Sign in to follow this  
nafariza

Tips Hemat Jalan2: Naik Eurail Pass Keliling Eropa

9 posts in this topic

Seberapa sering jalan2ers bepergian naik kereta di Indonesia? Sudah pernah naik kereta ketika jalan2 di luar negeri? Bagaimana kesan2 yang jalan2ers dapatkan?

Tidak seperti kereta2 di Indonesia, kereta2 di Eropa pada umumnya dalam keadaan bagus, layak pakai. Jadi penumpang dapat bepergian dengan nyaman. Selain itu, rel-rel kereta api terhubung satu sama lain membentuk jaringan rel kereta api yang melintasi Negara-negara di Eropa. Jadi jika ingin keliling Eropa tanpa harus turun dari kereta, bisa. Atau, jika ingin melihat pemandangan negara2 di Eropa tanpa harus turun, juga bisa. :D

Border_London_10-06-17_0002.jpg

Eurail Pass Kelas Satu (

Sumber Gambar)

By-Barbara-Bagnell-2-blog.jpg

Eurail Pass Kelas Dua (

Sumber Gambar)

Kemudahan itu bisa dirasakan dengan naik Eurail Pass (yang memiliki nama lengkap European Rail Pass). Nikmatnya naik kereta ini adalah ada bermacam2 paket tiket kereta yang ditawarkan dengan pilihan gerbong naik kelas satu atau kelas kedua. Penumpang bisa pilih paket tiket kereta sesuai dengan kebutuhan, seperti di bawah ini:

1. Global Pass: Jika ingin bepergian di 30 negara di Eropa dalam 15 hari

2. One Country Pass: Jika ingin bolak-balik beberapa kali antar 2 negara di Eropa dalam 1 bulan

3. Discounted Child Pass (50%): Untuk penumpang anak usia 4-11 tahun

4. Discounted Youth Pass (30-40%): Untuk penumpang muda berusia 14-25 tahun (hanya berlaku untuk kelas kedua)

5. Discounted Senior Pass (10%): Untuk penumpang tua berusia lebih dari 60 tahun (hanya berlaku untuk Global Pass)

Sayangnya saya belum punya kesempatan nyata untuk menggunakan Eurail Pass. Ada yang sudah pernah coba? :)

Baca lengkap disini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah keren banget~

saya baru tahu ada cara seperti ini.

lebih murah yah sepertinya untuk akomodasinya.

lalu, apakah sistemnya seperti trans jakarta?

bisa mengelilingi jakarta sepuasnya dengan sekali bayar, tapi jangan ampe keluar dari terminal gt..?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kakak teman saya pernah naik ini, dan menurut beliau, sistemnya hampir sama dengan Transjakarta. Hanya saja, tiket yang kita beli dalam bentuk paket (sehingga bisa berlaku berkali2 penggunaan) dan dalam jangka waktu berapa lama. Kalau transjakarta kan hanya bisa dipake sekali, asalkan kita tidak keluar dari shelternya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah keren banget~

saya baru tahu ada cara seperti ini.

lebih murah yah sepertinya untuk akomodasinya.

lalu, apakah sistemnya seperti trans jakarta?

bisa mengelilingi jakarta sepuasnya dengan sekali bayar, tapi jangan ampe keluar dari terminal gt..?

Kakak teman saya pernah naik ini, dan menurut beliau, sistemnya hampir sama dengan Transjakarta. Hanya saja, tiket yang kita beli dalam bentuk paket (sehingga bisa berlaku berkali2 penggunaan) dan dalam jangka waktu berapa lama. Kalau transjakarta kan hanya bisa dipake sekali, asalkan kita tidak keluar dari shelternya.

Eurailpass itu semacam salah satu jenis kereta untuk keliling eropa masnya mbaknya, tapi ini saya bukan promosi merek eurailnya ya, bukan postingan dibayar sama eurailnya soalnya hehe. Sama kayak bus2 di jakarta, ada kopaja, ada metromini, kopami, patas, patas ac, ppd, atopun busway *banyak yah*. Jadi tinggal pilih aja sebenernya mau keliing eropa nya pake kereta yang mana. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Eurailpass itu semacam salah satu jenis kereta untuk keliling eropa masnya mbaknya, tapi ini saya bukan promosi merek eurailnya ya, bukan postingan dibayar sama eurailnya soalnya hehe. Sama kayak bus2 di jakarta, ada kopaja, ada metromini, kopami, patas, patas ac, ppd, atopun busway *banyak yah*. Jadi tinggal pilih aja sebenernya mau keliing eropa nya pake kereta yang mana. :)

ooo yayayaya temen saya yang tinggal d belgia juga sering cerita kalo dia mw k belanda atw france pasti naik ini

bener banget mas, makasih udah jelasin deh. udah pernah naiknya eurail nya mas? apa gimana deh? :)

bener banget mas. selagi masih di daratan eropa, eurail pas ini sangan recommended, apalagi buat pelajar. ada diskonnya sih hehe. jadi kalo mas nya mau jalan2 murah ke eropa, emang mesti pas status pelajar mas. begitu lulus, beuh, mahalnya minta ampun deh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

bener banget mas, makasih udah jelasin deh. udah pernah naiknya eurail nya mas? apa gimana deh? :)

bener banget mas. selagi masih di daratan eropa, eurail pas ini sangan recommended, apalagi buat pelajar. ada diskonnya sih hehe. jadi kalo mas nya mau jalan2 murah ke eropa, emang mesti pas status pelajar mas. begitu lulus, beuh, mahalnya minta ampun deh.

wihihi.. makasih loh mas udah bantuin jelasin pertanyaan2 di forum ini, jadi kebantu banget deh saya forum nya jadi rame gini :D

mas nya udah pernah naik eurail pass belom ya sampe bisa tau banyak gini :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this