Sign in to follow this  
rhiennee

Olahan Wortel Yang Nikmat Dan Bikin Sehat

2 posts in this topic

Siapa sih yang enggak tahu sayuran yang satu ini ?

 

Sobat semua pastinya udah akrab banget sama kan wortel? Atau jangan-jangan pada enggak suka makan wortel?

 

Sayuran ini emang hebat banget. Kandungan berbagai vitamin di dalamnya bisa bikin kita sehat lho! Jadi sayang banget kalau sobat semua enggak doyan wortel. Biasanya sih yang enggak doyan makan sayuran itu anak-anak kecil. Masak mau sih sobat disamain sama anak kecil?

 

Padahal nih, wortel itu bisa bikin sehat loh. Ia mampu mencegah kanker karena kandungan falcarinol, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A di dalamnya dan bisa bikin awet muda karena kandungan beta karotennya mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain itu wortel juga bisa menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung kalau diminum setiap hari. Tuh kan banyak banget manfaat wortel. Sayang kan kalau kita nggak suka makan wortel?

 

Nah, sekarang saya pengen berbagi sama sobat semua tentang olahan  masakan wortel biar makin menggoda dimakan. Yah, biar sobat en adek-adek kecil itu jadi doyan makan wortel, gimana?  Langsung aja deh yah, cekidot :

 

post-11-0-58168900-1389538332.jpg

 

Crepes wortel

 

Apa aja nih bahan-bahannya ?

Siapin :

- 1 butir telur

- 170 cc susu cair

- 60 gram tepung terigu

- 1 sendok makan minyak salad

- 50 gram mentega

- 50 gram wortel  lalu rebus sebentar en haluskan

- 50 kembang kol lalu rebus sebentar en haluskan

- 100 keju parut

 

Gini nih cara membuatnya :

- Cara bikin crepe : aduk telur en susu lalu tuangin ke dalam tepung terigu sambil diaduk sampai rata. Tambahkan minyak salad, aduk lalu sisihkan. Tinggal buat crepe deh tipis-tipis dengan diameter 18 cm. sisihkan.

- Crepe tadi sobat olesin dengan mentega lalu tambahkan wortel, kembang kol en keju parut. Gulung-gulung atau bisa juga dilipat dengan bentuk corong atau segitiga.

- Crepes ini buat 10 porsi en sajikan saat masih hangat-hangat. Duh enak kayaknya dingin-dingin gini makan crepes wortel anget-anget.

 

Satu lagi, ini saya ada tips cara bikin crepe yang garing kriuk-kriuk.

 

- Pakai wajan khusus ya. Biasanya bisa diperoleh di pasar tradisional.

- Biasanya adonan yang enggak pake telur en susu akan menghasilkan crepe yang lebih garing

- Biar adonannya bisa lembut nih pake aja alat pengocok tangan untuk mencampur adonan crepe. Setelah itu saring pake saringan.

- Tahu nggak guys, adonan crepe itu bisa tahan sampai satu minggu loh kalau disimpan dalam lemari pendingin. Biasanya sih kalau adonannya disimpan dulu di dalam lemari es, crepe yang dihasilkan bisa lebih garing. Jadi kalau habis bikin crepe en adonannya masih sisa jangan dibuang yah. Simpen aja di lemari es, siapa tahu besok-besok pengen bikin lagi.

 

 

Perkedel tahu wortel

 

Sobat suka enggak minum jus wortel? Loh katanya bikin perkedel wortel kok jadi jus wortel sih? Nggak konsisten deh!

Tunggu dulu guys, kalau kalian senang minum en bikin jus wortel di rumah. Tuh ampasnya wortel bisa kalian manfaatin loh jadi perkedel wortel. Lumayan kan? Sayang kalau terus-terusan dibuang. Nah, sobat bisa manfaatin tuh ampas wortel jadi makanan yang enak, hemat biaya en tentunya sehat dong.

 

Oke deh, langsung aja yah. Ini dia bahan-bahan yang perlu kalian siapin :

- 6 tahu putih dihaluskan

- Kalau gak ada ampas wortel bisa pakai satu buah wortel yang diparut

- 2 batang bawang diiris tipis

- 1 butir kuning telur

- 1 butir putih telur

 

Bahan-bahan bumbu yang dihalusin :

- 3 siung bawang putih

- 15 biji merica butiran atau pakai merica bubuk secukupnya juga boleh

- Garam secukupnya

 

Cara bikinnya gampang banget:

- Tahu yang udah dihalusin tadi dicampur sama wortel, bumbu halus, daun bawang en kuning telur di dalam wadah. Aduk sampi tercampur rata.

- Setelah itu bentuk deh sesuai selera. Mau bentuk bulet-bulet, kotak, segitiga atau apa terserah deh.

- Setelah dibentuk, celupkan ke dalam putih telur dan goreng sampai matang en warnanya kecoklatan.

- Siap deh disajikan en disantap rame-rame, hehe.

 

 

Dodol wortel

 

Dodol wortel? Nggak salah?

Kenapa belum pernah makan ya ? atau malah belum pernah dengar ada dodol wortel?

Sebelum membuat siapin dulu yah alat-alat dan bahannya.

 

Alat-alat yang perlu disiapin :

- Blender

- Panci stainless

- Wajan stainless

- Loyang

- Pisau

- Plastik atau kertas minyak

- Pengaduk kayu

 

Kalau untuk bahan-bahannya yang perlu kalian siapin adalah :

- 1,5 kg umbi wortel

- 125 gram tepung beras

- 175 gram tepung ketan

- 1 gram asam sitrat per satu kg bahan

- 1 sendok makan mentega putih

- 600 gram gula pasir

- 100 gram gula merah

- 500 cc santan kelapa (dari satu butir kelapa)

- 0,3 gram Natrium benzoate untuk satu kg bahan

 

Cara buatnya :

- Umbi wortel di cuci lalu dikupas en direbus atau dikukus selama 5 menit

- Umbinya dipotong kecil-kecil lalu diblender sampai jadi bubur wortel

- Santan direbus en ditambahi gula biar manis

- Bahan-bahan lainnya dicampur kecuali mentega putih lalu ditambahkan ke dalam bubur wortel.

- Adonan tadi dimasak sampai kental lalu ditambahkan mentega putih pada saat adonan udah hampir kalis (adonannya enggak lengket di pengaduk dan pemasakan siap dihentikan).

- Masukin adonan yang udah matang tadi ke dalam loyang

- Ambil dodol yang udah dingin dengan cara dipotong-potong. Lalu bungkus deh pakai kertas minyak atau plastik.

 

Nah sobat, ternyata wortel bisa dibuat aneka macam makanan kan? Biar nggak melulu dijadiin sayur tapi ada variasi gitu. Jadinya kan sobat lebih semangat makannya. Bener nggak? Yuk, kapan-kapan resepnya dicoba di rumah. Ato mungkin ada resep lain yg juga yummy dari wortel???? Share di sini yaaa …

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this