Banyusmom

Tips Dapur Bersih

5 posts in this topic

Walaupun terkadang terlupakan, tapi dapur adalah salah satu tempat yang paling harus dijaga kebersihannya setelah kamar mandi. Terutama bagi kamu yang sudah menjadi ibu rumah tangga, dapur menjadi salah satu tempat yang paling nyaman ditempati karena sebagian besar waktu kita berada di dapur. Tapi tunggu, kamu pernah nggak merasa dapur yang setiap pagi digunakan untuk memasak itu menimbulkan bau tak sedap. Saya pernah, dan rasanya gak enak dan tidak nyaman. So’ saya ingin berbagi sedikit tentang cara menghilangkan bau tak sedap tersebut. Biasanya bau tak sedap tersebut muncul dari sampah yang belum dibuang di dapur atau dari kotoran yang menempel di dapur. Dapur yang cenderung lembab juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tapi tenang saja karena bau tersebut masih bisa dihilangkan dengan berbagai cara.

 

post-34-0-49308000-1385552972_thumb.jpg

 

Maka dari itu, sebaiknya kita memilih dapur yang memiliki area terkena sinar matahari atau yang mengarah ke luar ruangan sehingga dapur tidak lembab dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Dan kotoran yang berasal dari dapur malah bisa menimbulkan bakteri dan penyakit. Hayoooo! Gak mau kan punya dapur yang kotor dan berbau, maka dari itu kitalah yang harus merawat dan membersihkannya. Kutiplah cara-cara berikut ini untuk membuat dapur terasa lebih segar dan bersih :

 

Membersihkan kulkas secara rutin

Kulkas biasanya menjadi salah satu alat eletronik yang diletakan di dapur atau di dekat dapur. Makanan yang disimpan di kulkas terlalu lama biasanya menimbulkan bau tak sedap. Sebaiknya, kamu membersihkan kulkas satu minggu sekali agar makanan yang disimpan terlalu lama itu tidak akan menimbulkan bau tak sedap. Cara membersihkannya mudah yaitu mengosongkan isi kulkas terlebih dahulu, termasuk mengeluarkan rak di dalamnya. Campurkan 3 sendok makan baking soda ke dalam baskom yang berisi air. Lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan isinya ke area kulkas lalu lap dengan spon bersih. Dan jangan lupa untuk membuang makanan yang sudah basi dari dalam kulkas.

 

Biasakan tempat sampah selalu kering dan juga bersih

Makanan yang basah yang biasa kita masukkan ke dalam tong sampah juga bisa membuat dapur kamu menjadi bau tak sedap. Pastikan sampah organik maupun anorganik dibuang setiap hari. Karena sampah-sampah itulah yang menyebabkan kuman dan bakteri menempel di sekeliling dapur. Sehingga selain menghilangkan bau tak sedap, dapur kita juga menjadi bersih dan sehat. Dan tentunya aman jika kita harus berlama-lama di dapur.

 

Membersihkan sisa minyak dan sisa makanan di kompor

Biasanya sisa minyak dan sisa makanan kotor banyak yang menempel di dapur. Khususnya di bagian kompor. Kalau kamu selesai memasak, biasakan untuk mengangkat sumbu kompor dan membersihkan bagian dalamnya yang sudah kotor. Nah, silahkan dicoba langsung di rumah. Lalu nikmati kenyamanan dapur yang sehat dan bersih. Bye-bye bakteri! :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

harus ada kemauan setelah melakukan kegiatan didapur harus langsung dibersihkan.

apalagi ditempat saya dimana udara sangat kerinag, kalau tidak langsung dibersihkan maka minyak2 bekas menggoreng yang berloncatan kedinding dapur, jadi kotor dan akhirnya jauh lebih susah membersihkannya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now