Banyusmom

Udah Tau Belum Macam-Macam Teknik Memasak?

2 posts in this topic

Meskipun udah Emak-Emak, saya nggak terlalu jago masak, :senyum , cuma pengen share aja sedikit yang saya tau tentang beberapa teknik yang ada dalam masak-memasak yang pernah saya dapat waktu sekolah di perhotelan dulu. Ini ni Jalan-jalaners diantaranya, siapa tau ada yang minat jadi koki mungkin ... hehehehe   

Teknik memasak dibagi menjadi beberapa bagian dan istilah yang banyak digunakan, diantaranya :

 

Boiling (memasak dengan cara merebus)

Dalam memasak, kita bisa mencoba merebus masakan yang akan kita hidangkan. Dengan memasak bahan makanan tersebut dalam titik didih mencapai 100 derajat celcius. Cairan yang digunakan dalam merebus bahan makanan tersebut bisa bermacam-macam. Misalnya air, susu, dan juga kaldu. Cara merebus adalah masukkan bahan makanan ke dalam air tersebut baik dalam keadaan dingin maupun sudah dalam keadaan panas. Misalnya saja merebus telur. Masukkan telur tersebut ke dalam air hingga mendidih.

 

Poaching

Teknik memasak poaching adalah cara memasak dengan cara merebus tapi dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak atau hanya sebatas menutupi bahan makanan dan dengan titik didih yang tidak terlalu besar. Dan biasanya bahan makanan yang direbus pun merupakan bahan makanan yang lembut. Dan dalam teknik poaching ini biasanya menggunakan panci kecil dan tidak menggunakan air yang sudah mendidih dalam proses merebus.

 

Simmering

Teknik simmering adalah teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan saus atau cairan lainnya yang dididihkan dulu dengan api yang kecil. Lalu bahan makanannya direbus dalam waktu yang cukup lama. Hingga muncul gelembung-gelembung kecil di atasnya. Biasanya teknik simmering ini digunakan untuk membuat kaldu dengan ekstrak daging yang lezat.

 

Stewing (memasak dengan cara menyetup)

Menyetup atau disebut juga dengan stewing adalah memasak bahan makanan yang dipotong-potong terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air yang tidak terlalu banyak jumlahnya atau jumlahnya disesuaikan dengan jumlah bahan makanan tersebut. bahan makanan yang digunakan dalam teknik memasak stewing ini biasanya daging ayam. Cara memasaknya pun harus dengan api yang kecil dan waktu yang lama. Yang bertujuan untuk mengeluarkan aroma dari daging tersebut agar semakin terasa.

 

Braising

Teknik memasak braising ini hampir serupa dengan teknik menyetup atau stewing tadi. Bedanya, bahan makanan yang digunakan dipotong-potong dalam teknik braising ini lebih besar dibanding dengan teknik menyetup. Dan bahan makanan yang akan diolah tersebut biasanya direndam terlebih dahulu. Contohnya daging dan sayuran. Dan tujuannya pun hampir sama dengan teknik menyetup, yaitu menghasilkan efek terciumnya aroma dari masakan agar bumbunya terasa lebih meresap. Pada daging merah seperti sapi teknik braising biasanya dilakukan dengan cara direndam terlebih dahulu dengan red wine atau white wine agar lebih terasa.

 

 

Nah, semoga bermanfaat yaa Jalan-jalaners. Btw, ada nggak sih yang jago masak di sini? Ayo share pengalamannya donk :salut

 

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

memang kalau sekolah di perhotelan atau cullinary art, segala  macam technic memasak akan diajarkan, bagus sich untuk pengetahuan kita, namun seperti hukum alam biasanya, dalm prakteknya kita memasak mengikuti naluri dan melupakan semua teory :D

nice share anyway

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now