Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda

gung

Members
  • Content Count

    521
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

Reputation Activity

  1. Like
    gung got a reaction from Jalan2 for a blog entry, tengah malam.. nekat menyusuri Balai Yasa Pengok [Jogja]   
    Demi mengejar impian kuliah di UGM (namun akhirnya gagal juga)
    selesai ujian Ebtanas saya langsung berangkat ke Jogja & langsung
    nge'kos di depan SD Muhammadiyah Sapen. FYI..daerah sapen ternyata 
    lebih dekat dgn UIN & jauh banget dr kampus UGM, saya sendiri juga 
    bingung kenapa tiba2 saya bisa nge'kos disitu, mestinya saya cari 
    kos di daerah Sagan.

    Nah... biasanya saya turun dr Matarmaja di stasiun Lempuyangan, 
    langsung jalan kaki lewat Pengkid (Pengok Kidul) krn disini padat 
    penduduk & jalannya terang benderang (di malam hari), itu yg bikin 
    saya merasa aman tanpa kekhawatiran, meskipun jaraknya lebih jauh.

    Sebenarnya ada jalan yg lebih dekat dr Lempuyangan menuju tempat
    kos, yaitu melintasi jl Kusbini di sebelah utara Balai Yasa. Kalo 
    siang hari, jalanan ini sangat teduh krn banyak pohon2 kenari yg 
    menghalangi sinar matahari. Tapi.. kalo malam.. jalan ini sangat 
    sepi, nyaris gak ada aktifitas warga. Apalagi banyak kisah misteri 
    (di Balai Yasa) & penampakan hantu (di antara pohon & rmh2 kuno 
    peninggalan Belanda) membuat jalan ini semakin sunyi senyap.

    FYI.. Balai Yasa adalah bengkel kereta api yg dibangun sejak jaman 
    Nederland Indische. Lokomotif yg mengalami kecelakaan pasti dibawa 
    kemari utk diperbaiki, biar layak jalan utk menjalankan tugasnya
    lagi. Dan seperti yg sering sampean lihat di tv... yg namanya tabrakan 
    kereta pasti ada korban jiwa & (konon katanya) arwah para korban 
    itupun ikut bersama lokomotif yg dibawa kemari.

    Malam itu (jam 11.30) saya tiba di stasiun Lempuyangan & harus 
    buru2 istirahat di kos krn besok ada try-out UMPTN. Saya nekat
    lewat Jl.Kusbini dgn perasaan was2. Logika saya terus berusaha
    meyakinkan diri kalo saya gak boleh takut, krn manusia derajatnya
    lebih tinggi drpd hantu, mereka gak akan bisa menyakiti manusia
    kecuali manusianya sendiri yg ceroboh.

    Tapi semakin jauh langkah, saya semakin gelisah. Perasaan hati
    terus bertentangan dgn logika, meskipun yakin kalo hantu gak bisa
    menyakiti manusia, tapi yg namanya penampakan pasti bikin kaget,
    kalo mukanya serem pasti bikin merinding. Disaat internal-conflict
    seperti itu tiba2 dari arah depan ada motor dgn sinar lampu yg
    menyilaukan mata diringi suara memanggil2 nama saya gung...agung..

    Hah...sumpah saya kaget beneran, kok..dia tau nama saya. 
    Jangan2... dia itu hantu tukang ojek ??

    Syukurlah...ternyata si Icang (teman kos) lagi keliling nyari warnet 
    yg masih buka, ya begitulah.. jaman segitu banyak mahasiswa jones yg
    kecanduan MIRC. Untungnya dia berbaik hati mau membonceng saya ke
    tempat kos, tapi apesnya...baru beberapa meter jalan, saya disuruh
    turun gara2 ada "ciblek" lagi jalan sendirian.

    bloodyhell...berani2nya kamu ninggalin teman demi kupu2 malam.

    Dengan perasaan jengkel akhirnya saya teruskan jalan kaki sampe
    tempat kos sambil "misuh2" dalam hati. Untung saja, emosi saya
    langsung mereda begitu badan ini rebahan diatas kasur. Ahh...
    semoga malam ini tidur nyeyak tanpa mimpi buruk. Tapi... belum
    1 jam terlelap, pintu kamar saya digedor2. What the hell.. lagi2
    si Icang bikin kaget aja. Loh.. eh.. wajahnya kok.. pucat ???

    Dgn nafas terengah2 Icang bercerita.. gadis yang baru dia kenal
    tadi minta diantar pulang, sampai rumahnya ternyata ramai banget,
    banyak warga berkerumun di rumah itu. Nah.. ketika Icang mau 
    bertanya sm gadis itu, anehnya gadis itu sdh gak ada di belakang 
    motornya.

    Akhirnya Icang turun dr motor & bertanya pd warga. Mereka bercerita
    kalo para warga datang utk melayat seorang gadis yg tewas dgn luka 
    bacokan di punggungnya & motornya dibawa kabur perampok. Lokasi
    TKP di jl. Kusbini depan Balai Yasa Pengok. Nama gadis itu persis
    sama dgn nama gadis yg baru saja dibonceng sm Icang.

  2. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, tengah malam.. nekat menyusuri Balai Yasa Pengok [Jogja]   
    Demi mengejar impian kuliah di UGM (namun akhirnya gagal juga)
    selesai ujian Ebtanas saya langsung berangkat ke Jogja & langsung
    nge'kos di depan SD Muhammadiyah Sapen. FYI..daerah sapen ternyata 
    lebih dekat dgn UIN & jauh banget dr kampus UGM, saya sendiri juga 
    bingung kenapa tiba2 saya bisa nge'kos disitu, mestinya saya cari 
    kos di daerah Sagan.

    Nah... biasanya saya turun dr Matarmaja di stasiun Lempuyangan, 
    langsung jalan kaki lewat Pengkid (Pengok Kidul) krn disini padat 
    penduduk & jalannya terang benderang (di malam hari), itu yg bikin 
    saya merasa aman tanpa kekhawatiran, meskipun jaraknya lebih jauh.

    Sebenarnya ada jalan yg lebih dekat dr Lempuyangan menuju tempat
    kos, yaitu melintasi jl Kusbini di sebelah utara Balai Yasa. Kalo 
    siang hari, jalanan ini sangat teduh krn banyak pohon2 kenari yg 
    menghalangi sinar matahari. Tapi.. kalo malam.. jalan ini sangat 
    sepi, nyaris gak ada aktifitas warga. Apalagi banyak kisah misteri 
    (di Balai Yasa) & penampakan hantu (di antara pohon & rmh2 kuno 
    peninggalan Belanda) membuat jalan ini semakin sunyi senyap.

    FYI.. Balai Yasa adalah bengkel kereta api yg dibangun sejak jaman 
    Nederland Indische. Lokomotif yg mengalami kecelakaan pasti dibawa 
    kemari utk diperbaiki, biar layak jalan utk menjalankan tugasnya
    lagi. Dan seperti yg sering sampean lihat di tv... yg namanya tabrakan 
    kereta pasti ada korban jiwa & (konon katanya) arwah para korban 
    itupun ikut bersama lokomotif yg dibawa kemari.

    Malam itu (jam 11.30) saya tiba di stasiun Lempuyangan & harus 
    buru2 istirahat di kos krn besok ada try-out UMPTN. Saya nekat
    lewat Jl.Kusbini dgn perasaan was2. Logika saya terus berusaha
    meyakinkan diri kalo saya gak boleh takut, krn manusia derajatnya
    lebih tinggi drpd hantu, mereka gak akan bisa menyakiti manusia
    kecuali manusianya sendiri yg ceroboh.

    Tapi semakin jauh langkah, saya semakin gelisah. Perasaan hati
    terus bertentangan dgn logika, meskipun yakin kalo hantu gak bisa
    menyakiti manusia, tapi yg namanya penampakan pasti bikin kaget,
    kalo mukanya serem pasti bikin merinding. Disaat internal-conflict
    seperti itu tiba2 dari arah depan ada motor dgn sinar lampu yg
    menyilaukan mata diringi suara memanggil2 nama saya gung...agung..

    Hah...sumpah saya kaget beneran, kok..dia tau nama saya. 
    Jangan2... dia itu hantu tukang ojek ??

    Syukurlah...ternyata si Icang (teman kos) lagi keliling nyari warnet 
    yg masih buka, ya begitulah.. jaman segitu banyak mahasiswa jones yg
    kecanduan MIRC. Untungnya dia berbaik hati mau membonceng saya ke
    tempat kos, tapi apesnya...baru beberapa meter jalan, saya disuruh
    turun gara2 ada "ciblek" lagi jalan sendirian.

    bloodyhell...berani2nya kamu ninggalin teman demi kupu2 malam.

    Dengan perasaan jengkel akhirnya saya teruskan jalan kaki sampe
    tempat kos sambil "misuh2" dalam hati. Untung saja, emosi saya
    langsung mereda begitu badan ini rebahan diatas kasur. Ahh...
    semoga malam ini tidur nyeyak tanpa mimpi buruk. Tapi... belum
    1 jam terlelap, pintu kamar saya digedor2. What the hell.. lagi2
    si Icang bikin kaget aja. Loh.. eh.. wajahnya kok.. pucat ???

    Dgn nafas terengah2 Icang bercerita.. gadis yang baru dia kenal
    tadi minta diantar pulang, sampai rumahnya ternyata ramai banget,
    banyak warga berkerumun di rumah itu. Nah.. ketika Icang mau 
    bertanya sm gadis itu, anehnya gadis itu sdh gak ada di belakang 
    motornya.

    Akhirnya Icang turun dr motor & bertanya pd warga. Mereka bercerita
    kalo para warga datang utk melayat seorang gadis yg tewas dgn luka 
    bacokan di punggungnya & motornya dibawa kabur perampok. Lokasi
    TKP di jl. Kusbini depan Balai Yasa Pengok. Nama gadis itu persis
    sama dgn nama gadis yg baru saja dibonceng sm Icang.

  3. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, the adventure of sandal jepit   
    Ada apa dgn sepasang sandal jepit?? gak ada istimewanya sih.. krn 
    semua orang pasti punya & semua orang pasti tau kalo sandal itu 
    adalah alas kaki yg terbuka, bisa menyebabkan pemakainya terluka, 
    memar, terkilir, terpeleset, digigit serangga, & kotoran pun... 
    gampang nempel ke kaki. 
    Meskipun banyak kelemahan dibanding sepatu, anehnya banyak traveler 
    yg memilih sandal jepit buat dipake jalan2. Apalagi di pantai, 
    sepasang sepatu kalo kemasukan pasir pasti gak nyaman buat jalan2.
    Jalan2 menyusuri pematang sawah terasiring paling nyaman juga pake 
    sandal jepit. Kaki kotor & belepotan lumpur.. gak masalah, sekali 
    nyemplung ke air sungai, kaki & sandal langsung bersih kembali. 
    Bayangin kalo sepatu sampean belepotan lumpur, harus dicuci dulu 
    biar bersih & butuh waktu lama buat menjemurnya.
    Bagaimana dgn sampean? sampean juga suka pake sandal jepit kan..?
    Banyak juga para pendaki yg nanjak pake sepatu tapi tetep bawa
    sandal jepit di dlm ranselnya. Gak sedikit pula flashpacker yg 
    beli sandal jepit gara2 di hotel gak disediakan sandal. 
    Meskipun sandal jepit gak memberikan kebanggaan buat pemakainya 
    & gak membuat kita menyesal kalo kehilangan, tapi... kita butuh 
    sandal jepit. Bahkan kita juga kesel & uring2an kalo 1 sandal 
    (kiri/kanan) ditendang/dilempar/disembunyikan sm teman2 yg suka 
    iseng ngerjain orang.

    Tahukah sampean.. tanpa kita sadari.. ternyata banyak pelajaran
    hidup yg datang dr sesuatu yg sepele, sesuatu yg (kita anggap)
    gak penting. JANGAN PERNAH MEREMEHKAN sesuatu yg kelihatannya 
    gak penting. Contohnya sandal jepit, meskipun gak fashionable & 
    murahan, tapi kita sangat membutuhkannya.
    Mungkin sampean pernah merasa "terganggu" sm pengamen & pengemis
    di lampu merah, saya juga merasakan itu. Tapi jangan pernah
    merendahkan mereka, bisa jadi.. 10 detik kemudian ada peristiwa
    tabrakan beruntun yg menyebabkab tubuh sampean babak belur &
    pengamen itulah yg pertama kali menolong sampean. Bukan keluarga
    di rumah, bukan saudara di kampung, bukan teman di kantor, tapi
    pengamen itulah superhero yg menyelamatkan sampean.
    Gak bisa dipungkiri... ternyata sandal jepit juga memberikan rasa 
    nyaman. Semahal & sebagus apapun sepatu yg sampean pake, tetap 
    saja saja sampean merasa lebih nyaman pake sandal jepit. Bukankah 
    kita semua butuh kenyamanan?? nyaman di tempat kerja, nyaman di 
    perjalanan, nyaman di rumah, juga rasa nyaman di hati bersama 
    pasangan. 
    Seseorang yg terlihat mempesona & elagan di mata sampean ternyata
    gak bikin sampean bahagia. Lebih banyak sakit hatinya (bahagia
    cuma di awal saja) selama menjalin hubungan dengannya. Justru...
    sampean merasa NYAMAN bersama seseorang yg penampilannya dibawah
    standar pacar idaman. Sampean bisa jadi diri sendiri & gak jaim,
    gak perlu pura2 krn semua berjalan normal tanpa drama sandiwara.
    Sandal oh... sandal... i never thought you so special. Meskipun 
    sandal gak pernah kita pake ke tempat yg terhormat di rektorat 
    kampus, tempat kerja & resepsi pernikahan. Bahkan sering kali 
    kita pake ke tempat yg kotor, becek & menjijikkan, tapi... 
    pernahkah sampean menyadari kalo sandal jelek itulah yg mengantar 
    kita ke rumah Alloh ??
    Meskipun sampean berangkat ke sholat jum'at pake sepatu, sampe
    lokasi pastinya sampean lepas sepatu & pinjam sandal orang buat
    ambil air wudhu. Bahkan saat lebaran banyak orang memakai busana
    terbaik yg mereka punya, tapi gak satupun orang yg pake sepatu,
    hanya sandal yg mengantar mereka menuju jalan surga.
  4. Like
    gung got a reaction from dhiedhut for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  5. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, [kismis] resep "rahasia" nikmatnya kuah bakso   
    Sabtu itu (4 april 2015) saya bersama kakak (sepupu) berboncengan motor 
    menuju Caruban utk melayat sodara yg meninggal dunia. Selepas magrib, 
    saya & kakak memacu motor utk pulang ke Pasuruan. Memasuki hutan Saradan 
    saya melihat sosok putih berambut panjang duduk di warung yg sepi. Kakak 
    juga melihat penampakan yg sama di warung yg lain.
    Saya sempatkan utk menghentikan laju motor utk mengamati lebih teliti 
    penampakan itu, loh... kakinya menapak tanah. Lalu saya berbincang dgn 
    rombongan biker CB & GL yg sdg istirahat dlm perjalanan touring menuju 
    Parang Tritis.
    Saya : sa'iki Saradan rame... akeh sing anyar
    Biker : dudu' anyar mas... tapi pindahan...
    Saya : opo pindahan teko Doly ?
    Biker : yo mas... teko Semampir yo.. pindah rene
    Saya : Kedung Banteng wis ditutup paling yo.. pindah rene kabeh
    Baiklah... kita lanjutkan perjalanan. Masuk perbatasan Nganjuk disambut 
    dengan gerhana bulan yg perlahan2 dimakan Bethoro Kolo. Masuk wilayah 
    Bagor (Nganjuk) tepatnya di jalan yg diapit kuburan (selatan jalan) dan 
    sungai (utara jalan), ada kijang LGX menyalip motor saya. Wajar donk.. 
    kalo mobil lebih kencang dr motor, tapi sangat tidak wajar kalo ada bocah 
    laki2 mengejar mobil itu, apalagi kakinya melayang tidak menapak tanah.
    Penampakan itu sengaja tidak saya ceritakan pada kakak ipar. 
    Masuk kota Nganjuk saya berniat beli minum di Indongarep, ternyata saya 
    bertemu lagi dengan mobil itu. Saya baru datang, sedang mobil itu bersama 
    para penumpangnya bersiap utk melanjutkan perjalanan. Saya bergegas 
    menghapiri sopir dan menceritakan apa yg terjadi di kuburan Bagor tadi. 
    Sontak... ibu2 di dlm mobil mendadak panik mendengar cerita saya
    Sopir mengakui tarikan mobilnya terasa lebih berat, padahal sebelumnya 
    mobil ini enak buat bermanuver. Kemudian ibu2 bersahutan berebut cerita 
    kalo beberapa kali mobilnya serasa dilempar batu besar di samping kiri, 
    kanan, atas dan belakang.
    Setelah sopir berpamitan, saya berpesan utk hati2 di jalan, kalo ada yg 
    aneh2...segera parkir di Masjid, ambil air wudhu, sholat & baca al-qur'an.
    Selesai melepas dahaga, kami lanjutkan perjalanan. Masuk Jombang saya 
    berniat mencicipi bakso yg ada di tikungan jalan miring sebelum masuk 
    pusat kota Jombang. Depot bakso yg punya banyak cabang di Jombang, 
    Kediri, Mojokerto. Katanya... ini bakso paling lezat & tak pernah sepi 
    pengunjung.

    Setelah parkir motor, kakak langsung bergegas masuk depot, mungkin dia 
    gak kuasa menahan lapar. Baru beberapa langkah kaki, saya urungkan niat 
    utk makan bakso. Kakak heran melihat tingkah laku saya & memaksa saya 
    utk segera pesan bakso.
    Kita makan soto saja, begitulah yg saya katakan pd kakak. Lalu saya 
    bonceng kakak mencari warung soto. 
    Sampai di warung soto daging (belakang pasar Legi) saya bercerita pada 
    kakak tentang penampakan nenek tua jelek yg nongkrong di atas dandang 
    bakso dgn lidah menjulur. Air liurnya terus menerus menetes ke dandang 
    bakso & pelayan menyajikan pd konsumen dgn kuah bakso dari dandang itu.
     
  6. Like
    gung got a reaction from kyosash for a blog entry, [kismis] resep "rahasia" nikmatnya kuah bakso   
    Sabtu itu (4 april 2015) saya bersama kakak (sepupu) berboncengan motor 
    menuju Caruban utk melayat sodara yg meninggal dunia. Selepas magrib, 
    saya & kakak memacu motor utk pulang ke Pasuruan. Memasuki hutan Saradan 
    saya melihat sosok putih berambut panjang duduk di warung yg sepi. Kakak 
    juga melihat penampakan yg sama di warung yg lain.
    Saya sempatkan utk menghentikan laju motor utk mengamati lebih teliti 
    penampakan itu, loh... kakinya menapak tanah. Lalu saya berbincang dgn 
    rombongan biker CB & GL yg sdg istirahat dlm perjalanan touring menuju 
    Parang Tritis.
    Saya : sa'iki Saradan rame... akeh sing anyar
    Biker : dudu' anyar mas... tapi pindahan...
    Saya : opo pindahan teko Doly ?
    Biker : yo mas... teko Semampir yo.. pindah rene
    Saya : Kedung Banteng wis ditutup paling yo.. pindah rene kabeh
    Baiklah... kita lanjutkan perjalanan. Masuk perbatasan Nganjuk disambut 
    dengan gerhana bulan yg perlahan2 dimakan Bethoro Kolo. Masuk wilayah 
    Bagor (Nganjuk) tepatnya di jalan yg diapit kuburan (selatan jalan) dan 
    sungai (utara jalan), ada kijang LGX menyalip motor saya. Wajar donk.. 
    kalo mobil lebih kencang dr motor, tapi sangat tidak wajar kalo ada bocah 
    laki2 mengejar mobil itu, apalagi kakinya melayang tidak menapak tanah.
    Penampakan itu sengaja tidak saya ceritakan pada kakak ipar. 
    Masuk kota Nganjuk saya berniat beli minum di Indongarep, ternyata saya 
    bertemu lagi dengan mobil itu. Saya baru datang, sedang mobil itu bersama 
    para penumpangnya bersiap utk melanjutkan perjalanan. Saya bergegas 
    menghapiri sopir dan menceritakan apa yg terjadi di kuburan Bagor tadi. 
    Sontak... ibu2 di dlm mobil mendadak panik mendengar cerita saya
    Sopir mengakui tarikan mobilnya terasa lebih berat, padahal sebelumnya 
    mobil ini enak buat bermanuver. Kemudian ibu2 bersahutan berebut cerita 
    kalo beberapa kali mobilnya serasa dilempar batu besar di samping kiri, 
    kanan, atas dan belakang.
    Setelah sopir berpamitan, saya berpesan utk hati2 di jalan, kalo ada yg 
    aneh2...segera parkir di Masjid, ambil air wudhu, sholat & baca al-qur'an.
    Selesai melepas dahaga, kami lanjutkan perjalanan. Masuk Jombang saya 
    berniat mencicipi bakso yg ada di tikungan jalan miring sebelum masuk 
    pusat kota Jombang. Depot bakso yg punya banyak cabang di Jombang, 
    Kediri, Mojokerto. Katanya... ini bakso paling lezat & tak pernah sepi 
    pengunjung.

    Setelah parkir motor, kakak langsung bergegas masuk depot, mungkin dia 
    gak kuasa menahan lapar. Baru beberapa langkah kaki, saya urungkan niat 
    utk makan bakso. Kakak heran melihat tingkah laku saya & memaksa saya 
    utk segera pesan bakso.
    Kita makan soto saja, begitulah yg saya katakan pd kakak. Lalu saya 
    bonceng kakak mencari warung soto. 
    Sampai di warung soto daging (belakang pasar Legi) saya bercerita pada 
    kakak tentang penampakan nenek tua jelek yg nongkrong di atas dandang 
    bakso dgn lidah menjulur. Air liurnya terus menerus menetes ke dandang 
    bakso & pelayan menyajikan pd konsumen dgn kuah bakso dari dandang itu.
     
  7. Like
    gung got a reaction from Jalan2 for a blog entry, [scary stories] air terjun dolo (Kediri)   
    Di bawah terik mentari menjelang lengsernya Soeharto dr kursi 
    RI-1, Kukuh mengajak saya jalan2 ke air terjun Dolo. Meskipun 
    dia bukan teman 1 sekolah & bukan tetangga rumah, tapi kita 
    punya kesamaan hobi berkelana sambil gowes sepeda. 
    Kalo saya pikir2, rasanya saya gak sanggup gowes di jalanan 
    yg terus menanjak menuju kesana, jadi Kukuh membonceng saya 
    dgn CB125 punya bapaknya. Perlahan tapi pasti semua tanjakan 
    kita lewati & sore hari sampailah kita di lokasi.

    Menjelang malam kita sepakat utk segera pulang, apalagi rasa 
    lapar semakin tak tertahan, uang saku kita hanya cukup utk 
    bensin sekali jalan. Lagipula di kawasan hutan gak ada lampu
    penerang jalan. Terlalu riskan utk menyusuri jalan curam di
    kegelapan dgn mengandalkan 1 bohlam lampu di depan.
    Tiba2...det..det..det...mesin motor mbrebet & akhirnya mati.
    Sayangnya kita gak punya handphone buat telpon 911, mirisnya
    lagi kita gak punya tool-kit buat buka busi & stel karburator.
    Akhirnya kita silih berganti "mancal" kick-starter tapi tetap
    gak ada reaksi. Yowislah...kita dorong saja motornya.
    Baru beberapa meter kita berjalan, terdengar suara derap kaki
    orang2 yg berbaris brak..brak..brak.. Kukuh menghentikan 
    langkah & menoleh pd saya. Mungkin itu suara barisan tentara,
    lalu saya bercerita tentang tentara yg berlatih survival di
    hutan belantara.
    Suara derap kaki semakin keras, rasanya barisan serdadu itu
    semakin dekat dgn kita. Kukuh masih tetap tak bersuara, lalu
    saya bilang kalo kita bisa minta tolong anggota tentara utk 
    menghidupkan mesin motor ini. 
    Kukuh masih terdiam & mulai melihat2 lingkungan sekitar dgn 
    tatapan waspada. Kemudian dia jongkok disamping motor, saya
    mulai memahami isyaratnya & ikutan jongkok juga.
    Samar2 mulai terlihat barisan tentara menuju ke arah kita,
    semakin dekat semakin jelas. Dr seragamnya sdh pasti mereka
    bukan prajurit TNI. Seragam berwarna krem dgn celana beigi
    di masukkan ke dlm sepatu boot seperti penjajah Jepang.
    Sepertinya gak ada yg membawa pedang katana, mungkin saja 
    mereka para pejuang PETA tapi... eh... mana kepalanya ??

    Jantung mulai berdegup kencang, hati semakin cemas gak karuan.
    Pikiran saya berkecamuk.. apa jadinya kalo kita tertangkap
    pasukan tentara tanpa kepala ??

    Saya melihat tangan & kaki Kukuh mulai bergetar,tapi matanya 
    tetap waspada. Saya sdh bersiap utk lari mencari tempat 
    sembunyi tapi lutut saya lemes gak mampu berdiri.

    Setiap do'a yg saya ucapkan selalu terputus sebelum saya 
    menyelesaikannya. Suara derap kaki tentara semakin keras 
    menggema di telinga saya. Kukuh sempat menoleh pada saya
    & mengucapkan sesuatu, tapi saya gak bisa mendengar kata2
    yg keluar dr mulutnya.
    Posisi kita yg berada di ujung tikungan jalan, membuat kita
    semakin terpojok & terperangkap dlm situasi yg semakin 
    mencekam. Mereka terus berjalan lurus ke arah kita, tetap
    lurus, langsung menuju ke jurang di belakang kita, & satu
    persatu tentara tanpa kepala itu terjun ke jurang.

    Segera setelah pasukan itu hilang, hap.. Kukuh langsung
    melompat ke atas motor & ajaib... mesin motor langsung
    menyala hanya dgn sekali injak kick-starter. Tanpa pikir
    panjang, saya langsung duduk di boncengan & kita kaburrr...
    sepanjang perjalanan pulang kita saling menertawakan diri
    masing2 krn ternyata Kukuh berusaha sok berani biar gak
    malu sm saya. Lucunya, saya juga berusaha tenang biar gak
    ketahuan kalo sebenarnya saya sangat panik.
  8. Like
    gung got a reaction from HarrisWang for a blog entry, local music videos that will inspire you to travel   
    Musik serasa jadi bagian yg tak terpisahkan dr sebuah perjalanan
    wisata. Suasana membosankan di dlm tranpostasi bisa berubah jadi
    mengasikkan kalo kita dengerin lagu2 favorit pake earphone. Lebih
    asik lagi kalo ada TV (dlm pesawat, kereta, bus, mobil, angkot) 
    yg menampilkan video-clip lagu2 dgn tema liburan. 
    Nah...kali ini saya share beberapa video lagu2 Indo yg bertema
    liburan. Semoga video2 ini bisa menginspirasi kalian yg masih
    terjebak di suasana kantor yg membosankan.

    Di urutan pertama saya suka video dr RAN yg mengambil lokasi
    shooting di pantai Ciputih, Taman Nasional Ujung Kulon, Saya 
    yakin sampean semua juga suka lagu ini.

    Nomer dua, yg ini lagu wajib anak2 ngetrip Tulungagung hahahaha...
    hai Tifani...yuk jalan2...hahaha.. Anyway, sampean pasti pengen
    jalan2 ke Pangandaran kalo nonton video-clip dr Ello ini.

    Yg satu ini band punya kang momod forum Jalan2.com. Well...kalo
    saya perhatikan, ketukan drum gak ada ciri Reggae, malahan Ska 
    banget hehehe... @deffa pasti gak setuju sm pendapat saya.

    Berikutnya ada video-clip dr Budi Doremi dgn suasana liburan di
    Pulau Komodo, Pulau Kalong, Pulau Kanawa, Labuhan Bajo, Tanjungan, 
    dan Gili Air. No comment lah...mupeng pengen jalan2 kesana, mupeng
    sm bule2nya juga hahaha... kalo lihat NatGeo-Adventure di NTT & 
    NTB banyak bule2 yg masih muda & cantik. 
    Judika juga punya video "sampai kau jadi milikku" dgn suasana 
    resort pantai & video "sampai akhir" dgn suasana Bromo, tapi 
    saya rasa baju & sepatu yg dipake Judika gak cocok dgn suasana 
    liburan. Btw... Judika gak pernah pake sneakers ya..??
    Sebenarnya masih ada beberapa video lagu2 Indo dgn suasana piknik,
    kalo sampean punya favorit yg lain (selain list lagu diatas)
    monggo silahkan sahre dimari.. lagu Indo lho ya.. bukan lagu barat.
  9. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, menteri Susi : inilah kawasan konservasi terbersih di Indonesia   
    Gak banyak yg tau & gak ada blow-up di media (bahkan media tempat
    kerja @Ivonnaf), ternyata.. tgl 11 Desember 2015 desa Tambakrejo 
    (Sumbermanjing-Malang) dpt piala juara 1 Adibakti Mina Bahari dr 
    menteri kelautan & perikanan atas usahanya menjaga kebersihan & 
    kelestarian hayati di 8 pantai. Pantai Clungup dan Gatra (kawasan 
    konservasi bakau), Pantai Bangsong dan Teluk Asmoro (konservasi 
    penyu), serta Pantai Savana, Mini, Watu Pecah, dan Tiga Warna 
    (konservasi terumbu karang).
    Sebuah prestasi membanggakan yg patut ditiru sm pengelola kawasan 
    konservasi lainnya (gunung, pulau, pantai, danau, taman nasional, 
    geopark) biar keindahan alam gak tercemar sm sampah yg dibuang 
    wisatawan.
      
    Nah.. berawal dr kejengkelan saya (juga sampean) sm sampah di tempat 
    wisata alam, saya penasaran utk mencari tau & mempelajari gimana cara 
    mereka menjaga kebersihan & kelestarian 68 pantai itu.
    1. memberdayakan kelompok masyarakat
    Hampir semua kawasan konservasi di negeri ini di kelola oleh BKSDA,
    Taman Nasional, Perhutani & lembaga lain dibawah menteri kehutanan
    & lingkungan hidup. Tau sendiri kan... bagaimana mental pegawai 
    pemerintahan di negara ini, biaya (pungli) Simaksi yg sampean bayarkan
    gak dikelola utk menjaga kebersihan & kelestarian alam.
    Nah...di desa Tambakrejo (tahun 2012) masyarakat secara swadaya 
    membentuk yayasan Bhakti Alam Sendang Biru (BASB) yg beranggotakan 
    para sukarelawan yg peduli dgn kebersihan & kelestarian pantai2 di 
    pesisir selatan. Meskipun mereka digaji secara sukarela (dari jasa
    guide, parkir & rental peralatan snorkling) tapi integritas mereka 
    jauh lebih baik daripada PNS.

    2. membawa sampah kembali
    Kalo sampean berkunjung ke area konservasi di desa Tambakrejo ini pasti 
    sampean gak akan melihat sampah bertebaran, yg ada malah tong-sampah 
    yg bertebaran dimana2. Tapi sampean jangan sesuka hati membuang sampah 
    di tong-sampah lho..sebaiknya sampah sampean bawa sendiri.
    Mu*yati : aya2 wae si akang teh... 
              masa' gak boleh buang sampah di tempatnya ??
              tempat sampah itu kan.. gunanya utk buang sampah..
    FYI.. di pos pertama pengunjung dibuatkan check-list barang & sampah, 
    disini barang bawaan wisatawan akan diperiksa petugas. Barang2 yg 
    berpotensi menjadi sampah akan dicatat dlm chek-list, nanti waktu 
    pulang dr pantai petugas akan memeriksa kembali barang2 sampean. Kalo 
    sampean gak membawa kembali sampah sampean sendiri (sesuai check-list) 
    tentu saja ketauan petugas & pasti kena denda.
      
    3. money for mangrove
    Di kawasan konservasi lainnya, sampean gak pernah tau uang (tiket & 
    perijinan) yg sampean bayarkan dikelola utk apa. Sedangkan di sini 
    uang tiket & denda sampah digunakan utk konservasi pesisir pantai dgn 
    menanam bibit2 mangrove. Di awal dibukanya wisata konservasi (tahun 
    2014) setiap pengunjung mendapatkan 1 bibit mangrove utk ditanam, 
    tapi kini jumlah wisatawan jauh lebih banyak daripada ketersediaan 
    bibit, jadi... gak tiap hari ada penanaman bibit mangrove. 
    Tapi BASD tetap berkomitmen utk terus menanam mangrove. Kalo sampean 
    ikhlas mendonasikan uang, pasti dikelola utk mangrove, bukan utk 
    keperluan yg lain. Krn disini gak ada retribusi yg disetor ke pejabat 
    Kabupaten, juga gak ada upeti utk pemerintah pusat.

    4. membatasi jumlah pengunjung
    Khusus utk pantai Tiga Warna, jumlah wisatawan hanya dibatasi 100 
    orang per hari & sampean gak bisa mendadak datang kemari tanpa
    reservasi lebih dulu. Jauh2 hari sebelumnya sampean mesti booking
    di 082132677713 & 081233339889, kalo telpon & sms gak dibalas...
    langsung saja kirim PM ke admin di facebook 
    Saat kita berkunjung ke rumah orang, kita mesti menjunjung tinggi
    sopan santun utk menghormati tuan rumah. Kita gak boleh bertingkah
    seenaknya seperti di rumah sendiri. Bahkan.. kalo tuan rumah menutup 
    pintu & gak mengijinkan masuk, kita juga gak boleh memaksa.

    Begitu juga tata krama di sini, kita mesti mematuhi tata tertib yg 
    ditetapkan di kawasan konservasi ini. Meskipun sampean seorang 
    produser acara TV paling populer di bumi nusantara, sampean gak 
    bisa memaksa masuk & membatalkan kunjungan wisatawan lain yg sdh 
    booking duluan.
      
    5. wisatawan wajib ditemani guide
    Pribumi di negeri ini punya bad-habit suka melangar aturan. Kalo gak
    ada guru, pasti nyontek teman. Kalo gak ada polisi, langsung nerobos
    lampu merah. Kalo gak ketauan, suka godain pacar orang. Kalo gak ada
    petugas, diam2 buang sampah sembarangan. Kalo gak ada toilet, cari 
    tempat sepi buat pipis.
    MU*yati : si akang teh kalo ngomong suka kebablasan
    Agung : lha..emangnya kenapa??   Sampean tersinggung ?
            kalo tersinggung itu tandanya sampean pribumi bukan ekspatriat
    Utk memastikan gak ada yg melanggar aturan makanya pihak BASB 
    mewajibkan pengunjung ditemani guide. Mulai Desember 2015 tarif 
    guide Rp.100.000 utk 10 orang, kalo sampean datang sendiri harus
    gabung group wisatawan lain buat share-cost.
    Gak hanya memandu para wisatawan, mereka juga sigap memungut sampah 
    & puntung rokok yg berserakan. Bahkan mereka gak hanya mengawasi 
    wisatawan yg lagi snorkling, mereka juga mengawasi arus laut yg
    membawa sampah dari pantai Goa Cina, kadang2 ada juga batang kayu
    yg terbawa arus dr pantai Sendang Biru. 

    Batang bambu yg dibawa guide itu bukan bumbung (tempat minum) legen,
    tapi buat asbak rokok.

    2 orang petugas stand-by disamping perahu dgn box-styrofoam yg putih 
    itu utk menampung sampah di laut.
    6. selamatkan terumbu karang dgn pelampung
    Setiap pengunjung yg pengen berenang di pantai Tiga Warna wajib pake
    pelampung (life-jacket), bukan hanya utk menjaga keselamatan wisatawan, 
    tapi juga menjaga keselamatan terumbu karang & biota laut lainnya. 
    Pihak BASD berusaha menjaga terumbu karang biar gak rusak terinjak2 
    kaki para wisatawan.
    Dgn memakai pelampung, sampean akan tetap mengambang di permukaan & 
    tentu saja gak bisa diving lebih dalam. Cukup dgn snorkling saja
    sampean bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa menyentuhnya & 
    jangan menginjaknya.

    7. melarang pembangunan warung, resort, hotel
    Sebelum masuk area Clungup Mangrove Conservation, sebaiknya sampean
    mempersiapkan logistik biar gak haus & lapar krn disini gak ada
    penjual makanan & minuman. Pihak BASD sengaja melarang pendirian 
    warung & resto yg berpotensi menambah sampah dr bungkus snack &
    botol minuman. Apalagi limbah dapur & sabun dpt mencemari perairan.
    Sebenarnya ada investor yg berminat membangun resort di kawasan ini,
    tapi Saptoyo (the founding father of BASD) menegaskan investor harus
    aktif menjaga kelestarian alam & memberdayakan masyarakat. Penduduk
    lokal jangan hanya menjadi kuli yg dipecat setelah proyek selesai.

    FYI.. sebenarnya sejak 1998 di desa Tambakrejo sdh ada Pokmaswas
    (Kelompok Masyarakat Pengawas) tapi vakum gak ada aksi nyata. Tahun
    2012, Saptoyo membentuk Pokmaswas Goal (Gatra Olah Alam Lestari) yg 
    akhirnya menjadi sebuah lembaga berbadan hukum yayasan Bhakti Alam 
    Sendang Biru.
  10. Like
    gung got a reaction from HarrisWang for a blog entry, menteri Susi : inilah kawasan konservasi terbersih di Indonesia   
    Gak banyak yg tau & gak ada blow-up di media (bahkan media tempat
    kerja @Ivonnaf), ternyata.. tgl 11 Desember 2015 desa Tambakrejo 
    (Sumbermanjing-Malang) dpt piala juara 1 Adibakti Mina Bahari dr 
    menteri kelautan & perikanan atas usahanya menjaga kebersihan & 
    kelestarian hayati di 8 pantai. Pantai Clungup dan Gatra (kawasan 
    konservasi bakau), Pantai Bangsong dan Teluk Asmoro (konservasi 
    penyu), serta Pantai Savana, Mini, Watu Pecah, dan Tiga Warna 
    (konservasi terumbu karang).
    Sebuah prestasi membanggakan yg patut ditiru sm pengelola kawasan 
    konservasi lainnya (gunung, pulau, pantai, danau, taman nasional, 
    geopark) biar keindahan alam gak tercemar sm sampah yg dibuang 
    wisatawan.
      
    Nah.. berawal dr kejengkelan saya (juga sampean) sm sampah di tempat 
    wisata alam, saya penasaran utk mencari tau & mempelajari gimana cara 
    mereka menjaga kebersihan & kelestarian 68 pantai itu.
    1. memberdayakan kelompok masyarakat
    Hampir semua kawasan konservasi di negeri ini di kelola oleh BKSDA,
    Taman Nasional, Perhutani & lembaga lain dibawah menteri kehutanan
    & lingkungan hidup. Tau sendiri kan... bagaimana mental pegawai 
    pemerintahan di negara ini, biaya (pungli) Simaksi yg sampean bayarkan
    gak dikelola utk menjaga kebersihan & kelestarian alam.
    Nah...di desa Tambakrejo (tahun 2012) masyarakat secara swadaya 
    membentuk yayasan Bhakti Alam Sendang Biru (BASB) yg beranggotakan 
    para sukarelawan yg peduli dgn kebersihan & kelestarian pantai2 di 
    pesisir selatan. Meskipun mereka digaji secara sukarela (dari jasa
    guide, parkir & rental peralatan snorkling) tapi integritas mereka 
    jauh lebih baik daripada PNS.

    2. membawa sampah kembali
    Kalo sampean berkunjung ke area konservasi di desa Tambakrejo ini pasti 
    sampean gak akan melihat sampah bertebaran, yg ada malah tong-sampah 
    yg bertebaran dimana2. Tapi sampean jangan sesuka hati membuang sampah 
    di tong-sampah lho..sebaiknya sampah sampean bawa sendiri.
    Mu*yati : aya2 wae si akang teh... 
              masa' gak boleh buang sampah di tempatnya ??
              tempat sampah itu kan.. gunanya utk buang sampah..
    FYI.. di pos pertama pengunjung dibuatkan check-list barang & sampah, 
    disini barang bawaan wisatawan akan diperiksa petugas. Barang2 yg 
    berpotensi menjadi sampah akan dicatat dlm chek-list, nanti waktu 
    pulang dr pantai petugas akan memeriksa kembali barang2 sampean. Kalo 
    sampean gak membawa kembali sampah sampean sendiri (sesuai check-list) 
    tentu saja ketauan petugas & pasti kena denda.
      
    3. money for mangrove
    Di kawasan konservasi lainnya, sampean gak pernah tau uang (tiket & 
    perijinan) yg sampean bayarkan dikelola utk apa. Sedangkan di sini 
    uang tiket & denda sampah digunakan utk konservasi pesisir pantai dgn 
    menanam bibit2 mangrove. Di awal dibukanya wisata konservasi (tahun 
    2014) setiap pengunjung mendapatkan 1 bibit mangrove utk ditanam, 
    tapi kini jumlah wisatawan jauh lebih banyak daripada ketersediaan 
    bibit, jadi... gak tiap hari ada penanaman bibit mangrove. 
    Tapi BASD tetap berkomitmen utk terus menanam mangrove. Kalo sampean 
    ikhlas mendonasikan uang, pasti dikelola utk mangrove, bukan utk 
    keperluan yg lain. Krn disini gak ada retribusi yg disetor ke pejabat 
    Kabupaten, juga gak ada upeti utk pemerintah pusat.

    4. membatasi jumlah pengunjung
    Khusus utk pantai Tiga Warna, jumlah wisatawan hanya dibatasi 100 
    orang per hari & sampean gak bisa mendadak datang kemari tanpa
    reservasi lebih dulu. Jauh2 hari sebelumnya sampean mesti booking
    di 082132677713 & 081233339889, kalo telpon & sms gak dibalas...
    langsung saja kirim PM ke admin di facebook 
    Saat kita berkunjung ke rumah orang, kita mesti menjunjung tinggi
    sopan santun utk menghormati tuan rumah. Kita gak boleh bertingkah
    seenaknya seperti di rumah sendiri. Bahkan.. kalo tuan rumah menutup 
    pintu & gak mengijinkan masuk, kita juga gak boleh memaksa.

    Begitu juga tata krama di sini, kita mesti mematuhi tata tertib yg 
    ditetapkan di kawasan konservasi ini. Meskipun sampean seorang 
    produser acara TV paling populer di bumi nusantara, sampean gak 
    bisa memaksa masuk & membatalkan kunjungan wisatawan lain yg sdh 
    booking duluan.
      
    5. wisatawan wajib ditemani guide
    Pribumi di negeri ini punya bad-habit suka melangar aturan. Kalo gak
    ada guru, pasti nyontek teman. Kalo gak ada polisi, langsung nerobos
    lampu merah. Kalo gak ketauan, suka godain pacar orang. Kalo gak ada
    petugas, diam2 buang sampah sembarangan. Kalo gak ada toilet, cari 
    tempat sepi buat pipis.
    MU*yati : si akang teh kalo ngomong suka kebablasan
    Agung : lha..emangnya kenapa??   Sampean tersinggung ?
            kalo tersinggung itu tandanya sampean pribumi bukan ekspatriat
    Utk memastikan gak ada yg melanggar aturan makanya pihak BASB 
    mewajibkan pengunjung ditemani guide. Mulai Desember 2015 tarif 
    guide Rp.100.000 utk 10 orang, kalo sampean datang sendiri harus
    gabung group wisatawan lain buat share-cost.
    Gak hanya memandu para wisatawan, mereka juga sigap memungut sampah 
    & puntung rokok yg berserakan. Bahkan mereka gak hanya mengawasi 
    wisatawan yg lagi snorkling, mereka juga mengawasi arus laut yg
    membawa sampah dari pantai Goa Cina, kadang2 ada juga batang kayu
    yg terbawa arus dr pantai Sendang Biru. 

    Batang bambu yg dibawa guide itu bukan bumbung (tempat minum) legen,
    tapi buat asbak rokok.

    2 orang petugas stand-by disamping perahu dgn box-styrofoam yg putih 
    itu utk menampung sampah di laut.
    6. selamatkan terumbu karang dgn pelampung
    Setiap pengunjung yg pengen berenang di pantai Tiga Warna wajib pake
    pelampung (life-jacket), bukan hanya utk menjaga keselamatan wisatawan, 
    tapi juga menjaga keselamatan terumbu karang & biota laut lainnya. 
    Pihak BASD berusaha menjaga terumbu karang biar gak rusak terinjak2 
    kaki para wisatawan.
    Dgn memakai pelampung, sampean akan tetap mengambang di permukaan & 
    tentu saja gak bisa diving lebih dalam. Cukup dgn snorkling saja
    sampean bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa menyentuhnya & 
    jangan menginjaknya.

    7. melarang pembangunan warung, resort, hotel
    Sebelum masuk area Clungup Mangrove Conservation, sebaiknya sampean
    mempersiapkan logistik biar gak haus & lapar krn disini gak ada
    penjual makanan & minuman. Pihak BASD sengaja melarang pendirian 
    warung & resto yg berpotensi menambah sampah dr bungkus snack &
    botol minuman. Apalagi limbah dapur & sabun dpt mencemari perairan.
    Sebenarnya ada investor yg berminat membangun resort di kawasan ini,
    tapi Saptoyo (the founding father of BASD) menegaskan investor harus
    aktif menjaga kelestarian alam & memberdayakan masyarakat. Penduduk
    lokal jangan hanya menjadi kuli yg dipecat setelah proyek selesai.

    FYI.. sebenarnya sejak 1998 di desa Tambakrejo sdh ada Pokmaswas
    (Kelompok Masyarakat Pengawas) tapi vakum gak ada aksi nyata. Tahun
    2012, Saptoyo membentuk Pokmaswas Goal (Gatra Olah Alam Lestari) yg 
    akhirnya menjadi sebuah lembaga berbadan hukum yayasan Bhakti Alam 
    Sendang Biru.
  11. Like
    gung got a reaction from Jalan2 for a blog entry, menteri Susi : inilah kawasan konservasi terbersih di Indonesia   
    Gak banyak yg tau & gak ada blow-up di media (bahkan media tempat
    kerja @Ivonnaf), ternyata.. tgl 11 Desember 2015 desa Tambakrejo 
    (Sumbermanjing-Malang) dpt piala juara 1 Adibakti Mina Bahari dr 
    menteri kelautan & perikanan atas usahanya menjaga kebersihan & 
    kelestarian hayati di 8 pantai. Pantai Clungup dan Gatra (kawasan 
    konservasi bakau), Pantai Bangsong dan Teluk Asmoro (konservasi 
    penyu), serta Pantai Savana, Mini, Watu Pecah, dan Tiga Warna 
    (konservasi terumbu karang).
    Sebuah prestasi membanggakan yg patut ditiru sm pengelola kawasan 
    konservasi lainnya (gunung, pulau, pantai, danau, taman nasional, 
    geopark) biar keindahan alam gak tercemar sm sampah yg dibuang 
    wisatawan.
      
    Nah.. berawal dr kejengkelan saya (juga sampean) sm sampah di tempat 
    wisata alam, saya penasaran utk mencari tau & mempelajari gimana cara 
    mereka menjaga kebersihan & kelestarian 68 pantai itu.
    1. memberdayakan kelompok masyarakat
    Hampir semua kawasan konservasi di negeri ini di kelola oleh BKSDA,
    Taman Nasional, Perhutani & lembaga lain dibawah menteri kehutanan
    & lingkungan hidup. Tau sendiri kan... bagaimana mental pegawai 
    pemerintahan di negara ini, biaya (pungli) Simaksi yg sampean bayarkan
    gak dikelola utk menjaga kebersihan & kelestarian alam.
    Nah...di desa Tambakrejo (tahun 2012) masyarakat secara swadaya 
    membentuk yayasan Bhakti Alam Sendang Biru (BASB) yg beranggotakan 
    para sukarelawan yg peduli dgn kebersihan & kelestarian pantai2 di 
    pesisir selatan. Meskipun mereka digaji secara sukarela (dari jasa
    guide, parkir & rental peralatan snorkling) tapi integritas mereka 
    jauh lebih baik daripada PNS.

    2. membawa sampah kembali
    Kalo sampean berkunjung ke area konservasi di desa Tambakrejo ini pasti 
    sampean gak akan melihat sampah bertebaran, yg ada malah tong-sampah 
    yg bertebaran dimana2. Tapi sampean jangan sesuka hati membuang sampah 
    di tong-sampah lho..sebaiknya sampah sampean bawa sendiri.
    Mu*yati : aya2 wae si akang teh... 
              masa' gak boleh buang sampah di tempatnya ??
              tempat sampah itu kan.. gunanya utk buang sampah..
    FYI.. di pos pertama pengunjung dibuatkan check-list barang & sampah, 
    disini barang bawaan wisatawan akan diperiksa petugas. Barang2 yg 
    berpotensi menjadi sampah akan dicatat dlm chek-list, nanti waktu 
    pulang dr pantai petugas akan memeriksa kembali barang2 sampean. Kalo 
    sampean gak membawa kembali sampah sampean sendiri (sesuai check-list) 
    tentu saja ketauan petugas & pasti kena denda.
      
    3. money for mangrove
    Di kawasan konservasi lainnya, sampean gak pernah tau uang (tiket & 
    perijinan) yg sampean bayarkan dikelola utk apa. Sedangkan di sini 
    uang tiket & denda sampah digunakan utk konservasi pesisir pantai dgn 
    menanam bibit2 mangrove. Di awal dibukanya wisata konservasi (tahun 
    2014) setiap pengunjung mendapatkan 1 bibit mangrove utk ditanam, 
    tapi kini jumlah wisatawan jauh lebih banyak daripada ketersediaan 
    bibit, jadi... gak tiap hari ada penanaman bibit mangrove. 
    Tapi BASD tetap berkomitmen utk terus menanam mangrove. Kalo sampean 
    ikhlas mendonasikan uang, pasti dikelola utk mangrove, bukan utk 
    keperluan yg lain. Krn disini gak ada retribusi yg disetor ke pejabat 
    Kabupaten, juga gak ada upeti utk pemerintah pusat.

    4. membatasi jumlah pengunjung
    Khusus utk pantai Tiga Warna, jumlah wisatawan hanya dibatasi 100 
    orang per hari & sampean gak bisa mendadak datang kemari tanpa
    reservasi lebih dulu. Jauh2 hari sebelumnya sampean mesti booking
    di 082132677713 & 081233339889, kalo telpon & sms gak dibalas...
    langsung saja kirim PM ke admin di facebook 
    Saat kita berkunjung ke rumah orang, kita mesti menjunjung tinggi
    sopan santun utk menghormati tuan rumah. Kita gak boleh bertingkah
    seenaknya seperti di rumah sendiri. Bahkan.. kalo tuan rumah menutup 
    pintu & gak mengijinkan masuk, kita juga gak boleh memaksa.

    Begitu juga tata krama di sini, kita mesti mematuhi tata tertib yg 
    ditetapkan di kawasan konservasi ini. Meskipun sampean seorang 
    produser acara TV paling populer di bumi nusantara, sampean gak 
    bisa memaksa masuk & membatalkan kunjungan wisatawan lain yg sdh 
    booking duluan.
      
    5. wisatawan wajib ditemani guide
    Pribumi di negeri ini punya bad-habit suka melangar aturan. Kalo gak
    ada guru, pasti nyontek teman. Kalo gak ada polisi, langsung nerobos
    lampu merah. Kalo gak ketauan, suka godain pacar orang. Kalo gak ada
    petugas, diam2 buang sampah sembarangan. Kalo gak ada toilet, cari 
    tempat sepi buat pipis.
    MU*yati : si akang teh kalo ngomong suka kebablasan
    Agung : lha..emangnya kenapa??   Sampean tersinggung ?
            kalo tersinggung itu tandanya sampean pribumi bukan ekspatriat
    Utk memastikan gak ada yg melanggar aturan makanya pihak BASB 
    mewajibkan pengunjung ditemani guide. Mulai Desember 2015 tarif 
    guide Rp.100.000 utk 10 orang, kalo sampean datang sendiri harus
    gabung group wisatawan lain buat share-cost.
    Gak hanya memandu para wisatawan, mereka juga sigap memungut sampah 
    & puntung rokok yg berserakan. Bahkan mereka gak hanya mengawasi 
    wisatawan yg lagi snorkling, mereka juga mengawasi arus laut yg
    membawa sampah dari pantai Goa Cina, kadang2 ada juga batang kayu
    yg terbawa arus dr pantai Sendang Biru. 

    Batang bambu yg dibawa guide itu bukan bumbung (tempat minum) legen,
    tapi buat asbak rokok.

    2 orang petugas stand-by disamping perahu dgn box-styrofoam yg putih 
    itu utk menampung sampah di laut.
    6. selamatkan terumbu karang dgn pelampung
    Setiap pengunjung yg pengen berenang di pantai Tiga Warna wajib pake
    pelampung (life-jacket), bukan hanya utk menjaga keselamatan wisatawan, 
    tapi juga menjaga keselamatan terumbu karang & biota laut lainnya. 
    Pihak BASD berusaha menjaga terumbu karang biar gak rusak terinjak2 
    kaki para wisatawan.
    Dgn memakai pelampung, sampean akan tetap mengambang di permukaan & 
    tentu saja gak bisa diving lebih dalam. Cukup dgn snorkling saja
    sampean bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa menyentuhnya & 
    jangan menginjaknya.

    7. melarang pembangunan warung, resort, hotel
    Sebelum masuk area Clungup Mangrove Conservation, sebaiknya sampean
    mempersiapkan logistik biar gak haus & lapar krn disini gak ada
    penjual makanan & minuman. Pihak BASD sengaja melarang pendirian 
    warung & resto yg berpotensi menambah sampah dr bungkus snack &
    botol minuman. Apalagi limbah dapur & sabun dpt mencemari perairan.
    Sebenarnya ada investor yg berminat membangun resort di kawasan ini,
    tapi Saptoyo (the founding father of BASD) menegaskan investor harus
    aktif menjaga kelestarian alam & memberdayakan masyarakat. Penduduk
    lokal jangan hanya menjadi kuli yg dipecat setelah proyek selesai.

    FYI.. sebenarnya sejak 1998 di desa Tambakrejo sdh ada Pokmaswas
    (Kelompok Masyarakat Pengawas) tapi vakum gak ada aksi nyata. Tahun
    2012, Saptoyo membentuk Pokmaswas Goal (Gatra Olah Alam Lestari) yg 
    akhirnya menjadi sebuah lembaga berbadan hukum yayasan Bhakti Alam 
    Sendang Biru.
  12. Like
    gung got a reaction from kimonoku for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  13. Like
    gung got a reaction from kyosash for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  14. Like
    gung got a reaction from Jalan2 for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  15. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  16. Like
    gung got a reaction from HarrisWang for a blog entry, traveling, fall in love, be happy   
    FYI.. ternyata traveling itu bisa menyebabkan cinlok (cinta lokasi), 
    chemistry itu tumbuh saat pria & wanita melakukan aktifitas bareng di 
    tempat yg gak biasa mereka datangi. Bahkan chemistry juga bisa tumbuh 
    meskipun mereka berdua belum pernah ketemu sebelumnya & baru kenalan 
    dlm perjalanan. Sampean gak percaya?? Coba sampean pikir.. mengapa 
    banyak orang yg cinlok waktu KKN / camping / ospek / study tour ?
    Waktu study-tour bareng guru & teman2 sekelas, saya gak ada rencana 
    cari pacar, tapi uniknya di perjalanan pulang ada 1 gadis manis yg 
    maksa pengen duduk disamping saya sepanjang perjalanan. Kalo saja saya 
    nembak waktu itu pasti diterima, krn sepulang tour ada teman curhatnya 
    yg bilang kalo dia berharap ditembak. Itulah pengalaman pertama 
    merasakan chemistry saat perjalanan wisata & masih banyak pengalaman 
    lainnya yg akan saya tulis lain kali.

    Mas.. mbak.. sampean tentu suka nonton film, apapun genre filmnya. Coba 
    sampean ingat2 semua film yg pernah sampean tonton, baik itu film action, 
    komedi, horor. Coba sampean fokus pd bagian romantisnya, kalo ada seorang 
    wanita & seorang pria terjebak dlm sebuah peristiwa secara gak sengaja, 
    maka mereka akan saling bersentuhan & merasakan ketertarikan satu sama lain.
    Tanpa sampean sadari traveling bareng, kepanasan bareng, kehujanan bareng,
    kesasar bareng, bahkan ketipu calo traveling juga barengan. Kejadian2 gak
    terduga itulah yg membuat hati kalian nge-blend. 
    Apalagi kalian berdua sering bersentuhan tanpa kalian sadari saat berjalan 
    di jembatan gantung, atau turun di batu karang yg licin, atau naik tanjakan 
    curam, atau lagi terseret arus gara2 terjatuh waktu rafting. Di situasi 
    seperti ini biasanya (secara instinct) pria & wanita saling membutuhkan 
    satu sama lain. Sentuhan2 itulah yg secara perlahan akan menumbuhkan
    chemistry diantara mereka.
    Saya tau sampean pasti bertanya : lo pasti gila ye.. 
    sentuhan bisa menumbuhkan chemistry ?? 
    ini analogi dr mana ??
    Lihat saja di sekitar sampean, wanita & pria yg sdh akrab kalo ngobrol pasti 
    banyak melakukan sentuhan, bisa nyubit, mukul, merangkul, bahkan dipeluk juga. 
    Tapi kalo ngobrol sm teman biasa, sama sekali gak ada sentuhan diantara mereka.
    Jadi.. kalo sampean lagi traveling & ketemu seseorang yg menarik, berikan 
    sentuhan sejak pertama berkenalan dgn berjabat tangan & bersiaplah utk 
    terjebak dlm peristiwa2 tak terduga. Sampean pasti gak kuasa menolak chemistry
    yg masuk di hati. 
    Kecuali.. sampean hanya duduk & curi2 pandang, tanpa berusaha utk berkenalan
    & gak melakukan aktifitas bareng selama perjalanan. Tentu saja sampean gak
    pernah merasakan bahagianya jatuh cinta saat perjalanan wisata.
     
  17. Like
    gung got a reaction from Jalan2 for a blog entry, review hotel Zam-zam kota Batu   
    Sabtu 31 Oktober kemarin saya ngajak x.g.f menikmati malam Halloween di 
    Museum Angkut di Kota Batu. Sebenarnya saya gak tertarik dgn Ghost Parade 
    & atraksi lainnya yg ditampilkan di museum Angkut, krn saya lebih excited 
    dgn apa yg akan kita lakukan nanti malam di Hotel Zam-zam, hehehe....

    Utk menuju hotel Zam-zam.. gampang banget, pas sebelum museum Angkut belok 
    kiri, terus nanjak ngikuti petunjuk jalan, lokasinya tepat berhadapan dgn
    lapangan bola tempat latihan timnas PSSI. Memang agak jauh dari kota, tapi
    dr sini sampean bisa menikmati view yg sangat keren, terserah sampean pilih
    mana ?? kamar dgn view gunung Panderman atau view kota Batu. Tentu saja 
    saya pilih kamar dgn view kota Batu, tapi sayangnya Nokia saya gak bisa
    mengabadikan gemerlap lampu kota Batu & desa2 di lereng gunung Arjuno.

    Room-rate seperti yg tertera di website antara lain :
    Superior Room Rp.688.000(weekdays) Rp.788.000(weekend)
    Deluxe Room Rp.750.000(weekdays) Rp.900.000(weekend)
    Executive Room Rp.900.000(weekdays) Rp.1.100.000(weekend)
    Family Room Rp.1.450.000(weekdays) Rp.1.650.000(weekend)
    nah...kali ini saya nginap di Deluxe Room seharga Rp.650.000, lebih murah
    dr harga normal, krn sebulan sebelumnya ada PR hotel yg datang ke kantor 
    saya buat promosi, langsung saya booking.

    Kesan pertama, bangunan hotel bernuansa mediterania di bagian eksterior &
    interior. Masuk lobi, gak ada bellboy yg bawain koper, ya iyalah...saya
    gak bawa koper, cuma ransel kecil aja. Ngobrol sebentar sm receptionist
    langsung disodorin banyak brosur wisata, habis gitu langsung deh..gak nahan
    pengen buru2 masuk kamar di lantai 2.

    Dlm kamar ada 2-bed yg empuk & nyaman, ada brankas kecil di dlm lemari. Ada 
    kulkas kecil juga, tapi gak ada isinya. Di kamar mandi ada shower, closet,
    washtafel, sayang gak ada bath-ub buat berendam.  

    Ambil remote, nyalakan TV, lah...banyak semutnya, sinyalnya gak bagus di
    semua chanel. Anyway bytheway busway...gak usah nonton TV, krn ada wifi
    gratis buat update status di media sosial. Tapi sebelum itu, kita mesti
    mandi dulu yah...cuma ada air dingin, air hangatnya gak kluar, ya sudah 
    lah...kita menghangatkan diri dgn cara lain.

    Bangun pagi, kita cuma bengong di pinggir jendela sambil menikmati sunrise
    yg perlahan menyapu kota Batu dgn hangatnya sinar mentari. Butir2 air masih 
    menempel daun2 & bunga2 sisa gerimis tadi malam. Dr jendela kamar kita bisa
    lihat landscape kota Batu, gunung Banyak, gunung Arjuno, & gunung Wukir yg
    terlihat sangat kecil di tengah panaroma yg indah, & ternyata view di malam
    hari juga gak kalah spektakular.

    Irama gamelan jawa terdengar di seluruh penjuru koridor, resto & lobi. 
    Tapi sayangnya breakfast yg kita dapatkan cuma nasi goreng yg rasanya 
    biasa aja, gak istimewa, gak sepadan dgn harga kamar yg saya bayarkan.

    Sebelum check-out, saya sempatkan jalan2 di sekitar & ternyata saya baru 
    tau kalo di hotel ini ada karaoke, kolam renang, meeting room, lapangan 
    futsal juga ada. Overall, penilaian saya sm hotel Zamzam itu quiet, comfort,
    relaxing, view sangat bagus, tapi gak ada bath-ub air hangat.

    Zam-zam Hotel & Resort
    Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Jawa Timur
    Telephone : +62341 591148, +62341 591149 
    Fax. : +62341 591150
    Email : info@zamzamhotel.com
    www.zamzamhotel.com
  18. Like
    gung got a reaction from kyosash for a blog entry, review hotel Zam-zam kota Batu   
    Sabtu 31 Oktober kemarin saya ngajak x.g.f menikmati malam Halloween di 
    Museum Angkut di Kota Batu. Sebenarnya saya gak tertarik dgn Ghost Parade 
    & atraksi lainnya yg ditampilkan di museum Angkut, krn saya lebih excited 
    dgn apa yg akan kita lakukan nanti malam di Hotel Zam-zam, hehehe....

    Utk menuju hotel Zam-zam.. gampang banget, pas sebelum museum Angkut belok 
    kiri, terus nanjak ngikuti petunjuk jalan, lokasinya tepat berhadapan dgn
    lapangan bola tempat latihan timnas PSSI. Memang agak jauh dari kota, tapi
    dr sini sampean bisa menikmati view yg sangat keren, terserah sampean pilih
    mana ?? kamar dgn view gunung Panderman atau view kota Batu. Tentu saja 
    saya pilih kamar dgn view kota Batu, tapi sayangnya Nokia saya gak bisa
    mengabadikan gemerlap lampu kota Batu & desa2 di lereng gunung Arjuno.

    Room-rate seperti yg tertera di website antara lain :
    Superior Room Rp.688.000(weekdays) Rp.788.000(weekend)
    Deluxe Room Rp.750.000(weekdays) Rp.900.000(weekend)
    Executive Room Rp.900.000(weekdays) Rp.1.100.000(weekend)
    Family Room Rp.1.450.000(weekdays) Rp.1.650.000(weekend)
    nah...kali ini saya nginap di Deluxe Room seharga Rp.650.000, lebih murah
    dr harga normal, krn sebulan sebelumnya ada PR hotel yg datang ke kantor 
    saya buat promosi, langsung saya booking.

    Kesan pertama, bangunan hotel bernuansa mediterania di bagian eksterior &
    interior. Masuk lobi, gak ada bellboy yg bawain koper, ya iyalah...saya
    gak bawa koper, cuma ransel kecil aja. Ngobrol sebentar sm receptionist
    langsung disodorin banyak brosur wisata, habis gitu langsung deh..gak nahan
    pengen buru2 masuk kamar di lantai 2.

    Dlm kamar ada 2-bed yg empuk & nyaman, ada brankas kecil di dlm lemari. Ada 
    kulkas kecil juga, tapi gak ada isinya. Di kamar mandi ada shower, closet,
    washtafel, sayang gak ada bath-ub buat berendam.  

    Ambil remote, nyalakan TV, lah...banyak semutnya, sinyalnya gak bagus di
    semua chanel. Anyway bytheway busway...gak usah nonton TV, krn ada wifi
    gratis buat update status di media sosial. Tapi sebelum itu, kita mesti
    mandi dulu yah...cuma ada air dingin, air hangatnya gak kluar, ya sudah 
    lah...kita menghangatkan diri dgn cara lain.

    Bangun pagi, kita cuma bengong di pinggir jendela sambil menikmati sunrise
    yg perlahan menyapu kota Batu dgn hangatnya sinar mentari. Butir2 air masih 
    menempel daun2 & bunga2 sisa gerimis tadi malam. Dr jendela kamar kita bisa
    lihat landscape kota Batu, gunung Banyak, gunung Arjuno, & gunung Wukir yg
    terlihat sangat kecil di tengah panaroma yg indah, & ternyata view di malam
    hari juga gak kalah spektakular.

    Irama gamelan jawa terdengar di seluruh penjuru koridor, resto & lobi. 
    Tapi sayangnya breakfast yg kita dapatkan cuma nasi goreng yg rasanya 
    biasa aja, gak istimewa, gak sepadan dgn harga kamar yg saya bayarkan.

    Sebelum check-out, saya sempatkan jalan2 di sekitar & ternyata saya baru 
    tau kalo di hotel ini ada karaoke, kolam renang, meeting room, lapangan 
    futsal juga ada. Overall, penilaian saya sm hotel Zamzam itu quiet, comfort,
    relaxing, view sangat bagus, tapi gak ada bath-ub air hangat.

    Zam-zam Hotel & Resort
    Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Jawa Timur
    Telephone : +62341 591148, +62341 591149 
    Fax. : +62341 591150
    Email : info@zamzamhotel.com
    www.zamzamhotel.com
  19. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, review hotel Zam-zam kota Batu   
    Sabtu 31 Oktober kemarin saya ngajak x.g.f menikmati malam Halloween di 
    Museum Angkut di Kota Batu. Sebenarnya saya gak tertarik dgn Ghost Parade 
    & atraksi lainnya yg ditampilkan di museum Angkut, krn saya lebih excited 
    dgn apa yg akan kita lakukan nanti malam di Hotel Zam-zam, hehehe....

    Utk menuju hotel Zam-zam.. gampang banget, pas sebelum museum Angkut belok 
    kiri, terus nanjak ngikuti petunjuk jalan, lokasinya tepat berhadapan dgn
    lapangan bola tempat latihan timnas PSSI. Memang agak jauh dari kota, tapi
    dr sini sampean bisa menikmati view yg sangat keren, terserah sampean pilih
    mana ?? kamar dgn view gunung Panderman atau view kota Batu. Tentu saja 
    saya pilih kamar dgn view kota Batu, tapi sayangnya Nokia saya gak bisa
    mengabadikan gemerlap lampu kota Batu & desa2 di lereng gunung Arjuno.

    Room-rate seperti yg tertera di website antara lain :
    Superior Room Rp.688.000(weekdays) Rp.788.000(weekend)
    Deluxe Room Rp.750.000(weekdays) Rp.900.000(weekend)
    Executive Room Rp.900.000(weekdays) Rp.1.100.000(weekend)
    Family Room Rp.1.450.000(weekdays) Rp.1.650.000(weekend)
    nah...kali ini saya nginap di Deluxe Room seharga Rp.650.000, lebih murah
    dr harga normal, krn sebulan sebelumnya ada PR hotel yg datang ke kantor 
    saya buat promosi, langsung saya booking.

    Kesan pertama, bangunan hotel bernuansa mediterania di bagian eksterior &
    interior. Masuk lobi, gak ada bellboy yg bawain koper, ya iyalah...saya
    gak bawa koper, cuma ransel kecil aja. Ngobrol sebentar sm receptionist
    langsung disodorin banyak brosur wisata, habis gitu langsung deh..gak nahan
    pengen buru2 masuk kamar di lantai 2.

    Dlm kamar ada 2-bed yg empuk & nyaman, ada brankas kecil di dlm lemari. Ada 
    kulkas kecil juga, tapi gak ada isinya. Di kamar mandi ada shower, closet,
    washtafel, sayang gak ada bath-ub buat berendam.  

    Ambil remote, nyalakan TV, lah...banyak semutnya, sinyalnya gak bagus di
    semua chanel. Anyway bytheway busway...gak usah nonton TV, krn ada wifi
    gratis buat update status di media sosial. Tapi sebelum itu, kita mesti
    mandi dulu yah...cuma ada air dingin, air hangatnya gak kluar, ya sudah 
    lah...kita menghangatkan diri dgn cara lain.

    Bangun pagi, kita cuma bengong di pinggir jendela sambil menikmati sunrise
    yg perlahan menyapu kota Batu dgn hangatnya sinar mentari. Butir2 air masih 
    menempel daun2 & bunga2 sisa gerimis tadi malam. Dr jendela kamar kita bisa
    lihat landscape kota Batu, gunung Banyak, gunung Arjuno, & gunung Wukir yg
    terlihat sangat kecil di tengah panaroma yg indah, & ternyata view di malam
    hari juga gak kalah spektakular.

    Irama gamelan jawa terdengar di seluruh penjuru koridor, resto & lobi. 
    Tapi sayangnya breakfast yg kita dapatkan cuma nasi goreng yg rasanya 
    biasa aja, gak istimewa, gak sepadan dgn harga kamar yg saya bayarkan.

    Sebelum check-out, saya sempatkan jalan2 di sekitar & ternyata saya baru 
    tau kalo di hotel ini ada karaoke, kolam renang, meeting room, lapangan 
    futsal juga ada. Overall, penilaian saya sm hotel Zamzam itu quiet, comfort,
    relaxing, view sangat bagus, tapi gak ada bath-ub air hangat.

    Zam-zam Hotel & Resort
    Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Jawa Timur
    Telephone : +62341 591148, +62341 591149 
    Fax. : +62341 591150
    Email : info@zamzamhotel.com
    www.zamzamhotel.com
  20. Like
    gung got a reaction from kyosash for a blog entry, Tourist-Trap bikin kesel gak sih..??   
    Kata mbah Wiki.. Tourist trap is an establishment, or group of 
    establishments, that has been created or re-purposed with the 
    aim of attracting tourists and their money. Tourist traps will 
    typically provide services, entertainment, food, souvenirs and 
    other products for tourists to purchase.
    Secara sederhana dpt saya artikan sesuatu (orang, bangunan, 
    pertunjukan, benda) yg dimanfaatkan utk mengeruk duit wisatawan.
    Sekilas memang merugikan wisatawan, tapi di sisi lain memberi
    keuntungan bagi masyarakat & pengelola objek wisata.

    Dulu.. saya ke Prambanan melenggang santai dgn celana pendek,
    bahkan bule2 wira-wiri pake hotpant dgn santai. Tapi kini..
    pengunjung wajib pake selembar kain batik (sarung) & itu gak 
    gratis. Keluar dr Prambanan juga gak bisa langsung menuju 
    tempat parkir, wisatawan terpaksa memutar jauh melewati deretan
    kios suvenir.
    Bagi bacpacker miskin seperti saya ini tentu saja gak butuh 
    suvenir macem2, tapi bagi ibu2 shopaholic pasti kegirangan
    bisa membeli barang2 gak penting itu. Dari sudut pandang para
    pedagang, mereka dpt tambahan pemasukan utk kebutuhan ekonomi.
    Di beberapa kota, Pemerintah sengaja membangun lahan parkir yg 
    jauh dr objek wisata & melarang bus melintasi jalan dekat objek
    wisata. Di sini... wisatawan terpaksa nambah ongkos becak yg 
    tentu saja menambah pendapatan abang becak.
    AFAIK... tourist-trap gak hanya dilakukan pengelola wisata
    (pemerintah & swasta) dgn memaksa wisatawan utk jalan jauh
    ke lokasi wisata. Ternyata... ada juga individu yg sengaja
    menjebak para wisatawan demi lembaran rupiah.

    Thn 2010 pasca erupsi.. ada sobat traveller yg mengeluh sepulang 
    dr Bromo. Asik jeprat-jepret kamera di Seruni-Point, dia lanjut
    berburu foto di ladang penduduk, eh.. kebetulan ada 2 ibu2 di 
    ladang yg minta difoto. Tanpa diduga... setelah difoto mereka
    minta uang seikhlasnya, anehnya... dikasih Rp.5.000 masih minta
    nambah.
    Gak hanya pribumi, bule2 juga ada yg melakukan tourist-trap lho..
    Desember 2014 yg lalu.. teman saya pulang dr Bali dgn cerita yg
    unik, dia ketemu bule pake bikini yg ngajakin foto bareng, pasti
    girang donk... Tapi kegirangan itu berlalu dlm sekejap ketika si
    bule minta ongkos Rp.50.000 utk 1 foto.

    nah.. Sampean pasti pernah kena tourist-trap kan..???
    kesel gak sih..?

    Meskipun kesel, harus tetep sabar, jangan emosi. Hidup itu gak
    selamanya mulus seperti yg sampean harapkan. Permasalahan2 yg 
    sampean alami dlm perjalanan anggaplah sbg bagian dr petualangan.

    It wouldn't be an adventure if something out of the ordinary didn't happen.
  21. Like
    gung got a reaction from deffa for a blog entry, Tourist-Trap bikin kesel gak sih..??   
    Kata mbah Wiki.. Tourist trap is an establishment, or group of 
    establishments, that has been created or re-purposed with the 
    aim of attracting tourists and their money. Tourist traps will 
    typically provide services, entertainment, food, souvenirs and 
    other products for tourists to purchase.
    Secara sederhana dpt saya artikan sesuatu (orang, bangunan, 
    pertunjukan, benda) yg dimanfaatkan utk mengeruk duit wisatawan.
    Sekilas memang merugikan wisatawan, tapi di sisi lain memberi
    keuntungan bagi masyarakat & pengelola objek wisata.

    Dulu.. saya ke Prambanan melenggang santai dgn celana pendek,
    bahkan bule2 wira-wiri pake hotpant dgn santai. Tapi kini..
    pengunjung wajib pake selembar kain batik (sarung) & itu gak 
    gratis. Keluar dr Prambanan juga gak bisa langsung menuju 
    tempat parkir, wisatawan terpaksa memutar jauh melewati deretan
    kios suvenir.
    Bagi bacpacker miskin seperti saya ini tentu saja gak butuh 
    suvenir macem2, tapi bagi ibu2 shopaholic pasti kegirangan
    bisa membeli barang2 gak penting itu. Dari sudut pandang para
    pedagang, mereka dpt tambahan pemasukan utk kebutuhan ekonomi.
    Di beberapa kota, Pemerintah sengaja membangun lahan parkir yg 
    jauh dr objek wisata & melarang bus melintasi jalan dekat objek
    wisata. Di sini... wisatawan terpaksa nambah ongkos becak yg 
    tentu saja menambah pendapatan abang becak.
    AFAIK... tourist-trap gak hanya dilakukan pengelola wisata
    (pemerintah & swasta) dgn memaksa wisatawan utk jalan jauh
    ke lokasi wisata. Ternyata... ada juga individu yg sengaja
    menjebak para wisatawan demi lembaran rupiah.

    Thn 2010 pasca erupsi.. ada sobat traveller yg mengeluh sepulang 
    dr Bromo. Asik jeprat-jepret kamera di Seruni-Point, dia lanjut
    berburu foto di ladang penduduk, eh.. kebetulan ada 2 ibu2 di 
    ladang yg minta difoto. Tanpa diduga... setelah difoto mereka
    minta uang seikhlasnya, anehnya... dikasih Rp.5.000 masih minta
    nambah.
    Gak hanya pribumi, bule2 juga ada yg melakukan tourist-trap lho..
    Desember 2014 yg lalu.. teman saya pulang dr Bali dgn cerita yg
    unik, dia ketemu bule pake bikini yg ngajakin foto bareng, pasti
    girang donk... Tapi kegirangan itu berlalu dlm sekejap ketika si
    bule minta ongkos Rp.50.000 utk 1 foto.

    nah.. Sampean pasti pernah kena tourist-trap kan..???
    kesel gak sih..?

    Meskipun kesel, harus tetep sabar, jangan emosi. Hidup itu gak
    selamanya mulus seperti yg sampean harapkan. Permasalahan2 yg 
    sampean alami dlm perjalanan anggaplah sbg bagian dr petualangan.

    It wouldn't be an adventure if something out of the ordinary didn't happen.
×
×
  • Create New...