Sign in to follow this  
shata

3 Modern Market Tempatnya Pebisnis2 Bandung Berkumpul

5 posts in this topic

Hai Jalan2ers!


Pas kuliah minggu lalu, dosen saya ngasih tau kalau Bandung sebentar lagi bakal dinobatkan menjadi Kota Kreatif! Saya sebagai anak rantau di Bandung seneng sekaligus sangat setuju! Kreatif yang dimaksud bisa dilihat dari hasil karya orang2 Bandung, mulai dari acara atau event2 menarik sampai hasil karya yang bisa dijadikan bisnis. Makin hari makin banyak bisnis2 baru bermunculan di Bandung. Bisnis kuliner, apparel, kerajinan tangan, dan banyak lagi macemnya. Saya sampai bingung 'bisnis apalagi sih yang nggak ada di Bandung?' Sepertinya udah ada semua.. Kreatif2 lagi!

Warga Bandung, yang banyak terdiri dari mahasiswa, sekarang2 ini lagi mengembangkan proyek yang berupa kombinasi antara event menarik dengan bisnis2 yang ada di Bandung. Proyek2 yang saya maksud adalah pasar modern yang bertempat di mall-mall besar di Bandung ataupun di tempat-tempat keramaian. Pasar modern ini berisi tenan-tenan para pebisnis dari Bandung dan sekitarnya. Saat ini ada 3 event besar yang selalu ramai pengunjung, bahkan pengunjung2 dari luar Bandung, terutama Jakarta. Nah buat Jalan2ers yang ada rencana buat jalan2 ke Bandung, waktunya bisa dipaskan saat acara2 ini berlangsung, biar makin seru jalan2nya

 

:senyum 

1. Trademark Market
Trademark Market sudah diadakan dari tahun 2010 dan langsung menjadi modern market indoor pertama di bandung. Setiap tahun, tanggal dan tempat Trademark diadakan beda2 tapi biasanya sekitar bulan2 awal tahun (Bulan April atau Mei) dan biasanya diadakan selama 3 sampai 4 hari. Kalau tahun ini diadakan pada tanggal 2 sampai 5 bulan Mei di space kosong lantai 3 nya mall Trans Studio Bandung yang nyambung sama area Trans Luxury Hotel. Tema Trademark tahun ini karnaval dan sirkus. Jadi  poster, dekorasi tenan dan venue, panggung, dll di desain dengan warna2 yang meriah layaknya karnaval.

Trademark memiliki tagline 'An Emporium of Unique Products'. Cucok banget karena di Trademark ada 100 tenan lebih yang menjual produk2 kreatif. tenan yang ada di Trademark rata2 memang fokus pada produk apparel atau pakaian dan aksesoris. tenan yang produknya berupa kuliner cuma jadi pelengkap aja. Yang membuat Trademark unik adalah hampir sebagian besar tenan merupakan merk2 lokal Bandung. Bukan merk2 luar seperti Zara, Topshop, dll. Meskipun begitu, tenan merk-merk lokal Bandung ini selalu ramai pengunjung. Kenapa? karena kualitas produknya gak kalah sama merk2 luar yang saya sebutkan tadi. Harganya pun juga terjangkau dan kadang suka ada potongan harga khusus buat pengunjung Trademark. 

 

tenan2 tersebut sangat membantu meramaikan Trademark tapi tenan2 tersebut pun juga jadi terbantu karena adanya Trademark. Gak jarang setelah tenan buka lapak di Trademark, tenan tersebut produknya jadi dikenal sama warga Bandung maupun luar Bandung. Kalau produknya berkualitas tentu aja produk tenan tersebut jadi terkenal. Akhirnya, tenan tersebut buka lapak lagi di Trademark dan pengunjung jadi banyak juga yang dateng pengen liat ada penawaran apa aja. Bahkan banyak sekali pebisnis2 lokal Bandung yang hanya menjual barangnya lewat online dan hanya buka lapak ketika ada event kayak Trademark. Jadi kita bisa lihat barang2nya secara langsung di Trademark.

 

Meskipun setiap tahun tenan2 yang buka lapak di Trademark kebanyakan ya tenan2 itu lagi tapi tetep selalu ada tenan baru yang produknya juga gak kalah oke atau bahkan belum pernah kita liat sebelumnya. Buat tau tenan2 apa aja yang sering kerjasama sama pihak Trademark bisa diliat langsung di website nya Trademark www.thetrademark.co.id.

 

Selain window shopping atau malah shopping beneran dari satu tenan ke tenan lainnya, pengunjung Trademark juga bisa nonton live music yang ada di panggung yang sudah disediakan oleh panitia Trademark. Pengisi panggung biasanya MC yang udah kawakan dan band2 lokal Bandung yang bukan band sembarangan tentunya :)

 

Yang saya suka dari Trademark adalah panitia2nya keliatan profesional. Mulai dari penataan tenanpanggung, dan dekorasi2 di setiap sudut venue semuanya gak main2. Tapi saya kurang suka sama Trademark tahun ini mungkin karena pengaruh tempatnya yang gak terlalu luas dibandingkan sama jumlah pengunjung yang datang. Jadi agak kurang nyaman buat berhenti dan liat2 barang di setiap tenan yang ada.

 

m20w.jpg 933d.jpg

nxj4.jpg

 

2. Lookats Market

Lookats bisa dibilang sebagai lawannya Trademark karena konsep kedua acara ini hampir sama tapi tentu ada bedanya. Lookats baru pertama kali launching pada tahun 2012. Lookats biasanya diadakan pada bulan2 menjelang akhir tahun. Tahun lalu, 2012, diadakan pada tanggal 14, 15, dan 16 September dan tahun ini diadakan 6,7, dan 8 September. Ada kemungkinan tahun depan diadakan pada bulan September juga. Lookats 2012 bertempat di area parkiran lantai dasar Trans Studio Mall dan tahun ini bertempat di area parkir rooftop nya Mall Paris Van Java (PVJ). Saya gak dateng ke Lookats tahun lalu jadi gak tau bagaimana situasi dan kondisinya. Tapi tahun ini karena berada di parkiran rooftop jadi konsepnya udara terbuka jadi gak sumpek. Tempatnya pun cukup luas jadi pengunjung bisa leluasa.

 

Ketua panitia (apa pendirinya gitu.. saya lupa :D) Lookats adalah seorang mahasiswa ITB. Saya bisa tau karena waktu itu saya nonton seminar pemasaran di ITB dan dia jadi salah satu pembicaranya. Karena itu, panitia2 Lookats pun rata2 terdiri dari mahasiswa2 ITB walaupun banyak juga yang bukan. Saya salut sama mereka karena selalu punya ide2 kreatif buat mengembangkan Lookats jadi lebih baik terus. Setiap tahunnya Lookats memiliki tema yang berbeda. Tahun lalu temanya adalah nostalgia jadi dekorasi tenan dan tempat acara bernuansa jadul. Dan kalau tahun ini tema Lookats adalah Retroraves yang semua desainnya lebih fokus kepada gaya retro. 

 

Tenan2 yang ada di Lookats kurang lebih hampir sama dengan yang ada di Trademark. Kebanyakan produknya adalah pakaian, sepatu, tas, dan aksesosis cewek kayak gelang, kalung, dsb. Tenan makanan dan minuman cukup banyak tapi gak sebanyak tenan apparel. Di Lookats tahun ini, tenan2 makanan dan minuman berada di dekat pintu masuk. Di bagian tengah barisan tenan ada banyak kursi dan meja makan jadi kita bisa beli makanan atau minuman dan langsung makan di tempat. Tenan apparel jumlahnya sekitar 50-an dan ada sampai ke bagian belakang venue. Di bagian belakang venue ada panggung berukuran sedang. Panggung ini digunakan buat MC yang cuap2, live music dari band2 kece, dan pagelaran produk2 yang ada di semua tenan di Lookats biar pengunjung makin tertarik buat beli.

 

Jalan2ers yang mau tau tenant apa aja yang udah kerjasama dengan pihak Lookats dan biasanya selalu punya lapak di setiap Lookats, bisa liat di website lookatsmarket.com. Jalan2ers yang udah punya bisnis dan keberanian, terutama Jalan2ers Bandung nih! Boleh coba buat daftarin bisnisnya supaya bisa buka lapak di Lookats melalui website Lookats :salut 

 

4azu.png 7p6h.jpgvowm.jpg

 

 

3. Tastemarket

Direktur sekaligus penemu ide awal buat Trademark Market, Saira Nisar, pengen bikin modern market lagi yang serupa tapi tak sama. Maka jadilah Tastemarket!! Kalau Trademark dan Lookats fokusnya lebih ke bisnis apparel, Tastemarket fokusnya lebih ke kuliner. Sesuai sama namanya: TASTEmarket dan tagline-nya 'The First & The Biggest Food, Art, and Living Design Market' Salut sama Saira Nisar karena Bandung emang harusnya punya acara yang kayak gini secara kuliner di Bandung gak ada matinya!

 

Tastemarket baru pertama kali diadakan tahun ini dan baru aja berakhir minggu kemarin. Tastemarket diadakan selama 3 hari, jadi dari tanggal 6 Desember. Tastemarket bertempat di parkiran rooftop Mall Paris van Java, sama kayak Lookats. Sebagian besar tenan yang ada di Tastemarket produknya so pasti makanan dan minuman yang khas Bandung, Indonesia, dan mancanegara. Ada mochi, ramen, brownies aneka rasa, dan banyak lagi. Dari depan area masuk sampai area belakang venue ada sekitar 50-an lebih tenan kuliner. Tenan yang produknya bukan kuliner, ada di sisi kanan belakang venue. Gak terlalu banyak, ada sekitar 8 tenan dan sebagian produknya adalah kerajinan tangan dan furniture, bukan pakaian. 

 

Begitu tau ada Tastemarket, saya langsung ajak temen2 buat dateng karena saya pecinta kuliner akut  :P Eh ternyata saya gak nyesel. Saya beli mochi greentea dan cookies & cream di tenan yang saya lupa.. terus beli sandwich ice cream yang eskrim nya rasa greentea dengan biskuit matcha (greentea juga) di tenan Scoop Bar. Saya baca kartu namanya ternyata Scoop Bar ada juga di Jakarta yaitu di Mall Kota Kasablanka. Jalan2ers Jakarta wajib coba nih karena eskrimnya recommended banget! Harganya 25.000 buat 1 scoop dengan biskuit. Lanjut ke tenan Doo Bee Doo Ribs yang produk andalannya berupa iga bakar, taco, dan ayam barbekyu. Saya beli iga bakarnya 1 porsi udah termasuk kentang goreng seharga 35.000. Doo Bee Doo Ribs ini lapaknya ada di mall Paskal Hyper Square di daerah Pasir Kaliki. Setelah makan iga, saya mau yang manis2 lagi dan akhirnya beli makanan terakhir yaitu martabak mini dengan nutella, toblerone, dan marshmallow, dengan harga 6.000 per pcs nya. Martabaknya gak sesuai sama harapan tapi iga bakar di Doo Bee Doo Ribs sungguh terlalu enaknya  :lol: Tenan2 lainnya saya rasa produknya juga sama enaknya tapi gak mungkin saya cobain semua kan? Ayo tahun depan Jalan2ers gantian yang cobain!

 

Di bagian tengah venue ada area buat meja dan kursi makan yang diatasnya diberi terpal jadi gak akan kehujanan. Bisa diliat di foto saya yang dibawah ini. Area buat pengunjung yang ingin makan ditempat ini didepannya ada panggung yang dipakai buat DJ, MC cuap2, dan live music. 

 

 

npgg.jpg post-2443-0-15068300-1386698573_thumb.jp

 

Beberapa tips buat jalan2ers yang mau pergi ke 3 modern market ini:

  • Hari pertama event2 ini biasanya digunakan buat opening party. Saya gak tau opening party nya kayak gimana karena belum pernah dateng. Biasanya, media partner acara2 diatas sering ngasih undangan buat opening party tapi kita harus melakukan beberapa hal dulu. Kalau Jalan2ers tertarik buat dateng ke opening party nya coba cari2 tiket ke media partner yang bersangkutan.
  • Kalau dateng hari pertama pengunjung emang relatif masih sedikit tapi ada kemungkinan tenan2 belum ngasih penawaran menarik atau potongan harga. Kalau hari kedua dan ketiga pengunjung udah membludak tapi suka ada kemungkinan (terutama hari ketiga dan saat2 acara udah mau berakhir) adanya potongan harga atau penawaran menarik kayak "Last Day Sale" dan semacamnya buat ngabisin stok. Apalagi pas Tastemarket. Daripada bahan baku makanannya basi mending didiskon! Lumayan kan?
  • Berpakaian yang rapi dan dandan yang cantik (khusus buat cewek2)  B) hahah ini sebenernya saran gak penting tapi sebaiknya diikutin karena sebagian besar pengunjung yang dateng ke acara2 diatas berpakaian rapi dan kadang ada yang sampai dandan abis2an. Kalau kita kucel agak malu juga kan?
  • Selalu hati2 sama barang bawaan
  • Kalau dateng ke Lookats yang notabene adanya bulan2 akhir tahun dimana Bandung seringkali ujan, selalu sedia payung sebelum hujan ;)  

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

nice info :salut

Makasih mas :D

 

@shata

gw malah baru tau soal market2 ini

tahun depan ada lagi gak >

hahaha aku taunya udah dari tahun lalu Mod. Tahun depan palingan ada lagi kok.. tanggalnya deket2 sama yang aku sebutin diatas biasanya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this