Sign in to follow this  
baehaki

Gule Maryam

9 posts in this topic

Gule kambing tentu biasa. Namun gule kacang hijau, ini yang cukup aneh bagi saya. Dan, di surabaya ada yang namanya gule maryam. Masakan ini sih biasanya ada di sekitar pemukiman orang-orang arab. entah apakah ini emang makanan khas orang arab atau enggak. tapi kayaknya sih enggak, jelas curiga, gimana cara numbuhin kacang hijau di dataran yang penuh pasir :D.

3836_3672224214360_1694067475_n.jpg

Biasanya kalo beli gule ini, dibarengi ama roti maryam. Makanya namanya jadi gule maryam. Bagi saya sih, rasanya agak aneh. Pernah nyoba sekali, tapi kayaknya udah kapok. terlalu aneh bagi lidah saya. Berasa seperti kolak kacang hijau ketimbang sebuah lauk. Kalau harganya, hehehe sori, ane lupa tanya ama temen. soalnya pas waktu ntu ane minta traktir.

Tapi herannya, di sebelah saya makannya lahap benerrrrrr...

Share this post


Link to post
Share on other sites

iyaaa emng orang jawa arab suka bikin gule maryam.. aku pernah nyoba di rumah kekuarga di pemalang.biasanya makan pake nasi yang agak mirip nasi uduk tuh.. nasi lemak, atau engga bisa juga dimakan pake roti... wwaaahh enak,pas buat yang abis idul qurban

Share this post


Link to post
Share on other sites

iyaaa emng orang jawa arab suka bikin gule maryam.. aku pernah nyoba di rumah kekuarga di pemalang.biasanya makan pake nasi yang agak mirip nasi uduk tuh.. nasi lemak, atau engga bisa juga dimakan pake roti... wwaaahh enak,pas buat yang abis idul qurban

hehehe iya, waktu ntu juga ane ditraktir ama temen ane yang keturunan arab.

sekilas sih mirip roti cane..memang kalo yang belum biasa rasa pasti kurang enak...

tapi makanan ini biasanya orang keturunan arab yang sering makan...

anehnya, yang jadi tukang jualnya bukan orang arab gan :D. dan lagi, sebelah ane yang makannya lahap itu juga bukan orang arab. perawakannya pribumi banget. :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo roti maryam pernah nyicipin waktu saya di Pekalongan bahkan diajari buat roti maryam sendiri lagi...tp kalo gule maryam, belum pernah atuh....gimana ya rasanya, apakah asin ato manis ato asem ato pedas??? Apalagi pake kacang hijau yang dibumbuin....jd penasaran...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo roti maryam pernah nyicipin waktu saya di Pekalongan bahkan diajari buat roti maryam sendiri lagi...tp kalo gule maryam, belum pernah atuh....gimana ya rasanya, apakah asin ato manis ato asem ato pedas??? Apalagi pake kacang hijau yang dibumbuin....jd penasaran...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo roti maryam pernah nyicipin waktu saya di Pekalongan bahkan diajari buat roti maryam sendiri lagi...tp kalo gule maryam, belum pernah atuh....gimana ya rasanya, apakah asin ato manis ato asem ato pedas??? Apalagi pake kacang hijau yang dibumbuin....jd penasaran...

bagi saya siiih, rasanya agak aneh... ini nyoba cuman karena penasaran ajah :D, so kayaknya nggak bakal nyoba lagi.

Wah lucu juga ya namanya..kayak nama temen SMA saya hehehe...tapi kayaknya seru juga tuh kalo dicoba hehehe...nyam..

Ntu juga tuh alasan ane nyoba ini masakan.

Kyknya sy nga tertarik liat gambarnya az kyknya nga enak.. malas ah.. mending makan yg lain hhehehhehhe :D

hahaha... sekali-kali gpp atuh gan... buat pengalaman :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this