain sebagainya. Kamu tulis saja semua rasa takut itu beserta penyebab-penyebabnya. Penyebabnya, apa mungkin ketakutan itu hanya sebatas takut yang muncul dari imajinasi kamu, atau takut yang muncul karena masalah traumatis, dan lain sebagainya. Kamu ingat-ingat, mengapa kamu merasa sedemikian takut terhadap sesuatu. Ini bisa menjadi pelajaran untuk kamu mengevaluasi rasa takutmu sendiri. 2. Baca seksama dan renungkan Jika kamu sudah menulis semua rasa takut yang kamu punya, baca semuanya. Baca benar-benar dan kemudian renungkan. Ini akan membuat kamu merasa sadar, apakah takut itu kamu perlu atau memang justru malah buang-buang tenaga aja. Lewat penyebab ketakutan yang kamu tulis, kamu bisa menyadari ada tingkatan ketakutan yang sebenarnya mudah ditaklukan. Dari sana, kamu akan harus menumbuhkan keberanian untuk bisa mulai melawan rasa takut itu. Dari hal yang kecil dan sederhana. 3. Mulai taklukkan sedikit demi sedikit Dari evaluasi rasa takut yang kamu punya, cari yang kamu rasa paling sepele dan mulai menaklukkkannya. Jika misalnya, kamu takut kecoa, kamu harus mulai menyadari kalau kecoa itu bukan binatang yang bisa membuat kamu mundur. Kamu bisa cari tahu gimana caranya mengusir kecoa dan melihat kecoa bukan seperti momok yang menakutkan. Mencari tahu banyak hal tentang ktakutan kamu akan membantu kamu melawan rasa takutmu sedikit demi sedikit. Ini langkah awalnya! 4. Ingat, kamu nggak sendirian Dari pencarian kamu tentang apa yang kamu takuti, biasanya kamu akan sadar kalau kamu nggak sendirian! Di luar sana, banyak banget yang punya rasa takut. Malah, kamu bisa berkomunikasi dengan mereka lewat komunitas yang isinya orang-orang yang punya rasa takut yang sama. Dari situ, kamu akan merasa nggak sendirian dan bahkan punya motivasi lebih untuk melawan rasa takut itu. 5. Motivasi untuk melawan rasa takut Hmmm pakai punya motivasi segala. Bener banget. dalam urusan psikologis, penting banget punya motivasi untuk bisa hidup dengan lebih baik. Cari motivasi kenapa kamu tidak seharusnya takut. Misalnya nih, kamu ingin belajar mobil, tapi kamu takut. Yang harus diingat adalah, motivasi kenapa kamu harus berani untuk bisa belajar menyetir mobil. Kamu ingat, manfaat yang bisa kamu peroleh dengan kamu berhasil mengendarai mobil itu. Kamu bisa jalan kemana-mana tanpa harus merepotkan orang lain, apalagi dalam keadaan darurat. Dan kain sebagainya. Temukan motivasi kamu untuk bisa lebih berani dan itu akan mendorong kamu untuk melawan rasa takut kamu. 6. Berbagi ketakutan Jika memang kamu merasa kamu masih belum bisa mengatasi ketakutan itu sendirian, jangan disimpan sendiri. Kamu bisa membagi ketakutan itu dengan orang lain. Bisa teman atau bahkan psikiater jika diperlukan. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu takuti. Biasanya, nasehat menenangkan dari teman akan membantu kamu untuk bangkit melawan rasa takut itu sendiri. Selain itu, teman yang baik juga akan membantu kamu menyelesaikan rasa takut itu. Begitu juga psikiater yang tentu lebih ahli dan punya metode tersendiri untuk membantu kamu. Pada beberapa kasus yang pernah saya baca, cara menghilangkan rasa takut justru mengkonfontrasi dengan ketakutan itu sendiri. Wah, ngeri ya,... tapi dengan begitu diri kamu akan belajar terbiasa dan pada akhirnya punya kontrol sendiri bahkan menghilangkan rasa takut tersebut.
  6. Sepertinya, musim hujan sudah tiba nih. Curah hujan mulai sering dengan intensitas yang semakin meningkat. Apa waktunya kita menyambut datangnya musim hujan? Kalau dilihat dari beberapa tahun ke belakang, musim hujan di Indonesia memang mulai terjadi di akhir bulan Desember hingga Februari. Dan beberapa tahun belakangan juga, musim hujan di Indonesia ini semakin pendek jaraknya. Sepanjang tahun lebih diisi dengan panas dan kemarau. Akibatnya, di sejumlah daerah rawan terjadi kekeringan. Nah, kamu sendiri lebih suka mana, musim hujan atau musim kemarau? Emang sih, musim hujan itu bikin aktivitas lebih terbatas dan bahkan, terutama untuk Jakarta, rawan banget banjir. Tapi untuk beberapa alasan, gue mau nulis tentang kenapa musim hujan sebenarnya lebih menyenangkan dibanding musim panas. Setuju nggak ya? - Adem sampai dingin Yang jelas nih, cuaca di musim hujan ini enak banget. Biasa kipasan dan keringetan di musim panas, di musim hujan cuaca kan adem dan cenderung dingin untuk ukuran Jakarta ya Karena cuaca yang enak banget itu, nggak keringetan berarti meminimalisasi bau badan akibat keringat berlebih, dan wajah juga lebih bersih karena nggak kebakar sinar matahari dan terpapar debu yang ampun-ampun kalau siang. Kulit juga cenderung kebakar, pokoknya, the weather was just so lovely deh. - Terhindar dari kekeringan Selanjutnya, musim hujan juga menyenangkan karena cenderung terhindar dari rawan kekeringan. Hujan itu berkah dari langit jadi saat mereka turun membasahi bumi, sumber air makin melimpah, tanah semakin gembul, tanaman pun semakin subur. Pernah kan dengar berita kekeringan yang melanda sejumlah kawasan di pertengahan akhir tahun lalu? Karena musim panas yang terlalu panjang, petani gagal panen, warga juga kesulitan air bersih, ternak banyak yang mati, dan lain sebagainya. Nah, makanya enaknya musim hujan, banyak berkah juga :) - Romantis hehehe ini baper banget sih kayaknya. Tapi emang, hujan itu identik dengan romantis. Coba warna langit yang mendung-mendung gitu, terus tetesan air, cuaca dingin, banyak payung, wangi tanah yang kesira air hujan, wah kurang apa lagi coba buat menggambarkan situasi romantis? Biasanya, kalau lagi romantis kayak gini, suasana hati juga ikutan adem mungkin sampai ada yang mellow. Jadi, suasana romantis nggak pas tuh diisi sama marah-marah, adu mulut yang bikin panas hati, teriak-teriakan dan lain sebagainya. Suasana romantis bukan hanya dirasakan para pasangan, tapi pegawai yang kerja. Hubungan pegawai ama atasan jadi lebih anget gitu kan. - Lebih banyak waktu santai Nah, musim hujan juga bikin ritme aktivitas kita lebih santai. Karena hujan, meeting jadi direlokasi ke daerah-daerah terdekat aja. Karena hujan, bahkan, banyak jadwal yang dicancel dan bisa malas-malasan sejenak di rumah. Kalau hari libur, nggak perlu kemana-mana buat cari kesegaran. Meringkuk di balik selimut sambil nonton atau bahkan tidur enak-enak aja. - Style cuaca dingin keren-keren Alasan lainnya adalah style berpakaian di musim dingin ini keren-keren dibanding musim panas. Waktu musim panas pengennya pakai yang adem-adem aja yang simpel aja deh. Nah, musim hujan kita bisa pake deh tuh jaket, parka, coat, dan sebagainya. Atau bisa pakai juga sepatu boots yang kita punya dan lainnya. Ya ala-ala musim dingin di luar negeri gitu bisalah :) - Waktu mencari inspirasi lebih efektif Terakhir, musim hujan membuat kita bisa lebih berkonsentrasi dalam mencari inspirasi. Kenapa begitu? Didukung sama alasan-alasan sebelumnya pastinya. Saat musim hujan, cuaca adem dingin, suasana jadi lebih romantis, dan ritme kerja yang lebih santai membuat kita bisa menikmati kopi sambil baca buku dengan lebih tenang. Atau di luar ruangan, kita bisa menatap hujan di luar dan biasanya di waktu-waktu tersebut kita bisa dengan mudah mendapat inspirasi. Dengan kata lain, cari inspirasi, banyak mimpi, banyak ngayal banyak ide-ide baru yang bakal muncul di suasana yang lebih adem seperti ini. Ya nggak? Gimana, kamu lebih suka mana sekarang? Musim hujan apa musim kemarau? Alasannya?
  7. Musisi Ini Sukses di Manca Negara Alunan-alunan musik sering kali membawa kita tenggelam dalam perasaan. Apalagi jika penyanyinya memiliki suara yang bagus. Emm, siapa yang tak tergoda untuk selalu mendengarkannya. Mendengarkan musik membuat pikiran kita menjadi relax. Terutama jika musik yang kita dengarkan adalah musik yang lambat. Musik seperti ini sangat memudahkan pendengar mengantuk. Lirik lagu yang mereka buat tak jauh dari pengalaman hidup dan curhatan-curhatan mereka. Jadi, mereka mengekspresikan perasaan mereka lewat lagu. Ternyata lagu-lagu mereka tidak hanya sampai di telinga kita yang tinggal di Indonesia saja lho! Lagu-lagu mereka ternyata terdengar sampai ke negara-negara jauh dari Indonesia. Mau tau siapa saja mereka? Nah, berikut ini adalah musisi Indonesia yang sudah terkenal di manca negara : · Mocca Mocca berdiri sejak tahun 1997 dan mengawali karir pertama mereka di manca negara yaitu pada tahun 2005 di Singapura. Salah satu indie record di Jepang pernah ditandatangani oleh musisi asal Bandung ini. Mocca juga terkenal di negara Asia lainnya, seperti Malaysia dan Korea. Di kedua negara Asia Timur ini Mocca memiliki jumlah fans yang banyak. Dan juga di negara ginseng ini, karir mereka sangat memuncak. Karena beberapa lagu mereka dijadikan sebagai jingle iklan dan soundtrack sebuah drama Korea. · Sandhy Sondoro Mungkin kalian tau dengan musisi satu ini. Ya, musisi 42 tahun ini memulai karirnya di Jerman. Mengenai masa lalunya, Pada saat SMA, Sandhy ikut bermain musik di sebuah band sekolahnya. Waktu itu, ia menyanyikan lagu-lagu rock dari band The Black Crowes dan Van Halen. Siapa sangka bahwa karir musik Sandhy dimulai di kota Berlin dengan mengamen di Metro? Di samping itu, banyak orang yang mengenalnya dan ia juga mulai berkenalan dengan produser serta musisi disana. Dan sekarang kemampuan bermusiknya sudah diakui di dunia internasional semenjak ia memenangkan festival penyanyi muda internasional New Wafe di Latvia pada tahun 2009 silam. Menakjubkan bukan? · Santamonica Joseph Saryuf dan Anindita keduanya merupakan suami istri yang berkarir dalam satu grup musisi. Mulanya, Santamonica membawakan lagu beraliran indiepop dan bossanova. Pada album Curiouser and Curiouser (2007), mereka membuat perubahan secara eksperimental dan album ini diinspirasikan dari Alice in Wonderland. Akibat munculnya album Curious and Curious, Santamonica sering kali diundang ke acara festival musik luar negeri. Bahkan, lagi-lagi Jepang dan Korea yang kembali merilis album mereka pada tahun 2009. Lebih menakjubkan lagi album inilah yang membawa mereka ke Bangkok pada tahun 2008 untuk berpartisipasi dalam acara Melody of Festival, dimana festival tersebut dihadiri oleh para seniman alternatif dari berbagai negara. · Agnes Monica Siapa yang tak kenal dengan penyanyi energik yang satu ini? Pelantun lagu “Matahariku” ini sangat dikenal dengan kualitas suara yang super dan penampilan panggung yang keren. Pada tahun 2008, Agnes mendapat penghargaan sebagai The Best Asian Performance dan The Best Asian Artis di Seoul, Korea Selatan pada Asia Song Festival. Pada Asia Song Festival yang ke 6 tahun 2009, perwakilan Indonesia kembali diberikan kepada Agnes Mo. · Anggun C. Sasmi Setelah Agnes Mo, pasti dong kalian tau banget dengan penyanyi yang anggun ini. Penyanyi yang kini sudah menjadi warga negara Perancis masih tetap menjadikan alunan-alunan lembut asli Indonesia masuk ke dalam lagu internasionalnya. Beberapa prestasi yang telah diraihnya yaitu terpilih sebagai lagu promo jam Swatch, dan menempati posisi ke 5 dalam UK Club Charts di albumnya yang berjudul “Snow on The Sahara”. · White Shoes and The Couples Company Album pertama yang mereka rilis pada tahun 2005 berjudul White Shoes and The Couples Company atau sama dengan nama grup mereka. Pada tahun 2005 mereka mengedarkan album ini di tanah air. Sedangkan pada tahun 2007 mereka mengedarkan albumnya di Amerika Serikat. Musisi ini juga sempat tour ke beberapa kota di Amerika Serikat. Wow! Kalau kita lihat tadi, ada beberapa musisi Indonesia yang tidak begitu terkenal di negara sendiri. Malahan terkenal dan sukses di negara lain. Sedikit disayangkan sih. Tapi, kita tetap salut loh sama mereka. Bagaimana pun juga mereka telah mengharumkan negeri tercinta ini. Tetap berkarya guys.
  8. nggak banyak berubah sih sebenrnya hhehehe iya snowbay juga saya mah belum wkwkwk haha emang org Jkt nya sendiri biasanya mengabaikan tmii hhi hmmm sayangnya saya juga gatau udah update blm ya.. nggak engeh. kayaknya sih blm. masih ga ada babel soalnya
  9. Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa dikenal dengan TMII ini rupanya nggak identik dengan lokasi untuk anak-anak saja lho. Objek wisata yang banyak memberikan edukasi tentang kebudayaan dan kekayaan Indonesia ini juga cocok untuk kamu yang butuh piknik, secara harfiah maupun bukan. Terutama jika kamu memang berada di sekitar wilayah Jakarta Timur. Kalau biasanya kamu suka meremehkan untuk apa jalan-jalan ke TMII di usia yang udah nggak anak kecil lagi, alasan-alasan berikut ini akan membuat kamu mempertimbangkan ulang untuk bisa berkunjung ke sini. 1. Lokasinya mudah dijangkau Alasan yang pertama adalah lokasi Taman Mini ini yang mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Taman Mini Indonesia Indah terletak di Jakarta Timur yang juga dekat dengan sejumlah wilayah tetangga seperti Depok, Jakarta Selatan, Bekasi, dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dengan mobil, dari tol jagorawi, kamu hanya tinggal keluar tol taman mini yang nantinya akan bertemu dengan Tamini Square. Dari sana, kamu bisa belok kanan dan mengikuti jalan sampai bertemu dengan pintu 1 TMII yang tidak jauh dari Masjid At Tin. Kalau datang dari sekitar Kp Rambutan, kamu hanya memerlukan 5 menit saja untuk sampai. Bagi kamu yang ingin naik kendaraan umum, untuk memudahkan, kamu hanya perlu menuju Jalan Baru sebelum kp rambutan, atau bisa dari terminal kp rambutan dan naik angkot orange AL 28. Untuk pengendara umum, lebih enak naik angkot ini karena bisa turun di pintu 3 TMII atau keong mas yang tidak terlalu jauh jalan kaki ke dalamnya dibanding pintu 1. Kalau kamu ingin turun di pintu 1, kamu bisa naik AL 28 ini juga atau angkot orange 40 menuju Pondok Gede dari terminal rambutan. Mudah, bukan? 2. Banyak tempat adem Taman Mini Indonesia Indah menawarkan lokasi yang cukup luas dan banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindah. Ini menjadikan TMII cukup asyik untuk dijelajahi karena jalanannya cukup adem. Selain itu, di sini juga banyak tempat yang memang asyik untuk disinggahi jika kamu memang butuh yang adem adem. Semua anjungan yang ada di TMII bisa kamu masuki dan kamu bisa berteduh dari teriknya sinar matahari di siang hari. Kamu juga bisa menepi di pinggiran danau buatan yang dibuat mirip dengan bentuk pulau-pulau di Indonesia jika dilihat dari atas. Di sana, kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi atau sambil menikmati es kelapa yang dijajakan warung-warung di tepi danau. Cocok banget untuk kamu yang ingin piknik. Hanya duduk di tempat terbuka yang sejuk sambil ngobrol ngalor ngidul. Nikmat banget :) 3. Anjungan yang gratis Taman Mini Indonesia Indah ini cocok juga untuk kamu yang butuh piknik tapi punya dana terbatas atau lagi ngirit. Banyak spot gratisan yang bisa dikunjungi sepuasnya. Tiket masuk untuk perorangannya adalah 10 ribu rupiah mulai di atas 3 tahun. Jika kamu tidak ingin memasuki spot-spot yang membutuhkan biaya masuk lagi, kamu bisa mengunjungi anjungan-anjungan saja yang terbuka untuk siapa pun tanpa biaya apa pun. Kamu bisa melihat atau mengunjungi anjungan yang merupakan rumah adat dan segala replika kekayaan budaya dari semua provinsi di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Bali, dan Pulau Jawa. Di anjungan ini jika beruntung, biasanya ada pameran atau event kebudayaan yang digelar. Misalnya, seperti di anjungan Jawa Barat, ketika saya berkunjung, sedang ada pentas tari di pendoponya. Mayan kan gratisan tapi bisa lihat hiburan lain :) 4. Sekalian belajar Terkadang, butuh istirahat atau butuh piknik hanya harus mengalihkan perhatian atau pikiran ke hal-hal yang lain. Nggak selamanya tiduran tanpa mikirin apa-apa adalah istirahat yang kita butuhkan, ya ga? jadi dengan kata lain, kita juga bisa memikirkan atau belajar hal-hal lain dengan santai. Di Taman Mini ini, menjadi salah satu tempat yang menyediakan wisata edukasi yang ringan. Meski biasanya diperuntukkan untuk anak-anak, nggak ada salahnya kan mengulang pelajaran masa sekolah dulu. Kita belajar tentang bentuk rumah adat di berbagai provinsi di Indonesia lengkap dengan pakaian adatnya atau kebudayaan lainnya. Nggak cuma itu, di sini juga ada tempat kita belajar ilmu pengetahuan atau teknologi dan berbagai jenis museum. Mengunjungi museum bisa menjadi salah satu cara piknik yang menyenangkan. 5. Fasilitas umum yang lengkap Taman Mini Indonesia Indah menjadi lokasi yang pantas banget buat kamu yang suka banget bolak balik toilet hehe. Tapi emang, TMII ini luas banget dan salah satu yang nyebelin kalau ke tempat wisata yang susah nemu toilet kan? Di banyak anjungan kita bisa menemukan toilet dan bahkan mushola bagi yang menjalankan ibadah sholat. Ada juga masjid yang bisa kita singgahi. Selain itu, fasilitas umum lainnya seperti kedai minuman atau cemilan yang membuat kita lebih mudah mengisi perut saat nggak bawa bekal. Harganya beda tipis sama di luar. 6. Cocok untuk yang suka foto Alasan lain mengapa TMII ini cocok untuk kamu yang butuh piknik karena di sini banyak spot lucu untuk kamu yang suka foto, baik yang moto maupun yang difoto. Kamu yang suka belajar fotografi bisa menemukan objek-objek dan melatih hobi kamu itu di sini. Mulai dari foto bangunan, landscape, potrait, dan bahkan macro, animal, dan lain sebagainya. Kamu yang suka difoto, di TMII banyak banget lokasi yang bagus dan bisa jadi latar foto kamu yang keren. Latar belakang yang otentik kayak rumah-rumah adat di anjungan-anjungan, atau mau latar belakang danau, pemandangan, bunga, burung, dan lain sebagainya. Siapkan saja peralatan foto dan gaya kamu karena di sini bisa foto-foto sepuasnya. Mayan kan banyak koleksi untuk PP media sosial hhii. 7. Spot pilihan wisata Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki banyak spot wisata lain yang menarik untuk dikunjungi selain dari anjungan-anjungannya. Di sini, ada taman burung, taman bunga, ppiptek, semacam planetarium, ada juga keong mas yang di dalamnya terdapat bioskop iMAX dan bahkan ada water park snowbay. Jika kamu ingin masuk ke spot-spot di atas, akan dipungut biaya lain yang variatif. Museum-museum seperti museum olahraga, telekomunikasi, dan lainnya dihargai mulai dua ribuan sampai 15 ribuan. Keliling kompleks TMII dengan kereta wisata sekitar 10 hingga 15 ribuan, masuk ke istana anak gitu seitar 10 ribuan. Untuk naik kereta gantung yang terkenal itu 40 ribu, dan jika ingin main air di snowbay 140 ribu di hari biasa, weekend akan lebih mahal, tapi sayang saya lupa. Oya, harga-harganya bisa dilihat di situs resmi tmii itu sendiri :) 8. Asyik buat jalan kaki Taman Mini Indonesia Indah memang luas, tapi area ini enak kok untuk dikunjungi pejalan kaki. Kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di sore hari bisa keliling dengan berjalan kaki. Pohon yang rindang membuat suasana jalan-jalan nyaman dan kamu juga bisa berhenti di berbagai anjungan sambil foto-foto. Jika tidak ingin jalan kaki, di sini tersedia mobil wisata yang berbentuk kereta terbuka gitu, atau mobil pribadi yang disewakan jika ingin keliling dengan rombongan atau menyewa sepeda single maupun tandem, dan juga banyak penyewa motor. Jadi tinggal dipilih, untuk harganya, yang sewa motor itu sepertinya penduduk lokal jadi pintar-pintar saja menawar. 9. Cocok untuk solo maupun kelompok travel Nah, alasan terakhir mengapa tempat ini asyik untuk piknik adalah kamu bisa melepas penat baik bersama-sama dengan orang lain maupun sendirian. Yang mau sendirian ngegalau di sini enak kok. Paling enak, duduk di pinggir danau atau nyantai di anjungan. Mau buat pacaran, buat piknik bareng teman maupun keluarga, Taman Mini Indonesia Indah ini tetap asyik untuk dikunjungi. Nah, TMII nggak selalu jadi tempat berlabel anak-anak, kan? Buat di tengah Ibukota kayak Jakarta, ada lokasi terbuka yang bisa buat ngadem, nyantai sambil chatting itu udah bersyukur banget karena panas dan padatnya kota ini :)
  10. wah ini sih udah berkali-kali. padahal isinya cuma chat app doang. nggak cuma bilang storage penuh. sms storage udah kosong pun begitu laporannya
  11. Kemarin, saya beri laptop baru merknya HP tipe x360. Saya beli di salah satu toko online terkemuka di Indonesia. Pas saya buka, packing sih oke. Segel juga masih bagus. Pas nyalain, ini udah windows 8.1 dan berjalan dengan baik, tapi ada masalah di audionya. Audio nggak keluar sama sekali, baik itu speaker maupun headset. Saya cek ada kemungkinan mute atau nggak, tapi ternyata nggak ada. Saya cari solusinya di google dan katanya coba update driver audionya. Sudah saya lakukan dengan link dan petunjuk resmi dari HP nya. Tapi masih aja nggak ada suara apa pun. Menurut agan-agan, ini laptop emang salah dari sananya atau emang ada sesuatu yang saya missed? Apa ada yang ketinggalan cara buat mengeluarkan audio di laptop ini?
  12. Mau curhat nih, punya hape lama yang mau ane warisin ke adek ane. Hapenya samsung galaxy fit dan galaxy ace nih. Androidnya masih gingerbread dan sudah di root. Tapi kendalanya tuh sering banget nggak bisa terima sms karena memory penuh. Padahal udah instal app Link2SD yang bisa mindahin app dari internal ke sd card. Terus udah bolak balik clear cache tapi tetep aja penuh terus. Kendalanya itu doang tuh, jadi sayang aja kalo dibuang cuma gara-gara gitu. Ya mayan lah buat pegangan anak remaja mah. Ada yang tahu nggak cara ngakalinnya? udah nyoba banyak cara dari google tapi tetep nggak nemu yang bener-bener bisa solutif
  13. kalau yang ini saya tahunya kalau untuk paspor haji gitu ya
  14. thank you for sharing.. thanks juga all atas jawabannya
  15. best answered!!! Legaaa semoga nanti lancar lancar aja. Thank youuuu
×
×
  • Create New...