Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • 0
Sign in to follow this  
wongjadul

Keindahan Gunung Gamalama

Question

Kalau dikatakan kaya akan sejarah, karena di Ternate inilah pusat dari Kesultanan Ternate, yang berdiri pada abad ke-13. Sebagai pasak dari pulau ini adalah Gunung Gamalama. Tinggi gunung ini 1.715 meter dari permukaan laut.

 

Gunung ini tergolong stratovolcanic, mengkerucut dan aktif. Tadinya, Gunung Gamalama dianggap “aman†karena meletus terakhir tahun 2003. Tapi tahun 2011 menyemburkan abu vulkanik, lalu tahun 2012 meletus lagi.

 

Pada masa purba, letusan gunung ini mengalirkan lahar luar biasa, membentuk jalur lelehan hingga menuju laut. Hingga kini, jalur itu masih tampak pada sisa-sisa batu-batu hitam yang hangus. Daerah tempat sisa jalur lahar itu disebut Batu Angus, dan kini menjadi objek wisata.

 

Dalam kondisi normal, gunung ini bisa didaki. Namun untuk konsumsi wisatawan umum, terdapat danau di kaki gunung ini, namanya Danau Tolire. Sebenarnya ada dua danau di sini, Tolire Jaha dan Tolier Kecil. Danau itu terbentuk akibat erupsi besar tahun 1774 yang mengubur Desa Soela Takomi beserta 141 warganya.

 

Kedua danau ini berjarak 200 meter. Dari keduanya, Danau Tolire Jaha alias Tolire Besar punya keunikan karena bentuknya yang menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau tingginya 50 meter, dengan luas 5 hektare. Sementara kedalaman danau, hingga kini tidak diketahui, belum ada yang mengukurnya. Air tawar di Danau Tolire Besar dihuni berbagai macam ikan yang bisa dikonsumsi.

 

Baca Selengkapnya: http://goo.gl/bQTmQ6

post-22365-0-75001500-1386740682_thumb.j

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Recommended Posts

Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...