freaksthriller

Members
  • Content count

    28
  • Joined

  • Last visited

1 Follower

About freaksthriller

  • Rank
    Baru Bergabung
  • Birthday 04/12/1990

Profile Information

  • Gender
    Male
  • Location
    bandung

Contact Methods

  • Website URL
    http://backpackermate.blogspot.co.id/

Recent Profile Visitors

908 profile views
  1. iya nih anehnya sepi pula, pdhal waktu itu klo ga salah lg hari libur iya lumayan keren gan..wah tahun 2002 udh lama banget ya..
  2. Bertemu Korban yang Meninggal, Hipotermia dan Kesurupan Saat Mendaki Gunung Gede Pangrango via Jalur Putri dan Turun lewat Jalur Cibodas Pendakian kali ini menjadi pengalaman yg teramat berharga untuk kami, perjalanan yang mengajarkan kami apa itu makna hidup , terutama menghadapi "Hipotermia, Kesurupan dan Kematian" yang sampai saat ini menjadi momok menakutkan bagi para pendaki gunung. Tidak sedikit kita mendengar berita meninggalnya seorang pendaki yang diakibatkan oleh Hipotermia. Tahun 2015 silam tepatnya tanggal 2 Juni, saya dan 5 orang teman lainnya mendaki gunung ini, sehari sebelumnya kita berenam berangkat dari Bandung menggunakan motor, sesampai di Cibodas kamipun menuju kantor TNGP dan mengurus SIMAKSI untuk pendakian esoknya, setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan ke rumah temannya teman salah satu dari kita untuk beristirahat setelah lelah perjalanan dari Bandung. Singkat cerita, setelah semua siap sekitar pukul 7.30 pagi setelah packing ulang dan cek ulang perlengkapan kitapun menitipkan motor, mulai berjalan dan mencarter angkot untuk menuju ke basecamp yang terletak di Desa gunung putri, sesampai disana kitapun memulai perjalanan , setelah melewati pemukiman warga dan perkebunan dengan medan yang menanjak, tidak lama kita sampai di Pos Perizinan, sekitar pukul 10.00 setelah pengecekan Simaksi dan pemeriksaan kamipun melanjutkan perjalanan, disinilah perjalanan sesungguhnya dimulai. Masih dengan medan yang sama melewati ladang perkebunan penduduk yang semakin menanjak dengan trek yang di dominasi oleh tanah merah, kitapun tidak luput beberapa kali istirahat, menyesuaikan dengan salah satu dari kita yang baru pertamakali mendaki, jadi kami berjalan cukup santai menikmati perjalanan tanpa buru-buru. Sekitar pukul 10:45 kitapun mulai memasuki hutan tropis yang dipenuhi pepohonan dan sampai di Pos 1 Legok Leunca sekitar pukul 11.22 kitapun beristirahat. Ketika itu ada beberapa petugas yang lewat dan salah satunya duduk beristirahat bersama kami setelah sedikit berbincang beliau memberitahukan bahwa di alun-alun Surya Kencana ada korban meninggal sejak kemarin sore yang katanya terkena Hipotermia, dan hari ini sedang di evakuasi . Beliau bercerita kalau disini memang cukup banyak korban yang meninggal, tapi yang dipublikasikan hanya beberapa. Beliau mengingatkan kami utk berhati-hati karena cuaca saat itu bisa mencapai 0 derajat celcius. Saat pertama mendengar diatas ada korban meninggal, tidak bisa dipungkiri ada sedikit perasaan gak karuan, “dalam hati: wah….ada korban meninggal?” Setelah beristirahat kitapun melanjutkan perjalanan, disini trek perjalanan semakin terjal menanjak, jarang sekali menemukan landainya. Disepanjang perjalanan entah kenapa suasana terasa hening, sepi, saat itu jarang sekali menjumpai pendaki lain, bisa dibilang hanya 1-2 tim pendaki yang turun, di pos 3 pun tidak ada yang berjualan, semakin kesini medan jalan semakin terjal dan curam, cukup menguras tenaga, kitapun semakin sering beristirahat bahkan waktu itu teman yang baru pertama kali naik gunung tadipun meminta kita berhenti hampir stiap 10 menit sekali, beruntungnya kita saling memahami kalau perjalanan ini memang untuk dinikmati. Sekitar pukul 13:40 dari atas terdengar suara banyak orang yang sedang turun, kamipun menduga-duga jika itu tim evakuasi yang sedang membawa korban, beberapa saat kemudian ternyata benar 4 orang yang sedang menandu korban dan 4 orang lainnya yang saling membantu berjibaku melewati medan turun yang sangat curam, sesaat kamipun terdiam hanya bisa melihat sesosok mayat melewat tepat didepan mata dan berucap “Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un”… Setelah itu kamipun melanjutkan perjalanan, suasana semakin hening meski kami tidak saling membicarakan seolah tidak terjadi apa-apa, tapi seolah pula kami mengerti perasaan masing-masing. Berjalannya waktu kamipun sesekali bercanda untuk memecah keheningan itu, membuat kopi dari botol termos yg kami bawa dan nongkrong ditengah jalan sembari istirahat, karena memang sepi hampir tidak ada lagi pendaki yang kita temui. Sekitar 15 menit sebelum Surya Kencana hujan turun memaksa kita untuk memakai jas hujan, dan kebetulan trek sedikit landai kitapun mempercepat langkah, sekitar pukul 16:24 kitapun sampai di Surya Kencana. Tidak lama saat ditengah savanna hujan semakin deras bahkan sangat lebat disertai angin yang kencang, dan kamipun berlari ketepian utk mencari tempat berteduh dan membuat shelter dari ponco. Meski demikian hampir smua pakaian yg kita pakai sekejap basah kuyup, sayapun hanya sempat mengganti baju saja, kitapun mulai kedinginan dan sedikit mengigil ditambah perut sudah mulai terasa lapar, Setelah -+40-50menitan hujanpun mulai reda, dan kamipun bergegas untuk melanjutkan perjalanan karena sudah tidak sabar ingin sesegera mungkin mendirikan tenda. Baru saja keluar dari tepian tiba-tiba jauh ditengah savana ada seorang wanita menggunakan payung berteriak dgn sangat keras meminta tolong, kamipun terkejut dan segera berlari menghampirinya. Ketika akan berlari menghampirinya, salah satu dari kita ada yang bercanda mengatakan “wah…kita juga ini butuh pertolongan, hehe” Yaaa…mengingat kita baru saja tiba sudah di guyur hujan yang sangat lebat, berjibaku membuat shelter, sebagian pakaian basah kuyup, kedinginan, ditambah kelaparan” Sesampai ditengah savana itu ternyata mereka mendirikan 2 tenda terlihat 3 orang perempuan yg sedang histeris melihat 1 teman cowonya yg sedang mengalami kejang-kejang terkena hipotermia. Kamipun bergegas utk membantu, saat itu mereka semua panik, terlihat kacau karena tenda dan hampir semua perlengkapan mereka basah. Kondisi korban saat itu terlihat sangat menggigil, susah bernafas, mata selalu melihat keatas serta anggota tubuhnya seperti mati rasa dan sering mengigau menyebut nama ayahnya yang sudah meninggal, sontak kakaknya pun histeris berteriak ketakutan, sambil menangis yang membuat suasana semakin panik pacar korban yang ikutan menangis mereka berdua sudah berfikir terlalu jauh membayangkan korban akan meninggal. Pertama kitapun mencoba utk menenangkan, tanpa disadari dengan inisiatifnya masing-masing kitapun terbagi menjadi 3 kelompok, dua orang dari kita mencoba utk menenangkan, dua orang lagi mendirikan tenda membuat air hangat dan mie instan untuk korban, dan dua orang lagi mencari bantuan, bilamana terjadi hal-hal yg diluar kehendak. Menurut dua orang yang sedang mencari bantuan : Setelah berjalan cukup jauh akhirnya kita menemukan lokasi para pendaki yang mendirikan tenda, ketika kita menceritakan kejadiannya, kemudian salah satu dari mereka meneriakan “MAYDAY...! MAYDAY…! Serentak penghuni lain saling menyahut ada apa? Ada apa? Dia bilang ada yang terkena Hipo, kemudian terlihat beberapa orang menghampiri, tidak lama kitapun bergegas kembali membawa beberapa orang, saat itu langit mulai gelap dan setibanya di tkp terdengar dari dalam tenda bacaan doa-doa seperti yang sedang tahlilan, saya pikir korban meninggal, dalam hati "Astagfirullah ya Allah... masa saya harus melihat ada korban jiwa lagi tepat didepan mata dalam satu waktu" dengan rasa gundah kitapun masuk kedalam tenda dan ternyata korban masih hidup bahkan membaik, malah sekarang kaka korban yang menjadi korban kesurupan. Sebelum kesurupan kakak korban sering menangis histeris melihat kondisi adiknya, dan dua wanita lainnya meminta izin untuk mengganti pembalut di tenda kita dan kembali keluar, tidak lama kemudian terdengar teriakan histeris aneh dari kakak korban sembari tertawa-tawa dan dua wanita tadipun kembali ke tenda kita sambil menangis ketakutan, salah satu dari wanita itu berkata ada yang mengikuti mereka, dan wanita satunya lagi memberitahu bahwa dia memang bisa melihat makhluk halus. Suasana semakin menegang karena kakak korban yang kesurupan itu semakin histeris menjerit-jerit, tertawa-tawa tidak karuan. Untungnya salah satu dari kita ada yang bisa mengatasi kesurupan tersebut dibantu dengan teman-teman lainnya, setelah beberapa saat Syukur Alhamdulillah suasana semakin terkendali, kedua korban itu semakin membaik. Saat kita sedang menarik nafas sembari santai dan ngopi, disekitar tenda mereka terlihat beberapa pembalut yg dibuang sembarangan. Mungkin itu salah satu penyebabnya "Wallahu A'lam" Sayangnya kami tidak sempat mendokumentasikan kejadian itu. Jangankan utk memikirikannya, malah kitapun lupa untuk makan, padahal kita belum makan dari siang. Setelah beberapa saat semua kembali normal, kita semua pindah ke lokasi tempat para pendaki lainnya mendirikan tenda, dan akhirnya kitapun dapat beristirahat total, meskipun salah satu dari kita masih ada yang terlihat pucat mukanya, dan sudah tidak betah ingin segera pulang. Esoknya sekitar pukul 5.30 kitapun bangun sholat dan menikmati setiap keindahan alam yang Tuhan suguhkan, tidak henti-hentinya dalam hati berucap syukur. Ketika kita sedang duduk-duduk didepan tenda dan memasak terlihat dua orang cwo dan cwe dengan dingin lewat di depan kami, bukannya itu korban yang semalam terkena hipotermia dengan pacarnya? Kata salah seorang dari kita, dan kamipun saling memandang dengan tersenyum. Setelah puas bersantai kitapun bergegas beres-beres dan packing untuk melanjutkan perjalanan pulang lewat jalur Cibodas, sekitar pukul 10.30 kita memulai perjalanan menuju Puncak Gunung Gede dengan trek yang di dominasi tanjakan curam kitapun sedikit menghelakan nafas , makin keatas medan yang ditempun semakin extrim, sekitar pukul 11:30 kitapun sampai di Puncak dan beristirahat. Setelah puas waktupun menunjukan pukul 12.00 dan kami melanjutkan perjalanan menuju Kandang Badak, kitapun mengambil jalur disisi kanan untuk menghindari jalur terjalnya tanjakan setan. Saya akui jalur cibodas ini banyak destinasi wisata indah yang dilewati, ramai, dan tentunya lebih landai dibanding jalur gunung putri, tapi entah kenapa saya merasa jenuh, perjalanan menuju Cibodas ini terasa sangat amat lama. Sekitar pukul 17.18 kitapun sampai di Pos Panyancangan, setelah istirahat sejenak kitapun melanjutkan perjalanan. Dari sini jelanan mulai sepi… terasa hening ketika waktu menunjukan tepat pukul 18.00 ditengah perjalanan salah satu dari kita menyuruh kita semua untuk berhenti sejenak dan dia berkata "nanti jalannya berdua-dua jangan sampai melamun, dan terus fokus" setelah 5-10 menit kemudian kitapun melanjutkan perjalanan, hari sudah semakin gelap sementara kami belum sampai-sampai, mana jalanan sepi dan terasa hening dengan aroma mistis yang sedikit menyelimuti, entah hanya perasaan saja. Singkat cerita sekitar pukul 19.00/19.30an kitapun sampai di Terminal Cibodas dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju rumah temannya teman kita, sesampai disana kita beristirahat duduk-duduk diteras ngobrol-ngobrol, dan membahas banyak cerita mistis tentang Gunung Gede, termasuk yang tadi ketika kita berhenti tepat pukul 18.00 teng itu…ternyata oh ternyata… pantas saja! Oh ya kebetulan temannya teman kita yang punya rumah memang tahu betul seluk-beluk Gunung Gede (toh rumah nya jg daerah situ) hehe… meski dia tidak ikut mendaki bersama kami. Setelah ngobrol dilanjutkan dengan makan bersama dan tidak lama setelah itu kami memutuskan untuk pulang ke Bandung pastinya menggunakan sepeda motor, tengah malam itu! Wow… Perfecto! Syukur Alhamdulillah kita semua sampai kerumah masing-masing dengan selamat, dan itulah tujuan utama kita mendaki adalah bisa kembali ke rumah dengan selamat. yang mau liat Videonya... DISINI Semoga amal ibadah diterima disisiNYA! "Amin" -02/06/15- Sedikit beban yg harus kita syukuri... 1. Kematian Perjalanan kemarin adlh perjalanan yg mengajarkan kita apa itu makna kehidupan. 2. Hipotermia & Kesurupan Sebaik2 manusia adalah org yg bermanfaat bagi org lain. backpackermate Instagram @backpackermate
  3. iya ni om @deffa ini rencana yg wktu itu tanya2 dsni tea hehe tpi ga jdi ke hanoi & laosnya gara2 budget membengkak
  4. wah aslinya? itu diberhentiin dipinggir jalan kaya yg mau ditilang pas pengecekanmya? soal sebelumnya sya jg pernah baca ada bloger yg kena tilang di phuket, klo gak salah dia bayarnya ke kantor polisi. malah klo di kamboja ato vietnam ada yg pernah kena polisi korup minta 250USD
  5. sama tiket masuk wisatanya om... dan klo makan ato lainnya sesuai selera & kebutuhan, seperti kita di vietnam cuman makan buah2an aja selama 5-6harian sueerr tanpa nasiii wahh itu kan lg ada promo tuh si aa, ke negara2 asia tenggara 0 rupiah, tinggal bayar airport tax nya aja
  6. Bener banget nih ini penting biar berkendara jg tenang & gak was-was, pengalaman kemarin banget kena razia gede pas lg perjalanan menuju Silverlake di Pattaya, dan denda tilang jika tdk punya SIM International itu 2 x lipat daripada tdk punya SIM lokal, kemarin aja dendanya 400 baht, tpi beruntung saya kena 200 baht, karna dikira warga lokal.. meski ada sedikit perdebatan ketika pas sidang ditempat si polisi liat ktp sya asal indonesia, dan menagih 400 baht tpi saya tetep keukeuh 200 baht sesuai surat tilang (tidak punya SIM lokal) hehehehe
  7. SINGAPORE – MALAYSIA – VIETNAM – CAMBODIA – THAILANDBandung – Singapore – Johor Bahru – Melaka – Kuala Lumpur – Putrajaya – Ho Chi Minh City – Mui Ne – Ho Chi Minh City – Phnom Penh – Siem Riep – Bangkok – Pattaya – Bangkok – Phuket – Hatyai – Penang – Kuala Lumpur – Jakarta – BandungHemm Yeahhh !!!Finaly perjalanan 30 hari ini kelar juga beberapa hari yang lalu, tepatnya dari tanggal 9 Februari sampe 10 Maret 2017, dalam rangka 1 tahun pernikahan tepatnya tanggal 13 Februari kemarin kita rencanain untuk backpackeran keliling 5 Negara di Asia Tenggara dan rencana perjalanan ini hampir dikatakan dadakan karena saya bikin itinerary nya ini hanya dalam waktu 1 bulan sebelum kepergian, gara-gara dapet tiket pesawat Kuala Lumpur - Ho Chi Minh City dengan harga Rp. 219.534/org dan kebetulan bertepatan dengan keluar kerjanya istri sya, setelah sekian lama doi terperangkap dengan pekerjaannya yang membuat kita gak bisa pergi kemana-mana dalam waktu yang lama Berhubung rencana awal budget kita ini sebenarnya buat dipake keliling Indonesia selama 1-2 tahunan kedepan, jadi trip ini saya usahakan untuk iriiittt seirit-iritnyaaaaa, tapi meskipun begitu ternyata ada beberapa hal tak terduga yang gak bisa dihindari seperti sewa motor di Mui Ne Vietnam yang mogok yang harus bayar orang yang nolongin kita dorong ke bengkel (lahh katanya nolongin kok bayar? iya emang pertamanya nolongin pada akhirnya dia minta bayaran, belum bayar bengkel dan bensin motor yang seharga sewa motornya!!! (Gila!!! boros bangettttt) dan lagi kena tilang pas di Pattaya ada razia gede yang harus bayar seharga sewa motor (masih untung jg sih karna harusnya 2x lipat dari itu hahaha) dan juga mahalnya harga rokok di Thailand dan hostel di Phuket & Penang yang cukup mahalll padahal udah 3-4jaman berjalan kaki hanya untuk ngebandingin harga, ya itulah resikonya kalo nyari hostel secara go show "Penuhhh perjuangan!!!" dan masih banyak kejadian tak terduga lainnya....Oke gak usah banyak basa-basi lagi dehhh, sekarang saya akan share rincian budget selama perjalanan 30 hari ini, karena perjalanan ini hanya kita berdua jadi budgetnya bakalan saya kali dua.(Transportasi – Tiket Masuk Destinasi – Hostel) 1 SGD = 9.480 IDR 1 RM = 3.035 IDR 1 USD = 13.335 IDR 1 VND = 0,58 IDR 1 THB = 380 IDR Tiket Pesawat PP : Bandung – Singapore = 800.000 IDR Kuala Lumpur – Ho Chi Minh = 439.068 IDR Kuala Lumpur – Jakarta = 437.690 IDR TOTAL = Rp. 1.676.758 (2 Person) = Rp. 838.379 / Person TOTAL SGD 82.85 = Rp. 785.418 RM 584.79 = Rp. 1.774.837,65 VND 1.443.973 = Rp. 837.504,34 USD 94,4 = Rp. 1.258.824 THB 10.293 = Rp. 3.911.340 IDR 477.390 = Rp. 477.390 TOTAL = Rp. 9.045.313,99 (2 Person) = Rp. 4.522.657 / Person Yupp jadi total pengeluaran kita selama 30 hari adalah Rp. 4.522.657/Person, kalo ditambah tiket pesawat sih emang 5jt lebih, tapi yang namanya tiket pesawat itu sangat flukluatif bangett harganya gak nentu, maka dari itu untuk budget tiket pesawat gimana pinter-pinter kalian aja dahh nyarinya… soal tiket pesawat kita masih terbilang mahal apalagi yang dari Bandung – Singapore dan Kuala Lumpur - Jakarta, itu menurut saya masih MAHALLL BANGEETTTT!!! Soal kita belinya 1 bulan sebelum berangkat, apalagi yang Bandung – Singapore itu belinya 1 minggu sebelum pergi, haha dan itu harga yang sangat-sangat murah dikala itu, soal hampir setiap hari saya pantau selama 2-3 bulanan tiket pesawat dari Bandung ke Singapore rata-rata harganya tinggi 550 – 900rban, itu aja 400rb dapet dari Broadcast BBM promo agen travel gitulah… karna mepet, takut kecopet yang bisa bikin gagal ngetrip! gak pake lama langsung aja kita order, soal juga baru liat lagi Tiket pesawat tujuan Bandung – Singapore seharga 400rban setelah 2-3blnan mantau harga tiket pesawat. Dan terakhir perjalanan ini tanpa tiket pesawat untuk pulang! hah" maksudnya? iya jadi gini, berhubung waktu itu tiket pesawat KL - Bandung ato KL - Jakarta untuk tanggal 10 maret sangat mahal terpaksalah kita pergi meskipun belom punya tiket untuk pulang, yang pada akhirnya kita dapetin tiket promo waktu di Phuket tepatnya satu minggu sebelum kepulangan, dengan harga Penang-KL 123rb/org dan KL-Jakarta 218rb/org, hahahahaha beruntungnya kita setelah 3 mingguan nunggu dan mantengin harga tiket pesawat akhirnya dapet juga harga tiket yang cukup murah LAH. Semoga bermanfaat! *Salam backpack! field report nya ntar nyusul yaa
  8. bukan dapet cuti tpi keluar kerja sih istri ane hehehe klo sya mah wiraswasta jd bebas btw kpn gathering bandung? hhe
  9. [Urgent] Info Transportasi & etc di 6 Negara Asia Tenggara

    oh gitu kali aja klo skrg naiknya dikit ya, hehehe.. eh ada tapinya katanya klo longtail boat per maret 2016 kmarin klo ke Maya bay & ke Loh sama klo ga salah. masing2 bayar lg 200bath diluar longtail boat (gubrag)
  10. [Urgent] Info Transportasi & etc di 6 Negara Asia Tenggara

    oh begitu...ya itu jg klo nginep di phi phi island bisa yg jam 7 pagi klo sewa longtail boot, blom tau klo pake speedboatnya. ohya dapet paket brp itu paket tour phi phi islandnya?
  11. [Urgent] Info Transportasi & etc di 6 Negara Asia Tenggara

    oh gitu kirain teh udh ngecek, ada bbrp bloger yg nginep disana katanya kehidupan malamnya lebih parah dari patong, hehe penasaran jg ane sama ke point view nya "udah aja" ditambah klo dari sni moga aja tour phi phi islandnya dapet yg pagi, jd maya bay masih keadaan sepi
  12. wah bener nih info yg bermanfaat...buat referensi terbaru... btw ga ke hoi an gan? oya itu paket Halong bay nya $23 dimana belinya?? udah ditawar?
  13. [Urgent] Info Transportasi & etc di 6 Negara Asia Tenggara

    wih no 2. segitu udh murah ya? hadeuh...pdhal klo ga singgah dlu ke hoi an & Danang bisa langsung flight HCMC - Hanoi kmarin dapet 320rban 3. itu 500.000 VND hasil perbandingan go show disana mang? sekitaran Old Quarter? 6. siem reap - bangkok kmarin ada sih yg pernah pake van yg 17 USD, cuman lupa blognya. katanya ada jg yg pake bus 10 USD cmn kebentur waktu jd ga dia ambil" sama pilihan lainnya dari siem reap - poipet pake bus, dai poipetnya pake mini van yg dari kasino, cuman kok blom ada yg pernah bahas. 7. private speedboat sih enak klo rame2 aplg klo opentrip wkwkwkw.... nah ini ane cmn be2 aja mang, haha.. tour speedboat itu kira2 bisa ga ya ditawar ampe 1100 THB? hihi 8. rencananya dari penang - KL nya flight klo tiket msih 50rban wkwkkw jd dri krabi - penangnya ngeteng/sleeperbus klo ada itu udah di cek satu2 dari ujung ke ujung blom mang? soal kmarin2 baca ada yg dormitory -+ 160rban (meskipun tahun 2011) wkwkwkw klo referensi yg tahun 2016 sih 300-400rban/harinya, moga aja ga lebih dari 300rbanlah utk berdua hehehe oya itu jg ada bbrp info yg udh dibaca di blognya @Ahook_ bus murah dari Tan Sonhat Airport - Distrik 1 sama tour Mui Ne, hehe itu klo nyari tiket one day tour nya pas di phi phi don island, mahal...mana udh ga bisa ditawar2 lg, mangkanya pilihannya nyari tiket pas wktu di patong
  14. Sorry Urgent ini lg bikin itinerary buat keliling asia tenggara utk tgl 9 feb - 11 maret (30harian), sisa waktu kurang dari sebulan lg euy... Nyari info 6 Negara & 20 kota ternyata bikin puyeng dahh klo dbikin sendirian, hehe...mohon bantuannya ya.. Tiket pesawat sya baru dapet Bandung - Singapore (400rb) Kuala Lumpur - Ho Chi Minh (220rb) belum ada tiket baliknya (KL - Bandung) soal ampe skrg blom ada yg murah hadeuh... kali aja dsni ada referensi tiket murah utk bln maret, hehehehe Vietnam : 1. Transportasi darat Mui Ne / Da Lat ke Phnom Penh emang beneran FIX ga ada ya? harus dari ho chi minh ? 2. klo Bus dari Mui Ne - Hoi An - Da Nang - Hanoi cuman bisa pake travel agent aja ya? misal (TheSinhTourist) (biar murah ga bisa ngeteng bus umum antar kota ya? *utk kereta di skip, soalnya mahal sya cek tiket bus dari web TheSinhTourist https://www.thesinhtourist.vn/tourlist/bt Sai Gon(Ho Chi Minh City) - Mui Ne 5-6jaman 119.000 VND Mui Ne - Nha Trang 8jaman 119.000 VND Nha Trang - Hoi An 11jaman 219.000 VND Hoi An bus local 2jaman 50.000 VND Da Nang - Hue 2jaman 169.000 VND Hue - Ha Noi 8jaman 249.000 VND -+TOTAL Rp. 545.981.25 (kali aja ada yg tau caranya lebih murah dari ini) hhe 3. Untuk Paket tour Ha Long Bay paling murah skrg 28USD benerkah? klo ngeteng ada yg tau ga caranya? 4. Ada yg tau dari "Hanoi - Vinh" pake kereta dilanjut dari "Vinh - Vientiane" pake bus? 5. utk transportasi dari Vientiane - Nongkhai pake bus lokal apa ya? sama perkiraan harganya 6. ada yg pernah pake Mini Van Siem Reap - Bangkok yg 17 USD? ato bus direct yg 10 USD ? Phuket - Phi Phi Island - Krabi 7. berapa ya Tiket Ferry "Phuket - Phi phi island" dan "Phi Phi island - krabi" dari info yg simpang siur sih -=300-450THB 7. utk paket Tour Day hopping Phi Phi island pake speedboat skrg harga rata2nya 1100 - 1450 THB ? itu klo dari patong beach - dermaga Rassada Pier (Phuket) – (Tonsai Pier) Phi Phi Island - tour phi phi Leh island - kembali lg ke patong beach, nah klo kita mau nginep di phi phi don island gmn ya? 8. Dari Krabi ke Penang ato langsung kuala lumpur pake transportasi apa aja ya? sorry ni ternyata agak Over budget pdhal baru 70-80% itinerary, jdinya agak diminimalisir hehe