Sign in to follow this  
cheezlover

Tips Menghemat Biaya Saat Menyewa Mobil Di Malaysia

18 posts in this topic

Meskipun kebanyakan wisatawan memilih untuk menggunakan sarana transportasi umum saat berwisata, nyatanya tidak sedikit yang merasa lebih membutuhkan kendaraan pribadi. Cara paling mudah, tentunya menyewa. Menyewa kendaraan pribadi saat berwisata lebih sering dilakukan oleh pelancong yang membawa anak kecil atau memang memiliki mobilitas yang tinggi.

Sarana transportasi umum tidak semuanya tersedia 24 jam. Selain itu, yang membawa banyak barang, pasti akan sangat direpotkan bila harus naik turun bis atau pun mengantri terlalu lama di stasiun. Karenanya, dengan sedikit riset bisa menyewa satu kendaraan pribadi yang nyaman, sekaligus tidak terlalu menguras kantong. Yang berniat untuk berkeliling Malaysia, baik untuk kepentingan bisnis maupun murni jalan – jalan, bisa menggunakan tips – tips berikut.

 

Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

 

Ini yang biasanya malas dilakukan. Padahal, dengan membekali diri dengan pengetahuan yang memadai, bisa mendapatkan lebih banyak pilihan armada, alternatif harga, serta bonus – bonus yang memang telah menjadi hak. Dunia sudah berubah. Media maya sudah menghadirkan semuanya di depan mata. Tinggal kita saja yang harus selektif memilih, manakah informasi yang benar – benar valid, dan mana informasi yang tidak lebih dari pemanis bibir marketing.

 

Nah, cara pertama, adalah dengan membuka beberapa situs yang menyediakan jasa persewaan mobil. Dari situ, amati baik – baik perusahaan mana yang menawarkan harga miring dan perusahaan mana yang memberikan tawaran layanan terbaik. Setelah memiliki beberapa calon nama, bisa beralih dengan mencari di beberapa forum yang memberikan review mengenai perusahaan incaran. Sekali lagi, tidak ada kecap nomor dua.

 

Nama – nama terbaik sudah berada di tangan, saatnya untuk mengembalikan para prioritas, apakah membutuhkan sewa termurah, pelayanan terbaik, atau kemudahan administrasi. Masing – masing perusahaan biasanya memiliki keunggulannya sendiri – sendiri.

 

Alasan Menyewa Mobil

 

Siapa bilang menyewa mobil selalu menguras kantong. Ini selalu tergantung pada kebutuhan. Bila  berangkat sendirian dan hanya membawa koper selama berkeliling, menyewa mobil pasti menjadi anggaran yang sangat tidak perlu. Buat apa? Dengan melompat dari satu kereta ke kereta yang lain,  tetap bisa menjelajahi Malaysia tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Beda cerita bila yang sedang traveling seorang pebisnis yang membutuhkan pencitraan. Katakanlah datang ke Malaysia untuk melakukan negosiasi tender, bila  datang dengan kereta atau pun bis, ini tentu akan menurunkan daya jual  pada customer. Atau mungkin,  datang bersama keluarga dan membawa serta balita dalam perjalanan. Tentu akan sangat merepotkan. Bila si kecil sedang rewel misalnya, belum lagi bawaan untuk keperluan si kecil. Tentu akan sangat merepotkan.

 

Menyewa mobil juga bisa menjadi pilihan bila  datang bersama teman – teman dalam satu kelompok. Ongkos sewa mobil bisa dibagi sejumlah anggota rombongan. Jatuhnya sudah pasti murah. Selain itu,  dan teman – teman pun juga akan mendapatkan manfaat tambahan, karena  bisa berkeliling Malaysia sepuasnya, tanpa takut akan kehabisan tiket kereta ataupun ketinggalan jadwal bis.

 

Anggaran

 

Sudah mengenali kebutuhan, waktunya memilah – milah armada apa yang akan menemani wisata  di Malaysia. Biasanya, dalam satu perusahaan persewaan mobil, mereka tidak hanya menyiapkan satu dua jenis mobil saja. Tapi sekaligus banyak armada yang terdiri dari berbagai kelas pula.

 

Bila membutuhkan armada paling murah, bisa mempertimbangkan untuk mengambil Proton Waja. Mobil sedan dengan kapasitas 4 penumpang ini, rata – rata dipatok hanya RM 180 untuk satu hari. Harga bisa bervariasi bergantung pada perusahaan yang dipilih. Pilihan dengan empat penumpang tapi mampu menampung lebih banyak barang, bisa pertimbangkan untuk mengambil Avanza yang perharinya dikenakan biaya sekitar RM 200. Rombongan  lebih besar? Tinggal memilih untuk mengambil mobil jenis van. Mobil ini sangat lega karena mampu menampung hingga 14 penumpang. Biayanya? Sekitar RM 550 saja untuk satu hari. Pebisnis yang ingin membuat impresi bagus, bisa mengambil tipe Toyota Camry dengan biaya perhari sekitar RM 400.

 

Biasanya, biaya lebih murah bila menyewa minimal tiga hari. Tergantung kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan baru menawarkan potongan bila  menyewa selama minimal satu minggu. Sering – sering saja menanyakan pada perusahaan tempat  menyewa mobil. Apakah memungkinkan untuk mendapatkan potongan tambahan. Rata – rata, dari harga awal yang dipatok dan dikalikan tujuh hari, bisa mendapatkan potongan hingga mencapai 30% dari total harga yang sebenarnya.

 

Total biaya tersebut, biasanya memiliki fasilitas standar seperti pajak yang dikenakan pemerintah, penggantian mobil bila ternyata mobil bermasalah, dan kilometer penggunaan yang tidak dibatasi. Beberapa perusahaan sudah mengikutsertakan asuransi dalam tarif persewaan mobil mereka. Pastikan sudah mendapatkan asuransi.

 

Biaya – biaya lain yang mungkin dikenakan adalah fasilitas tambahan. Misalnya GPS, kursi anak – anak, serta menggunakan jasa pengemudi yang disediakan oleh perusahaan penyedia persewaan mobil. Sebagai gambaran, untuk menyewa satu mobil dalam kurun waktu satu hari lengkap dengan sopir, perlu menambahkan RM 11 perharinya. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bila  memiliki kemampuan mengemudi yang tidak terlalu baik atau bila tidak terlalu paham dengan kondisi jalanan Malaysia.

Ingin lebih murah lagi? Gampang. Lakukan reservasi jauh – jauh hari sebelum hari kedatangan. Tinggal klik dan konfirmasi pembayaran, bisa mendapatkan potongan yang lebih banyak. Potongan ini rata – rata diaplikasikan bila melakukan reservasi setidaknya 2 bulan sebelum hari kedatangan.

 

Bahan Bakar

 

Ini juga sedikit membingungkan. Terkait dengan bahan bakar, biasanya perusahaan persewaan mobil menawarkan dua opsi untuk bahan bakar. Bisa mengambil pilihan mobil yang sudah terisi penuh tangkinya, atau mengambil mobil yang dalam kondisi hampir kosong dan mengisinya sendiri.

 

Tipsnya, yang mengambil durasi persewaan mobil lebih dari tiga hari, lebih baik mengambil opsi mobil yang sudah termasuk bahan bakar. Dalam artian, mobil dibawa dalam kondisi bahan bakar terisi penuh. Ini bisa menghemat waktu nantinya. Selain itu, juga akan berhemat waktu karena tidak perlu buru – buru mampir ke stasiun pengisian bahan bakar. Dan yang pasti, satu tangki tersebut akan habis karena digunakan hampir satu minggu.

 

Khusus yang hanya berlibur selama satu hingga tiga hari, lebih baik mengambil paket mobil dalam kondisi hampir kosong. Mengisi bahan bakar sendiri di stasiun pengisian bahan bakar lebih murah dibandingkan bila membelinya satu paket dalam persewaan mobil. Perhitungannya seperti ini. Memang, untuk ukuran satu tangki bahan bakar, harga yang ditawarkan oleh perusahaan lebih murah dibandingkan mengisi sendiri. Namun, bila menempuh kilometer yang tidak terlalu jauh, yang ada tangki bensin tersebut tidak akan habis. Dan akan dirugikan karena sudah terlanjur membayar untuk penggunaan satu tangki penuh.

 

Tawaran Upgrade Kendaraan

 

Ini juga sering dialami oleh para wisatawan yang akan menyewa mobil di Malaysia. biasanya akan ditawari untuk mendapatkan mobil pengganti yang lebih besar secara cuma – cuma. Tawaran ini biasa diberikan ketika permintaan mobil berukuran kecil atau mobil yang lebih murah sedang tinggi. Lebih baik benar – benar mempertimbangkan tawaran ini. Memang secara sekilas terlihat sungguh menggoda. Misalnya  menyewa satu unit Avanza dan  ditawari untuk upgrade menggunakan Terios secara cuma – cuma. Siapa yang tidak tertarik?

 

Hanya saja, mobil dengan kapasitas yang lebih besar dan tarikan yang lebih kencang, biasanya mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. Nah, bila  tidak keberatan dengan biaya bahan bakar yang akan membengkak, tidak ada salahnya  mengambil tawaran tersebut.

 

Mengembalikan Mobil

 

Satu yang pasti, hampir seluruh perusahaan persewaan menerapkan durasi rental dengan cukup ketat. Satu hari, benar – benar dihitung 24 jam, dengan toleransi keterlambatan satu jam. Bila mengembalikan mobil telat hingga tiga jam, akan dikenakan biaya persewaan tambahan satu hari. Karenanya, usahakan tepat waktu saat mengembalikan. Beberapa perusahaan bahkan menerapkan hitungan perjam bila  telat mengembalikan mobil tanpa konfirmasi perpanjangan sebelumnya. Jatuhnya bisa sangat mahal.

 

Tipsnya, hari terakhir saat  harus mengembalikan mobil, pastikan semua barang  sudah masuk dalam koper. Charger telepon genggam, kacamata, serta barang – barang lainnya sudah dikemas dengan baik. Bila sudah bertolak kembali ke tanah air tentunya tidak mungkin lagi mengambil barang – barang tersebut. Kecuali telah membuat perjanjian dengan perusahaan persewaan dengan ongkos kirim ke Indonesia yang tentunya tidak murah.

 

Pastikan pula bagaimana regulasi pengembalian bila  mengembalikan mobil tidak pada lokasi  menyewa. Beberapa perusahaan menerapkan tambahan biaya. Misalnya  mengambil mobil  di Kuala Lumpur dan  kembali ke Indonesia dari Penang. Nah,  harus tahu, seperti apa regulasi yang diberlakukan dan apakah memungkinkan bagi  untuk tidak dikenakan biaya bila tidak mengembalikan pada lokasi tempat  menyewa.

Share this post


Link to post
Share on other sites

mba, punya info rent mobil yang sudah sama supir ga buat di KL? yg rekomen dan harganya ga mahal
nyari2 infonya di gugel kok susah ya.. :bingung

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Halo semua.. salam kenal yaa...

terimakasih mbak @cheezlover atas informasinya...

saya bulan Mei 2018 (masih lama sih.... :tersipu) mau ke KL satu kluarga ada 10 orang.

rencana mau ke Colmar Tropicale dengan menyewa mobil dari penginapan sekitar KL Sentral.

Minta infonya donk mbak @cheezlover, mbak @Sari Suwito dan mas @deffa buat jasa penyewaan mobil di KL, kalo ada yang supirnya ngerti bahasa atau malay, hehe...

 

trims yaa... :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, lizaafriyanti said:

Minta infonya donk mbak @cheezlover, mbak @Sari Suwito dan mas @deffa buat jasa penyewaan mobil di KL, kalo ada yang supirnya ngerti bahasa atau malay, hehe...

 

coba kamu search di fitur search forum ini kalau gak salah pernah ada yang nulis sewa mobil di malaysia @lizaafriyanti btw kalau 10 orang kayak nya itu Elf ya

Share this post


Link to post
Share on other sites

om @deffa saya mau minta saran,

 saya rencana tanggal 7 april"18 ke KL.. cuman sabtu minggu seh.

tanggal 8 , minggu malam dah balik ke sby lagi.

enak nya dari bandara ke hotel naik apa ? trus rekoemdasi tempat yang bisa di kunjungi kemana ya...

saya berangkat pagi jam 5 an sampe sana jam 9 an.. 

saran dong bang..

sekalian mungkin ada yg bisa bantu kendaraan waktu disana

 

terima kasih

 

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
21 minutes ago, deffa said:

Oke om dah bs.. cmn saya pingin nya naik mobil aja biar ga pindah ". rencana nginep di Hotel Royal Kuala Lumpur .

kalo sewa mobil ada ga ya.. biar sklian abis cek in langsung di anter jalan "gt... pingin ke genting juga...untuk hari kedua nya baru jalan"deket hotel dan balik ke bandara lagi

btw thx om deffa

Share this post


Link to post
Share on other sites
43 minutes ago, masirvan said:

Oke om dah bs.. cmn saya pingin nya naik mobil aja biar ga pindah ". rencana nginep di Hotel Royal Kuala Lumpur .

kalo sewa mobil ada ga ya.. biar sklian abis cek in langsung di anter jalan "gt... pingin ke genting juga...untuk hari kedua nya baru jalan"deket hotel dan balik ke bandara lagi

btw thx om deffa

kalau sewa mobil belum pernah

tapi kayaknya ada yang pernah nulis deh, coba aja di search di sini @masirvan

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this