Banyusmom

Sulap Pisang Jadi Makanan Lezat

2 posts in this topic

Siapa sih yang nggak tau pisang? Makanan yang satu ini sangat akrab di telinga kita. Selain mudah dibeli di pasar dan supermarket biasanya pisang juga ditanam di kebun dan halaman rumah. Harganya pun murah meriah sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Teksturnya yang empuk dan lembut sangat cocok dinikmati dengan cara diolah menjadi makanan lezat maupun dimakan begitu buah masak.

 

Walaupun mungkin pisang bukan termasuk buah berkelas namun ia memiliki rasa yang enak, pisang juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Ia mengandung berbagai vitamin dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Sehingga mengonsumsi buah ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat pisang diantaranya adalah :

 

 

Sumber energi bagi tubuh

Mengonsumsi pisang dua buah sehari mampu menambah dan meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan kegiatan sehari-hari.

 

Kaya serat dan vitamin

Buah ini mempunyai kandungan dua kali lipat karbohidrat serta kandungan vitamin A lima kali lipat jika dibandingkan dengan apel. Selain itu pisang juga kaya akan kandungan potassium.

 

Mengatasi sakit maag

Pisang mempunyai kandungan penangkal asam di dalam tubuh sehingga jika kamu telat makan dan udah ngerasain perih di perut makanlah buah pisang. Rasa sakit karena maag akan sedikit demi sedikit berkurang.

 

Melancarkan buang air besar

Kalau kamu kesulitan buang air besar makanlah buah pisang. Hal ini bisa membantu dalam melancarkan kesulitan buang air besar.

 

Melancarkan sirkulasi oksigen ke otak

Pisang yang kaya akan kandungan potassium bisa membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak. Selain itu juga bisa mencegah stroke dan darah tinggi.

 

Mengurangi sakit saat haid

Wanita yang sering nyeri saat haid maka bisa mengonsumsi pisang untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Rasa nyeri dan kram di perut bisa berkurang dengan mengonsumsi buah ini.

 

Mengurangi gatal-gatal karena gigitan nyamuk

Kulit pisang yang dioleskan ke daerah gigitan nyamuk bisa mengurangi rasa gatal-gatal.

 

Banyak sekali manfaat dari buah pisang untuk kesehatan tubuh. Karena itu sebaiknya memang harus rajin memakan buah pisang. Sayangnya ada orang yang kurang suka dan bosan jika memakan pisang langsung ataupun hanya dibuat pisang goreng. Karena itu kamu perlu menyulap buah ini menjadi makanan yang lezat dan menggoda selera makan. Agar tidak bosan dengan olahan pisang yang itu-itu saja. Kali ini akan kami bagi beragam resep membuat makanan olahan pisang.

 

 

Keripik Pisang Kriuk-kriuk

 

post-34-0-70651800-1386334141_thumb.jpg

 

Keripik adalah salah satu camilan yang sangat pas untuk dijadikan teman mengerjakan tugas ataupun saat santai bersama teman-teman. Pisang pun bisa disulap menjadi keripik yang nikmat dan renyah. Bahan-bahannya pun sangat mudah, kamu cukup menyiapkan pisang yang masih mengkal atau belum matang lalu diiris tipis serong-serong. Selain itu juga perlu menyiapkan satu sendok teh kapur, satu liter air, garam dan minyak goreng secukupnya.

 

Cara membuatnya :

 

- Irisan pisang tadi direndam ke dalam air kapur hingga satu jam. Lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Setelah itu masukkan pisang tadi dalam wadah lalu diberi garam dan aduk hingga merata. Diamkan sekitar lima menit.

 

- Minyak dipanaskan dalam wajan dan goreng pisang tadi hingga renyah dan kering. Angkat setelah menguning dan matang lalu tiriskan. Tunggu sampai dingin baru disajikan.

 

Selain membuat keripik pisang gurih kriuk-kriuk, kamu bisa buat keripik pisang aneka kreasi misalnya keripik pisang manis ataupun dengan berbagai rasa seperti coklat. Untuk rasa manis, kamu bisa menambahkan gula pasir yang halus ke keripik yang telah digoreng. Sedangkan untuk keripik pisang rasa coklat bisa dengan cara melelehkan coklat.

 

 

Puding Pisang Mantap Lezat

 

post-34-0-34088200-1386334146_thumb.jpg

 

Puding adalah salah satu makanan kesukaan anak-anak karena rasanya yang nikmat. Rasanya yang lezat sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan penutup ataupun untuk kudapan. Kamu pun bisa membuat pudding pisang yang lezat untuk anak-anak dan keluarga di rumah.

 

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhin :

 

- Enam buah pisang raja lalu dikupas dan ditumbuk halus

 

- Tiga butir telur ayam

 

- Dua setengah sendok teh gula pasir

 

- Satu potong roti

 

- 200 cc santal kental

 

- Vanili dan garam secukupnya

 

 

Cara membuatnya :

 

 

- Telur, gula, pisang tumbuk, santan, roti, garam dan vanili dicampur dan diaduk hingga rata.

 

- Tuang adonan kedalam piring tahan api lalu dikukus atau dioven hingga matang. Setelah matang angkat dan sajikan.

 

 

 

Puding Pisang Gula Merah

 

Selain pudding pisang tersebut, kamu juga bisa membuat variasinya dengan memakai gula merah. Kandungan gizi pisang dan gula merah yang juga sehat untuk tubuh mudah diserap dan dijadikan sebagai sumber energi. Gabungan keduanya bisa disajikan dalam bentuk pudding pisang gula merah yang sederhana namun lezat dan bergizi.

 

Untuk pisang yang dipakai bisa menggunakan pisang tanduk. Dibawah ini bahan-bahan yang dibutuhin, diantaranya adalah :

 

- Pisang tanduk sebanyak 400 gram lalu direbus dan dipotong-potong

 

- Dua bungkus agar-agar

 

- Satu setengah liter santan

 

- 200 gram gula merah

 

- Dua lembar daun pandan

 

- Setengah sendok teh garam

 

Bahan untuk saus :

 

- Satu lembar daun pandan

 

- 400 cc santan

 

- Tiga sendok makan gula pasir

 

- Setengah sendok teh garam

 

- Dua sendok makan tepung maizena

 

 

Cara membuatnya :

 

- Santan dicampur dengan agar-agar, gula merah, garam dan daun pandan. Setelah itu dimasak dan diaduk hingga mendidih. Lalu masukkan pisang dan masak sebentar. Tuanglah pudding ke cetakan.

 

- Semua bahan-bahan saus dimasak hingga kental

 

- Pudding disajikan dengan saus setelah dingin.

 

 

Itulah beberapa resep khusus untuk membuat tampilan pisang tidak lagi terkesan sederhana. Aneka makanan pisang olahan yang lezat dan nikmat bisa disajikan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Share this post


Link to post
Share on other sites

kripik pisang emang enak, tapi malas ngupasnya, getahnya susah dihilangkan, tangan jadi hitam2.. ada yang tau bagaimana tips agar tangan gak kena getah dan jadi hitam2 ketika ngupas pisang untuk kripik??

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now