Sign in to follow this  
Followers 0
rhiennee

Menggali Sejarah di Museum Radya Pustaka

3 posts in this topic

Meskipun beberapa tahun yang lalu banyak berita-berita miring tentang museum kebanggaan kota Solo yang satu ini, tentang barang2 sejarah yang dicuri lah, dijual lah, dsb, namun tak menurunkan pamor tempat wisata yang satu ini untuk dikunjungi. Dan jika kamu termasuk salah satu yang concern tentang budaya Indonesia, nggak ada salahnya mampir ke tempat ini jika sekali waktu bertandang ke Solo.

Museum Radya Pustaka berlokasi di tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi, di kompleks Taman Wisata Budaya Sriwedari. Disini, kamu-kamu bisa lebih mengenal sejarah solo beserta dengan pernak-pernik kraton dan budaya jawa-nya seperti gamelan, keris-keris dan pusaka lainnya, patung-patung, wayang kulit, dan bahkan terdapat sebuah perpustakaan yang banyak berisi buku-buku sejarah yang ditulis pada jaman colonial dan Jawa Kuno. Meskipun bukan wisata yang menantang, tapi boleh juga kan sekali-kali dicoba???

Share this post


Link to post
Share on other sites

disayangkan sekali waktu beberapa tahun yang lalu museum ini di'nodai' sama pejabat yang seharusnya menjaga dengan issue pencurian arca.

di museum ini banyak sekali peninggalan sejarah yang tidak ecek-ecek.

lokasinya lumayan strategis di sebelah jalur kereta kota semar yang tua.. sebenarnya sangat serasi mewakili Solo yang sangat mengedepankan nilai budaya, khususnya Jawa.

ada cerita unik yang merupakan dugaan dari saya (bisa salah bisa benar) bahwa tindakan penjualan arca dibarengi dengan 'kekecewaan' para pegawai yang barangkali bergaji kecil, yang juga patut digarisbawahi, hal seperti itu tetap tidak bisa diterima..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0