febeVBfebe

Members
  • Content count

    194
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    4

Everything posted by febeVBfebe

  1. Berlibur Ke Balikpapan, Kota "Bukan" Kota Wisata Berwisata dari Kota Wisata ke Kota "bukan" Kota Wisata, bisa dipastikan menjadi masalah bagi anda. Misalnya jika anda dari Yogyakarta menuju Balikpapan. Perlu anda ketahui, pada dasarnya Balikpapan bukanlah Kota tujuan wisata, melainkan Kota Bisnis. Dilain pihak, Yogyakarta sudah dikenal di penjuru Negeri sebagai Kota Wisata selain Kota Pelajar. Pergi ke Balikpapan dari Yogyakarta, layakanya anda meninggalkan kenangan-kenangan manis. Tetapi bagi anda yang memiliki jiwa petualangan dan wisata, itu bukanlah masalah. Berlibur atau pergi ke tujuan manapun, bisa anda ubah menjadi menyenangkan pastinya. Meski begitu, berikut adalah tips perjalanan bagaimana meninggalkan Yogyakarta ke Balikpapan, Kota "bukan" Kota Wisata tanpa kehilangan esensi wisata. Tebalkan Isi Dompet Ini menjadi tips paling utama dan penting untuk berwisata ke Balikpapa, Kota Minyak. Ada perbedaan jauh antara gaya hidup di Yogyakarta dengan Balikpapan, dan praktis mendorong kebutuhan finansial jauh lebih besar daripada di Yogyakarta. UMK Balikpapan 2013 ini sebesar Rp1.752.500, sementara dari 2010 UMK Kota Minyak adalah Rp1.075.000 dan naik Rp75.000 ditahun 2011. Lalu di 2012 menjadi Rp1.250.000 hingga menyentuh rekor tertinggi berdasarkan Keputusan Gubernur Kaltim November 2012 lalu, yang menyatakan UMP sebesar Rp1.725.000. Isi Koper Seperlunya Sepertinya ini menjadi tips wajib bagi para pelancong atau penikmat wisata, isi koper seperlunya. Karena nantinya, koper anda akan penuh dengan barang bawaan selepas kembali dari berlibur. Tata isi koper anda dengan tepat, karena nantinya lewat penataan inilah ruang koper anda akan lebih lega dan siap menampung buah tangan. Barang bawaan anda pun tidak berlebihan. Bagi para pelancong yang menuju Balikpapan, seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia meski Kota ini bukan Kota Wisata, banyak pula disediakan disini oleh-oleh menarik. Maka siapkanlah ruang yang lega bagi koper anda. Perhatikan pula, khususnya bagi anda yang berlibur menggunakan pesawat, maskapai Garuda Indonesia misalnya menerapkan ketentuan satu koper/bagasi untuk satu orang dengan maksimal muatan sebesar 7 kilogram. Bukan tanpa maksud, selain secara gambaran umum ketentuan ini mendidik anda menjadi seorang traveller yang beradab, ini juga membuat anda berperan pada keselamatan penerbangan. Banyak kasus kecelakaan penerbangan selain menyalakan alat-alat elektronik ketika berpesawat, adalah muatan bagasi penumpang yang berlebihan. Jadilah traveller yang beradab! Pilih Hotel/Penginapan Dekat Pusat Kota Ya, meski Balikpapan bukan Kota Wisata, anda perlu tahu bahwa Balikpapan dihuni berbagai macam hotel dari kelas Melati hingga Bintang Lima. Balikpapan adalah Kota Bisnis, maka fasilitas dan kenyamanan diperlukan untuk menunjang prestise itu. Anda pun tidak perlu khawatir akan menginap dimana, karena banyak hotel disini. Tapi yang paling utama adalah pilih hotel atau penginapan dekat pusat Kota. Kalau anda butuh rekomendasi, bukan tanpa maksud tertentu tetapi, Ibis Hotel Balikpapan adalah pilihan yang tepat dari segi Kenyamanan, Pelayanan hingga Harga. Hotel ini terhitung baru karena diresmikan dan beroperasi pada Mei 2011 lalu. Dengan kapasitas 55 kamar, hotel ini menyandang titel bintang 3 dan merupakan jaringan hotel Accor-Ibis. Letaknya strategis di Jalan Ery Suparjan, bersebelahan dengan Hotel Novotel Balikpapan. Anda turun sedikit kebawah maka anda langsung menemukan Taman Bekapai yang merupakan Landmark Kota Balikpapan, dan hanya berjalan kaki kira-kira 5 menit maka anda akan sampai ke The Plaza Balikpapan. The Plaza Balikpapan adalah mal/plaza pertama di Kota Minyak. Menginap disini, anda akan mendapatkan layanan 24 jam termasuk akses internet gratis dan memuaskan. Anda hanya perlu membayar seharga Rp435-541 ribu per malamnya. Sebenarnya ada yang lebih murah, yaitu Mutiara Indah Hotel atau di Balikpapan dikenal dengan nama Hotel Marbo di Jalan Mayjen Sutoyo atau Gunung Malang. Per malam anda hanya merogoh kocek Rp280-531 ribu untuk fasilitas bintang 2. Hotel ini berdekatan dengan eks lokalisasi Lembah Harapan, sebelum akhirnya dipindah ke Kilometer 17, jauh dari pusat Kota. Meski sudah pindah, masih kerap ditemukan praktik prostitusi dengan muncikari menawarkan wanita-wanitanya secara gerilya. Baik kepada pengunjung hotel atau siapapun yang tertarik wisata syahwat. Sementara dari segi lokasi, hotel ini tergolong cukup jauh dari pusat Kota, anda harus naik angkot dan membayar Rp3500 untuk bisa ke The Balikpapan Plaza atau Taman Bekapai. Dengan Taksi Argo, akan lebih mahal tentunya. Satu hal yang juga perlu anda ingat, di Balikpapan menyebut angkot adalah taksi, sementara taksi disebut taksi argo.
  2. tau kan makanan yg satu ini??? GUDEG Kalo liat makanan ini pasti langsung nyantel sama daerah istimewa yogyakarta. Ya kan? Makanan ini memang khas banget disini.. Nah buat membantu jalan2ers yg pengen nyobain makanan istimewa di jogja ini biar gak kecewa masalah harga, rasa ataupun waktu (udah ditunggu2 tau2nya tutup). Nih saya bantu informasi rekomendasi gudeg2 yg terkenal di jogja 1.Gudeg batas kota Yg ini aku suka banget, enak soalnya. Lokasi : seberang saphir square, jl solo Jam oprasional : stgh 10 malem – jam 4 pagi Harga : relatif mahal porsi standar pake gudeg, krecek n telor 13rb 2.Gudeg mbak sasha Lokasi : depan mirota gejayan, jl gejayan Jam oprasional : 7 malem – jam 3 pagi Harga : standar sih. pake gudeg, krecek n telor 8rb 3.Gudeg Bu Ahmad Lokasi : utara kampus kehutanan ugm Jam oprasional : 9 pagi – jam 4 sore Harga : lumayan mahal kalo ini, aku sebagai mahasiswa jadi belum pernah nyoba. Cuman spesialnya dia laris banget buat oleh2, kayak ada paket sendiri gitu buat oleh2 ntar gudegnya lebih kering n jadi tahan lama. 4.RALATTTT ! Gudeg Yu Jum Lokasi : utara kampus kehutanan ugm Jam oprasional : 9 pagi – jam 4 sore Harga : lumayan mahal kalo ini, aku sebagai mahasiswa jadi belum pernah nyoba. Sama kayak gudeg bu ahmad. Spesialis oleh2 juga 5.Kompleks gudeg wijilan Lokasi : daerah kraton nama daerahnya wijilan, deket plengkung gading. Di wijilan banyak pilihan rumah makan gudegnya. Jam oprasional : sekitar jam 7 pagi (tp gak semua rumah makan serentak – jam 9an malem Harga : macem2, ada tabel harganya kok. Tp mayoritasnya mahal soalnya daerah wisata. sekian rekomendasi dariku hehehe mungkin ada tau tempat lain nih jalan2ers??
  3. Bagi sahabat travellers, adalah barang yang satu ini yang paling dibutuhkan. Apalagi kalau bukan koper atau ransel. Memilih koper ataupun ransel yang tepat pun bukan perkara mudah. Nggak sedikit orang punya lebih dari 1 koper atau ransel, lantaran daya tahannya tidak baik. Apa saja yang sahabat travellers harus perhatikan saat memilih koper atau ransel? Yuuk simak tips berikut. Kapasitas Sahabat travellers, berdasarkan survei ternyata para koperers dan ranselers mementingkan yang namanya kapasitas dari koper atau ransel mereka. Memang benar, sebagai travellers yang beradab baiknya nggak perlu membawa barang bawaan berlebihan. Selain nggak nyaman, juga mengurangi pergerakan sahabat travellers. Tapi kapasitas bagasi kita memang sangat menentukan juga, meski sedikit dilematis. Setidaknya pilihlah koper atau ransel yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik sahabat travellers. Utamakan kenyamanan. Fleksibel Nah, sahabat travellers bahasan tips yang ini sedikit politis. Maksudnya fleksibel, pilihlah koper atau ransel yang demokratis. Koper jenis ini nggak sulit diatur. Mau disandang oke, mau ditarik juga manut. Hehee.. Yang pasti koper atau ransel jenis begini, membuat perjalanan kalian menjadi kondusif. Harga Nah, kapasitas sudah. Fleksibel juga sudah. Terus, kedua yang utama itu selanjutnya ditentukan sama harga. Hunting dulu sahabat travellers. Ada baiknya kalian survei dari toko satu ke toko lainnya. Tapi yang penting, 2 hal pertama itu jangan ditinggalkan ketika memilih koper atau ransel yang pas. Siap-siap sama budget ya. Ingat, travellers yang baik itu rajin menabung dan hemat. Hemat itu pangkal kaya. Jadi, travellers pasti orang kaya semua *dan fokus teralihkan*. Brand Entah kenapa, 2 hal yang penting ketika memilih koper atau ransel, selalu dimiliki sama merek-merek tertenti. Yup, brand seize it all. Merek itu berbicara sahabat travellers, meski nggak semua barang bermerek juga handal. Tapi merek juga jadi prestise, dan itu tergantung kalian sahabat travellers wanna do it with style or no? Kalau nggak, cari produk-produk lokal saja atau yang KW 2. Yang penting dulu adalah kapasitas dan fleksibel. Model Do it with style or no. Tapi seberapa banyak sih sahabat travellers kalau berwisata ke suatu destinasi nggak meninggalkan style, bahkan koper atau ranselnya sekalipun. Ya, ini soal mainstream atau nggak aja, soal selera. Macam-macam model koper atau ransel, apalagi untuk hobi jalan-jakan kita sahabat travellers. Tapi yang mau diingatkan soal model dalam memilih koper atau ransel yang oke buat liburan, adalah model yang tidak menyiksa atau menyulitkan kalian. Memang ada jenis koper atau ransel yang begitu? Ya, memang ada. Apalagi jenis koper atau ransel yang disandang dengan satu tali. Pilih koper atau ransel, jika menyenangi yang disandang adalah yang disandang dipunggung. Pilih juga model yang nyaman ketika digunakan. Berkarakter Mungkin sahabat travellers agak bingung, maksudnya apa dengan koper atau ransel yang berkarakter? Awalnya memang membingungkan, tapi kata berkarakter akan lebih memudahkan maksud dan tujuan dari tips yang satu ini. Tips yang ini hadir lantaran kerap kali ditemukan, ada sahabat travellers yang nggak mengenal dengan baik koper atau ranselnya saat klaim bagasi. Hayoo.. Ngaku aja deh, masih ada yang begitu. Hahahaa.. Well, untuk itu pilihlah koper atau ransel yang berkarakter, sehingga waktu klaim bagasi kalian nggak susah menemukan yang mana bagasi kalian hanya dengan sekali lihat. Ada baiknya memilih lewat warna atau model yang sedikit nyentrik. Bahan Bahan itu penting. Soalnya koper atau ransel itu menyimpan barang bawaan yang pastinya berharga, dan penting bagi kita selama berwisata. Pilih yang bahannya solid untuk koper, sementara ransel cobalah yang tahan air atau jika memungkinkan yang juga tahan api. Umumnya, ketika check in barang atau bagasi, kerap petugas bandara hanya menginventarisir koper atau ransel yang kita bagasikan. Mereka tidak berpikir seberapa berharga barang didalamnya, hanya kita yang tahu. Jadi cegahlah kesemena- menaan orang lain dengan memilih koper atau ransel yang berbahan baik. Daya Tahan Kalau kesemua tips diatas sudah dilakukan, cek yang terakhir soal daya tahan. Memilih koper atau ransel akan lebih baik, jika ada jaminan garansinya. Beberapa koper demikian, seperti American Tourister. Lebih baik memilih koper atau ransel wisata, sekali seumur hidup. Kan mengharukan tuh kalau bisa diwariskan ke anak cucu kita.
  4. Sahabat travellers, banyak tempat wisata di Indonesia yang kurang terekspos dengan baik, tapi potensinya tidak kalah menarik dengan destinasi utama pilihan wisatawan asing dan lokal yang memilih mengeksplorasi Indonesia. Kali ini, kami coba mengajak sahabat mengulik Bontang, salah satu potensi wisata menarik di Kaltim yang gaungnya tidak begitu besar, tapi mampu menarik minat wisatawan. Kita juga rangkum beserta tipsnya. So, let's start! Kunjungi Spot Anak-Anak Gaul Bontang, di Cafe Singapur Cafe ini mungkin agak norak, dan bikin ngakak. Jujur aja deh, sahabat yang mampir kemari, pasti pertama kali selain terpesona ya.. Perasaan lucu juga akan bercampur aduk. Cafe Singapur ini letaknya bukan di Orchard atau lebih jelasnya, di Singapura. Bukan! Ini adalah cafe nyentrik yang ada di Bontang, Kalimantan Timur. Nyentrik dan lucu bukan karena namanya, tapi karena ternyata Merlion Statue alias Patung Merlion yang jadi ikonnya Singapura, ikutan mejeng di Cafe Singapur. Cafe ini bahkan mendekati Merlion Statue lantaran berada di pinggir laut. Tepatnya di Tanjung Laut. Mau malam atau siang, pergi ke Cafe Singapur kapan pun tetap jadi pengalaman seru. Pemandangannya didominasi obor api dari gas PT Badak. Naik angkot kesini bisa, dengan tarif Rp2500. Ada banyak pilihan makanan dan minuman, sekaligus live music persis Kemala Beach di Balikpapan yang mengadopsi "Kuta Bali". Anak-anak SMA Vidatra Bontang kerap muncul disini, mereka anak-anak gaul, kaya dan elit. Nggak jarang yang ceweknya juga cantik-cantik dan menarik. Uuhhuy! Taman Cibodas Sebenarnya waktu masuk ke Bontang, berbeda dengan wilayah di Kota-Kota besar di Kaltim, Bontang sangat asri dan penuh pohon-pohon yang sangat rindang tumbuhnya. Dan ketika mendengar Cibodas, ini bukan berarti taman tersebut berada di Cibodas, Jawa Barat. Tetapi Taman Cibodas adalah taman yang berada di Komplek PT Pupuk Kaltim di Bontang. Namanya adalah Cibodas, lagi-lagi "mengadopsi" Kebun Raya Cibodas yang termasyur sebagai "surga dunia" yang memiliki ragam flora dengan ekosistemnya yang super hijau. Jangan berharap ada paket tur wisata Bontang, yang memasukkan Taman Cibodas sebagai destinasi wisata. Kunjungi saja taman ini, namun tidak dengan angkot. Lebih baik dengan kendaraan pribadi, karena tempat ini masuk sebagai komplek perusahaan. Bontang Kuala, Kampung Atas Air Ini adalah spot paling unik, menarik dan paling digemari anak-anak muda Kota Bontang. Bontang Kuala, semacam distrik yang disusun layaknya perkampungan diatas air. Letaknya tidak jauh dari Dermaga PT Badak dan hutan mangrove. Ini wajib didatangi bagi siapapun yang berkunjung ke Bontang. Pemandangannya yang menuju laut, mengingatkan kita akan suasana salah satu Kota menarik di Eropa, Venesia. Sewa saja perahu nelayan untuk bisa merasakan sensasi Venesia. Habis itu makan kepiting dan ikan bakar disini, dijamin enak dan nggak bakal ditemukan kelezatan serupa di warung-warung lainnya. Wisatawan asing juga marak muncul disini, menikmati keindahan alam Bontang khususnya Bontang Kuala. Taman Nasional Kutai Atau TNK ada diperbatasan antara Bontang dan Kutai Timur. Luasnya 198 hektar dan diisi oleh hutan-hutan hujan tropis serta hewan-hewan penghuninya. Sayang penduduk mulai merambah kemari untuk bermukim. Salah satu atraksi yang paling menarik disini, apabila sahabat sempat menemukan orang utan. Kesini lebih baik mengelilinginya dengan berjalan kaki. Ada pemandu wisata atau Polisi Hutan, yang bahasa kerennya Ranger, mereka siap memandu wisata sahabat. Tapi rencanakan dulu kedatangan kalian kemari dengan melapor ke aula di Jalan Awang Long Pos 1, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di Jalan Dr Sutomo. TNK cocok untuk kemping, trekking hingga wisata alam.
  5. Sahabat travellers, bagi kalian yang berlibur ke Balikpapan pasti sudah kenal kalau tempat utama cari oleh-oleh khas di Kaltim, ya cuma di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. Sebagai tempat yang masih berbentuk pasar tradisional dan menjadi favorit buat Ibu Ani Yudhoyono, banyak hal yang perlu sahabat tahu banyak disini. Kita akan mengulas hal-hal terkait Pasar Inpres Kebun Sayur, apa dan bagaimana, simak baik2 ya. Menawarlah Sebebasnya Sahabat, beruntunglah karena Pasar Inpres Kebun Sayur sampai sekarang belum jadi mal. Keuntungan dari belum jadi mal ini, bisa kalian manfaatkan untuk menawar sebebas- bebasnya. Meski harus berkantong tebal untuk berbelanja kemari, bukan berarti nggak ada yang terjangkau untuk kelas Balikpapan. Nggak jauh dari Pasar Inpres Kebun Sayur, soalnya ada juga Pasar Tradisional dibelakangnya yaitu Pasar Pandansari. Jangan cuma cari perhiasan saja kemari, itu bisa kita bahas nanti. Nah, masih diseputar Pasar Inpres Kebun Sayur, sebelum kemari kalian pasti melewati Hotel Blue Sky dan BII MayBank disebelah kiri. Masuk ke kiri, nah tepat diseberang adalah sisi lain Pasar Inpres Kebun Sayur. Ternyata disini banyak menjual barang-barang safety dengan harga miring. Mulai dari sepatu safety dan macam lagi bentuknya. Padahal mungkin, sepatu safety bisa mencapai harga jutaan rupiah, disini meskipun KW dengan harga terjangkau sudah mampu menambah style sahabat setingkat keatas. Beli Cincin Ah Hmm.. Sahabat travellers waktu ke Balikpapan dan belanja oleh-oleh ke Pasar Inpres Kebun Sayur, pasti nggak akan bisa nolak ajakan untuk membeli cincin ditempat ini. Pasalnya memang bagus-bagus dan indah. Paling terkenal diantara semua cincin-cincin disini, adalah cincin yang berhiaskan batu kecubung. Memang mahal, apalagi yang asli batu kecubung bisa sampai puluhan juta. Tetapi perlu diingat, beli cincin disini nggak selalu mahal untuk kelas Balikpapan. Ada juga yang dipatok dari harga Rp500 ribuan sampai Rp1 juta. Tipsnya, ketika beli cincin selalu bandingkan harga dikios satu dengan yang lain, jangan langsung naksir satu cincin di satu kios kalau nggak mau nyesel diduit. Jangan Terpaku Nggak cuma cincin, atau pakaian ketika berbelanja di Pasar Inpres Kebun Sayur. Sahabat, jangan juga terpaku sama anggapan kalau kesini cuma mau belanja cincin aja, dan hanya itu yang dikenal sama orang banyak. Nggak! Oleh-oleh dari tempat ini lebih luas dari sekadar batu. Yang menarik lainnya adalah batik Kalimantan. Batik ini berbeda dengan Batik-Batik Jawa pada umumnya. Coraknya sangat khas melambangkan Kalimantan, yaitu corak Burung Enggang yang dominan tribal. Hanya aja, semakin rumit coraknya juga semakin mahal Batiknya. Nah, Batik Kaltim berbeda dengan Batik Banjarmasin yang juga dijual disini. Coraknya Batik Banjar persis Batik celup. Harga kain batik mulai dari Rp100-500 ribu per meter. Ada juga ukir-ukiran khas Kalimantan khususnya Kaltim, topi, kalung, gelang, manik- manik, anyaman hingga bahan dasar jamu tradisional khas Kaltim. Biasanya untuk penambah gairah seksual. Nah, ada juga yang khas yaitu minyak urut atau pijat, akar lawang. Wah, wanginya keras dan hangat. Tokcer buat oleh-oleh temen kita habis melancong dari Balikpapan, apalagi yang sering masuk angin & keseleo. Pahami Pasar Inpres Kebun Sayur Pasar ini mulai dari simpang BII Maybank setelah Hotel Bluesky, hingga simpang selanjutnya yang berbatasan dengan Bank Mandiri. Nah, kalau berhenti ditengah-tengah memang praktis kita langsung berhadapan dengan pedagang cincin. Mungkin ini trik dagang untuk memancing turis, langsung menawar barang-barang tersier. Sementara disisi kiri pasar loak yang menjual alat-alat safety sampai fashion KW super, sebelah kanannya adalah sisi kios-kios yang menjual beragam jajanan khas Kalimantan, mulai dari amplang, chimi-chimi, abon kepiting, dan banyak lagi. Dengan memahami peta ini, sahabat bakal punya gambaran harus bagaimana dan kemana dulu didalam pasar. Lapar? Dibelakang bagian pasar banyak berjajar warung makan. Menu-menu ikan bakarnya, juara!
  6. Berburu Gratis di Singapura

    Mencari wahana atau tempat wisata yang murah dan terjangkau di Singapura yang serba mahal, ternyata bukan perkara sulit sahabat travellers. Tapi kemana saja dan bagaimana tipsnya? Nah, jalan2.com sudah rangkum khusus buat sahabat travellers yang mau rencanakan liburan low budget ke Singapura. Sudah siap? Yuk, mari.. Esplanade Judulnya sih, "Esplanade - Theatres on the Bay". Apa nggak sensasional? Esplanades adalah salah satu pusat seni dunia yang paling menarik minat wisatawan menuju Singapura. Terletak tidak jauh dari Marina Bay Sands, Esplanade dibuka sejak 2002, Esplanade sudah menghadirkan puluhan ribu pertunjukan dengan kunjungan sebanyak 16 juta orang, termasuk pertunjukkan berbayar hingga non tiket alias free. Kabar gembiranya, 70% dari pertunjukkan yang ada disini GRATIS! Hingga 31 Maret saja gedung yang berbentuk seperti setengah durian ini, sudah menyiapkan 4 show visual art. Gedung ini diisi mulai dari gedung konser, teater, studio resital, studio teater dan drama. Lapar? Jangan nangis, disini ada resto hingga cafe dan bar. Mau makanan Asia sampai Barat, juga lengkap. Uniknya, teater ini juga dipadukan dengan tempat perbelanjaan. Umumnya yang dijual disini adalah barang-barang seni hingga alat-alat musik. Sampai- sampai ada spa dan reflexology sahabat travellers! Dijamin nggak nyesal. Little India Mau merasakan sensasi menjadi Sharukh Khan atau si fenomenal Govinda? Hahahaa.. Tapi kalau di Singapura, jangan langsung cari pohon untuk merasakan sensasi Bollywood. Cukup datang ke Little India. Kawasan urban ini mayoritas diisi oleh suku India Tamil. Banyak makanan khas Asia termasuk India dijajakan disini, dan harganya relatif terjangkau dibandingkan harga-harga makanan di mall atau pusat perbelanjaan di tengah Kota. Rata-rata harga makanan dimulai dari SGD 2 keatas. Setiap akhir pekan, Little India menjadi tempat yang hiruk pikuk. Ada even menarik yang terjadi antara Januari dan Februari, yang merupakan even tiap tahun setiap bulan purnama menurut Kalendar Bulan Thailand yaitu Festival Thaipusam. Disini atraksi ekstrim dilakukan oleh para lelaki, dimana hiasan suci di piercing kedaging ditubuh mereka yang dikenal dengan sebutan Kavadi sambil berjalan di Little India. Nggak sempat? Datang saja saat Festival Cahaya alias Deepavali antara Oktober-November. Saat itu adalah hari libur nasional. Masih tidak sempat juga? Datangi saja Kuil Sri Veeramakaliamman. Masuk kedalam gratis, asalkan lepas sepatu atau alas kaki karena ini tempat suci. Bukit Timah Nature Reserve (BTNR) Kecil-kecil cabe rawit. Rasanya pas menjulukki Singapura demikian. Siapa sangka Singapura yang Negaranya kecil, bahkan lebih cocok menjadi sebuah Kota atau Provinsi suatu Negara ternyata memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang juga adalah kawasan konservasi hutan tropis. BTNR mungkin bukan tempat atau kawasan konservasi yang biasa, tapi luar biasa. BTNR dideklarasikan sebagai ASEAN Heritage Park 18 Oktober 2011 silam. Disini ekosistemnya sangat dijaga, sehingga mampu menampung flora maupun fauna khas ASEAN yang anggotanya ada 10 Negara termasuk Indonesia. Hampir segala hal bisa dilakukan dilahan seluas 163 hektar ini, dengan ketentuan gratis. Kecuali kalau sahabat travellers melakukan gathering atau menyewa tempat disini, pastinya bayar. Sekadar melihat saja, tidak. Hanya, datang kemari harus didukung cuaca yang baik. Karena kalau tidak BTNR memang ditutup. Oh iya, jangan memberi makan hewan sembarangan khususnya orang utan atau kera atau monyet, sangat dilarang. Dan tampaknya, pergi kemari memang tidak cukup sehari, meski sangat berharga bisa berada disini. Sebenarnya ada banyak, dan lebih dari 3 yang disebutkan diatas. Namun setidaknya bagi sahabat travellers 3 tempat ini sudah mewakilkan 3 kunjungan wisata andalan Singapura yang low budget yaitu, wisata seni, wisata budaya, dan wisata alam. Nah, bersiaplah rencanakan perjalan wisata sahabat travellers sekalian ke Singapura, mulai dari sekarang. Dan tetap juga update informasi wisata kalian cuma disini.
  7. Let's Go, Singapore!

    Rasanya, wisata ke Singapura nggak asing lagi di telinga, hati bahkan pikiran sahabat travellers sekalian yang beriman. Siapa yang nggak kenal, Marina Bay Sands? Atau Universal Studio hingga Resort World Sentosa? Iklan-iklannya ditelevisi bahkan tayang distasiun-stasiun televisi Indonesia. Melihat sajiannya di iklan-iklan media massa, cetak maupun elektronik tentu semakin membuat kalian percaya, wisata disana bukan cuma modal nekat. Selain ada rupiah mengurus paspor hingga tiket pesawat atau kapal, bila sahabat travellers lewat Batam. Intinya, nggak ada yang murah wisata ke Singapura. Tapi nih, kalian kadung naksir sama Singapura dan mau menginjakkan kaki disana, kira-kira tips apa sih yang bermanfaat? Yuk merapat! Menabunglah! Banyak hal menarik di Singapura. Mulai dari festival diskonnya di mal-mal, bahkan tidak tanggung-tanggung diskon yang dikenakan justru pada merek-merek ternama. Tapi perlu sahabat travellers tahu, pada dasarnya merek-merek wahid itu sudah mahal. Jadi meski didiskon pun tetap mahal. Nggak ada pilihan pintas selain menabung kalau mau wisata ke Singapura. So, keep saving starting now! Cek Kalendar Event Inilah enaknya berlibur ke Singapura. Modernitas Negara ini menyusup hampir disetiap aspek. Buka internet dan cek situs-situs wisata di Singapura, termasuk jalan2.com sahabat travellers. Hehehee.. Umumnya, selalu ada info yang disediakan Pemerintah Singapura tentang kalendar even menarik yang bakal menjadi tujuan utama wisata kalian. Dan dengan memantengi kalendar even, pastinya kepuasan wisata kalian disini terbayar maksimal. Bayangin aja, dari 25 Januari ini hingga 23 Februari mendatang, Singapura sudah punya segudang even fantastis yang terjangkau. Siapkan Kartu Kredit Kalian Harus ada spare yang aman, antara uang didompet kalian dan limit yang cukup di kartu kredit kalian juga sahabat travellers. Disini, kartu kredit bisa sangat bermanfaat jauh dari yang kita kira manfaatnya di Indonesia. Misalnya nih, untuk membeli atau mengisi token MRT selama berada di Singapura. Kalian bisa mengisinya dengan mudah, lewat counter isi ulang dipintu-pintu masuk MRT, misalnya di stasiun MRT di Vivo City Harbour Front. Sudah terisi? Dekatkan kartu kredit atau kartu MRT sahabat travellers ke gate masuk stasiun MRT, maka langsung terbuka. Jangan gaptek ya, dekatkan saja atau lambaikan dekat detektornya. Karena gate ini menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) yang secara ajaib mampu membaca data digital transaksi kalian, hanya dengan mengarahkan chip kartu MRT atau kartu kredit sahabat semua ke detektor. Cari Hotel atau Penginapan Terjangkau & Booking Segera! Bagi yang sudah sering liburan ke Singapura, sebenarnya nggak sulit cari penginapan atau hotel murah alias terjangkau. Bagi sahabat travellers yang baru mewacanakan kemari, pasti susah cari hotel atau penginapan murah. Survei dulu, dan jika ketemu segeralah booking hotel itu. Apalagi saat kalendar even di Singapura sedang padat dan menarik, khususnya saat perang diskon. Sahabat travellers pasti akan bersaing ketat dengan para penggila belanja. Beberapa hotel backpacker yang bisa jadi pertimbangan sahabat, seperti Blissful Loft di Clarke Quay Riverside. Bergerak sedikit, tidak jauh dari situ ada pula City Center Backpackers. Harganya mulai dari Rp164.162 nett per malam. Buru-buru dipesan, karena rata-rata hotel bintang 1 seperti ini jadi rebutan. Beruntungnya menginap dikawasan ini, karena terletak dipusat Kota sehingga memudahkan akses kemanapun. Jadi, be prepared! Singapore Visitors Centres (SVC) Inilah hebatnya Singapura, tamu itu raja. Jangan takut kalau sahabat travellers merasa kesusahan menentukan tempat-tempat wisata menarik dan low budget, hingga hotel dan soal paspor. Semua bisa dikompromikan di SVC. Begitu sampai di Singapura, kalian juga sudah disambut SVC kok di Changi mulai dari terminal kedatangan 1 sampai 3. Di pusat keramaian Kota, seperti Orchard juga ada. Di lantai 1 pusat perbelanjaan Orchard di ION juga ada SVC. Di China Town tepatnya Kreta Ayer Square juga ada. Cari tiket wahana wisata menarik untuk maksimalkan wisatamu? Coba ke TicketCube di Orchard, antara Wisma Atria dan Ngee Ann City. Tempat ini buka Senin hingga Kamis pukul 10:30 pagi hingga 9 malam, dan Jumat, Sabtu serta hari libur pukul 10:30 pagi hingga 9:30 malam.
  8. Tempat di Jepang yang Ala Anime

    Seberapa banyak sahabat travellers yang ingin ke Jepang? Pastinya banyak. Jepang selalu mengingatkan kita dengan anime-animenya atau kartun ala Jepang. Nah, tempat- tempat apa saja yang mengingatkan kita akan sensasi anime itu di Jepang? Lantas apa saja tips-tipsnya? Mari kita intip bersama. Gunung Fuji/Fujiyama Ada di Barat Laut Kota Tokyo, Jepang. Konon dianggap sebagai Tempat Tinggal Para Dewa, lantaran menjadi puncak tertinggi di Jepang. Fujiyama sendiri berarti Gunung Kemakmuran, asal kata dari Fuji yaitu Gunung dan Yama yaitu Makmur. Sebagai gunung vulkanik yang masih aktif, terakhir Fujiyama diketahui erupsi pada tahun 1707 dan memiliki tinggi sekitar 3700 meter atau 12 ribu kaki. Kalau sahabat hendak kemari, tentu sudah tahu dong bahwa wisata andalan yang ditawarkan adalah panorama alam. Yap, kemari lebih baik dengan teman atau grup dan melakukan hiking alias mendaki gunung. Adalah Juli hingga Agustus waktu terbaik mendaki Fujiyama, lantaran antara Oktober hingga Mei adalah waktu terlarang. Banyak yang telah meninggal saat mendaki diantara Oktober hingga Mei, karena Fujiyama yang puncaknya salju menjadi sangat dingin, hingga pendaki menderita hipotermia atau serangan rasa dingin yang tentunya mematikan. Ueno Park Di manga atau kartun Jepang, bunga Sakura adalah komoditas andalan dan tidak dapat dipungkiri. Nah, Ueno Park adalah tempat yang paling pas di Jepang menyaksikan pesona bunga yang berwarna merah jambu alias pink ini. Taman ini berdiri sejak tahun 1873 dijaman Meiji. Cobalah datang dibulan Maret hingga awal April, karena saat itulah jadwal bunga- bunga Sakura bermekaran. Nantinya kalian bisa juga ikut merasakan perayaan Hanami, dimana akan ada ribuan orang berkumpul secara grup membawa sake atau makanan meramaikan taman ini. Persis di anime-anime Jepang yang populer di Indonesia. Hanami berarti "Menyaksikan Bunga Sakura Bermekaran". Hana adalah kanji yang berarti Bunga dan Mi adalah kanji untuk Melihat. Sanja Festival Setiap bulan Mei, di Jepang ada festival yang sangat menarik, yaitu Sanja Matsuri Festival. Nah, mumpung masih awal tahun 2013 yuk sahabat rencanakan travelling ke Jepang di bulan Mei. Festival ini dihelat pada bulan Mei untuk menghormati Hinokuma Hamanari, Hinokuma Takenari, dan Hajino Nakatomo pendiri sekaligus founder kuil Buddha Sensoo Ji di Asakusa Taito Tokyo, Jepang, yang juga kuil tertua disini. Karena festival ini tidak terikat waktu, jadi ada baiknya kita harus waspada agar tidak ketinggalan momen berharga. Disini kita bisa melihat Yakuza yang tubuhnya dipenuhi tato membawa Mikoshi. Mikoshi adalah sejenis kereta panggul, yang oleh festival ini disucikan rakyat Jepang. Rakyat Jepang juga percaya, bahwa Mikoshi adalah alat transportasi kematian dalam kultur mereka. Asahikawa Ramen Village Kita bergeser sedikit dari Tokyo menuju Hokkaido. Disana ada desa bernama Asahikawa, yang juga dijuluki Ramen Village alias kampung ramen. Ramen adalah mie yang popularitasnya terkenal sejagad raya sebagai panganan khas Jepang. Kampung ini berdaya lewat pengelolaan yang fantastis, karena sejak tahun 1996 tempat ini disulap seperti "theme park" nya mie ramen. Sensasinya tentu saja, ala anime. Selesai makan jangan lupa bayar ya, pakai Yen, jangan Dollar. Satu porsi mie ramen bisa dibayar seharga ¥32. Hokkaido Ice Pavilion Nah, masih di Hokkaido, langkahkan kaki sahabat ke Hokkaido Ice Pavilion. Berada diantara Daisetsuzan National Park dan Asahikawa "kampungnya" mie ramen. Hokkaido Ice Pavilion adalah museum es. Pakai pakaian yang tebal ya sahabat, karena ini semacam lemari es, bahkan lebih dari itu. Suhu disini mencapai -41 derajat celcius. Berani coba? Hahahaaa.. Itu dia tempat-tempat favorit di Jepang yang layak dikunjungi. Masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya. Tetapi jika mengunjungi Jepang, satu hal yang penting adalah membawa kamus saku sebagai pegangan untuk berkomunikasi. Karena kendala utama disini adalah bahasa. Hampir 98% papan peringatan atau petunjuk, semua berbahasa dan berhuruf Kanji Jepang, demikian juga dengan warganya yang lebih fasih berbahasa Jepang ketimbang Inggris. So, be prepared!
  9. Hotel Sweet Hotel

    Sahabat travellers, pernah dengar istilah "home sweet home" bukan? Ya, istilah ini mendefinisikan tentang betapa rumah adalah tempat paling nyaman, dan sangat dirindukan. Mungkin travellers, ketika mengunjungi destinasi wisata merasakan istilah itu apalagi durasi kunjungan kalian terlampau lama? Jangan galau dong, ada tips berikut yang bisa membuat "hotel sweet hotel" seperti "home sweet home", check this out! Maksimalkan Gadgetmu Jaman sekarang ya kan? Ada Blackberry, ada Android, ada Iphone, dan tablet pc. Dunia ibarat sudah dalam genggaman, hanya modal pulsa, kuota internet dan jaringan provider selular kalian bisa terhubung dengan rumah dan keluarga. Salah satu hal yang membuat kita sebagai travellers merindukan rumah dan keluarga ya, hanya karena jarak. Make it close, maksimalkan fungsi gadget kalian sahabat travellers. Perlakukan Kamar Hotel Layaknya Rumah Rasa-rasanya, bagi sahabat travellers yang tinggal dihotel, agak rumit kangen rumah. Kenapa? Karena kamar hotel justru lebih nyaman dari kamar rumah. Tapi, mungkin itu lain ceritanya kalau sahabat travellers memilih tinggal sementara di penginapan, kelas Hotel Melati misalnya. Nah, jadi bagaimana dong, biar sindrom "home sweet home" bisa jadi "hotel sweet hotel" kalau travellers memilih Hotel Melati? Kuncinya satu, jaga kebersihan dan kenyamanan kamar seperti dirumah. Jangan Lama-Lama di Kamar Hotel Yup, benar sekali. Terlalu lama dikamar hotel sangat rentan merindukan rumah. Ayo eksplorasi kota tujuan wisata kalian sahabat travellers. Jadikan kamar hotel sebagai tempat anda, hanya untuk meredakan lelah sehabis jalan-jalan menyusuri tempat- temoat wisata dan mandi. Seduh kopi saat pagi hari sambil menonton tayangan dari televisi digital yang ada ditawarkan di setiap kamar hotel, juga bisa membuat anda merasa seperti dirumah. Akhirnya, anda malah jadi betah dan kerasan, dan jauh dari sindrom "home sweet home" Olahraga di Hotel Masoh malas keluyuran dan memilih berdiam dihotel saja tapi juga galau karena rindu rumah? Cobalah fasilitas olahraga yang ditawarkan hotel. Umumnya adalah kolam renang. Ini sedikit banyak mengurangi kerinduan anda akan rumah, karena dirumah belum tentu ada kolam renang sendiri kan? Hahahaa.. Just enjoy every facility guys. Clubbing Yuk! Nah, ini asli asyik. Tapi bagi sahabat travellers yang mau clubbing di fasilitas Tempat Hiburan Malam (THM) hotel dimana kalian menginap, harus cek dulu apa ada jadwal party? Karena nggak selalu hotel menyediakan, apalagi secara reguler. Tapi kalaupun tidak, menikmati segelas minuman di THM setempat nggak ada salahnya untuk menghilangkan kegalauan kalian sahabat travellers. Nah, kalau sahabat travellers ditempatnya menginap nggak ada THM, jangan galau juga dong. Coba deh kunjungi cafe-cafe yang nggak jauh posisinya dekat tempat kalian menginap. Umumnya, tempat nongkrong tidak berjauhan dengan hotel atau penginapan. Mandi Air Hangat di Bathub Capek, lelah, letih seharian berkeliling di objek-objek wisata di kota destinasi anda, belum lagi anda kangen rumah. Cobalah guyuran air hangat atau benamkan diri kalian guys didalam bathub hotel. Tuangkan juga sabun cair yang ada disediakan hotel, plus segelas kopi hangat sachet yang juga biasanya diberikan sebagai fasilitas free. Wangi- wangian sabun dan hangatnya segelas kopi, tentu jadi obat penenang bagi kalian yang tentunya membuat hotel jadi "hotel sweet hotel" Itu dia tadi sederet tips bermanfaat bagi kalian, yang punya masalah sama "home sweet home" sindrom, apalagi waktu berwisata. Keep everything calm sahabat travellers. Satu-satunya yang paling penting yang bisa dirangkum dalam tips ini, yaitu buat diri kalian senyaman dirumah. Itu nggak sulit kok, kan kalian stay dihotel bayar. Jadi kalian harus mendapatkan kenyamanan itu. Good luck with your trip, dan sampai jumpa!
  10. Siapa yang pernah dengar pulau Rumberpon di Papua Barat? Hmm... mungkin gaungnya masih kurang gede di banding sama Raja Ampat yaaa. Tapi jangan salah lho... disini itu bagusnya nggak kalah sama Raja Ampat. Asik Banget disini... Bisa snorkeling, diving, main ski air, selancar, mancing juga bisa. semua olahraga pantai bisa dilakukan disini nih saking masih asrinya, masih banyak raksasa-raksasa lautan berkeliaran disini. hehehhe sedikit serem yaa.. Dan asiknya lagi, disini itu surganya alam.. Ada padang ilalang yang jadi tempat hidup burung rusa. Terus, coba deh buktiin bentuk ikan duyung itu seperti apa yang di gambarin di dongeng-dongeng selama ini? Ini nih... datang aja ke pulau Rumberpon... Nggak bakalan nyesel.
  11. Indonesia emang banyak festival2 or tradisi. Termasuk di Sulawesi Utara di daerah kabupaten Talaud. Disini ada tradisi tahunan bernama Festival Mane’e yg rencananya akan dijadikan pemerintah setempat untuk festival Internasional. Yg nantinya acara ini akan melibatkan para wisatawan2 asing untuk datang dan berpartisipasi. Festival tahunan ini cukup unik sebenernya karena termasuk tradisi seperti ini, saya belum pernah juga melihat sebelumnya. Tradisi Mane’e adalah aktivitas seluruh masyarakat sekitar dan tamu yg datang untuk menangkap ikan di pantai bersama-sama. Seru kan? Jadi dalam satu pantai yg selama beberapa lama sudah dilakukan 'puasa' (supaya nelayan gak ngambil ikan disitu) jadi ikannya kekumpul banyak disitu. Hingga di panen semua bersama-sama pas festival mane’e ini.. Biasanya masyarakat setempat sudah menyiapkan jaring dari janur yg di anyam untuk menggiring ikan ke daratan pantai. Buat memudahkan para penangkap ikan. Ohyadi tradisi ini kita gak boleh pake alat2 moderen loh kayak saringan or semacamnya.. mayoritas orang2 tangkep ikannya pake tangan telanjang, alias gak pake alat apa2. Belum pernah sih, tapi pastinya seru kalo rebutan tangkep ikan pake tangan. Hehehehe
  12. satu lagi nih bagi yang suka makan ketoprak, makanan yg nikmat khas jakarta. jogja punya juga gak kalah yahuud lokasinya di daerah condong catur, deket ringroad UII. warung makan pinggir jalan kali lima ini baru aja buka.. mungkin sekitar 2 bulan (lebih kurang sedikit lah yaa) tapi sekarang udah rame bangettt.. habis makanannya enak, lokasi strategis, tempatnya enak buat nongkrong + kumpul2 n harganya mahasiswa rekomended deh pokoknyaa.. bukanya biasanya jam 7an tutupnya jam 4. Memang jogja banget yaaa.. mayoritas mahasiswa hidupnya siang jadi malam, malam jadi siang.. kelelawar deh
  13. Antara Balikpapan - Samarinda

    Apa kabar sahabat jalan2ers semua? Semoga selalu baik ya dan siap jalan-jalan dengan tips-tips menarik yang disajikan. Nah, kali ini di Balikpapan dan Samarinda, tepatnya di persimpangan jalan kedua Kota ini, siapa bilang nggak ada objek wisata yang menarik yang patut dikunjungi. Nah, apa aja ya objek-objeknya? Yang pasti menyenangkan. Yuk kita ulas, apa aja dan gimana aja. Check this out! Tugu Jepang Kilometer 12 Nah, kilometer 12 masih teritorial Balikpapan, dan disini ada yang namanya Tugu Jepang. Sebenarnya, bicara soal rekam jejak Jepang di Balikpapan itu nggak habis satu malam. Tugu yang berada di kilometer 12 ini saja nggak cuma satu-satunya. Di Balikpapan Timur, Kelurahan Lamaru, dideretan Pantai Lamaru juga ada Tugu dan Makam Jepang. Cuma kalau dari soal jauh-jauhan, lebih jauh dari Pusat Kota ke Tugu Jepang Lamaru, karena memakan jarak sekira 26 kilometer, sementara yang satu ini hanya berjarak 12 kilometer dari Pusat Kota Balikpapan. Masuk kesini gratis, tidak dipungut biaya apapun. Namun menuju kemari sudah bisa dipastikan agak horor. Terletak ditengah hutan dan ini adalah makam peringatan bagi warga Jepang yang ada di Balikpapan, khususnya para tentara yang terbantai dalam perang dahulu. Saran paling penting: Jangan ngomong jorok atau cacian kasar! Hutan Lindung Sungai Wain Ini terletak di kilometer 15 Balikpapan, adalah hutan wisata paling andalan di Balikpapan. Masih hingga kini HLSW menjadi objek wisata alam yang menarik, bahkan menjadi spot utama aksi penanaman pohon. Posisinya berada di kiri jalan dari Balikpapan menuju Samarinda, dan harus masuk lagi kedalam sekira 1-2 kilometer jauhnya dengan kondisi jalan diaspal. Jika sudah sampai ditengah, maka akan ada gazibu yang menyambut anda sebelum memasuki hutan perawan ini. Mengelilinginya seharian penuh tentu akan melelahkan apalagi bagi pecandu wisata petualangan amatir. Tapi jangan khawatir, HLSW punya jasa pemandu. Disini sahabat akan melihat secara langsung Orang Utan, saudara terdekat sahabat. Hahahaa.. Kenapa nggak mungkin sehari selesai mengelilingi hutan ini? Bayangkan saja luasnya sekitar 9ribu hektar lebih, dan sahabat perlu jaga kelakuan disini. Soalnya HLSW adalah sumber air utama di Balikpapan. Beragam flora dan fauna bisa disaksikan disini, termasuk salah satu burung paling dijaga dan menjadi ikon Kaltim, yaitu Enggang bermukim di HLSW. Wahana menarik lainnya juga ada seperti tracking bridge, pusat penelitian flora-fauna, menara pengintai dan fasilitas perahu menyusuri Sungai Wain. Jangan buang sampah sembarangan disini ya! Bukit Bangkirai Kilometer 38 Ini bukit dikelola PT Inhutani dan berada diwilayah administrasi Kabupaten Kutai Kartanegara, cuma dari Balikpapan menuju Samarinda, wilayah ini masuk di Kilometer 38 dari Balikpapan. Siapa yang nggak kenal tempat ini? Terakhir dijadikan tempat syuting film layar lebar dari grup boyband cilik, Cowboy Junior. Tempat ini sering dijadikan bumi perkemahan, spot fotografi hingga wisata alam. Yang paling terkenal dari tempat ini tentunya semua juga sudah tahu, ya apalagi kalau bukan Canopy Bridge diatas pohon setingi 30an meter. Memacu adrenalin sudah pasti, seru? Ya iyalah. Tempat ini nggak boleh terlewatkan para sahabat travellers sekalian ya. Biaya masuk Rp2000 untuk satu orang dewasa, Rp1000 untuk anak-anak dan Rp4000 untuk parkir mobil dan Rp2000 motor. Masuk Canopy Bridge juga bayar sebesar Rp15 ribu. Pusat Kuliner di Kilometer 51 Ini sudah masuk Kabupaten Kukar, tetapi ini tetap dilewati sebagai Jalan Negara dari Balikpapan menuju Samarinda, dan dikenal dengan nama kilometer 51. Disepanjang jalan ini berdiri kedai-kedai makanan, bahkan restoran makanan yang menarik minat. Dulu pernah ada restoran namanya Tahu Sumedang, namun kabar terakhir di tahun 2011 restoran ini sempat ingin ditutup karena makan Tanah Negara. Meski begitu Tahu Sumedang masih tetap buka, bersama kedai-kedai dan rumah makan lainnya disepanjang kikometer 51. Bicara soal harga, rata-rata makan disini seporsi lengkap plus minum, satu orangnya bisa habis sampai sekitar Rp50 ribuan loh. Disalah satu jajaran kedai disini juga, ada daging yang masuk menu ekstrim atau eksotis. Jarang didapat sih, tapi sering jadi menu incaran yaitu daging Rusa atau Payau. Taman Bukit Soeharto Ini adalah taman konservasi juga, dikelola oleh Universitas Mulawarman dan menjadi tempat paling rindang. Sayangnya ketika melirik kedalam, beberapa jumlah hutan telah ditebangi karena konon kandungan baturbara didalamnya cukup besar dan berkalori tinggi, praktis jadi incaran pelaku usaha batubara. Taman ini berada dikilometer 62 dan sering menjadi tempat ajang adu potensi motor trail atau motorcross. Terakhir bahkan, tempat ini dijadikan salah satu arena perayaan HUT Balikpapan ke 116 yang menggelar ajang Balikpapan 2 Days Enduro, yaitu ajang crosser. Sayangnya lewat ajang ini, ternyata harus memakan korban jiwa. Seorang crosser asal Australia Headley Michael Adrian (30) tewas karena kelelahan dan tersesat ditengah hutan, dalam keadaan motor rusak. Meski begitu, Bukit Soeharto tak pernah sepi dari ajang-ajang olahraga ekstrim dan pariwisata adventure, khas crosser. Mau coba? Datangi Wahyu Jaya Motor di Sumber Rejo 5 Balikpapan Tengah, mereka menyewakan jasa mototrail adventure. Siap-siap uang Rp500 ribu - Rp1 juta untuk rombongan berjumlah sekitar 5-6 orang.
  14. Eksplorasi Tapanuli Utara

    Mendengar Tapanuli Utara, bisa dipastikan akan menarik minat pelancong, khususnya wisatawan lokal asal suku Batak. Ya, Tapanuli Utara adalah salah satu wilayah di Tapanuli - Sumatera Utara, yang terdiri dari Tapanuli Utara, Timur, Selatan, Barat dan Tengah. Di Tapanuli Utara inilah bersemayam Danau Terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara yaitu Danau Toba. Nah, apa saja yang menarik disini dan tips apa yang bisa membuat liburan anda ke Tapanuli Utara menjadi mengasyikan? Beberapa diantaranya dirangkum dalam tulisan ini, mari kita simak. Kosongkan Jadwal Anda Saat Natal & Tahun Baru Mayoritas pemeluk Agama di Tapanuli Utara adalah Kristiani, jadi bagi anda yang berminat untuk berwisata & mengeskplorasi keindahan Tapanuli Utara, kosongkan jadwal anda saat Natal dan Tahun baru. Masing-masing minimal seminggu. Karena disaat-saat itulah suasana Tapanuli Utara sangat meriah. Khususnya di Tarutung, saat Natal biasanya akan ada festival. Tidak jauh dari Kampung Siwaluompu, sepanjang jalan itulah akan diadakan Festival Natal selama kurang lebih 7 hari. Muda-mudi hingga orang dewasa juga ikut berkumpul menyaksikan keramaian dan kerlap-kerlip lampu Pohon Natal, dengan tinggi kurang lebih 12 meter. Pohon ini menjadi paling mencolok di Tarutung. Kunjungi Pemandian Air Soda & Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung merupakan daerah lembah dan cenderung berkabut hampir setiap hari. Seakan-akan anda berada di Negeri Awan. Pemandian Air Soda berada di Desa Parbubu Tarutung, dan Pemandian Air Panas Sipoholon berada di Kecamatan Sipoholon juga di Tarutung. Pemandian Air Soda ini hanya ada dua di dunia, dan salah satunya di Desa Pabubu Tarutung. Airnya tampak seperti soda sementara dilapisan bawah kolam kecil ini, adalah tumpukkan batu-batuan gunung alami. Mandi disini gratis, hanya saja ada warung didekat Air Soda dan untuk menebus uang mandi anda, cukup beli minum atau makan sekalian di warung itu. Sementara Pemandian Air Panas Sipoholon, berada cukup jauh dari Air Soda. Anda masih harus melewati Pardangguran. Sumber air panas dari pemandian-pemandian yang ada disini, diyakini berasal dari Gunung Martimbang 3 kilometer dari pusat Kota Tarutung. Anda bisa melihat mata air disini dialirkan ke pemandian-pemandian air panas yang ada di Sipoholon, dan ini menjadi pemandangan yang menarik. Oleh-oleh khas dari Sipoholon adalah Kacang Sihobuk. Kacang ini mudah ditemukan di Kota Tarutung, dan dimasak dengan cara disangrai bersama pasir. Jangan Lupakan Danau Toba Danau ini adalah danau vulkanis meski ada cerita rakyatnya, mengapa terbentuk Danau Toba. Danau terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara ini, memiliki pulau ditengahnya yaitu Pulau Samosir. Airnya jernih dan bila anda berada dekat dengan bibir danau, dekat dengan tempat-tempat speedboat bersandar, coba taruh kaki anda di air. Maka takkan lama akan ada ikan-ikan kecil berkumpul disekitar kaki anda. Pemandangan disini sangat luar biasa dan memukau. Jaraknya dari Tarutung kira-kira memakan waktu 4 jam perjalanan dengan angkutan travel pertiketnya rata-rata Rp25 ribu jurusan Parapat. Dan anda perlu persiapkan stamina lebih untuk kelilingi Tapanuli Utara. Sebab jalan antar daerah di Tapanuli Utara, relatif mengalami kerusakan berat. Lantaran kontur jalan yang berbukit dan dikelilingi jurang-jurang. Kunjungi Danau Toba dibulan Desember, maka anda akan ikut merasakan semarak Festival Danau Toba. Singgahlah di Lapo Tuak Tidak akan susah menemukan Lapo alias Kedai. Jika anda di Kota-Kota besar di Indonesia dan bertemu orang Batak, anda pasti akan tidak asing mendengar kata Lapo dari mereka. Tapi Lapo atau Kedai di Tapanuli Utara, rata-rata menyediakan minuman keras tradisional bernama Tuak yang terbuat dari buah aren. Warnanya pun putih dengan aroma menyengat khas miras, dan sedikit asam. Biasanya tuak dihidangkan saat pesta atau sehabis memakan-makanan daging dan berlemak. Tuak menjadi minuman yang tampak wajib di Tapanuli Utara, lantaran daerah ini terhitung dingin. Bahkan, konon jika anda menaruh segelas minyak goreng didepan rumah, keesokkan paginya anda akan menemukan minyak goreng itu membeku. Selain Tuak, segelas kopi panas bisa anda nikmati di Lapo-Lapo yang ada disudut-sudut Kota. Tidak hanya meminum Tuak, meminum kopi sambil mengobrol menjadi pola wajib bagi warga Tapanuli Utara. Tidak percaya, buktikan sendiri dengan menyusuri daerah-daerah disini, maka anda akan temukan Lapo atau Kedai dengan mudahnya. Terkadang dan cukup banyak di setiap Lapo juga menyediakan meja billiar, dan buka semalam suntuk. Sebaiknya Bawa Kamera Banyak tempat wisata menarik disini, meski kurang dikelola dengan baik oleh masing-masing Pemerintah Daerah akibat keterbatasan alokasi anggaran, berada di Tapanuli Utara sangat disayangkan jika tidak dimonumentalkan. Sekaligus asah kepekaan fotografi anda, karena perlu anda di Tarutung saja setidaknya ada 20 objek wisata. Bagi Umat Kristiani, Kunjungi Salib Kasih Ini masih berada di Tarutung, Tapanuli Utara. Tepatnya di Siatas Barita dan menjadi objek wisata monumental, untuk memeringati jerih payah seorang Pendeta berkebangsaan Jerman Ingwer Ludwig Nommensen. Nommensen menurut legendanya, pernah hampir dibunuh oleh warga Tarutung ketika menyebarkan Agama Kristen. Tetapi upaya itu gagal, dan Siatas Barita menjadi tempat pertama disebarkannya Agama Kristen diantara orang suku Batak. Stamina anda harus bugar, lantaran menuju Salib Kasih anda harus melalui ratusan anak tangga yang disusun keatas, tempat dimana pertama kali Nommensen menyebarkan Agama Kristen. Namun jangan tergiur membeli oleh-oleh disini, lantaran semuanya hampir sama dan membosankan. Karena yang menjadi objek oleh-oleh adalah salib, selain harganya mahal tentu lebih baik anda menyimpan duit anda. Nikmati saja suasana alam disini yang menyegarkan sambil membeli makanan khas seperti ikan mas dimasak arsik atau minum cendol, seharga Rp5000 pergelas. Demikian tips wisata yang dirangkum untuk anda, sampai bertemu ditempat menarik lainnya hanya disini.
  15. Jika anda ingin pergi berwisata ke Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur, pastinya anda akan singgah terlebih dulu di Balikpapan lewat Bandara Internasional Sepinggan. Selanjutnya anda bisa melalui jalan darat dengan bus atau travel, atau bahkan dengan menaiki pesawat lagi. Untuk sementara Bandara Temindung yang masih digunakan, lantaran Pemkot Samarinda juga sedang membangun bandara pengganti, yang terletak di Sungai Siring. Nantinya Bandara itu akan dikenal dengan nama Bandar Sungai Siring, dengan konsep bangunan bandara yang tampak modern. Lewat darat, maka anda bisa memilih naik bus atau travel. Tarif untuk bus cukup murah, yaitu Rp20 ribu dan anda akan sampai di Terminal Bus Sungai Kunjang. Sementara dengan travel premium ada Kangaroo dan Cipaganti, dengan tarif masing-masing diatas Ro100 ribu. Tetapi anda akan berhenti di pool masing-masing yang berada di pusat Kota. Nah, untuk Kangaroo, busnya sangat nyaman dan eksklusif. Jika anda terlambat akibat kesalahan operator bus, maka anda akan diberikan free charge alias bebas bayar. Biasanya pool Kangaroo di Balikpapan berada di Hotel Le Grendeur di Jalan Sudirman, dan Cipaganti di Bandara Internasional Sepinggan. Tetapi kedua bus travel eksklusif ini memiliki booth pemesanan di Bandara, jadi jangan khawatir harus menghabiskan uang lagi ke pool bus. Maksimal perjalanan yang anda tempuh dari Balikpapan menuju Samarinda, baik mobil dan motor kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan. Warga Balikpapan atau sekitarnya yang menuju Samarinda dengan menggunakan motor, memang cukup riskan. Diwilayah jalan lintas daerah pasalnya, rawan kecelakaan sebab kendaraan melintas dengan kencang dan muatan pun besarnya bukan main. Ketika sampai di Samarinda, anda akan sadar kenapa Kota ini dijuluki Kota Tepian. Meski Kota Besar dan termasuk Kota Bisnis, Samarinda bukan tidak memiliki tujuan wisata. Andalan utama Samarinda adalah Wisata Alam, dimana seketika anda memasuki Samarinda lewat Jembatan Mahakam, disitulah anda sadar julukkan Kota Tepian. Karena Samarinda dianungi oleh Sungai Mahakam, yang mistis. Berikut tips wisata ke Samarinda yang sudah dirangkum untuk anda, check this out! Sungai Mahakam Inilah ikon utama Kota Samarinda, Sungai Mahakam. Pesonanya bisa anda nikmati langsung, apabila anda melalui jalur darat dari Balikpapan menuju Samarinda. Sungai ini kuning lumpur dan panjang bermuara hingga ke Selat Makassar. Dengan panjang 920 kilometer, Sungai Mahakam tidak hanya melewati Samarinda namun juga Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Meski keruh dan terkesan kotor, sungai ini penting mafaatnya bagi warga Samarinda. Dan pesonanya akan semakin mengusik naluri wisata anda ketika memasuki malam. Dengan mudah anda akan menemukan muda-mudi berpasangan, memadu kasih disini menikmati aliran sungai. Bawalah pasangan anda, jika tidak ingin merasa galau. Malam Adalah Waktu Terbaik Menikmati pesona Samarinda, memang pantasnya waktu malam hari. Karena ketika malam, lepas dari suasana hiruk pikuk aktivitas di siang hari maka Samarinda membuat anda rileks sesaat. Kota ini begitu besar. Saking besarnya, Samarinda dibagi antara Samarinda Seberang dan Samarinda Kota, dimana diantaranya adalah Jembatan Mahakam. Gemerlap lampu Kota, tentu akan membius anda untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi, maka cobalah. Datangi Islamic Center Samarinda di Teluk Lerong Ulu. ICS ada di pusat Kota, dan kemilau lampunya sangat cantik. Kegiatan keagamaan disini rutin diadakan, dan selain berwisata tentunya anda juga berwisata rohani. ICS mengingatkan anda sejenak dengan Masjid Putra Jaya di Kuala Lumpur, Malaysia. Samarinda Panas, ke Air Terjun Tanah Merah Saja Ini salah satu objek wisata andalan Samarinda. Anda patut tidak menyangka, pasalnya ketika anda memasuki Samarinda tentu anda akan merasa sumpek. Banyak kendaraan, padat dan macet, ternyata Samarinda menyimpan surga yaitu Air Terjun Tanah Merah. Posisi spot menarik ini ada diantara jalan poros Samarinda - Bontang, Dusun Purwosari, Kelurahan Tanah Merah - Samarinda Utara. Jangan datang dengan tangan hampa, sebab anda akan ditagih tiket masuk sebesar Rp4000 untuk dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak. Pengeluaran akan semakin jadi jika anda membawa kendaraan roda empat, untuk membayar tiket seharga Rp2000 dan Rp1000 untuk roda dua. Pada Hari Raya seperti Idul Fitri, pengunjung akan datang lebih banyak daripada hari biasa ataupun akhir pekan. Sayangnya, meski berada di Ibu Kota Provinsi, akses jalan kemari belum diaspal dan berbatu. Satu hal lagi, dalam segi infrastruktur jalan Samarinda jauh dari memuaskan. Meski lebih ramai daripada Balikpapan, Samarinda tampak semrawut dan mungkin bisa mengurangi minat anda datang kemari. Kebun Raya Unmul Samarinda Nah, ini yang menarik, Kebun Raya Unmul Samarinda. Menarik karena selain tempat wisata, hutan ini digunakan oleh civitas akademika dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda untuk penelitian. Jika beruntung, siapa tahu anda memeroleh tambatan hati disini. Hutan ini seluas 300 hektar dan diisi oleh berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk bahan penelitian, termasuk juga konservasi. 62 hektar diantaranya disulap oleh Unmul dengan membangun Danau Buatan, Jalan, Panggung Hiburan hingga Fasilitas Pendukung misalnya Jogging Track dan Fasilitas Olahraga. Jarakanya 12 kilometer ke Utara Kota Samarinda, dan antara Pemkot Samarinda dengan Unmul kabarnya masih akan menyiapkan kejutan-kejutan wahana lainnya. Kenali Budaya Kaltim di Desa Budaya Pampang Ini merupakan desa budaya yang ditata khusus, untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, yang mempunyai minat tinggi akan kebudayaan. Disinilah tempat yang paling pas untuk melihat Kebudayaan Asli Suku Dayak Kaltim hingga kerajinannya. Berdiri sejak tahun 1973, setiap minggu anda akan disuguhkan atraksi-atraksi kesenian khas Suku Asli Dayak Kaltim. Nah, di Samarinda juga saat ini tengah musim durian. Diperkirakan akan berlangsung lama. Berlibur ke Samarinda, seperti daerah lain di Kaltim maka anda harus berkantong tebal. Hati-hati pula terhadap pencopet atau pelaku kriminal, lantaran tingkat kriminalitas di Samarinda tergolong tinggi. Pergi ke THM disini juga harus hati-hati, sebab peredaran narkotikanya juga cukup luas. Sekian dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.
  16. Wiskul di Samarinda

    Hai sahabat travellers, jumpa lagi kita dalam tips-tips menarik. Kali ini kita ke Samarinda, berburu kuliner. Tentunya yang perlu disiapkan dalam wisata kuliner kali ini, selain uang yang cukup dan yang tak kalah jauh pentingnya adalah perut yang lapar. Hahahaa.. So, let's check this out! Amplang Ini adalah menu yang menduduki puncak teratas perburuan kuliner di Kalimantan, termasuk Kalimantan Timur dan Samarinda. Amplang yang paling terkenal di Samarinda, sama halnya dengan Kota-Kota lain di Kaltim adalah amplang kuku macan. Oke, jangan dibayangkan kalau amplang itu dibuat dari mencopot kuku-kuku macan untuk disantap. Meski namanya begitu agak sangar, bahan dasar paling penting dari membuat amplang kuku macan adalah ikan pipih. Ikan ini jamak ditemukan di Kaltim, dan berbicara ikan pada dasarnya menu-menu kuliner di Kaltim adalah seafood. Oh iya, dekat Bandara Sepinggan Balikpapan, ada UKM Center milik Pemerintah Provinsi Kaltim. Masih satu gedung dengan UKM Center ini, sahabat bisa mengulik ke dapur mereka dalam membuat amplang. Hampir disetiap sudut Kota Samarinda, sangat mudah menemukan amplang dan kerupuk ini cocok buat camilan atau teman makan nasi. Lempok Durian Kayaknya, Kaltim, khususnya Samarinda nggak mau kalah sama Medan, Sumatera Utara. Kalian tahu kan, kalau Medan itu kayaknya nggak pernah kenal "musim tidak ada durian". Nah, di Kaltim durian memang ada musimnya tapi, kalau bicara lempok durian itu nggak kenal musim. Apa sih lempok durian? Itu semacam dodol, dengan bahan dasarnya adalah durian. Lempok ini cukup populer sebagai kuliner dan oleh-oleh khas Kalimantan, dengan rata-rata banderol harga perkotaknya sekitar Rp30 ribu dengan variasi jumlah isi beragam. Sayangnya, tidak seperti amplang yang mudah ditemukan, hanya beberapa lokasi tertentu yang menjual lempok durian. Biasanya lempok dijual di Pasar atau terminal bus Sei Kunjang. Kalau beruntung, terkadang ada juga di minimarket yang ada di Kota Samarinda. Pisang Gapit Yap, bahan utamanya adalah pisang. Kalau biasanya sahabat travellers berkeliling Pulau Jawa, dan nggak fasih sama Pisang Goreng, ingin cari suasana berbeda? Ya, pisang gapit ini adalah kuliner khas Kaltim, Samarinda. Dinamakan pisang gapit, karena pisang ini dijepit ketika dimasak lalu kemudian dipanggang. Nah, yang bikin istimewa itu pisang gapit punya rasa yang menarik, karena pisang ini dimasak dipanggangan dengan pamungkas terakhirnya adalah kuah santan kental berbahan gula merah. Kuah itu disiram diatas pisang gapit lalu dimakan bersama-sama, kalau sendirian rakus. Hahahaa.. Seporsi biasanya Rp10 ribu, coba cari di Loa Janan dikedai-kedai pinggir Sungai Mahakam. Ini pisang, sangat jarang ditemukan diluar Samarinda atau Kaltim. Di Balikpapan juga ada yang menjual Pisang Gapit, tapi nggak sebanyak di Samarinda. Selain di sepanjang Sungai Mahakam, tempat lainnya di Samarinda yang sering dijadikan tempat hunting kuliner khususnya Pisang Gapit, itu ada di GOR Segiri Samarinda. Tempat kumpulnya anak muda Samarinda, juga tempat biasanya warga datang berjoging ria. Habis olahraga, makan Pisang Gapit mantap bener. So, worth to try! Bakso Awang Long Ini bukan baksonya Gubernur Kaltim sekarang pak Awang Faroek Ishak, juga bukan berarti bakso ini bentuknya panjang karena ada "long" nya. Hanya karena bakso ini dulunya dijual di Jalan Awang Long sehingga memang dikenal demikian namanya. Lantas karena peristiwa kebakaran beberapa tahun silam, sehingga kedai ini pun berpindah alamat di Jalan Pembangunan. Namun ibarat pepatah menyebutkan, barangsiapa yang sudah meminum air Sungai Mahakam bakal kembali lagi ke Samarinda, maka belum makan Bakso Awang Long pasti belum pernah ke Samarinda. Umumnya, seporsi bakso dengan mie kuning ini plus minum segelas es teh manis, mampu merogoh kocek anda hingga Rp20 ribu. Udang Ganal Sebenarnya lebih pas kalau di Kaltim, khususnya Samarinda menyebut udang yang satu ini dengan sebutan Udang Ganal. Ganal itu bahasa Banjar, yang artinya besar. Saking besarnya, ada anggapan kalau berburu kuliner yang satu ini, cukup makan sstu udang untuk sekeluarga. Memang udang di Samarinda terkenal besar-besar, beragam penyajiannya juga menarik. Ada yang digoreng ala tempura, hingga dicampur bumbu asam manis. Biasanya disediakan di resto-resto seafood, coba telisik di Jalan Mulawarman. Seporsi dari udang ganal Samarinda ini dihargai Rp25 ribu. Sup Ikan Patin Sebelumnya, sahabat perlu tahu kalau ikan Patin ini semacam ikan endemik di Samarinda. Saking tenarnya, bahkan menjadi bahan dasar pembuatan amplang. Nggak perlu nggak percaya, buktikan saja lewat tiap bungkus-bungkus amplang, selalu mencantumkan "ikan patin" sebagai bahan dasarnya. Nah, sahabat penasaran seperti apa ikan ini, dan apa hanya bsia digunakan sebagai bahan dasar amplang? Jawabannya, Tidak. Buktikan di Jalan Awang Long, Samarinda Ulu. Disana ada restoran yang namanya Akmal, dimana salah satu menu andalannya adalah Sup Palimara atau Sup Ikan Patin. Disajikan panas dan sedikit asam pedas, rasanya memukau selera makan sahabat loh. Makanan ini perpaduan masakan khas Samarinda dan Sulawesi, dimana seporsinya dihargai Rp45 ribu termasuk nasi dan segelas es teh nyam...nyam.... siapkan perut kosong sebelum wisata kuliner di Samarindaaa
  17. Siapa yang nggak pengen sahabat travellers? Apalagi memang Singapura dikenal sebagai kawasan paling modern dan paling maju di Asia Tenggara. Saking modernnya, jajaran merek-merek dunia berkualitas wahid, sarangnya ya di Singapura. Masalahnya, kalau sahabat travellers mau ke Singapura dan memeroleh barang-barang branded untuk dibawa pulang ke Indonesia atau berniat mengisi penuh bagasi dengan puluhan oleh-oleh yang harganya terjangkau, harus kemana saja dan bagaimana? Yuk, sahabat travellers yang doyan belanja, mari merapat! City Plaza Tempat ini sangat mudah terlewatkan oleh sahabat travellers yang budiman. Jadi setelah menyimak tips ini, tolong banget jangan lupa berkunjung ke City Plaza di Singapura kalau memang niatannya mau belanja barang fesyen murah meriah. City Plaza mudah dicapai dari MRT Paya Lebar Station, setelah itu coba lanjutkan dengan berjalan kaki 5 menit. City Plaza yang bangunannya berupa gedung tua, membuat kalian sepintas tidak yakin apakah gedung ini benar-benar menjual barang-barang bermerek? Misalnya produk fesyen. Ternyata ketika mengulik kedalam, City Plaza berisikan rentetan toko-toko pakaian yang mana 95% diantaranya berharga miring. Barang-barang fesyen itu kebanyakan datang dari Cina, Korea atau Bangkok. Penasaran harganya? Rata-rata dimulai dari SGD 8. Susuri City Plaza sampai lutut sahabat travellers lemas berbelanja. Cari Buku & Barang Seni di Bras Basah Sahabat travellers punya niatan belanja diluar barang fesyen? Cobalah melangkah ke Bras Basah. Tidak cuma museum nasionalnya atau National Museum of Singapore (NMS) yang bersemayam disini. Ada seabrek buku-buku hingga novel dan benda-benda seni menarik yang dijual dengan harga terjangkau kantong, siap diburu di Bras Basah. Menuju kemari, naik MRT saja lebih murah, cepat dan terjangkau. Seperti biasa, dari arah manapun menuju Bras Basah cukup berhenti di Bras Basah MRT Station. Keluar dari stasiun, cukup berjalan kaki searah lalu lintas hingga menuju jalan Victoria Street dengan berbelok kearah kiri. Kalau sahabat sudah bertemu Hotel Grand Pacific, tepat didepannya lah komplek toko buku dan benda seni, berjajar rapi siap menggoda naluri belanja kalian. Belanja Suvenir Sebanyaknya di Chinatown Meski mayoritas warga Singapura, banyak beretnis Cina seperti juga di Indonesia, Singapura punya Pecinan. Uniknya, berbelanja disini tidak cuma puas dari segi harga, tapi juga suasana yang nyaman. Bangunan-bangunan khas Cina di Chinatown juga menjadi hiburan tersendiri. Berbeda dengan Pecinan lainnya di Indonesia, disini ada elevatornya. Sangat unik. Rasanya seperti berada di mall, tapi sekaligus Kota Kecil. Belanja suvenir disinilah tempatnya. Mulai dari kaos, ukiran, gantungan kunci, boneka, dan berbagai macam lainnya khas Singapura, ada dan siap sahabat bawa pulang. Bahkan mulai harga SGD 1. Ada pula penawaran eksklusif ditiap-tiap kios misalnya beli SGD 10 dapat sekian suvenir. Jangan ragu menawar, dan banyak dari warga di Chinatown mengerti bahasa Indonesia. Lapar habis belanja? Disini juga berjajar PKL makanan yang aktif berjualan saat malam tiba. Kesini lewat MRT, menuju Chinatown MRT Station lalu keluar ke Pagoda Street. Little India Apa yang khas di Indonesia ketika bertemu orang India? Yap, pastinya kain. Di Singapura cukup ke Little India saja. Ada banyak kain yang bisa dibawa pulang dan juga perhiasan, dengan harga terjangkau tentunya. Selain itu, oleh-oleh khas yang biasa ditagih ketika keluar Negeri, termasuk Singapura yaitu cokelat. Jangan beli di Bandara, ke Mustofa Center di Little India saja. Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan membeli di bandara. Bayangkan saja kalau membeli cokelat di Bandara bisa habis SGD 100. Padahal cuma dapat 2 bungkus besar cokelat dan 1 cokelat dalam kotak kecil. Disini jauh lebih banyak dengan SGD 100. Cari pernak-perniknya sebelum pulang ke Indonesia, ke Little India Arcade. Menuju kemari, lagi-lagi naik MRT. Turunlah di Little India MRT Station lewat pintu keluar C. Voila, sampailah sahabat di Little India. Tapi kalau mau ke Mustofa Center, turun di Farrer Park MRT Station. Hanya karena jarak kedua tempat itu relatif dekat, ada baiknya ditempuh dengan berjalan kaki namun mengalahlah pada satu MRT station.
  18. pasti pada tau kan kalo phiphi island pantai yg pernah di kunjungi leonardo de caprio yg terkenal ituuu buat syuting film THE BEACH.. atau maladewa yg sangat terkenal sebagai surganya wisata laut dunia nah bagi yg belum cukup tabungannya atau gak punya waktu cukup lama buat pergi kesana, mungkin bagi yang tinggal di daerah indonesia barat lebih tepatnya disekitar sumatra utara bisa ambil alternatif buat berlibur ke bintan, jadi gak perlu terlalu jauh. mungkin juga bisa press budget. gak kalah indah lho pantai2nyaa.. resort2 yg sudah ada disana juga udah kelas internasional lohh.. makanya banyak juga turis mancanegara yg dateng. apalagi dari singapore. banyak banget yg dateng kesini.. dari singapore atau sumatra ( kepulauan riau ) tinggal naik ferry aja. jalan2ers udah ada yg pernah kesini? sharing dong fotonyaa :D
  19. Tau kan kalo palembang itu paling terkenal sama pempeknya??? Tapi pada tau gak sih, dimana pempek yg paling enak kalo di palembang?? Menurut survey dari beberapa orang. Pempek di palembang yg paling enak tu di pempek NONI, pempek CANDY ma pempeknya PAK RADEN Kabarnya 3 warung makan spesial pempek ini udah terkenal banget di Palembang. Buat lokasinya antara lain di 1.pempek nony jl R.sukamto 48ef 0711-359497 pempek nony jl. santoso 3112f 0711-359497 pempek nnony jl.sudirman 3107A 0711-322511 2.pempek Candy jl.R.sukamto 53A 0711-375891 pempek Candy jl. sudirman 1498 0711-372121 pempek Candy jl A.yani 9-10 0711-515870 3.Pempek Pak Raden jl.R.sukamto 51/55 0711-361400,361370 pempek pak Raden jl.sudirman 23 0711-310110,357258 Bukannya aku promosi loh tapi. Hehehehehe Kabarnya mereka juga bisa melayani paket kirim loh, mereka biasa kirim ke jakarta or kota2 besar gitu.. bisa juga dicoba kan ya buat Jjers yg pengen pempek asli palembang Nah kalo JJers lain tau gak lokasi kuliner pempek yg enak??
  20. suka sama yg namanya tantangan... cobain dulu yg satu ini.. Umbul Sidomukti, lokasinya di daerah bandungan.. kabupaten semarang. kalo dari semarang kira2 1 jam, kalo dari jogja or solo mungkin sekitar 2 jam-an. ini lokasi outbond.. yg terkenal ada flying fox, jadi flying foxnya dari ujung bukit ke ujung bukit.. di antara bukit itu ada jurang... wow seru banget.. gini nih.. liat kan ada 2 pondok? nanti start n finish flying fox-nya dari dua pondok itu.. lumayan menantang adrenalin ya? lebih enaknya ni alamnya asri bangetttt.... kan di puncak pegunungan gitu. hehe gak cuma ada flying fox, lihat ada jaring2 gitu kan? tu ada spider web.. nanti kita merangkak di atas jaring itu.. itu bawahnya jaring juga loh... ada juga persewaan kuda, biat bisa jalan2 naik kuda.. juga ada kolam renang, kereeennnn... kolam renangnya di pinggir bukit loh, dengan kata lain sampingnya jurang... nih gambarnya
  21. Ke Samarinda Itu, Harusnya..

    Sahabat, pernah nggak sih ke Kalimantan Timur, khususnya Samarinda? Nah, kayakanya udah bukan rahasia lagi kalo kesini identik dengan hutan dan nuansa yang seram-seram. Nah, makanya tips kali ini hadir, kita bareng-bareng membahas kalau ke Samarinda itu, harusnya gimana? Mau taukan? So, check this out! Ke Samarinda Harus Hati-Hati Dijalan Wisata di Samarinda itu beda dengan berwisata di Balikpapan atau Bontang misalnya. Meski tercatat sebagai Ibukota Provinsi Kaltim, kondisi jalan yang nggak kondusif, macet dan sering banjir membuat kita yang berwisata disini harus berhati-hati dijalan. Kalian harus tahu, kalau di Samarinda itu ada yang namanya Gunung Lipan. Konon wilayah ini dikenal angker bin serem. Sering terjadi kecelakaan maut disini, jadi mesti banget hati-hati. Ada mitos yang beredar, kalau Gunung Lipan ini wilayah mistis tempat tinggalnya mahkluk-mahkluk halus. Ke Samarinda itu Harus Ke Sungai Mahakam Ya haruslah. Nggak ke Samarinda kalau belum kesini. Dikawasan waterfront Sungai Mahakam banyak berjajar cafe-cafe menarik. Paling enak menyaksikan pesona Sungai Mahakam di cafe-cafe sepanjang waterfront. The River Cafe, mungkin adalah cafe yang paling menarik dengan tagline Clubbing On The Mahakam River, nuansanya yang dominan merah hitam tempat ini menjadi spot paling andalan untuk bersantai dengan segelas kopi dan aneka makanan sambil memandangi Sungai Mahakam bersama dentuman musik. Ke Samarinda itu Hati-Hati Bertingkah Laku Kaltim khususnya Samarinda konon dihuni warga asli Kalimantan yaitu suku Dayak. Nah, suku ini juga dikenal "agak ditakuti" oleh warga-warga pendatang di Kaltim. Sahabat travellers, sebenarnya nggak perlu takut, tapi cobalah berperilaku sopan dan nggak menyinggung perasaan orang lain di Samarinda. Karena, banyak juga anggapan kalau Suku Dayak tersinggung, mereka nggak segan membalas ketersinggungan itu. Jadi, nggak cuma di Samarinda sebenarnya, tapi dimanapun sahabat melancong, harusnya memang mampu menjaga perilaku dan perasaan warga setempat. Di Samarinda itu Nggak Kenal Mikrolet Cuma di Jakarta kali orang kenal mikrolet. Seperti juga di Balikpapan, di Samarinda itu nggak ada mikrolet, adanya taksi. Nah, taksi itu disini sebenarnya mikrolet kayak di Jakarta. Cuma orang-orang disini aja nyebutnya agak gengsian dikit, taksi. Jadi kalo mau naik angkutan umum jangan bilang naik mikrolet, apalagi buat sahabat travellers yang belibur ke Samarinda, bisa nunggu sampai kiamat nungguin mikrotlet disini. Nah, kalau taksi yang sedan-sedan tuh, disini disebutnya taksi argo. Paham kan? Di Samarinda itu, Fanatis sama Persisam Nah, sahabat travellers doyan olahraga sepakbola? Nah, sekedar mengingatkan kalau sahabat lagi ke Samarinda, jangan sekali-kali menyinggung atau menjelek-jelekkan klub bola kesayangan mereka Persisam Samarinda. Memang sih, masalah ngefans itu hal yang paling sensitif dan pribadi. Disini fanatisme terhadap Persisam Samarinda sangat tinggi. Nggak jarang loh, kalau ada fans Persiba Balikpapan datang kesini dengan pakaian tim Beruang Madu, malah jadi bulan-bulanan. So, jangan pakai atribut apapun yang menyinggung Persisam Samarinda. Ke Samarinda itu, Harus Jaga Dompet Pencurian, perampokan, kedua tindak kejahatan ini sering terjadi di Samarinda. Apalagi Samarinda juga banyak warga pendatang dan tingkat ekonomi yang tinggi, kerap memicu kriminalitas. Buat sahabat yang melancong kesini, nggak usah pamer-pamer perhiasan atau berlagak seperti turis kecuali memang dalam rombongan wisata. Kalau backpackeran kesini, perlu banget menjaga dompet supaya aman selalu. Cegahlah dari kecolongan dengan nggak menaruh dompet didalam tas, dan sandanglah tas anda menyilang biar nggak mudah dirampas. Ke Samarinda, Harus Ke Museum Mulawarman Museum ini adalah Istana Raja Kutai Kartanegara, juga tempat kediaman Sultan Kutai, Aji Muhammad Salehuddin II. Didirikan tahun 1963 dan diresmikan sebagai museum di tahun 1971, juga pernah sekali terbakar. Museum ini menjadi hal terpenting kedua dalam peta wisata Samarinda, yang harus dikunjungi setelah Sungai Mahakam. Benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Kutai, hingga koleksi Sultan dijajar disini. Ada pula Makam Kerajaan yang dibangun khusus disisi lain Museum, yang menjadi tempat sakral. Konon banyak hal-hal mistis meliputi Museum Mulawarman. Namun dengan arsitektur yang menyerupai Istana Negara di Jakarta, museum ini jauh dari kesan kumuh dan tidak terurus. Sangat mungkin menjadi museum terbaik di Kalimantan Timur, sekaligus tertua di Indonesia. Bicara soal tertua, konon juga Kesultanan Kutai adalah Kerajaan Tertua di Indonesia. Kala itu masih Nusantara. Menuju kemari 3 jam perjalanan dari Balikpapan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil, namun dari Samarinda hanya 45 menit.
  22. Ke Samarinda Itu, Harusnya..

    wahhh makasi tambahan infonya bung asli dari kaltim ya?
  23. Antara Balikpapan - Samarinda

    udah pernah ke bukit suharto dong mas? ngapain disana? cari hewan2 asli kalimntan kah? hehehehe
  24. hahahahaha jadul? tapi sekarang mulai eksis lagi kok bung udah pernah belum kesini dewasa2 ini??? makin rame lohhh...
  25. Ke Samarinda Itu, Harusnya..

    baru sekali nyobain elai... dapet yang gak enak atau emang elai gak lebih enak dari durian heheheh soalnya menurutku gak enak bangetttt :wacko: iya dimanapun kita traveling harus dong jaga sikap n tingkah laku