Sign in to follow this  
shata

Pasar Khas Minang Di Depan Masjid Sunda Kelapa

3 posts in this topic

Hari Minggu pagi emang waktu yang paling pas buat jalan2 pagi, cari udara seger sambil cari sarapan. Orang Jakarta biasanya berbondong2 ke Car Free Day (CFD) Thamrin-Sudirman buat hepi2an di Minggu pagi. Kalo bosen sama CFD dan pengen ganti suasana, Jalan2ers bisa coba ke Masjid Sunda Kelapa.

 

Ada apa di Masjid Sunda Kelapa? Tiap hari Minggu, pelataran samping Masjid Sunda Kelapa dipenuhi sama tukang jualan. Mereka udah siap2 dari pagi buta (sekitar jam 5an) dan berjualan sampe jam 10 atau 11 pagi. Masjid Sunda Kelapa adalah masjid yang terletak di daerah Menteng, di Jalan Taman Sunda Kelapa nomer 16. 

 

Lokasinya di tengah kota, deket sama rumah dinas Bapak Boediono Dan rumah dinas Bapak Jokowi. Masjid ini suka dipakai buat ceramah2 penting dari ustad2 ternama dan kegiatan lain, makanya masjid ini gak pernah sepi. Karena adanya pasar kaget, hari Minggu pagi jadi makin ramai. Yang bawa mobil harus sabar cari parkirnya yaa ^_^

 

Tujuan si tukang jualan udah pada siap2 dari pagi buta dan udah kumplit jam 7 atau 8 pagi adalah buat narik perhatian orang2 yang abis pengajian. Pengajian emang rutin diadakan setiap minggu pagi dan yang paling sering ikut tentu aja ibu2. Nah ibu2 kan emang ditakdirin buat hobi belanja, jadi tujuan para tukang jualan pasar kaget ini emang tercapai deh  :D 

 

post-2443-0-12632200-1392829784_thumb.jp

Pelataran Masjid Sunda Kelapa yang dijadiin tempat jualan

 

Abis pengajian, ibu2 langsung menyerbu pasar kaget. Ada yang mau cari sarapan, mau belanja, atau mau liat2 doang. Biarpun pelataran masjid yang dipake buat jualan gak terlalu gede, tukang jualannya banyak dan barang jualannya beraneka ragam. Mulai dari makanan siap makan, makanan kemasan, pakaian muslim, mukena, pashmina, buku, al quran, obat herbal tradisional, madu, kaset lagu2 lama, peralatan rumah tangga, sampe stand jasa tensi dan cek darah juga ada...!! Pelataran masjid ini juga berbatesan langsung sama pintu keluar ke arah jalan raya dan parkiran ngobil, so pasti dilewatin orang2 yang keluar dari masjid.

 

Satu hal yang unik adalah sebagian besar penjual di pasar kaget Masjid Sunda Kelapa ini adalah orang Minangkabau. Mereka biasanya berasal dari Padang dan sekitarnya. Jadi barang jualan khas minangkabau/padang lah yang paling menonjol. Kayak masakan2 khas padang, kue tradisional khas padang, kaset lagu2 tradisional padang, dan semacamnya. Dari pihak Masjid Sunda Kelapa, para pedagang ini ditarik bayaran tapi nggak banyak. Sekitar 100.000an buat semua pedagang per minggunya. Itung2 buat biaya kebersihan dan sewa tempat. 

 

post-2443-0-50477900-1392829725_thumb.jp

Suasana para penjual

 

Makanan khas padang di Masjid Sunda Kelapa yang banyak digemari adalah soto padang 'Phisano'. TS belom pernah coba tapi katanya sih enak banget. Yang bikin beda dari soto padang yang lain adalah kuahnya yang keras banget kaldu sapinya. Selain Soto Padang Phisano, yang juga nikmadh adalah Sate Padang Titi Murni. Soto Padang Phisano bisa Jalan2ers temuin di deket pintu masuk. Kalau Sate Padang Titi Murni TS nggak tau, bisa tanya orang sekitar sebelum masuk ke pelataran.

 

Kalau favorit TS tiap kesini sih makan gulai pakis. Yang jualan ibu2 padang yang biasa TS panggil uni, tempat jualannya ada di bagian tengah, sisi paling kanan deket deretan ATM. Uni ini super baik suka ngasih kerupuk tambahan gak pake bayar lagi  :D Udah gitu, gulai pakisnya juga super enak. Btw, gulai pakis adalah makanan khas Pariaman. Isinya potongan ketupat, santan, laos, cabe rawit, asam kandis, kunyit, dan tentu aja daun pakis (paku). Semuanya dituang pake kuah santan yang sering kita temui di lontong sayur padang. Hidangan ini sangat unik karena jaman sekarang udah jarang ada masakan pake daun pakis. 

 

post-2443-0-29180900-1392829736_thumb.jp

Sisa2 kuah santan gulai pakis

 

Selain gulai daun pakis, uni favorit TS ini juga menjual katupek pical. Katupek=ketupat dan pical=pecel. Jadi makanan ini bahan dasarnya adalah ketupat yang dicampur sama bumbu pecel dan kuah santan yang sama kayak kuah gulai pakis. Topping katupek pical biasanya sayur2an kayak daun singkong, kacang panjang, kol, tauge, atau daun pepaya. Karena sayuran dan bumbu pecel, katupek pical sering disebut sebagai gado2 nya padang.

 

post-2443-0-41063000-1392829976_thumb.jp

Katupek Pical

 

Bapak2 yang abis pengajian biasanya gak kenyang kalau cuma makan katupek pical atau gulai pakis, makanya ada beberapa penjual yang jual hidangan lengkap khas padang, termasuk si uni. Tapi si uni nggak terlalu lengkap, cuma jual rendang dan 2 hidangan khas padang lainnya. Nah, penjual yang ada persis didepan si uni, hidangan padangnya lengkap banget. Ada terong dan jengkol balado, dendeng batokok dan dendeng balado, teri sambal ijo, ayam bakar bumbu padang, wih lengkap banget pokonyah! 1 meja isinya nampan isi makanan semua. TS pernah coba beli beberapa hidangannya dan enak2 aja. Tapi kalau dibandingin sama restoran Sederhana mah masih kalah..

 

Selain masakan khas padang, ada juga masakan2 lain. Ada satu penjual yang khusus menjual pepes. Tepatnya aneka pepes, pepes tahu, pepes ikan mas, dan pepes dengan isian lainnya. TS juga pernah beli pepes ini. Rasanya enak, harganya juga murah (6.000 buat 1 pepes yang ukuran sedeng). Yang TS temuin unik lagi ada bebek dan ayam dengan lumuran sambal ijo. Bebek dan ayam yang dijual bukan potongan, tapi 1 ekor utuh! TS makannya sampai berminggu2 baru abis. Rasanya? Enak dan pedas menggelegar!

 

Buat makanan kemasan yang dijual disini juga khas padang. Yang TS sering beli adalah abon rendang dan keripik kentang balado (ada yang bentuk bundar dan bentuk korek api). Harga abon rendang sekitar 25.000 an 1 kotak plastik dan keripik kentang sekitar 40.000an 1 kotak bundar.

 

post-2443-0-87088100-1392829746_thumb.jp

Stand makanan dalam kemasan

 

Di sisi belakang dan kiri pelataran masjid, Jalan2ers bisa liat2 pakaian muslim, kaset, obat herbal, dan barang2 lain yang TS sebutin diatas. Kalau buat pakaian, mukena, kerudung, dan pashmina, modelnya cukup oke tapi pilihannya gak banyak. Harga masih bisa ditawar dan sedikit miring dari barang serupa yang dijual di Tanah Abang atau Thamrin City. Buat pengunjung yang mau ditensi dan di cek darahnya, kalau nggak salah stand nya ada di pojok kiri pelataran. TS belom pernah coba, masalah keakuratan dan keamanan, Jalan2ers bisa tanya langsung ke pihak stand.

 

Kalau udah puas liat2 sampai ke sisi belakang pelataran, Jalan2ers bisa melipir balik ke depan (ke arah pintu keluar). Nah di bagian depan ini, banyak sekali kue2 kering dan kue2 tradisional khas padang kayak galamai, wajik, lapek bugih, lemang, lemang tapai, pinyaram, dan kue putu. Ada juga lupis, lemper, risol, dan kue2 kecil lainnya. Kue2 kering yang biasa buat lebaran juga ada satu pedagang yang jual. Di depan persis pintu keluar banyak yang jual buah dan gerobak2 dadakan yang juga jual aneka makanan. 

 

Ada gerobak es selendang mayang, ada soto mie, lontong sayur, es kelapa, sate dan tongseng, dan makanan2 yummy lainnya. Ada juga yang jualannya dari bagasi mobil. Penjual ini jual pastel, putu mayang, onde-onde, dan snack2 kecil lainnya. Yang satu ini juga favorit TS karena semua jualannya enak :D

 

Ayo JJers yang lagi kelaperan sekaligus pengen belanja belanji di minggu pagi, mari melipir ke pelataran Masjid Sunda Kelapa! Dijamin kenyang, hati senang 

:)  :)  :) 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this