Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda

theblacksmith

Members
  • Content Count

    54
  • Joined

  • Last visited

About theblacksmith

  • Rank
    Tidak Baru Lagi
  1. Saat melangkahkan kaki di the forbidden city atau Gu Gong dalam bahasa cina, yang berlokasi di tengah Beijing, kita seolah berpindah ke zaman kekaisaran Cina. Kota ini sudah menjadi istana kekaisaran Cina selama 24 pemerintahan pada Dinasti Ming dan Qing. Kompleks istana ini didirikan dari tahun 1406 sampai 1420 dan merupakan kompleks istana terluas di dunia. Luas areanya sebesar 74 hektar terdiri dari 980 bangunan dengan jumlah ruangan lebih dari 8700 kamar. Untuk membangun forbidden city diperlukan ribuan pekerja dan ratusan seniman. Nama Forbidden city diambil dari fakta bahwa dulunya tidak ada yang boleh keluar masuk istana tanpa izin dari raja. Kini gu gong dijadikan tempat wisata budaya cina. Pengunjung masuk dari pintu Gerbang Selatan. Istana dibuka untuk umum dari jam 8.30 sampai 17.00 dengan harga tiket 60 yuan atau bekisar 84000 rupiah. Tiket masuk bisa dibeli langsung di tempat, atau melalui situs online. Butuh waktu 3-4 jam untuk mengeksplor seluruh keindahan kerajaan ini. Saat libur kerajaan ini padat pengunjung, jadi jangan pilih hari libur kalau gak mau kehabisan tiket. Soalnya saat libur, jumlah pengunjung dibatasi menjadi 80.000 / harinya.
  2. Mau traveling naik angkutan umum, tapi khawatir tentang keselamatan di perjalanan? Kalau begitu simak tips berkendaraan umum berikut ini. 1. Rencanakan perjalanan dengan matang. Cari tahu dulu tentang rute, jenis kendaraan umum, dan besar ongkosnya. Informasi kayak gini bisa ditanyain ke teman-teman dekat, polisi atau pengguna kendaraan umum lain yang kita temui. Pisahkan uang untuk ongkos dengan uang lainnya. Jangan lupa sedia uang receh alias koin. 2. Kenakan pakaian yang simple dan hindari pemakaian pakaian yang mahal dan perhiasan yang mencolok. Bawa tas dan barang-barang yang mudah dibawa. 3. Tetap waspada terhadap lingkungan di sekitar anda. Soalnya, angkutan umum kan rawan kejahatan. Hindari baca buku, denger MP3, main gadget ketika berada di kendaraan umum. 4. Pilih tempat duduk dengan bijak. Konon kabarnya posisi yang paling aman itu adalah posisi yang dekat dengan pengendara angkutan umum. Jangan duduk terlalu dekat dengan pintu angkutan umum, soalnya rawan jambret. Duduk di kursi yang dekat dengan lorong, supaya bisa cepat keluar kalau angkutan umumnya kenapa-kenapa.
  3. menarik banget nih info-nya. ternyata kristal salju itu bagus-bagus ya bentuknya. saya baru lihat nih yang ini. sebelumnya yang saya pernah baca tentang kristal air. Sama seperti kristal salju, kristal air bentuknya juga bagus dan spesifik yak.
  4. Festival makanan alias pesta panen adalah suatu perayaan untuk menyambut panen hasil pertanian atau peternakan. Nah, ada beberapa festival yang udah terkenal mendunia. Yang pertama, Yuma Lettuce Days. Ini merupakan perayaan panen kol dan lobak di kota Yuma, Arizona, USA. Berbagai acara yang diadakan dalam festival ini antara lain lomba bikin patung, bowling, kontes memasak, kontes membuat salad yang semuanya meggunakan lobak. Selanjutnya ada The Cooper’s Hill Cheese-Rolling and Wake. Ini adalah lomba mengejar keju yang udah jadi tradisi sejak dua ratus tahun yang lalu di kota Glouchester Inggris. Dalam lomba ini sebuah keju Double Glouchester, produk kebanggaan kota ini, berbentuk roda digelindingkan dari puncak bukit. Peserta berlomba mengejar dan menangkap keju menuju garis finish di dasar bukit. Yang berhasil menangkap keju yang jadi pemenangnya.
  5. Ini masih kelanjutan dari tulisan saya yang berjudul "Fakta atau Fiktif?yang kamu (Tidak) tahu tentang hewan. kali ini saya akan bahas tentang buaya. Pernah dengar pepatah ‘air mata buaya’ yang artinya air mata palsu? Ini muncul karena diyakini bahwa buaya tidak memiliki air mata. Namun ternyata ilmuwan sudah mengklaim bahwa buaya punya koq kelenjar air mata. Kalau matanya terlalu kering, maka dia akan menangis. Jadi jelas ini juga fiktif. Juga ada mitos yang menyatakan kalau buaya akan menangis jika memakan manusia. Ini gak bisa dibilang fiktif sih, soalnya buaya emang mengeluarkan air mata ketika makan. Tapi bukan karena alasan emosional. Ini disebabkan karena ketika buaya makan maka udara masuk ke hidung sampai ke kelenjar air matanya. Campuran air mata dan udara ini menekan keluar dari matanya menjadi tetes air mata. Kalau buaya bisa ngomong, dia pasti bakalan protes soal air matanya yang dianggap palsu.hahaha.
  6. Orang Indonesia percaya kalau digigit tokek, maka akan lepas kalau ada sambaran petir. Hah?fakta atau fiktif? Ternyata fiktif, kepercayaan ini muncul karena gigitan tokek memang sangat kuat dan perlu usaha keras untuk melepaskan diri dari gigitan. Tapi gak perlu nunggu petir juga kali, cukup tetesin cuka aja ke hidung si tokek maka dia akan melepaskan gigitannya. Ini baru tokek, masih banyak lagi fakta-fiktif seputar hewan. 1. Dinosaurus adalah hewan terbesar yang pernah hidup. Fakta atau fiktif? Jawabannya fiktif. Ternyata hewan terbesar di muka bumi adalah paus biru. Ukurannya bahkan jauh lebih besar dari dinosaurus paling gede. Paus biru terbesar yang pernah tercatat adalah paus berukuran panjang 33 meter dan berat 200 ton. Wow! Mamalia air ini bernapas lewat lubang udara yang ada di puncak kepalanya. Kebayang gak tuh segede apa lubang udara paus ini. Sekalinya bernapas, si paus ini mampu mengalirkan air sampai ketinggian 9 meter. Paus biru juga bermulut besar,dalam arti yang sebenarnya. Mulutnya mampu menampung sekitar 400 orang. Bisa buat konser tuh. Dengan mulut besarnya ini paus biru mampu menelan air sangat banyak.
  7. sekarang namanya udah diganti jadi Danau Kayangan. Terus fasilitasnya udah mulai dibenerin lah dikit-dikit. malahan udah dibikin fasilitas outbond semacam flying fox dan sebagainya. sarana bermain buat anak-anaknya juga udah mulai dperbanyak. lumayanlah kalo dibandingin dengan dulu.
  8. saya juga skip deh. tapi menurut saya tidak bau bagi masyarakat lombok belum tentu tidak bau bagi kita. barangkali mereka sudah biasa dan familiar dengan bau tersebut di rumahnya. jadi buat mereka udah gak bau lagi.
  9. theblacksmith

    Pulau Pantar NTT

    Pulau Pantar berlokasi di Nusa Tenggara Timur. Kepulauan ini terdiri dari lima wilayah yakni Pantar, pantar Timur,Pantar Tengah, Pantar Barat dan Pantar Barat Laut. Di Buntaru terdapat pantai yang indah banget dengan pasir pantai tiga warna. Di sini ada satu desa penghasil rumput laut. Penduduk desa bekerja sebagai nelayan dan petani rumput laut. Makanan pokok penduduk desa ini adalah singkong dan jagung sesekali mereka juga makan nasi. Yang enak itu Jagung pulut, makanan manis yang hanya tersedia saat musim hujan. Ada juga jagung titik,semacam popcorn lokal. Tapi kalau mau makan pesen dulu ya sebelum waktu makan tiba,baru disiapkan sama warungnya. Kalau gak pesen ya gak dimasakin dan kita terpaksa nunggu lama sampai makanan terhidang . Pemandangan yang bak paradise cocok untuk aktivitas scuba diving, snorkeling,atau sekedar berlayar sambil menikmati pemandangan paradise ini. Air lautnya jernih banget, jadi jalan2ers bisa melihat keindahan biota laut kepulauan pantar. Satu hal, jangan berlayar kalau ombak laut sedang tinggi ya..
  10. kayaknya masalah utamanya adalah daya jual deh, kita belum mampu menjadi pebisnis produk-produk tani yang untung. Produksi tinggi tapi masih kurang tanggap dalam pemasaran. gak heran banyak perusahaan asing langsung terjun ke negeri kita buat beli produk pertanian. jadi mereka bisa dapat harga murah terus dijual mahal dengan merek dagangnya sendiri.
  11. Pernah dengar tentang komunitas bernama Jakarta Green Map? ini adalah komunitas pecinta kelestarian lingkungan. Di komunitas ini kita diajak buat explore Jakarta untuk selanjutnya membuat peta dari tempat yang udah dikunjungi. Tempat macam apa yang bakal dipetakan? Tentu saja tempat-tempat hijau dong, secara ini komunitas cinta lingkungan. Tempat tersebut antara lain: taman-taman, kebun binatang, pusat-pusat daur ulang, juga tempat-tempat budaya seperti museum. Untuk mencapai tempat-tempat tersebut juga harus menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Jalan kaki, naik sepeda, atau naik trans jakarta. Jadi di petanya kita juga memasukkan jalur transportasi yang bisa digunakan buat menuju ke lokasi hijau. Dengan kegiatan ini kita bisa belajar lebih banyak dan lebih peduli terhadap lingkungan. Kita juga bisa lebih berinteraksi dengan warga sekitar sehingga kita bisa lebih menyadari hal-hal baik atau buruk yang dapat terjadi ditempat yang dikunjungi. Anggota dari komunitas ini terdiri dari orang-orang dengan berbagai macam profesi dan latar belakang pendidikan jadi bisa sekalian sharing pengalaman juga. Pasti seru, jalan-jalan sambil nambah ilmu sama nambah pengalaman.
  12. Pertumbuhan bunga bangkai jenis rafflesia tidak bisa diprediksi. Untuk menjadi bunga memakan waktu sangat lama. Perkembangan dari kuncup sampai mekar butuh waktu tiga puluh empat jam dan sangat tergantung pada kondisi inang. Titan arum berbeda dengan rafflesia, pertumbuhannya dapat diamati. Bunga bangkai yang ini bisa mekar hanya dalam waktu hanya dua puluh empat jam. Titan arum baunya lebih menyengat dan kalau cuaca mendukung bisa mengeluarkan asap yang sangat bau. Penasaran pengen lihat dan tahu lebih jauh tentang kedua bunga bangkai? Datang aja ke kebun raya bogor. Di sana ada titan arum dan rafflesia patma yang sebentar lagi akan mekar. Itung-itung berwisata sembari nambah ilmu pengetahuan.
  13. Selama ini kalau ngedenger bunga bangkai pasti ingetnya bunga Rafflesia arnoldi yang ada di Bengkulu. Jangan salah, ada lho bunga bangkai Indonesia yang lain. Ketenaran dan kelangkaannya sih setara sama rafflesia. Nama kerennya titan arum, nama latinnya Amorphopallus titanium. Apa sih persamaan dan perbedaan si Rafflesia sama si Titan arum ini? Menilik persamaannya, keduanya dinamakan bunga bangkai karena sebagai bunga,dua-duanya sama-sama gak wangi dan malah berbau seperti bangkai. Keduanya sama-sama tumbuh di hutan hujan Indonesia. Kedua bunga ini berbeda dari bentuk dan ukurannya. Titan arum lebih mirip bunga lili sedangkan rafflesia lebih mirip bunga matahari karena kelopak bunganya mengembang. Titan arum merupakan tumbuhan sejati yang memiliki umbi, batang dan daun sendiri sehingga dapat menyuplai makanan sendiri. Sementara rafflesia adalah tumbuhan parasit, tidak punya batang,daun sendiri dan menumpang pada tanaman lain yang disebut inang.
  14. Indonesia sedang mengalami musim hujan saat ini. Kalau udah ngomongin ujan ya pasti banyak terjadi banjir dimana-mana. Tapi jalan2ers saya gak lagi mau ngomongin banjir kok. Dua minggu yang lalu saat diguyur hujan saya masih asik aja ngetik-ngetik di notebook. Parahnya lagi saya ngetiknya sembari nge-cas. Sampai tiba-tiba tuh menggelegar petir gede banget. Ternyata entah bagaimana caranya, saat itu saya kesetrum sembari ngeliat charger-an saya tiba-tiba berapi. Sontak setelah 'sadar' dari setruman saya langsung mematikan semua alat-alat elektronik yang sedang menyala. Karena hujan dan petir terus menyambar, malam itu saya putuskan buat tidur aja dengan keadaan masih sedikit syok. Besok paginya baru ketahuan kalo notebook saya juga selamat, cuma charger-nya aja yang rusak. Thank God saya selamat dari maut setelah kesamber petir. Nah, pesan moral dari cerita saya ini, buat jalan2ers kalo misalnya lagi hujan mendingan stop dulu aja main gadgetnya apalagi kalau hujannya dihiasi petir gitu.
  15. Penasaran bagaimana caranya mengadakan pameran karya seni dengan baik? Simak beberapa tips berikut ini: Pilih karya seni yang akan dipamerkan. Lakukan sentuhan terakhir misalnya memilih bingkai yang cocok atau detil lain yang diperlukan. Jangan lupa memotret setiap karya seni untuk dicantumkan di catalog. Siapkan juga detil karya seni seperti juduk, keterangan, ukuran, dan tahun karya tersebut dibuat. Presentasikan karya seni yang akan dipamerkan di depan seorang curator. Curator adalah orang yang biasa menjadi mentor dalam konsep pameran dan penyelenggaraan pameran. Pilih lokasi yang tepat atau galeri untuk pameran Persiapkan tata letak dalam pameran: jarak dari setiap karya, komposisi, dan lampu. Siapkan nama-nama orang yang akan diundang untuk menghadiri pembukaan pameran. Siapkan ulasan singkat mengenai karya seni untuk diceritakan saat pembukaan. Sehari sebelum pembukaan pameran merupakan hari yang paling sibuk. Semua karya harus sudah terpasang dan jangan lupa lakukan gladi resik untuk acara pembukaan. Kalau langkah-langkah tersebut dijalankan, pengunjung bisa menikmati jajaran karya seni dengan nyaman. Tidak mudah memang, tapi tentunya seru untuk dikerjakan.
×
×
  • Create New...