Sign in to follow this  
shata

3 Taman Hiburan Di Malaysia Yang Bisa Jadi Alternatif Tempat Liburan

11 posts in this topic

Malaysia! Salah satu negara yang pastinya sering dikunjungin sama kita-kita orang Indo. Lokasinya deket, gak perlu rempong urus visa dkk, budaya dan bahasanya mirip2 sama kita, dan yang pasti saat ini udah banyak banget tiket promo ke berbagai area di Malaysia. Ada yang ke Kuala Lumpur, Johor Bahru, Kota Kinabalu, wuih lengkap! Nah kalau udah dapet tiket murah, tinggal susun rencana mau kemana aja selama di Malaysia. Di negara ini udah tersedia berbagai macam tempat wisata. Saya rasa salah satu tempat wisata yang paling menarik minat para wisatawan adalah taman hiburan. Ya gak sih Jalan2ers? Jalan2ers suka gak ke taman hiburan? Berikut saya bahas 3 taman hiburan besar  yang ada di Malaysia. Biar Jalan2ers bisa punya banyak tempat alternatif buat liburan  ^_^ 

 

Emoticon%20Hiking.gif Emoticon%20Terbang.gif Emoticon%20Backpacking.gif 

 

1)  LEGOLAND 
Di Malaysia ada satuu taman hiburan yang tahun lalu baru resmi dibuka dan banyak mengundang perhatian orang2 Indo. Apalagi kalau bukan LEGOLAND. LEGOLAND tepatnya ada di negara bagian Johor, di daerah yang bernama Nusajaya, sebelah baratnya Johor. LEGOLAND juga berada di dalam komplek industri yang sudah terintegrasi, bernama Nusa Cemerlang Industrial Park. Jalan2ers yang mau ke LEGOLAND bisa banget melalui jalan darat dari Singapore ataupun naik pesawat dari Jakarta langsung ke Johor Bahru.

Jalan2ers pasti udah banyak yang tau mainan Lego kan? Saya pun waktu kecil suka banget main Lego karena bentuknya yang unik. Nah.. LEGOLAND adalah taman hiburan yang dimiliki oleh Lego Group (perusahaan yang membuat Lego) dan Merlin Entertainments, salah satu perusahaan di bidang taman hiburan. LEGOLAND yang di Malaysia adalah LEGOLAND pertama di Asia dengan luas 310,000 m2 Dan selain taman hiburan, Komplek LEGOLAND Malaysia juga dilengkapi sama hotel dan water park.

LEGOLAND memiliki dekorasi yang emang Lego banget, terdiri 7 zona yang berbeda: Miniland, The Beginning, Imagination, Lego Technic, Lego Kingdoms, Lego Land of Adventure, dan Lego City. Di area Miniland, Jalan2ers bisa liat miniatur landmark2 penting di Asia, bahkan Pura Tanah Lot di Bali pun dibuat miniaturnya. Uniknya, semua miniatur landmark ini dibuat dari Lego, sampai orang2nya segala. Keren ya? Area The Beginning merujuk kepada area gerbang masuk ke LEGOLAND. Di area ini ada toko bernama Big Shop yang merupakan toko terbesar dan terlengkap yang menjual produk-produk Lego, mulai dari mainan sampai merchandise LEGOLAND.

Area Imagination cocok banget buat anak2 karena di area ini terdapat studio dimana anak2 bisa membuat bangunan dari Lego sesuai dengan imajinasi mereka. Di area ini, juga ada teater tempat pemutaran film2 berteknologi 4D dan ada menara observasi. Jalan2ers bisa liat seantero LEGOLAND kalau berada di bagian atas menara observasi ini. Di Lego Technic, Jalan2ers bisa liat Lego dengan versi robot dan versi canggih. Di area ini ada 3 wahana seru, salah satunya adalah Project X -- roller coaster setinggi 18 meter yang bisa dinaiki sama anak2 dan orang dewasa. 2 roller coaster lainnya bisa Anda temukan di area Lego Kingdoms, yaitu The Dragon dan Dragon's Apprentice. Keduanya berdekatan tapi yang jauh lebih memacu adrenalin adalah The Dragon.

 

Di 2 area terakhir, Lego Land of Adventure dan Lego City juga masih banyak wahana seru. Ada wahana yang menyerupai arung jeram, bom-bom car, permainan laser, dan masih banyak lagi. Seperti taman hiburan pada umumnya, LEGOLAND juga dilengkapi sama area makan dan toko2. Ada 7 area makan yang hidangannya beragam, mulai dari makanan khas Malaysia sampai western food ada. Supaya bisa mencoba hal2 seru di LEGOLAND, Jalan2ers harus beli tiket masuk seharga 275 Ringgit atau sekitar 435.000 Rupiah. Pihak LEGOLAND juga menawarkan tiket tahunan, yaitu tiket yang bisa dipakai selama 1 tahun. Tiket ini seharga 860.000 Rupiah. Tiket LEGOLAND bisa dibeli secara online melalui website nya dan biasanya bisa dapet potongan harga kalau beli online. Saya sendiri belum pernah ke LEGOLAND tetapi setelah liat2 infonya jadi tertarik banget. Jalan2ers mungkin ada yang udah pernah dan bisa sharing pengalamannya?

 

60kl.jpg

Pintu masuk LEGOLAND Malaysia

 

2) Sunway Lagoon
Beda sama LEGOLAND yang baru banget ada di Malaysia, Sunway Lagoon udah ada dari tahun 1993. Menjadikan tempat ini sebagai taman hiburan pertama di Malaysia. Sunway Lagoon luasnya sekitar 80 hektar. Lokasi Sunway Lagoon gak jauh dari Kuala Lumpur, cuma sekitar 20 menit. Lokasi tepatnya ada di Selangor, di kota satelit yang bernama Petaling Jaya. Buat menuju Sunway Lagoon, paling memungkinkan memang ke Kuala Lumpur dulu kalau dari Indo. Baru setelah itu berkendara lewat tol Federal Highway, Damansara-Puchong Expressway, New Pantai Express Way and KESAS Highway. Kalau naik kendaraan umum bisa juga, yaitu dengan Cityliner bus No. 51 dan Metrobus No. 10 dan 11. Bus ini berangkat dari stasiun Klang di Kuala Lumpur.

 

Katanya sih, Sunway Lagoon ibarat Dufan dan Ancol kalau disini. Alasannya karena di Sunway Lagoon terdapat water park yang berupa kolam renang (Kayak Atlantis di Ancol) plus amusement park yang berisi wahana2 seru (kayak di Dufan). Malahan Sunway Lagoon saat ini sudah memiliki 5 area yang fungsi dan seru nya beda2: Water Park, Amusement Park, Extreme Park, Wildlife Park, dan Scream Park. 

 

Diantara ke 5 area permainan, yang paling spesial di Sunway Lagoon sepertinya area Water Park nya. Terdiri dari 2 area: Water of Africa dan Surf Beach. Water of Africa adalah kombinasi antara atraksi atau wahana 'kering' dan 'basah' dengan elemen2 menyerupai Afrika. Maksudnya wahana basah adalah wahana yang menggunakan unsur kolam renang, seperti perosotan air dan air mancur. Sedangkan area Surf Beach adalah area pantai buatan yang mana berhasil mendapat predikat sebagai pantai buatan manusia terbesar di dunia. Di depan pantai buatan ini juga terdapat kolam renang dengan ombak buatan yang lagi2 berhasil menjadi kolam renang ombak terbesar di dunia (13.000 m2). Ombaknya sendiri bisa setinggi 2 meter. Tapi Jalan2ers gak usah bawa papan selancar beneran ya.. Karena disini ada simulator selancar buat pengunjung yang mau nyoba berselancar. Di bagian belakang kolam ombak terdapat area yang dijadikan tempat gunung berapi buatan. Saya sebenernya gak tau gunung berapi buatan ini gunanya buat apa. Mungkin di dalamnya terdapat sesuatu yang seru :)

 

Selain pantai dan kolam ombak buatan, di Sunway Lagoon juga ada air terjun buatan yang dibawahnya langsung nyambung sama kolam renang arus. Gak ketinggalan, perosotan berbagai macam bentuk dan ketinggian juga tersedia. Ada perosotan yang harus pakai pelampung, ada yang gak. Semua lengkap! Hal unik lain yang saya liat di peta keseluruhan wahana di Sunway Lagoon adalah jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan gantung ini ada di atas kolam renang ombak dan cuma selebar 2 orang berdiri bersamaan. Dari atas jembatan gantung ini, pengunjung bisa liat pemandangan Sunway Lagoon secara menyeluruh.

 

Lanjut ke area Amusement Park. Area ini terbagi atas Wild WIld West dan World of Adventure. Wild Wild West terinspirasi dari film Wild Wild West yang bertema koboi dan indian. Wahana paling seru yang ada di WIld Wild West adalah The Grand Canyon River Rapids yang cara mainnya mirip banget sama Niagara-gara di Dufan. Kalau World of Adventure temanya petualangan gitu. Di area ini ada roller coaster yang cukup seru, The Lost City of Gold. Ada juga Pirate Revenge's yang mirip banget sama wahana kora-kora di Dufan tapi lebih menegangkan karena Pirate's Revenge putarannya benar2 360 derajat. Wahana Tomahawk juga hampir sama kayak Pirate Revenge's, bedanya bagian atasnya ditutup sama jeruji besi. Wahana-wahana lain di Wild Wild West dan World of Adventure masih banyak yang gak kalah seru.

 

Di sebelah kiri area Water Park terdapat pintu masuk ke area Extreme Park. Di area ini, Jalan2ers bisa berolahraga secara ekstrim atau olahraga yang gak biasa, seperti naik ATV (All Terrain Vehicle), Go-Kart, panahan, Flying Fox (flying fox terpanjang di Malaysia), Sling shot, Bungy Jumping, naih perahu kayak, dan masih banyak lagi. Beralih ke bagian belakang Water Park, dimana area Wildlife Park berada. Dari namanya, Jalan2ers pasti udah bisa nebak kalau area ini berhubungan sama hewan. Ya bener! Ada 150 lebih spesies hewan yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Anda bisa ngerasain gimana rasanya jadi Tarzan pas berkunjung ke area ini  :P  Area terakhir, Scream Park cocok banget buat Anda yang suka horror. Wahana/atraksi2 di area ini memang serem semua. Ada rumah hantu yang dibuat secara 3 dimensi yang didalamnya ada hantu2 yang terkenal di Malaysia. Ada juga studio yang menayangkan film2 atau pertunjukan bertema horror.

 

Kalau Jalan2ers lagi ada di Malaysia, coba sempetin ke Sunway Lagoon. Salah satu alasannya, menurut saya, Sunway Lagoon adalah taman hiburan yang super lengkap. Semua aktivitas2 seru bisa dilakukan di taman hiburan ini dengan membayar tiket masuk yang harganya terjangkau. Buat pengunjung yang bukan penduduk Malaysia, normal rate nya 120 Ringgit buat dewasa dan 90 Ringgit buat anak2. Kalau di kurs ke Rupiah cuma sekitar 360.000. Aktivitas2 yang ada di Extreme Park memang membutuhkan biaya tambahan tapi tetep terjangkau kok  :) Tiketnya juga bisa dibeli secara online di website nya Sunway Lagoon dan ada kemungkinan Jalan2ers bisa dapet diskon kalau beli dari jauh2 hari.

 

80em.jpg

Map semua area di Sunway Lagoon

 

zz0m.jpg

Area Surf Beach (pantai dan kolam ombak buatan)

 

 

3) Resort World Genting Highland Theme Park

Jalan2ers mungkin udah banyak yang tau tentang Genting Highland atau bahkan udah pernah kesana? Dataran tinggi yang berada di perbatasan antara negara bagian Selangor dan Pahang ini dari tahun 1960 dijadikan tempat rekreasi yang super lengkap. Kasino ada, hotel ada, pusat perbelanjaan ada, sampai taman hiburan pun juga ada. Genting Highland ada dibawah manajemen yang sama dengan Resort World Sentosa di Singapore dan Resort World-Resort World di negara lain. That's why namanya Resort World Genting Highland.

 

Banyak yang bisa dibahas tentang Genting Highland. Tapi sekarang saya cuma mau bahas tentang taman hiburannya aja yang diberinama Resort World Genting Highland Theme Park. Biar lebih simpel saya singkat aja jadi RWGHTP. RWGHTP terdiri dari 2 area: satu area outdoor dan satu lagi indoor. Sayangnya, taman hiburan yang outdoor sekarang lagi ditutup buat perbaikan selama 2 tahun kedepan. Tapi yang indoor masih tetep beroperasi. Dan menurut yang saya baca, RWGHTP yang bagian indoor adalah taman hiburan indoor pertama di dunia. RWGHTP indoor ada di suatu ruang yang bernama First World Plaza.

 

Di RWGHTP indoor ada 3 area permainan yang terbagi atas thrill rides, family rides, dan children rides. Thrill rides berisi wahana2 yang memacu adrenalin sehingga lebih cocok buat orang dewasa. 3 wahana seru yang ada di area ini adalah Euro Express (roller coaster), Adult Bumper Car (bom-bom car), dan teater tempat pertunjukan berteknologi 4 Dimensi. Di area family rides semua wahananya cocok buat dimainkan sama seluruh keluarga. 3 wahana yang ada di area ini: Rio Float (semacam gondola yang bisa naik ke atas sampai pengunjung bisa liat RWGHTP secara keseluruhan), Reindeer Cruiser (kereta yang terletak diatas dengan trek sepanjang 170 meter, bisa buat liat RWGHTP secara keseluruhan juga), dan Mini Train (kereta2an yang muat 22 orang dan rutenya mengelilingi emua area di RWGHTP). Area terakhir, children rides, adalah area yang wahana2nya cuma bisa dimainkan sama anak2. Ada 3 wahana juga yaitu Junior Bumper Car (bom-bom car), Carousel (komidi putar), dan Ride de Paris (arena mobil2an yang bisa digerakan mengelilingi menara eiffel buatan). 

 

Selain taman hiburan indoor, di First World Plaza juga ada tempat rekreasi lain yaitu SnowWorld. Sesuai sama namanya, SnowWorld adalah area seluas 69000 meter yang diisi sama salju buatan. Jadi pengunjung bisa ngerasain salju walaupun di kawasan Genting tidak pernah turun salju. Dinginnya area ini mencapai -6 derajat, jadi serasa ada di salju beneran ^^ Di SnowWorld ada rumah eskimo buatan dan hal2 lain yang seru. Setelah dari SnowWorld, pengunjung RWGHTP masih bisa berkunjung ke satu tempat rekreasi lagi yaitu Video Games Park. Video Games Park kurang lebih sama kayak Timezone. Ada mesin yang mirip kayak dance-dance revolution, mesin yang buat tembak2an, mesin yang ada alat setirnya seakan2 kita naik mobil beneran, dan banyak lagi. Intinya semua mainan di area ini adalah permainan berteknologi video.

 

Harga tiket masuk ke RWGHTP juga cukup terjangkau. Tiket buat main selama sehari yang biasa (pengunjung diharuskan untuk tetap antri setiap naik wahana) seharga 32 Ringgit buat dewasa dan 30 Ringgit buat anak2. Kalau di kurs ke rupiah cuma sekitar 100.000 an. Cukup murah, ya? Buat tiket ekspres (tiket yang bisa membuat pengunjung gak perlu antri) seharga 60 dan 56 Ringgit. Dan ada 1 jenis tiket lagi yaitu tiket per wahana seharga 8 Ringgit. Harga tiket ini tentu hanya buat taman hiburannya aja, gak termasuk SnowWorld dan Video Games Park.

 

Buat Jalan2ers yang lapar atau tempat buat menginap, Jalan2ers tinggal cari aja tempat makan dan hotel yang ada di dalam Resort World Genting Highland. Pilihannya banyaaak banget. Udah gitu, Genting merupakand dataran tinggi jadi pemandangannya asri dan udaranya sejuk. Oleh karena itu, banyak orang yang menginap selama beberapa hari dulu baru balik. Sebenarnya pulang-pergi juga bisa karena Genting Highland hanya sekitar 1 jam dari Kuala Lumpur kalau naik mobil.

 

962n.jpg

Resort World Genting Highland Theme Park Indoor dan Outdoor

 

wb31.jpg

SnowWorld 

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah saya baru ke genting highland-nya aja...itupun ga main wahana apapun...hahaha. cuma lihat2 doank n naik cable car.

Gimana mbak Genting Highland? Bagus? Recommended?

 

 

wah Genting...sepertinya tempatnya asyik nih :) , btw nice info :salut

Iya mas kayaknya disana mirip sama Bandung deh hahaha makasih mas  :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

@shata kalo ke sananya rame2 asek nih..  :senyum  *komporin yang laen ahh biar mau nememin  :rate

nice share  :salut

hai mbak delll makasih...

Aku mau nemenin kok mbak asal dibayarin  :senyum

next gathering kita disana aja yuk mbak susun rencana! *brb nanem pohon duit*

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gimana mbak Genting Highland? Bagus? Recommended?

 

 

Iya mas kayaknya disana mirip sama Bandung deh hahaha makasih mas  :senyum

 

genting highland bagus recommended (walopun saya nggak naik wahana apapun sih), theme park outdoor sptnya msh ada renovasi sampe 2016.

Share this post


Link to post
Share on other sites

genting highland bagus recommended (walopun saya nggak naik wahana apapun sih), theme park outdoor sptnya msh ada renovasi sampe 2016.

 

Iya mau diubah jadi Fox Theme Park mbak hehe semoga aja bagus. Kalau ke Legoland belum pernah mbak? sekarang ada direct Bandung-Johor Bahru nih jadi pengen ke Legoland.. 

 

Sip mbak, Insya Allah next time bisa ke Genting Highland  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this