Sign in to follow this  
Banyusmom

Salah-Salah Kecil Dalam Memasak

6 posts in this topic

Tulisan ini aku tujukan untuk para cewek yang doyan masak, ya kalaupun tidak bisa masak bisa makan juga boleh menilai. Tidak ada salahnya dong kalau tahu juga apa saja ya kira-kira, kesalahan ketika memasak, dan aku mau kasih info ni apa kesalahan yang tanpa sengaja kita lakukan ketika memasak. Hobi masak atau yang sudah merasa ahli memasak akan punya pengetahuan lebih karena sudah mulai tahu ternyata memasak yang kita praktekan ada yang benar ada juga yang salah. Nilai lebih dari pengetahuan ini juga dapat membuat kita mulai bisa mengetahui kesempurnaan memasak.

 

Tahu dong kalau sayuran itu penting banget buat tubuh karena mengandung bahan serat alami dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan kita luar dalam. Nah, yang namanya sayur tidak selalu memakai kuah, kita pasti kalau masak berganti-ganti kadang kita ingin masak sup atau jika bosan kita akan ganti dengan menumis sayuran. Harus hati-hati nih, soalnya saat kita menumis kita cenderung menggunakan minyak yang berlebih, dengan minyak yang berlebih itu juga bahaya loh. Bukannya kita sehat makan sayur malah kebanyakan minyak. Perlu teman ketahui bahwa sayur itu sangat mudah dan cepat menyerap minyak, jadi saat kita menumis sayur harus diperhatikan minyaknya, disaranin ya jangan terlalu banyak menggunakan minyak, karena terlalu banyak minyak berbahaya untuk kesehatan kita.

 

post-34-0-84072400-1387459318.jpg

 

Untuk yang belum pandai memasak biasanya selalu patuh jika mempelajari resep, dan takut kalau ada resep yang belum kita masukkan, karena ingin hasil masakannya tidak percuma. Boleh aja sih mengikuti resep yang ada, namun untuk lebih tahu lagi nih, tidak ada salahnya kita mulai berpikir untuk kesehatan kita. Apalagi cewek kan biasanya cenderung melakukan diet makanan, saat memasak, program diet juga dapat terdukung. Misalnya di dalam resep harus memasukkan resep yang mengandung lemak, kita dapat kurangi saja setengahnya, sehingga program diet kita tetap berjalan.

 

Saat memasak kita pasti merasa lelah, apalagi kalau memasak sendirian tidak ada yang membantu kita. Rasanya ingin ngemil sana dan sini, tapi yang ada badan belum saatnya melar sudah melar duluan. Kita sebagai perempuan muda harus mulai berpikir menjaga badan dan merawat agar tidak stress karena keberatan badan. Kita kudu dong belajar mengontrol diri, toh semuanya itu untuk kita sendiri supaya tidak direpotkan dengan urusan berat badan. Daripada rajin ngemil kita ganti dengan mengunyah permen karet atau dapat juga kita ganti dengan minum air mineral jauh lebih sehat dan tubuh kita tetap terjaga dari kelalaian ngemil yang sulit terkontrol.

 

Saat kita memasak kita wajib memikirkan jenis makanan apa yang akan kita masak. Apakah makanan yang kita masak sudah sesuai dengan kesehatan kita. Memang rasanya ketat banget harus mikirin apakah makanan harus sehat atau enggak. Sekali lagi ini demi diri sendiri aja sih, kalau asupan kita sehat dan bersih usia kita juga awet dong sampai tua, selagi muda membiasakan diri untuk mengkonsumsi yang sehat pasti dapat nilai lebih. Apalagi kita tularkan ke orang lain, kita sehat, orang lain sehat hidup juga semakin bersemangat. Mulai sekarang sudah harus berkomitmen untuk menyajikan makanan yang sehat dan bersih demi kesehatan masa depan bersama.

 

Jika kita menggunakan panci kita harus pastikan bahwa panci sudah dipanaskan dengan panas yang cukup, karena jika makanan yang ingin dimasukkan panci dan panasnya kurang akan menyebabkan lengket selain itu hasil yang diinginkan tidak sesuai misalnya warna tidak berubah. Hal seperti itu rasanya sepele, namun hasil makanan dapat mengecewakan diri sendiri dan orang lain. Selain memperhatikan panci, saat kita memasak ikan ada baiknya jika kita memasak ikan tidak terlalu matang agar kelembabannya tetap terjaga saat kita mengkonsumsinya. Bagaimanapun ikan akan terasa enak jika dimakan saat masih lembut, karena jika terlalu matang rasanya kurang segar. Dalam pemilihan membeli ikanpun harus lebih memperhatikan matanya, insang, bersih dan baunya tidak amis.

 

Untuk memasak daging kita kudu memperhatikan, apalagi daging steak. Terkadang kita ingin terlalu menjaga agar daging tidak gosong sehingga kita rajin bolak balik dagingnya. Padahal jika kita membiarkan daging tanpa membolak balik hasil kematangannya akan sempurna. Kita harus dapat menentukan waktu yang pas untuk membalikkan dagingnya. Hal lain yang penting saat membubuhi garam, ada baiknya saat memberikan garam ditaburi sebelum memasak karena jenis makanan tidaklah sama ada yang cepat matang ada yang tidak, apalagi jika kita suka lupa, dan baru ingat saat terakhir masakan sudah mau matang, yang terjadi masakan butuh waktu lama lagi untuk menghancurkan garam.

 

Hal yang paling sepele namun sangat penting adalah saat kita mengiris makanan atau memotong harus dipastikan pisau yang kita gunakan bukan pisau yang tumpul, selain mempengaruhi potongan makanan, berbahaya jika menggunakan pisau tumpul karena dapat mengakibatkan kecelakaan dapur karena tidak tajamnya pisau. Saat menggunakan bumbu juga harus diperhatikan, bumbu yang digunakan bumbu yang masih segar atau bukan bumbu yang sudah kering. Bumbu yang sudah kering cenderung tidak memberikan rasa yang kita harapkan pada makanan. Begitu juga dengan panci, bukan bermaksud mewah untuk alat dapur, panci yang baik dan tidak membahayakan adalah panci yang memiliki lapisan, jangan pernah mengira-ngira panasnya panci karena sangat berbahaya.

 

Apalagi yaa salah-salah kecil dalam memasak yang sering kita lakukan? Ayo, teman-teman jalan-jalaners, di bagi di sini ....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kalo ngomongin minyak sih: ya tergantung minyak yang dipake...

Ada juga minyak yang baik untuk dikonsumsi lho..

Contohnya: Minyak zaitun yang murni, salad oil, etc...

 

Rajin membolak-balik daging steak ketika sedang memanggang adalah teknik yang salah.

Hal ini dapat menyebabkan daging menjadi alot...

Pangganglah di satu sisi selama sekian menit, lalu balik sisi yang satunya selama sekian menit juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this