bangchangkyu

Members
  • Content count

    400
  • Joined

  • Last visited

  • Days Won

    1

bangchangkyu last won the day on October 5 2012

bangchangkyu had the most liked content!

3 Followers

About bangchangkyu

  • Rank
    Senang Jalan Jalan

Recent Profile Visitors

2,815 profile views
  1. Mendengar wilayah Cileungsi yang terpikirkan pasti jauhhhh banget dari Jakarta. Apalagi kalau nyebut "Cileungsi itu deket Jonggol" wah makin kerasa banget jauhnya ya. hehehe. Salah satu tempat wisata yang populer di Cileungsi adalah Taman Buah Mekarsari dan ada juga Kampung Cina Cibubur yang nggak jauh dari Cileungsi. Tapi, saya nggak mau bahas tentang Cileungsinya, melainkan mau bahas soal transportasi umumnya. Jalur menuju Cileungsi ini disebut Jalan Alternatif Cibubur atau Jalan Transyogi Cibubur. Di sepanjang jalur ini terdapat banyak sekali perumahan, ruko bisnis, resto, cafe, butik, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Nggak heran kalau kalur alternatif Cibubur ini padat banget sampai macet hampir tiap hari dan waktu. Akan tetapi, meski terbilang jauh dari Jakarta, sejumlah trayek melewati jalur ini sehingga mempermudah warga yang ingin ke Jakarta. Bus besar yang melewati jalur alternatif Cibubur ini adalah Mayasari Bakti Patas AC 42 Cileungsi - Tanjung Priok, Mayasari Bakti Patas AC 42A Cileungsi - Kalideres, Bus MYR (Maya Raya) Cileungsi - Kalideres, Bus Metromini Cileungsi - Senen, Mayasari Bakti AC 70A Cileungsi - Tanah Abang, Sinar Jaya Cileungsi - Bandara Soetta, dan APTB 10 Cileungsi - Blok M. Nah suka duka dan hal-hal yang harus diketahui tentang bus-bus tersebut adalah sebagai berikut. - Jam lewatnya Seperti bus-bus besar di Jakarta lainnya, jadwal lewat bus selalu tidak menentu dan sering kali kita harus menunggu lama. Lebih sedikitnya jumlah armada dibanding dengan transportasi umum berjenis mini bus, bus besar ini memang sulit diprediksi. Ada yang bilang 30 menit sekali lewat, tapi sering juga malah yang 45 hingga 60 menit sekali baru lewat. Ini jadi persoalan tersendiri bagi para pekerja yang harus dituntut on time. Rata-rata memang lewat sekitar 30 menit sekali. Jadi memang harus butuh kesabaran banget deh kalau naik bus umum itu. Pengecualian untuk bus Cileungsi ke Bandara Soetta, Sinar Jaya punya sistem yang sudah bagus soal estimasi waktu tiba di tempat menunggu anda di sepanjang jalan alternatif Cibubur. Lewat twitter resminya @AirportSJGroup yang update banget, kalian yang berada di sekitar jalur ini nggak perlu khawatir lagi nunggu bus lama. Ada jadwal tetap yang sudah dibuat dan dibagikan melalui twitter. Di sana juga tertera estimasi berapa menit waktu tempuh dari pool bus ke titik-titik menunggu yang ramai seperti Plaza Cibubur dan Taman Wiladatika Cibubur atau Cibubur Junction. Enaknya lagi, ada himbauan untuk mencegah keterlambatan sampai di bandara, kita dianjurkan berangkat 3 jam sebelum boarding pass, karena macet emang nggak pernah bisa kita prediksi. Tips: Tips untuk yang ingin naik bus-bus ke Jakarta, jangan ragu tanya sama orang sekitar yang sedang menunggu bus sudah berapa lama kira-kira bus tujuan anda lewat. Kalau baru saja lewat, itu artinya anda harus menunggu lebih lama. Nah, anda bisa menggunakan alternatif kendaraan umum lain yang nanti akan saya bahas. :) - Jam-jam penuh Ini perlu diketahui terutama bagi yang nggak biasa naik bus di sini. Pada jam-jam penuh seperti jam berangkat kerja, bus dari Cileungsi ke arah Jakarta ini selalu penuh. Buat yang nggak sabar dan nggak kuat berdiri lama di bus, mending cari alternatif mobil lain aja. Pasalnya, macet di tol Jagorawi dan tol dalam kotanya itu bukan cuma setengah jam, tapi bisa ampe 2 jam. Tanya keneknya dulu sebelum naik apa masih ada tempat duduk atau nggak. Kalau kehabisan tempat duduk bangku, jangan kaget dengan adanya jok tambahan atau bahkan cuma kardus doang buat alas di depan pintu hhii. Kabar baiknya, kalau udah jam 9 ke atas biasanya bus kosong kok :) - Tarif dan cara bayarnya Untuk tarif ke Tanah Abang dan Kalideres itu 17.000 jika pembayarannya tunai. Tapi jika bayarnya dengan uang elekronik Flazz BCA jadi 15.000. Kalau yang ke Senen dan ke Tanjung Priok saya kurang tahu tarifnya tapi sekitar segitu juga. Untuk bus mayasari ini terkadang keneknya suka nggak mau dibayar pakai flazz. Alasannya beragam, dari yang bilang mesinnya ketinggalan sampai yang bilang lagi error atau rusak. Jadi penumpang harus bayar cash yang mana lebih mahal 2 ribu. Nggak semuanya sih kayak gitu, tapi biasanya pengalaman seperti ini saya rasakan kalau naiknya sudah jam santai atau bukan jamnya sewa ramai. - Balada hari libur Akhir pekan seperti Sabtu, Minggu atau tanggal merah libur nasional terkadang PHP juga bus-bus ini. Jumlah armada yang narik dikurangi, jeda waktu keberangakatan juga lebih lama satu sama lain, atau bahkan pernah ada yang mogok nggak narik sama sekali mungkin karena sewanya sepi kali ya. Nah yang lebih ngeselin lagi, tarifnya suka dimainin sendiri. Dinaikkin seribu sampai 3 ribu rupiah. Alasannya hari libur emang segitu, hffff padahal ya karena nggak mau rugi aja sewanya sepi. Kalau kita ngomel, jadi galakkan dianya ama kita Selain hari libur, hari biasa di jam yang sudah kosong, kenek dan sopir suka nggak sesuai sama rute. Misalnya, bus 70A yang arah tanah abang, dari komdak bukannya besok masuk Sudirman seperti rute resminya, malah lurus ke slipi. Imbasnya, yang mau ke jalan sudirman thamrin harus turun dan sambung angkutan lain. - Perbedaan Bus dan APTB tempat nunggu bus Bus besar di Jakarta memang didominasi oleh Mayasari Bakti. Selain itu, ada beberapa lainnya seperti Deborah dari Depok atau bus Metromini dari Cileungsi ke Senen ini. Nah, Mayasari termasuk juga memberikan bus untuk jenis APTB. Trayek bus patas AC dari Cileungsi ke Blok M kini diganti menjadi APTB. Perbedaannya tentu pada rutenya. Jika biasanya dari tol jagorawi langsung lurus ke tol dalam kota hingga keluar di Semanggi, APTB keluar di UKI dan selanjutnya melaju di jalur bus transjakarta atau busway. Halte yang dilewati adalah Cawang - Pancoran - Kuningan lalu masuk ke jalur Sudirman GBK - Bunderan Senayan - Blok M. Tarif ongkosnya sama dengan bus mayasari biasa, 15 ribu dengan flazz BCA. Kalau hanya di sekitar halte transjakartanya cukup membayar 5 ribu saja. Nah sejak akhir tahun lalu, stiker pemberitahuan soal larangan membayar cash di dalam bus APTB sudah ditempel. Larangan tersebut bahkan menyebut akan memberi imbalan 500 ribu untuk pelapor yang memoret tindakan kenek yang menerima pembayaran cash. Meski demikian, masih saja ada yang membayar cash, apalagi saat weekend. Saya pernah mendapat pengalaman tidak mengenakkan soal pembayaran ongkos lewat Flazz di APTB ini. Saya pernah bingung kenapa ada 2 struk yang keluar saat kartu saya di tap di mesin edc kenek. Setelah saya cek saldo, kecurigaan saya benar. Si kenek nge-tap 2 kali yang artinya saya harus bayar double. Saya yakin banget karena sebelumnya sudah mengecek saldo. Tapi saat itu, saya hanya positif thinking, mungkin abangnya salah tap atau mungkin saya dikira bayar 2 saja. Akan tetapi, kejadian berulang dengan kenek yang berbeda beberapa bulan kemudian. Saya ingat saldo yang baru saya isi 90.000. Saya gunakan untuk 3 orang yang artinya 45.000 dan harusnya sisa 45.000. Saya nggak pakai sampai minggu depannya, saya tanya kenek setelah tap berapa saldonya dan dia bilang 2000 saja. Itu artinya, saya kehilangan 30.000 dong. Nggak ngerti kenapa begitu. Ini terjadi setiap kali saldo di dalam kartu saya cukup banyak. Entah sengaja atau nggak, kita harus lebih aware setiap kali kenek ngetap. Dulu setiap habis ngetap, pasti kenek akan kasih tahu sisa saldo atau menunjukkan layar di mesinnya, tapi sekarang udah nggak. Makanya, sekarang saya suka males isi banyak karena kejadian itu. Padahal, isi saldo banyak kan biar nggak ribet isi ulang Semoga saja, sistem tap sendiri saat masuk ke dalam bus seperti di negara lain cepat diterapkan. Lebih transparan, aman, dan mudah. Alternatif angkutan umum lain Selain bus besar seperti Mayasari dan Metromini yang melintas di jalur alternatif, ada banyak pilihan lain untuk bisa sampai di Jakarta. Beberapa angkutan umum alternatif tersebut antara lain sebagai berikut: - Angkot Di jalur ini juga banyak dilalui oleh angkutan kecil yang biasa kita kenal sebagai angkot. Jurusan yang mengarah ke Jakarta di antaranya adalah jurusan Kp. Rambutan. Ada banyak pilihan, sepeti 121 dari Cileungsi, 121A dari Ciangsana, dan 44 dari Kranggan. Jadi semua ini melewati jalur transyogi cibubur. Angkot 121 dan 121A adalah model mobil APV berwarna biru, sedangkan 44 model kijang berwarna merah keoranyean. Tarifnya bervariasi tergantung jarak. Mulai dari 4 hingga 7 ribu rupiah. Semua rute angkot tersebut masuk ke dalam tol jagorawi dan langsung keluar di tol kp rambutan. - ELF 56 Selain mobil kecil, ada juga mini bus berjenis Elf yang jadi moda transportasi umum favorit warga Cileungsi, Cibubur, dan sekitarnya. Angkot tersebut bernomor 56 jurusan Cileungsi - UKI. Ini sangat menjadi andalan apalagi saat bus besar penuh. Rutenya seperti APTB yang keluar di tol UKI. Dari sana, penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan berbagai pilihan bus dan angkot. Mobil berkapasitas 21 orang dengan sopir ini punya keunikan tersendiri di cara bayarnya. Jika biasanya kita bayar sewa langsung ke sopir, di 56 ini para penumpang yang mengumpulkan sendiri ongkosnya. Saat mobil sudah mulai masuk tol, salah seorang penumpang akan jadi 'kenek' dadakan. Biasanya mereka yang duduknya di tangah atau mereka yang mengeluarkan uang duluan. Ciri-ciri orang yang menghindar buat jadi kenek dadakan itu adalah mereka yang pura-pura tidur, main hape aja, atau pura-pura cuek nggak mau ngeluarin uang duluan Setelah selesai mengumpulkan uang, nantinya langsung dioper ke sopir. Nah, minat penumpang 56 ini cukup besar. Pada jam-jam tertentu sering kali penuh banget. Tapi jangan khawatir, ada titik ngetem buat 56 kosong di sepanjang jalan alternatif. Pertama depan Plaza Cibubur dan kedua di depan Cibubur Junction. Jadi buat yang selalu kedapatan penuh di tempat anda nunggu, silakan menuju pangkalan di atas karena ada saja antrean mobil yang masih kosong. Berbeda dengan arah UKI menuju Cileungsi. Penumpang yang sudah biasa akan langsung menuju pool 56 yang terletak di halte bus sekolah dekat lampu merah menuju Kalimalang. Di bawah flyover atau tak jauh dari kolong flyover cawang soetoyo. Pengalaman saya sih, mau jam sibuk atau bukan, hari biasa maupun weekend, nunggu di UKI selalu penuh. Ojek di sana sudah hafal jadi sering kali menawarkan jasa antar ke pool 56. Oiya bisa nunggu di UKI kalau udah jam malam seperti jam 9 malam ke atas - Bus perumahan Nah, buat yang nggak suka naik turun transit seperti naik 56, bus lain juga ada yang mengantar kita ke Jakarta. Banyaknya perumahan di kawasan ini membuat bus perumahan juga jadi alternatif kendaraan umum menuju Jakarta dari sekitar Cileungsi. Ada bus Citra Indah dan Kota Wisata yang punya jurusan Grogol dan Blok M. Ada juga Citra Grand yang punya jurusan Gajah Mada dan melalui rute Sudirman, ada juga Bukit Golf yang melalui rute Sudirman dan berakhir di Mega Kuningan, atau bus perumahan lain yang semuanya rata-rata melintas di tol dalam kota dan keluar di Komdak. Bus-bus ini punya jadwal yang relatif lebih stabil sebenarnya. Bisa ditanyakan ke kenek jam berapa saja mereka keluar. Hanya saja, tidak semua bus melayani hingga siang hari. Ada yang hanya melayani pagi dan sore saja jadi hanya berangkat jam 5 pagi, seperti Bus Bukit Golf ke Mega Kuningan, dan kita bisa naik untuk pulang kerja dari jam 5 sore. Biasanya, bus perumahan yang beroperasi di siang hari ada Kota Wisata dan Citra Grand. Saat pulang dari Jakarta pun demikian. Kita bisa naik bus-bus ini untuk kembali ke kawasan Cibubur. Soal tarif beragam. Ada yang 15 ribu hingga 20 ribu. Bahkan untuk bus Cibubur Junction lebih excutive karena ada wi-fi nya itu seharga 22 ribu kalau belum naik. Enaknya, bus Cibubur Junction dan beberapa bus perumahan, kecuali Citra Indah, tidak akan menarik penumpang lagi kalau semua tempat duduk sudah terisi penuh. Jadi lebih nyaman. - Omprengan Terakhir ada nih disebutnya omprengan. Ini mobil pribadi berplat hitam yang bisa mengantar kita ke wilayah Jakarta. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui nih tentang omprengan ini. Berikut ulasannya. Bagaimana cara mengetahui omprengan? Cara mengetahui omprengan ini gampang banget. Biasanya, mobil tersebut pasang tulisan di kaca mobil depannya. Misal dia tulis Tanah Abang atau dia tulis Kuningan. Sepanjang jalan alternatif Cibubur, seperti angkot, mereka akan jalan pelan di sebelah kiri untuk mencari penumpang. Kalau ragu, tanyakan kembali jurusannya. Jika tidak ada tulisan jurusan di mobil, mereka biasanya dibantu penumpang lain yang sudah lebih dulu naik. Penumpang yang duduk di sebelah kiri akan ikut menawarkan jasa nebeng tersebut. Nggak jarang lho banyak yang jadi kenal dan berlangganan dengan si sopir dan pemilik mobil gara-gara sistem omprengan ini. Atau, agar lebih pastinya lagi, anda bisa menemukan omprengan dengan mudah di titik-titik berikut ini. Tak hanya itu, naik omprengan di titik-titik ini lebih aman juga. Nanti saya bahas pada poin sendiri. Jurusan yang ada Jurusan yang disediakan biasanya ke Tanah Abang yang melalui Sudirman dan Thamrin. Ada juga yang cuma sampai UKI. Saya pribadi belum pernah menemukan yang langsung ke Kuningan atau Blok M, tapi menurut orang ada juga sih yang ke sana. Tarif dan cara bayarnya Terus bagaimana dengan tarifnya? Seiring dengan naiknya BBM dan ongkos angkutan umum, omprengan ini juga menyesuaikan tapi lebih mahal pastinya. Ongkos saat ini 20 ribu rupiah sekali jalan, lebih mahal 5 ribu dari bus Mayasari dengan pembayaran elektronik. Tapi enaknya, karena ini mobil pribadi, tentu lebih nyaman. Mobil yang digunakan bervariasi, dari yang Avanza, Xenia, APV, Gran Max, hingga Pregio seperti travel. Favorit banget kalau udah dapet Pregio karena luas hehe. Cara bayarnya langsung dikumpulkan di dalam mobil. Cerita aja, dulu tarifnya beda-beda sesuai tempat duduk. Misalnya, kalau paling depan itu 20 ribu, di tengah 15 ribu, dan di belakang 12 ribu. Kalau sekarang, kayaknya yang berbeda cuma di depan aja. Kalau nggak salah, duduk samping sopir itu 24 atau 25 ribu. Selebihnya sama. Bahkan ada juga yang disamakan. Tips aman naik omprengan Ini penting nih. Banyak juga warga yang ogah naik omprengan ini karena takut ditipu atau bahkan ada juga kejadian yang dirampok di dalam mobil. Untuk mengurangi resiko tersebut, kita harus waspada dan ini beberapa tips aman naik omprengan. 1. Naik di pangkalan 'resminya' Naik di titik2 yang saya bicarakan sebelumnya. Kalau dari Cibubur, pangkalannya ada di sekitar Cibubur Junction. Ada yang di depan GOR persis tapi lebih seringnya orang pada percaya dengan yang ada di sayap kiri kanan GOR karena sudah terorganisir dengan cukup baik. Para sopir omprengan sudah membuat keanggotaan dan ada yang mengorganisir sistemnya jadi lebih rapi dan lebih aman. Kalau yang di sayap kiri atau yang di seberang Taman Wiladatika Cibubur biasaya hanya pagi saja. Kalau yang di sisi sayap kanan sebelum masuk tol itu paling siang jam 9 pagi. Selepas jam itu, sudah tidak ada lagi. Nah kalau dari Jakartanya, sekitaran Sudirman, para sopir dan mobil yang sama dengan titik di atas biasa mangkal di bawah Plaza Semanggi. Suka lihat kan banyak mobil pribadi di samping Atma Jaya dan banyak yang naik dari sana? Itulah omprengan baik yang mau ke Cibubur sampai Bekasi ada di sana. Oke, banyak kan mode transportasi umum dari kawasan Cileungsi dan Cibubur ini? So nggak perlu bingung lagi kalau mau ke daerah ini. Oya, sedang dalam tahap pembangunan kereta cepat yang nantinya stasiunnya berangkat dari Bukit Golf Cibubur, jadi makin variatif deh pilihannya :)
  2. Kelulusan adalah salah satu dalam hidup kita. Bukan hanya lulus SMA dan juga lulus kuliah, lulus SD aja udah mulai girang kayak apa. Kelulusan bukan hanya dirasakan sebagai momen menyenangkan karena berhasil menjalani semua proses panjang yang sulit dan berliku, tapi kelulusan adalah titik awal untuk melanjutkan kehidupan dengan suasana baru, tantangan baru, dan berbagai hal yang baru. Jadi nggak heran kalau pesta kelulusan banyak ramai diselenggarakan. Sebagai orang yang sudah menjalani beberapa proses kelulusan dan menyaksikan teman-teman lainnya yang sedang lulus, pernah kepikiran nggak ngasih cendremata gitu? Apalagi kalau misalnya sahabat atau pacar yang lulus. Selain buket bunga, ini dia beberapa hadiah yang bisa diberikan ke sahabat saat pesta kelulusan mereka. - Gift Card Hmm sebenarnya yang ini super simple. Kenapa? Gift Card kan hanya menulis ucapan saja. Bagi berapa orang, hadiah ini mungkin terkesan biasa banget. Tapi bagi sebagian orang, apalagi kalau dari orang penting atau berharga di kehidupannya, gift card ini sangat amat berharga lho. Buat gift card yang unik agar dia bisa terharu. Gift card juga berisi ucapan tulus yang bisa membuatnya merasa bahagia. Ucapan itu sebenarnya punya kekuatan besar lho. Seseorang yang marah bisa luluh dengan perkataan atau rayuan, juga seseorang bisa marah karena masalah ucapan. Seperti pepatah bilang, mulutmu harimaumu. Apa yang kita ucapkan sangat amat punya kekuatan besar. - Bikin video dokumentasi Cara lain memberikan kenang-kenangan untuk sahabat yang diwisuda adalah memberikan video dokumentasi. Misalnya perjuangan dari mulai dia atau kalian bersama-sama bikin skripsi atau tugas akhir. Pahit manisnya cari pembimbing, revisi tiada akhir, sampai benar-benar bisa lempar topi wisuda bareng. Dijamin, video dokumenter ini sangat mengharukan dan berkesan banget. Pernah waktu itu konteksnya ulang tahun sih, bikinin buat temen video dokumenter gini, aduh diputer terus rasanya seneng bangeeet deh. Bisa juga kumpulin testimoni atau ucapan selamat dari orang-orang di sekitar dia. :) - Jam tangan Sekarang kita bicara lebih ke item nya. Jam tangan adalah salah satu item yang bisa banget buat kado kelulusan. Kenapa jam tangan? Jam tangan sangat diperlukan, apalagi saat dia akan memasuki dunia kerja. Jam tangan punya makna yang berharga seperti menghargai waktu, belajar disiplin, dan lainnya. Karena itu, jam tangan punya arti yang besar bagi mereka yang baru saja lulus. mereka juga pastinya suka kok dikasih kado jam tangan. - Tas laptop trendy Item lain yang bisa sangat bermakna adalah tas laptop. Tas laptop bisa mengandung banyak arti dan fungsinya juga besar. Tas laptop berarti anda memberi selamat dan mengucapkan selamat datang ke dunia para pekerja misalnya. Pilih tas yang trendy atau yang nggak norak. Bukan cuma agar terlihat lebih stylish, tapi juga bisa digunakan multi fungsi. Fungsinya nggak melulu cuma bawa laptop tok, tapi juga bisa dipakai untuk barang lain. Model tas laptop yang banget-banget laptop kan kelihatan banget laptopnya, tapi kalau yang trendy kece gitu bisa lebih oke dan lebih multi fungsi. Pasti si sahabat kita suka deh. - Buku Buku juga bisa menjadi kado buat yang baru saja lulus-lulusan. Buku ini bisa dipilih beragam banget jenisnya. Bisa buku yang isinya tentang dunia kerja, atau buku dengan genre yang dia sukai. Buku bisa banyak banget maknanya, bisa juga jadi kode sih hehehe. Buku penting juga untuk membuat dia lebih bersiap untuk Jadi cocok banget deh buat kado mereka yang mau lulus. Hmm ada ide lagi kawan?
  3. Digital Detox, Tren Liburan Tanpa Gadget

    Jika kata detox lebih akrab didengar untuk istilah yang berkaitan dengan kesehatan, detox yang satu ini adalah istilah untuk urusan teknologi dan juga traveling. Yap, digital detox sedang ngetren setahun belakangan. Kenapa begitu? Karena mungkin saat ini penggunaan smartphone dan perangkat teknologi lainnya sudah sedemikian tinggi dan ketergantungan orang-orang terhadap perangkat tersebut pun meningkat tajam. Akaibatnya, cara penyembuhan dari ketergantungan tersebut menjadi tren dan itulah yang disebut dengan Digital Detox (keren kan ya namanya? hehee?) Oke, kita bahas dulu apa sih digital detox itu? Dari berbagai sumber, digital detox merupakan momen di mana seseorang berusaha untuk tidak terhubung dengan perangkat teknologi dan komunikasinya seperti HP, smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya. Digital detox dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran seseorang dan memaksimalkan interaksi sosial langsung yang nyaris hilang. Jika dengan gadget kita tidak menyimak atau mendengarkan obrolan orang lain 100%, maka digital detox ini berusaha membuat komunikasi atau percakapan langsung anda 100% fokus tanpa ada gangguan apa pun yang berasal dari gadget. Tren Digital Detox ternyata booming di kalangan para traveler. Bahkan nih, banyak hotel (gue taunya di luar negeri) dan juga agen perjalanan gitu yang membuat khusus paket digital detox. Jadi akan ada pelayanan dan pengaturan tertentu yang membuat kita terputus sejenak dari gadget dan kawan-kawannya. Hotel-hotel tersebut ada yang menyediakan kamar penyimpanan smartphone, ada juga yang tidak memberikan fasilitas untuk charger dan sebagainya demi menjalankan treatment digital detox ini. Tentunya yang mau mencoba harus setuju dengan semua syarat dan ketentuan tersebut. Sebelum mencari tahu di mana saja sih tempat yang menyediakan treatment digial detox ini? Kita bahas dulu beberapa cara yang bisa dilakukan sehari-hari untuk melakukan digital detox ini. Nggak di tempat liburan aja, coba sehari-hari, hmm coba sehari dan rasakan manfaatnya hehe. - Jauhkan hp dari posisi tidur Yang pertama, coba jauhkan hp dari tempat kita tidur. Menjauhkan HP ini bisa menjadi awal yang cukup mudah sebenarnya untuk melakukan digital detox, karena kita memang sedang akan mau tidur. Ketika hp jauh dari jangkauan tempat tidur kita, kita nggak perlu tuh mengecek apa apa di hp sebelum tidur. Nggak perlu pusing kalau tiba-tiba ada email kerjaan yang masuk atau kalau ada chattingan yang bikin pusing yang masuk. Dengan begitu, tidur lebih lepas tanpa ada beban pikiran dan kualitasnya akan lebih baik. Nyamannya tidur tentu akan memengaruhi kesegaran di pagi hari. Lebih fresh untuk menjalani aktivitas lainnya. - Tinggalkan HP di rumah atau di mana pun Cara selanjutnya adalah dengan tidak membawa HP ketika pergi hmm atau hanya letakkan itu di mana pun. Sebenarnya, cara paling ekstrem adalah dengan tidak membawa HP ke tempat anda pergi. Anda bisa dengan bebas tanpa hp tersebut dan ini akan menjadi benar-benar digital detox. Tapi tunggu dulu, nggak semua orang bisa langsung melakukan hal tersebut. Coba matikan paket data atau gunakan mode silent atau matikan saja ponsel kita ketika sedang bepergian. Tak perlu terganggu dengan notif apa pun yang masuk. Kamu hanya menggunakannya dalam situasi yang sangat amat mendesak. - dengan yang lain Cara lainnya adalah dengan tidak membiarkan tangan fokus dengan gadget dan perangkat lainnya. Berikan tangan kita ini kesibukan lainnya agar tidak bisa memegang hp. Hmm bisa misalnya kita sibuk membaca buku atau melakukan hal lainnya seperti membersihkan atau membereskan rumah, bisa juga mengurus tanaman seperti menanam atau apa pun lah yang membutuhkan aktivitas tangan ekstra sibuk. Oh masak juga bisa tuh. Yap hal-hal lain yang mengharuskan kamu meninggalkan hp untuk melakukan hal lain dengan tangan kamu ketimbang sibuk ketak ketik tap tap keyboard hp atau laptop. - Pakai aplikasi untuk membantu Masih sulit? Ada lho aplikasi unik yang ternyata bisa membantu digital detox ini. Ada aplikasi yang bisa membuat seseorang nggak bisa menggunakan ponselnya karena sudah dibuat pengaturan untuk 'sleep' dalam jangka waktu tertentu. Instal aplikasi tersebut dan coba hasilnya. Kamu bisa menyetting sleep selama beberapa waktu. Sampai waktu akhir, kamu nggak bisa membangunkannya kecuali kamu harus matikan dan restart kembali hp kamu. Mungkin ini bisa sangat membantu kamu untuk komit pada diri sendiri dalam melakukan digital detox tersebut. - Membatasi konsumsi berita Untuk yang satu ini juga bisa dilakukan karena dengan zaman yang sangat terbuka informasi ini kita bisa mendapatkan informasi tanpa batas ruang dan waktu. bangun tidur sarapan berita mau itu politik, ekonomi, lifestyle, dan sebagainya. Siang sore hingga malam hari juga ditutup dengan berita apa pun. Efek positifnya kita bisa tahu apa pun yang terupdate dan mengikuti tren saat itu. Namun efek negatifnya, ada kecemasan dan kekhawatiran yang timbul ketika kita terlalu banyak mengonsumsi berita. Berita kriminal yang bisa membuat was was atau kecemasan bahkan tanpa disadari jadi kita terus menerus ingin mengikuti perkembangannya. dan bentuk kecemasan lainnya. Batasi pasokan informasi tersebut. Misalnya hanya 1 jam dalam sehari atau 2 jam cukup untuk mendapatkan informasi tersebut. Perbanyak juga informasi yang menyenangkan ketimbang hal-hal yang menghawatirkan. Itu bisa memengaruhi mood kita dan membuat hidup berjalan lebih smooth tanpa banyak takut ini itu. Akhirnya,. kita juga bisa lebih mudah melakukan banyak hal tanpa harus mengecek ini itu lewat gadget dan perangkat lainnya. Ada beberapa hotel yang populer dengan konsep digital detox ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai beriku: Lifehouse Spa dan Hotel di Inggris Hotel yang berada 1 jam dari kota London di Inggris ini adalah salah satu hotel yang punya konsep digital detox. Berada di pedesaan dan jauh dari hiruk pikuk kota membuat hotel ini menerapkan peraturan relaksasi tanpa gangguan teknologi di spa mereka. Para pelanggan harus meninggalkan kamera dan telepon genggam mereka saat melakukan spa. Hal ini agar pelanggan bisa menikmati relaksasi yang sesungguhnya. Westlin Dublin di Irlandia Hotel yang berada di Irlandia ini nggak main-main dengan konsep digital detoxnya. Pelanggan yang menginap di sini dan berniat mengambil paket digital detox akan benar-benar dialihkan dari alat teknologi mereka. Paket digital detox tersebut mengharuskan pelanggan meyerahkan gadget dan perangkat elektronik lainnya ke tempat penyimpanan yang sudah disediakan pihak hotel. Sebagai barternya, pihak hotel akan memberikan sepaket detox survival kit yang berisikan papan permainan, peta untuk anda jalan-jalan, perangkat berkebun dan lainnya. Hal ini untuk melepas ketergantungan terhadap perangkat elektronik. Malam hari, pengunjung akan fokus pada Atrium Lounge yang mewah dengan langit-langit dari gelas kaca sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan langit di malam hari. Four Seasons di Kosta Rika Hotel yang berada di antara pantai dan hutan ini juga menawarkan paket digital detox yang menarik. Konsep yang ditawarkan adalah pengunjung harus menyerahkan handphone kepada pihak hotel yang kemudian akan ditawarkan sejumlah daftar aktivitas yang bisa dilakukan sebagai gantinya. Pengunjung bisa memilih apakah ingin merasakan spa dengan kopi, minum air kelapa di tengah kolam renang, atau menikmati keindahan kebun yang dihuni kupu2 cantik berwarna biru. Sangat menarik! JW Marriot di Meksiko Hotel lainnya yang menawarkan paket digital detox yang menarik adalah di JW Marriott Meksiko. Para pengunjung yang datang ke hotel ini disarankan untuk menyerahkan gadget dan alat elektronik lainnya. Lalu, pengunjung bisa sepuasnya menikmati kolam renang outdoor dan juga tempat menyelam dengan ketinggian 14 kaki! Selain itu, kamar di sini banyak yang difasilitasi balkon pribadi yang berlatarkan pemandangan laut Tertarik melakukan digital detox?
  4. Hijab di Indonesia saat ini sudah menjadi tren tersendiri bagi para muslimah. Bahkan dengan aneka gaya berhijab, para muslimah di Indonesia kini bisa berkreasi dan mengikuti perkembangan dunia fashion. Nggak heran kalau Indonesia termasuk negara yang menjadi trend setter hijab fashion di dunia. Karena banyaknya wwanita yang berhijab, maka banyak produk hijab yang dirancang sedemikian rupa untuk bisa diaplikasi dengan berbagai tema acara dan juga kondisi aktivitas para wanita. Maka itulah, aktivitas apa pun bisa dilakukan oleh para wanita meski dengan hijabnya, termasuk jalan-jalan mulai dari keliling kota, naik gunung, bahkan pantai yang identik dengan pakaian bikini bagi wanita. Buat kalian para wanita berhijab dan suka traveling, jangan bingung. Kalian tetap bisa menggunakan hijab kalian dengan nyaman saat jalan-jalan. Berikut beberapa berhijab: 1. Pilih bahan hijab yang sesuai Memilih bahan hijab yang sesuai dengan cuaca dan suhu di tempat tujuan ini penting. Bahan akan sangat memengaruhi nyaman atau tidaknya si pengguna hijab. Kalau misalnya mau pergi ke pantai atau kota yang panas, kamu sebaiknya pilih hijab dengan bahan yang adem seperti bahan kaos. Atau bisa juga hijab yang berbentuk pashmina yang kini disebut dengan pashmina rawis. Bahan rawis itu sangat adem dan cocok untuk berbagai kesempatan sih. Selain itu, jilbab rawis memang terlihat lecek-lecek gitu tapi memang begitu bahannya. Jilbab rawis nggak perlu distrika sehingga para hijabers nggak perlu khawatir dan ribet sama kerudung yang berantakan akibat packing dan lain sebagainya. Jika ingin pergi ke daerah gunung, bisa pakai pashmina yang lebih tebal. Saat ini sudah banyak pashmina bagus dengan aneka motif dan bahan yang nyaman. 2. Model yang simple Ini juga perlu diperhatikan para muslimah atau wanita berhijab saat ini. Saya pribadi sih suka gerah sendiri kalau ngelihat jalan-jalan tapi model hijabnya ribet banget. Panas dan mudah berantakan karena tingginya aktivitas saat jalan-jalan. Jadi saran saya, pilih model atau gaya berhijab sesimple mungkin. Bukannya nggak bisa bergaya lho, karena saat ini sudah banyak gaya hijab yang simple. Kalau kamu bisa mengaplikasikan hijab simple tanpa banyak peniti atau jarum itu sih bagus, tapi kalau kamu tipe yang gampang berantakan pakai hijabnya, kamu bisa menggunakan peniti atau jarum itu. Tapi lebih baik nggak butuh banyak karena akan terlihat ribet. 3. Pilih warna yang bisa dipadu padankan Warna juga penting karena bisa meringankan bawaan anda. Selain itu bisa berpengaruh pada adem nggaknya yang dirasakan. Untuk warna yang bisa dipadu padankan, anda bisa memilih warna-warna netral seperti hitam, cokelat, krem atau biru. Tapi bisa juga disesuaikan dengan baju yang mau dipakai. Nah, warna yang terang biasanya bagus digunakan saat pergi ke pantai atau kota-kota yang panas karena bisa menyerap keringat sehingga rasanya tidak gerah. Sebaliknya, warna gelap atau hitam malah akan membuat wanita berhijab merasa panas. 4. Jaga kebersihan rambut Saat traveling, kita juga harus tetap memperhatikan kebersihan rambut. Sebelum berangkat, sebaiknya memang keramas terlebih dahulu. Tetap melakukan rutinitasi itu selama traveling. Jika sudah keramas, keringkan rambut dulu baru mengenakan hijab. Rambut yang basah dan langsung ditutupi dengan hijab akan membuat rambut jadi lepek dan malah menimbulkan bau. Kamu bisa mengipas rambut secara manual jika tidak mau repot membawa hair dryer. 5. Buka ikatan saat melepas hijab Menggunakan hijab memang paling enak jika rambut kita diikat agar tidak gerah. Tapi yang perlu diperhatikan juga adalah untuk membuka ikatan tersebut saat kamu melepas hijab yang kamu kenakan. Misalnya ketika di hotel, biarkan rambut tetap terurai aga bisa bernafas. Sisir dengan rapi dan lepaskan saat ingin tidur. Bagaimana, semoga tips ini berguna untuk para muslimah berhijab :)
  5. Ada Apa Dengan Depok?

    Enak bangetttt dekettt
  6. Ada Apa Dengan Depok?

    Enak bangetttt deket
  7. Ada Apa Dengan Depok?

    Hahahha parah .. Ya masih bisa pulang hari gpp sih
  8. Apakah temen-temen punya gadget dan alat eketronik yang sudah tidak terpakai? Kalau barang-barang kayak gitu gimana ya bisa dijual ga sih? Yg model lama udah matot gitu ya bangkai lah.. Kira kira kemana ya yang masih terima begituan? Sayang banget soalnya kalau cuma disimpen menuh menuhin kamar haha atau kalau cuma dibuang gitu aja. Kalau ada info yang biasa terima gadget dan alat elektro rusak kabarin dong...
  9. Ichiro, Si Hakim Jalanan: Share Your Opinion

    wah kalau soal anak kecil, saya lebih protes ke orangtuanya yang membolehkan. Udah jelas di bawah 17 tahun blm boleh berkendara. Ini udah dilepas ke mana aja, bukan cuma motor bahkan mobil mungkin ga ya kalau orang yg ditabrak ichiro malah nyangka si ichiro stres?
  10. Ichiro, Si Hakim Jalanan: Share Your Opinion

    dalam beberapa video dia suka minta maaf juga sama pengendara lain. waduhhh serem juga mas kalo suka nyerempet gitu...
  11. Ada Apa Dengan Depok?

    Depok, salah satu wilayah hunian yang banyak difavoritkan. Selain karena lokasinya emang dekat dengan Jakarta, Depok sebenarnya punya banyak potensi dan sarana prasarana untuk warga yang bagus dan memadai. Banyak wilayah di depok yang masih hijau sehingga masih adem dan disukai oleh banyak warga Jakarta. Tapi kenyamanan Depok belakangan ini terusik lantaran berbagai macam aksi kriminalitas yang terjadi. Tentu masyarakat masih ingat kasus pembegalan motor di Depok yang meresahkan. Korbannya sampai ada yang tewas dan ironisnya pelaku masih berstatus pelajar. Dan baru kemarin, masyarakat Depok kembali resah dengan penemuan bom rakitan di ITC Depok. Meski bukan ledakan atau letupan kecil, publik tetap bertanya, ada apa dengan kota itu? Penyelidikan masih terus didalami dan berbagai spekulasi bermunculan. Hmm ada apa ya dengan Depok?
  12. Ichiro, Si Hakim Jalanan: Share Your Opinion

    Hai, ada yang tahu nggak sama Ichiro? Ichiro adalah sebutan untuk seorang pria yang suka beraksi di jalanan. Ia juga dibilang hakim jalanan karena suka menabrakkan mobilnya ke mobil atau motor yang dilihatnya melanggar lalu lintas. Aksi Ichiro ini sebenarnya udah lama, kalau nggak salah 2012 tapi baru diekspos belakangan ini. Kenapa Ichiro? Ichiro adalah nama mobil off road yang dinamai oleh mantan istrinya. Si pengendara ini ternyata seorang dosen di Binus lho. Dosen ini mengaku pernah hampir kecelakaan sehingga membuat dia geram banget sama pengguna jalan yang sembarangan. Ia merekamnya sendiri aksinya tersebut dan juga menggugahnya sendiri ke YouTube. Aksi Ichiro dapat perhatian karena jadi kontroversial juga. Dia pun sempat dimintai keterangan Polda dan mengakui perbuatannya salah karena juga membahayakan orang lain. udah liat aksinya? Ini dia aksi Ichio. Share your opinion about him yaaaa...
  13. Terong, Manfaat Dan Cara Masak Yang Enak

    cie ada yang mau masakin deffa
  14. Terong, Manfaat Dan Cara Masak Yang Enak

    wah saya belum pernah coba nih... kayak goirengan jadinya? sama saya juga nggak suka jengkol ahhaa
  15. Terong, Manfaat Dan Cara Masak Yang Enak

    wah klo di RM Padang terongnya direbus biasa terus ga dipotong2 dulu yaaa langsung makan pake sambel