• 0
rhiennee

Air Terjun Tiu Kelep Di Bukit Rinjani

Question

Kali ini, aku mau berbagi info wisata buat sobat semua tentang sebuah air terjun yang asli keren banget. Air terjun ini dinamai dengan air terjun Tiu Kelep. Pernah denger nggak guys? Nggak pernah denger yah? Kalau gunung rinjani, pernah dengar nggak? Pastinya udah pernah denger kan yah?

 

Air terjun Tiu Kelep ini ada di kecamatan Bayan Lombok Utara Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kalau kamu masuk dari pintu Taman Nasional Gunung Rinjani yang ada di desa Senaru maka kamu harus berjalan kaki melewati hutan. Jadi harus persiapin diri secara matang yah guys. Dari perlengkapan yang dibawa sampai kesiapan mental. Biar nggak kaget en capek saat harus berjalan kaki menyusuri hutan.

Selain menyusuri hutan nih guys, kamu juga bakalan meniti sungai. Duh jadi kayak lagunya ninja hatori, hehe. Kira-kira berapa yah waktu yang dibutuhin hingga nyampai tujuan?

 

post-11-0-62097500-1392648985.jpg

 

Waktu yang kamu butuhin buat jalan kaki menuju ke air terjun ini sebenernya nggak begitu lama kok. Paling sekitar 30 hingga 45 menit. Wajar lah yah, letaknya aja ada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Lumayan tinggi juga kan?

 

Ia dikelilingi oleh dinding-dinding yang sangat besar en bentuknya setengah melingkar. Bisa bayangin nggak guys kayak gimana tuh?

Kalau sobat pengen bayangin, maka suasananya mirip-mirip sama yang ada di film Jurassic Park. Karena suasananya mirip seperti di zaman purba. Jangan-jangan sobat nggak pernah nonton Jurassic Park? Kalau gitu, biar tahu lebih baik langsung aja ke air terjun Tiu Kelep, hehe.

 

Air terjun Tiu Kelep ini adalah salah satu air terjun yang ada di kaki Gunung Rinjani. Nah, dibawahnya air terjun yang tingginya 30 meter ini ada sebuah kolam cantik yang memiliki kedalaman 2 meter. Lumayan nih guys, kalau pengen nyemplung en berenang sepuas hati. Apalagi airnya dingin en segar, wah pasti seru nih renang disana. Eh tapi buat yang nggak bisa renang jangan coba-coba yah. Lumayan dalem soalnya, bisa-bisa ntar tenggelam lagi, hehe.

 

Ternyata di kaki gunung rinjani ini nggak cuma ada air terjun Tiu Kelep ajah guys. Tapi juga ada air terjun yang lain yakni air terjun Sendanggile. Wah unik juga yah namanya. Letaknya juga deket loh sama air terjun Tiu Kelep. Karena emang satu desa yakni terletak di desa Senaru yang ada di kecamatan Bayan.

 

Tahu nggak guys, ternyata air terjun ini yang dijadikan sebagai gerbang buat yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Karena emang dari lokasi sih nggak jauh dari loket masuk atau pintu gerbang menuju ke pendakian gunung Rinjani. Serasa seperti pintu gerbang menuju ke puncak gunung Rinjani aja deh.

 

Kamu cuman perlu menuruni anak tangga yang jumlah anak tangganya ratusan. Habis itu kamu uda langsung bisa melihat gimana indahnya air terjun ini. Tahu nggak guys, hal menarik en menakjubkan ialah saat kamu bisa melihat air terjun ini dari dataran setinggi 75 meter. Hm, bisa bayangin deh ya gimana asyiknya melihat air terjun beserta pemandangan alam yang memukau dari ketinggian tersebut.

Mau tahu hal menarik lain yang ada disana nggak guys?

 

post-11-0-08787300-1392648989_thumb.jpg

 

Di kawasan air terjun Tiu Kelep ini juga ada monyet yang berjumlah banyak banget. Mungkin kalau dihitung ada ratusan monyet yang hidup disana. Mereka ini guys, suka menunggu kita di pinggir jalan biar diberi makanan. Kok jadi mirip sama pengemis yah guys. Tapi kalau nggak kita yang ngasih makan en peduli sama mereka siapa lagi yang mau peduli, betul nggak?

 

Para monyet ini bakal setia banget nungguin para pengunjung maupun pengendara yang lewat di jalan itu. Yah tadi itu tujuannya, biar dikasih makan. Btw, sobat semua pada takut nggak sih sama si monyet itu? Sekedar saran ajah, buat sobat semua agar hati-hati kalau bawa makanan. Soalnya monyet itu kalau liat ada orang bawa makanan pasti langsung dijambret. Bisa-bisa sobat diserbu sama si monyet-monyet tadi buat ngerebut makanan yang kamu bawa. Dan ini bisa jadi pengalaman yang cukup mendebarkan, hehe. Kalau nggak mau diserbu sama monyet sebaiknya simpan baik-baik kalau bawa makanan.

 

Di jalan Pusuk itu emang menjadi kawasan puncak yang punya pesona menakjubkan. Sobat bakalan dimanjain sama sensasi yang berbeda. Bahkan nggak cuma wisatawan domestik aja yang datang kesana tapi juga dari mancanegara. Disana ada sebuah hutan lindung yang rimbun lengkap dengan suara alam dan monyet yang bakal en berjejer-jejer. Karena inilah guys, kenapa daerah ini pantas dikatakan sebagai pusuk. Kalau sobat mau, bolehlah membawa pisang khusus untuk para monyet ini. Buat hiburan en menyenangkan para monyet ini. Seru kali ya guys kalau ngasih makan monyet., hehe.

 

Kalau takut gimana? Kalau takut ya nggak usah lah. Kalian nikmatin aja keindahan alam yang tersuguh didepan mata.

Air terjun Tiu Kelep ini emang termasuk air terjun yang jauh en jalannya juga berliku-liku. Kalau sobat pengen bener-bener kesana maka harus hati-hati yah. Karena disana banyak banget batu-batu yang licin en basah. Ditambah dengan adanya lumut yang tumbuh dibatu-batu tersebut.

 

Wah makin bahaya nih ternyata. Jadi harus bener-bener ekstra hati-hati ya guys.!

Jalan menuju ke air terjun ini emang licin en basah, berliku bahkan berbahaya, jadi kamu harus hati-hati yah. Tapi semua itu nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan temuan pemandangan yang bener-bener luar biasa en menakjubkan di depan mata. Serasa terhapuslah rasa lelah diperjalanan saat sudah sampai di tempat tujuan.

 

Pemandangan  air terjun ini emang nggak terlalu tinggi yakni sekitar 40 meter. Tapi, air terjunnya tampak sangat indah en menawan ditambah dengan keindahan pesona alam yang memukau.

 

Yang bikin makin istimewa nih guys, air terjun ini adalah gabungan dari beberapa air terjun baik yang besar atau yang kecil. Hm, penasaran kan guys pengen kesana juga?

Share this post


Link to post
Share on other sites

3 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now