• 0
Sign in to follow this  
ulie

Mojokerto is Majapahit??

Question

Jalan2ers, pernah dengar ngga tentang buah Mojo? Sekilas buah ini nampak seperti melon, berwarna hijau dengan ukuran yang sebesar melon hanya saja mojo berkulit halus mengkilap sedangkan melon hijau pusat dan cenderung kasar.

buah-maja.jpg?w=500&h=331

Buah mojo memiliki tekstur yang tidak terlalu keras. Kalau melon itu pohonnya kecil berbeda dengan buah mojo, ia memiliki batang pohon yang kokoh dan tingginya bisa mencapai 3-4 meter. Meski besar buah mojo tergolong ringan, ia memiliki daging buah berwarna putih. Buah ini tidak bisa di makan, jadi ia lebih menyerupai tanaman hias.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat buah mojo memiliki hubungan tentang asal usul nama dari kerajaan Majapahit. Majapahit berasal dari dua kata Maja – pahit, hal ini sama persis dengan kondisi buah Mojo yang terasa pahit.

Dan satu hal lagi, buah mojo banyak dijumpai di daerah Mojokerto yang merupakan lokasi terbesar di temukannya situs-situs peninggalan kerajaan Majapahit....benar ato tidaknya cerita tersebut yang jelas kita masih bisa menjumpai buah mojo di sekitar situs-situs candi di daerah Trowulan Mojokerto.

Share this post


Link to post
Share on other sites

6 answers to this question

  • 0

wah, baru tahu ada buah yg namanya mojo. hahaha...

kayak nama penjahat di powerpuff girls hahahaha....

tapi, agak aneh juga yah, sebuah tanaman hias bisa mempunyai buah yg besar seperti itu.

apakah ada khasiat lainya? mungkin untuk obat-obatan tradisonal gt.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, baru tahu ada buah yg namanya mojo. hahaha...

kayak nama penjahat di powerpuff girls hahahaha....

tapi, agak aneh juga yah, sebuah tanaman hias bisa mempunyai buah yg besar seperti itu.

apakah ada khasiat lainya? mungkin untuk obat-obatan tradisonal gt.

hahahahaha... mojojojojooooo yaaaaa............ :D

saya juga baru tau, mungkin nama mojo diambil dari kata mojokerto yaaaa........

hahahahahahaha.......

tapi pahitnya gmn yaaa???? enak gak yaaaaa??? :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

walaupun ngak bisa untuk di konsumsi ternyata buah ini bisa juga di jadikan kerajinan sebagai souvenir khas misalnya kerajinan tempat lampu, ataupun biola itu sih yang pernah gw denger

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah, baru tahu ada buah yg namanya mojo. hahaha...

kayak nama penjahat di powerpuff girls hahahaha....

tapi, agak aneh juga yah, sebuah tanaman hias bisa mempunyai buah yg besar seperti itu.

apakah ada khasiat lainya? mungkin untuk obat-obatan tradisonal gt.

dcp_1235.jpg

buah maja atau mojo biasa digunakan sebagai pakan ternak, ada yg memanfaatkan sebagai pupuk ataupun pestisida alami....ada juga yang menggunakan sebagai obat gosok.... tp saya sendiri blm pernah mempraktikkannya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah,, saya baru tau tuh sist...hehhehehe,, adanya di daerah mana aja sist?

di daerah Mojokerto dan sekitarnya, bahkan buah ini sudah menjadi icon dari Mojokerto...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By TuyulGanteng
      Ketika Yadnya Kasada digelar, orang-orang akan melakukan pendakian ke puncak gunung. Mereka berdoa bersama sembari melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo berupa sayuran, buah, ternak, bunga, dan bahkan uang. Persembahan ini merupakan bentuk rasa syukur atas kelimpahan hasil pertanian dan peternakan yang diberikan kepada masyarakat suku Tengger. Meskipun berbahaya, beberapa warga rela turun ke kawah untuk mengambil barang yang dikorbankan. Mereka percaya bahwa persembahan tersebut akan membawa keberuntungan.  
         
        Katanya dia Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo akan diadakan tanggal 23 - 24 Juli 2013 ada yang berminat datang ?