maipura

Members
  • Content count

    130
  • Joined

  • Last visited

About maipura

  • Rank
    Tidak Baru Lagi
  • Birthday 05/15/1984

Profile Information

  • Gender
    Male
  • Location
    sekayu
  • Interests
    mini4wd, he

Contact Methods

  • Website URL
    http://maipura.wordpress.com

Recent Profile Visitors

483 profile views
  1. Museum Keris Nusantara

    terima kasih om @kyosash.. silahkan berkunjung kalau pas ke Solo :) haha..kalau yang ini sampai di klaim juga bakalan perang beneran kyke om @deffa
  2. Ada museum baru di Kota Solo, baru diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada tanggal 9 Agustus yang lalu. Namanya Museum Keris Nusantara. Kebetulan saya pas lagi ada di Solo minggu lalu, jadi deh kita sempatkan mampir mengunjungi Museum ini sebelum pulang kembali ke Sumatera. Lokasi Museum Keris ini ada di pusat kota, gak jauh dari taman Sriwedari, bersebelahan dengan stadion di Jalan Bhayangkara. Kalau lewat jln. Slamet Riyadi, pas pertigaan Sriwedari belok kiri, Museum nya ada di ujung jalan pas perempatan. Gak akan mungkin kelewatan lah. :) Harga tiket masuknya berapa? nah selama bulan Agustus ini, tiket masuk ke Museum Keris masih gratis, namun mulai september nanti katanya harga tiketnya Rp.6000 / orang. Museum ini merupakan gagasan pak Jokowi sewaktu beliau masih menjadi walikota Solo. Namun pembangunan gedung museum ini baru dimulai secara bertahap sejak tahun 2013. Gedung Museum Keris ini terdiri dari 1 basement yang dimanfaatkan sebagai tempat parkir, dan 4 lantai sebagai ruang pamer. Terdapat lift yang menyambungkan semua lantai-nya. Jadi kalau capek naek tangga, bisa naek lift. Lantai 1 Di lantai ini fungsinya sebagai lobi, soale gak ada keris yang dipajang disini. Cuman ada ruang Audio Visual di sisi sebelah kanan dan kiri dari pintu masuk. Loket pengunjung juga ada disini, disebelah kanan dari pintu masuk kemudian bagian informasi ada di sebelah kiri dari pintu masuk. Lantai 2 Di lantai 2 kita mulai bisa menikmati koleksi dari Museum Keris ini. Dan saya yang gak paham sema sekali soal keris. Di lantai 2 ini kita akan paham dan mengerti lebih dalam soal keris. Karena di lantai ini disuguhkan juga informasi tentang keris dan bagian-bagian keris, apa itu pamor, jejeran, luk dsb. Di lantai 2 ini juga ada tempat bermain untuk anak-anak dan perpustakaan. Koleksi buku-bukunya tidak jauh dari masalah keris dan budaya baik tentang kota Solo maupun kota-kota lain di Indonesia. Tapi sepertinya koleksi bukunya perlu diperbanyak, soale rak nya masih banyak yang kosong. Lantai 3 Lantai ini selain memajang beberapa koleksi keris ada juga diorama-diorama. Antara lain diorama pembuatan keris dan diorama ritual saat akan membuat keris. Selain itu di dinding ada informasi proses pembuatan keris dan rangkaian sesaji ketika akan membuat keris. Lantai 4 nah, lantai 4 ini merupakan ruang pamer utama, disini selain keris dari tanah jawa, ada juga keris dari bali, sulawesi dan sumatera. Selain keris ada juga beberapa koleksi tombang dan parang. Karna museum ini tidak mengkhusus kan keris dari Jawa saja, namanya kan Museum Keris Nusantara. walapun memang umumnya orang mengenal keris itu dari Jawa. Tapi ternyata ada juga keris dari Sulawesi dan Sumatera. Di lantai 4 ini saya ngobrol banyak dengan seorang bapak yang saya pikir petugas museum. Beliau berkata keris yang dipajang disini merupakan hibah dan pinjaman dari pribadi, tertulis di keterangan masing-masing keris yang dipamerkan. Dan katanya lagi masih ada sekitar 300-an lagi koleksi keris yang masih akan dipamerkan. Dan ada kabar bahwa pemerintah Belanda akan menyerahkan koleksi keris yang mereka miliki untuk kemudian disimpan dan dipamerkan di Museum Keris Nusantara ini. Ketika saya bertanya, koleksi yang paling tua dan mempunyai nilai sejarah paling tinggi yang mana, bapak petugas yang saya lupa tanya namanya itu menjawab. "semua koleksi kita disini berharga mas, baik usia maupun nilai sejarah-nya" "semua keris disini berusia lebih dari 100 tahun" "semuanya sudah di teliti terlebih dahulu oleh tim kurator kita sebelum kemudian bisa dipajang dimuseum ini" Lalu bapak itu membawa saya ke salah satu kotak tempat beberapa keris dipamerkan, lalu beliau mengatakan, "ini keris yang paling tua, ini diperkirakan dibuat pada jaman sebelum kerajaan Singosari" "pada waktu itu para pembuat keris belum mengenal cara mencampur besi untuk membentuk pamor (motif)" "ini bentuk awal daripada keris, masih sederhana, dan kemudian berkembang menjadi seperti sekarang ini" Ketika saya bertanya mana keris yang paling mahal, beliau pun mengajak saya kembali ke bagian tengah, dan mengatakan "ini semua keris yang mahal, semua keris-keris ini ditaksir harganya antara 3 - 15 milyar" Mendengar itu, gak ada komentar yang keluar dari mulut saya, cuman decak kagum yang ada. Obrolan santai pun terus berlanjut, kebetulan lantai 4 sudah agak sepi, sebelumnya rame dengan rombongan anak-anak SD. :). Sang bapak menjelaskan apapun yang saya tanyakan, baik itu soal keris maupun tentang Museum nya sendiri. Beliau pun sempat memperlihatkan foto nya ketika mendampingi pak Jokowi ketika pembukaan 9 Agustus yang lalu. Dan saya bener-bener bodoh gak nanya siapa namanya. Penasaran dengan koleksi-koleksi keris dari Museum Keris Nusantara? atau hobi dengan keris? Atau pengen dateng ke tempat Wisata yang sedikit berbeda waktu berkunjung ke Solo. Monggo, mampir ke Museum Keris Nusantara. :) foto-foto laen :)
  3. Gak Jelas Cara Gunain Forum ?

    oo.. kirain ada beda-nya kalau fieldtrip khusus untuk yg begini, yg subforum perdaerah tergantung lokasinya atau gimana gitu.. ternyata bebas2 aja ya? hehe hmm enaknya dimana ya bikin nya? he
  4. Gak Jelas Cara Gunain Forum ?

    selamat dini hari.. he saya agak sedikit bingung nih.. kalau kita mau post atau nulis cerita tentang jalan2... bagusnya dimana? di forum ada kategori, backpacking, fieldtrip sama sub kategori per daerah... bingung mau bikinnya dimana.. trus ada juga Blog.. itu bedanya apa ya ?
  5. Salam Kenal dari Lampung

    salam kenal @nilasari03. saya juga dari lampung walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di sekayu sama pamulang.. :)
  6. Enjoying Seoul Market

    iya, Alhamdulillah.. walaupun pertama tapi sukses.. :)
  7. tanggal 11 agustus sudah mulai nih pekan pertama FPL...
  8. oo.. mantablah pos nya sampe 8 ? pos yg ada pondokan nya pos berapa ? saya lupa..jalur ini bukan ya? he
  9. iya nanti coba saya post, tapi sebelumnya saya mau cicil blog dulu.. he
  10. wah... gunung slamet.. sendirian mas ?
  11. dicoba om @deffa sekali2... tapi saya juga kesana terakhir taun 2006 pasca gempa jogja.. haha gak tau deh kyk apa sekarang
  12. Salam kenal dari perancis

    wah... lebih dekat ke Barcelona dari pada ke Paris ya ? makanya neymar pindah dari Barca ke PSG ya... lho??!
  13. atau coba turun tebing..buat menikmati secangkir teh di mulut goa langse... he
  14. daejeon itu di sebelah selatan seoul... kurang lebih 2-3 jam kalau naek bis.. he iya, saya pengen juga nulis field report walaupun tempat2 yg saya datengin pasti temen2 disini sudah pada pernah he
  15. ya jadinya 2 minggu disana... tapi di seoul 3 hari, busan 3 hari.. sisanya dihabisin di daejeon.. he