Sign in to follow this  
Banyusmom

Tips Dikit Wisata Murmer Ke Bali

7 posts in this topic

Hayooooo … siapa yang berencana pelesiran ke Bali dalam waktu dekat??? Mungkin bisa cari beberapa referensi tempat-tempat menarik, tapi jangan lupa tetep perhatikan budget. Nah, yang budgetnya kebetulan cekak tapi ngotot tetep pengan liburan ke Pulau Dewata, Nih ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

 

Untuk menuju ke Bali banyak transportasi yang bisa digunakan. Tentu saja bagi yang jaraknya jauh  lebih mudah untuk naik pesawat terbang. Carilah promo-promo tiket pesawat dengan harga dibawah Rp 400.000. Karena biasanya maskapai di Indonesia pasti pernah menawarkan promo tiket murah. Rajin-rajinlah mencari, kebanyakan promo tersebut banyak dipasang di internet. Selain itu yang perlu dipastikan adalah memesan di jauh-jauh hari. Bahkan kalau perlu, kamu bisa memesan setahun sebelumnya. Semakin jauh hari memesannya maka semakin murah harga tiket. Nah, kalau sudah sampai bandara, kalau ingin harga taksi yang murah bisa naik Bali Taxi(Blue Bird). Namun kamu harus keluar bandara dulu jaraknya sekitar 50 sampai 75 meter dari terminal kedatangan. Taifnya sekitar 25 hingga 30 ribu untuk tujuan Kuta.

 

post-34-0-45031000-1386597532_thumb.jpg

 

Kalau kamu baru pertama kali ke Bali sebaiknya saya sarankan untuk menuju Kuta terlebih dahulu lalu mencari penginapan yang ada disana. Di kawasan Kuta banyak penginapan murah yang bisa dijadikan sasaran menginap. Penginapan yang murah, aman dan bersih banyak terdapat di sekitar jalan Poppies Lane II Legian Kuta. Tarif perkamar disana rata-rata sangat murah yakni sekitar 40 hingga 175 ribu rupiah. Fasilitasnya adalah 2 tempat tidur, kamar mandi/WC, kipas angina dan sarapan. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menginap di Losmen/Bungalow Cempaka I, Cempaka II, Artawan, Dua Dara, Ronta, dll.

 

Masuklah ke gang-gang kecil dari jalan utama seperti Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Kuta. Maka akan kamu temukan berbagai hotel kecil ala guesthouse yang murah meriah. Tarif yang dipasang pun aneka macam tergantung budget kamu, namun kalau mau yang harga dibawah 100ribu juga ada seperti yang ada di sekitar Poppies Lane. Di daerah ini juga dekat dengan berbagai fasilitas seperti café, internet, ATM, dll.

 

Kalau sudah dapet tempat menginap pasti udah bisa bernapas lega. Besok paginya kamu bisa menghirup udara segar sekaligus jalan-jalan dan melihat kawasan sekitar Poppies atau bisa juga pergi melihat tempat-tempat lain sesuai tujuan awal.

 

Tips lain sebelum berangkat ke Bali sebaiknya pastikan kamu bakal mengincar daerah mana yang ingin dikunjungi. Kalau ingin pergi ke pantai dan wisata gunung sebaiknya pilih di bulan-bulan di musin kemarau. Biasanya sekitar April hingga September. Selain itu pikirkan juga tentang musim kunjungan atau peak season. Pada masa ini biasanya harga-harga akan naik mulai dari tiket pesawat, akomodasi dan rental mobil. Kenaikan harga yang terjadi bisa mencapai 25 %. Biasanya musim padatnya pengunjung ada di bulan Juni hingga Agustus dan November hingga Januari. Tidak hanya harga yang akan naik namun pada saat-saat tersebut, Bali juga akan ramai turis. Siap-siap dengan kemacetan dan ramainya objek wisata disana.

Bagi yang  sering ke Bali, transportasi umum yang bisa dipakai adalah naik bemo atau bus Trans Sarbagita. Namun sayangnya transportasi umum ini tidak bisa diandalkan, apalagi bagi mereka yang belum tau seluk beluk Bali karena angkutan umum seperti bemo relatif sulit ditemukan selain itu jamnya pun tidak tentu dan armadanya sedikit.

 

Untuk berjalan-jalan dan berkeliling Bali kamu bisa menyewa mobil. Harga sewa mobil dan supir paling murah adalah Rp 200.000. Namun itu belum termasuk bensinnya. Harganya pun tergantung dari jenis mobil yang disewa. Ada baiknya memang menyewa mobil sekaligus supir untuk meminimalisir tersesat di jalan. Kamu pun bisa dapat rekomendasi rumah makan dan tempat wisata jika memakai jasa supir. Untuk sewa mobil di Bali hanya berlaku hingga 10 jam. Jika lebih maka dikenakan tarif tambahan per jam. Untuk mendapatkan sewa mobil ini dapat dilakukan dengan reservasi di internet. Atau bisa juga dengan menyewa mobil di bandara atau sekitar penginapan. Harga yang dipatok tiap rental biasanya tidak jauh berbeda. Namun sebaiknya memang harus survey dan membandingkan harganya terlebih dahulu untuk dapetin harga terbaik.

 

Ada pilihan lain untuk mendapatkan fasilitas transportasi yakni dengan menyewa sepeda motor. Cuman repotnya kalau tidak tahu jalan, karena itu kamu bisa juga memakai jasa ojek. Pastikan dulu harganya untuk mengantar jalan-jalan seharian. Tawarlah untuk mendapatkan harga yang miring. Jika kamu berwisata sendiri maka menyewa ojek bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Setelah udah dapat penginapan dan transportasi sekarang giliran mencari tempat makan yang enak dan halal. Semua makanan mulai dari masakan khas Indonesia, masakan asing, yang murah atau mahal ada semua di Bali. Jadi, tinggal kamu pengennya pilih jenis makanan yang seperti apa. Cara paling aman biar dapet makanan halal ialah carilah RM Padang, warung bakso dan warung yang didepannya ditulisi halal. Kalau mau makan di restoran bisa menanyakan terlebih dahulu menu apa saja yang halal.

Di kawasan Jalan Teuku Umar dan Jalan Raya Tuban terkenal deengan wisata kulinernya yang halal. Aneka masakan nusantara ada disana seperti makanan khas Yogyakarta seperti nasi kucing dan Nasi Jinggo khas Bali. Harganya cukup murah yakni sekitar 2 ribu rupiah dengan isinya ada nasi, ayam suwir, kacang tempe dan sambal. Sayangnya kalau makan nasi ini tidak cukup hanya makan satu saja.

 

Di Bali, kamu tidak perlu merisaukan keamanannya. Karena Bali relatif aman jika dibandingkan dengan tempat wisata lain di Indonesia. Disana jarang terjadi pencurian, pemalakan atau penodongan. Karena mayoritas masyarakat Bali adalah penganut Hindu yang taat. Mereka akan takut dengan karma buruk yang menimpa jika melakukan kejahatan. Karena itu jangan takut pergi berlibur ke Bali ya.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, nice tips mbak! Sangat berguna bagi yang baru pertama ke bali. Untuk sewa mobil atau motor sebaiknya sewa sama teman2 reg Bali atau dari rekomendasi orang yang kita percaya, sebab kalau gak bisa digetok harganya. Untuk sewa mobil berikut driver dan bensin per 10 atau 12 jam rata-rata 400.000an. Kalau kita gak kenal dengan drivernya, biasanya kita akan dibawa ke tempat makan yang mahal atau tempat souvenir yang mahal pula. Untuk makanan halal bisa dicoba makanan khas bali seperti ayam dan bebek betutu, sate lilit, jukut ares, lawar ayam, nasi Djinggo,nasi ayam kedewatan,dll. Untuk penginapan lebih baik booking via agoda, booking.com,dll karena akan lebih murah daripada kita datang langsung, dan lebih aman. Untuk pengendara motor tidak perlu khawatir karena petunjuk jalan di Bali banyak dan jelas, lagipula kita bisa bertanya ke penduduk setempat, dan gak akan disasarin, hanya biasanya petunjuknya berupa arah angin.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this