rhiennee

Sulit Nyari Makanan Halal Di Bali? (Tips Bagi Yang Muslim)

18 posts in this topic

Guys, kalian mau ke Bali? Tapi takut sulit dapetin makanan halal (Bagi muslim khususnya ni yaa …) ? Yuk intip tips dibawah ini.

Buat sobat semua yang mau ke Bali tentunya bakalan berkunjung ke berbagai wisata disana. Bali emang punya banyak banget tempat wisata. Makanya nggak heran kalau sobat juga pengen berkunjung kesana. Selain itu, wisatawan yang datang kesana juga dari berbagai negara di belahan dunia. Jadi, kalau kamu pengen nyari bule, Bali lah tempatnya. Hehe.

 

Di Bali emang punya banyak banget aneka jenis makanan khas. Tapi bagi sobat yang muslim juga harus hati-hati lho. Karena disana banyak makanan non halal. Jangan sampai kita ceroboh en makan makanan yang harusnya nggak kita makan. Duh jadi berabe kan entar?

Eits, tapi sobat semua nggak perlu khawatir. Karena kalian bisa nikmati sajian kuliner tradisional yang punya cita rasa unik yang bisa dijadikan pilihan makanan halal selama di Bali. Kuliner-kuliner tradisional ini dapat kita jumpai di restoran mewah sampai pedagang kaki lima.

 

post-11-0-48173300-1392837835.jpg

 

Penasaran nggak nih, kira-kira makanan apa ya yang bisa dimakan saat di Bali?

Sebenernya banyak banget kok makanan yang bisa kita makan. Asal selektif milih aja ya.

Disana ada ayam betutu yang kaya akan rempah-rempah. Sobat semua pasti udah nggak asing khan sama makanan dengan cita rasa rempah-rempah? Biasanya orang Indonesia pasti suka sama masakan kayak gini. Kamu juga kan guys? Hehe.

 

Ayam betutu ini bisa kamu nikmatin saat di Denpasar. Selain itu ada bebek goreng lezat yang bisa kamu nikmatin sambil melihat keindahaan alam di Ubud. Selain itu ada juga nasi ayam Kadewatan yang juga bisa dijadikan pilihan diantara banyaknya makanan non halal yang ada di resto kawasan Ubud.

Tuh kan guys, banyak banget makanan halal yang bisa kamu makan saat di Bali. Jadi, jangan takut nggak ada makanan yah.

 

Kalau sobat pengen menikmati keindahan pantai Sanur yang terkenal itu, kamu bisa nyoba mampir makan di Warung Nasi Campur Ayam Men Weti. Bahkan sobat juga bisa kok kalau pengen makan sate lilit khas Bali di Pasar Sukowati.

Wah asyik nih guys, bisa wisata kuliner sambil berwisata belanja. Perut pun kenyang sambil berbelanja oleh-oleh buat keluarga di rumah. Bisa dicoba yah.

 

post-11-0-07018800-1392837837.jpg

 

Atau kamu pengen makan malam yang harganya murah meriah tapi sarat sama nuansa Bali? Wah sepertinya nasi Jinggo yang ada di jimbaran bisa kamu jadiin pilihan nih. Seru banget deh kayaknya.

 

Kalau sobat pengen makan yang segar-segar sambil nikmatin malam hari di Kuta bisa makan rujak Bali Bu Putu. Hm, malam-malam makan rujak di Kuta sepertinya bisa jadi pilihan wisata kuliner yang asyik.

 

Tapi kalau pengen makan yang agak berat sambil nikmatin deburan ombak, kamu bisa makan hidangan malam Bebek Bengil yang ada di Nusa Dua. Hem, pasti yami ditambah dengan suasana yang romantis dan indah tentu membuat makan malam kali ini menjadi begitu istimewa.

 

 

#Ayam Betutu Khas Gilimanuk

 

post-11-0-52587300-1392837834_thumb.jpg

 

Sobat bisa mengunjungi resto yang punya maskot Petruk Dolar ini dengan menu utama adalah ayam betutu. Tapi kalau sobat nggak suka ayam betutu, sobat nggak perlu khawatir karena disini masih ada makanan lain dengan bahan utamanya ayam en bebek. Pastinya menunya halal loh jadi sobat nggak perlu waswas lagi.

Penasaran yah, ada pilihan makanan apa aja sih disana?

Yang jelas kamu bisa nikmatin ayam betutu spesial khas Gilimanuk. Kalau sobat lagi di Bali en lagi nyidam ayam betutu ada 4 pilihan tempat yang bisa dikunjungi.

 

- Pertama ada di Denpasar, kamu bisa datang ke Jalan Merdeka nomor 88 Renon.

- Lalu ada lagi di Jalan Buluh Indah no 51 Denpasar.

- Kalau di Kuta ada di Jalan Raya Tuban No 2X

- Sedangkan kalau sobat lagi di Nusa Dua ada di Jalan By Pass Ngurah Rai No 89.

 

Tuh guys, banyak kan tempat makan di Bali yang menyajikan makanan lezat nan halal. Jangan takut pergi ke Bali yah.

Di tempat-tempat tersebut, sobat bisa makan ayam betutu yang penuh dengan bumbu rempah nan menggoda lidah. Selain itu kalau sobat pengen makan sate lilit juga bisa pesan kok.

Udah pada tahu kan sate lilit yang kayak gimana?

Itu tuh, sate khas Bali yang terkenal abis karena keunikan dari tusuknya yang menggunakan bambu, kulit kelapa atau batang sereh. Daging yang digunakan untuk bahan sate ini ada yang daging ayam en ada juga daging tuna. Jadi kalau sobat nggak suka ikan bisa milih yang daging ayam deh.

Eh, kok daging mulu sih dari tadi. Yang sayur-sayur gitu ada nggak neh?

Tentu ada dong, kalau kamu pengen yang seger-seger bisa nyoba plecing kangkung. Pernah denger nggak sebelumnya?

Plecing kangkung ini emang makanan khas Lombok. Tapi ternyata di Bali juga ada loh. En ternyata menu yang satu ini cukup terkenal juga.

Setelah tadi ada plecing kangkung, ada juga menu lain yang dibuat dari nangka muda. Menu ini dinamai lawar. Mungkin kalau di Jogja namanya ya gudeg itu ya guys. Di resto ini kamu bisa nikmatin lawar dengan suwiran daging ayam.

Satu lagi guys, yang mungkin bakalan membuat bulu kudukmu berdiri. Ternyata nih ya, lawar di Bali itu ada campuran darahnya. Hiii, jadi harus hati-hati banget guys.

Iiiih, serem kan yah. Tapi untungnya di Resto ini aman kok, insyaAllah halalan.

 

 

#Nikmatnya makan bebek di Tepi Sawah Ubud

 

post-11-0-07018800-1392837837.jpg

 

Kalau sobat pergi ke Goa Gajah di Ubud sana, kamu bisa mampir en menkmati berbagai jenis menu bebek di resto ini.

Jaraknya nggak jauh kok dari pusat kota ubud, palingan cuma 10 menitan. Suasananya pasti bikin kamu betah deh, resto ini berada tepat di tepi sawah di jalan Raya Goa.

 

Asyik banget kan? Nggak cuma dapat makanan halal tapi juga sekalian berwisata alam yang tentu bakalan membuat kamu makin puas.

Masih takut kesulitan nyari makanan halal di Bali?

Tentunya enggak lah ya…. :)

post-11-0-33233100-1392837836.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

sebetulnya buaaaaaanyak dan amat sangat banyak koq makanan yang halal, tuch di sepanjang jalan teuku umar barat/malboro, di imbo juga banyak

 

asal jangan mampir ke warung yang bertuliskan "Babi Guling" :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

@rhiennee

sebenarnya banyak kok mba tempat makanan halal di bali seperti kata mba@dMaems, karena byk juga disini warung2 muslim, di bali kan byk juga warga dari jawa atau daerah lain yg merantau kesini, jadi variannya tidak hanya tempat2 makanan diatas (yang notabene makanan yng mba sebutkan harga nya relatif mahal), masih byk yg halal tapi murah meriah dan terjamin kok. selain makanan  bagi yg muslim, di bali juga ada warung makan bagi vegetarian. :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mudahnya, kalo nyari makanan halal di Bali, makan di warung yang ada tulisan "Jawa Timur"-nya. Bisa dipastikan halal tuh. Atau kalau enggak, tanya aja dulu. Soalnya, meskipun kadang nih makan di resto chinese food, mereka juga menyediakan babi. Memang yang kita pesen nggak mengandung babi, tapi kan bisa jadi ada minyak atau pun daging yang tercampur tanpa sengaja.

Atau....

 

 

Resto vegetarian, KFC, Pizza Hut.. Hahahhaa. Menu desperate!

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah masa sih di bali sulit nyari makanan yang halal ?

terus mau makan apa dong ?

Nggak juga bro. Tenang aja. Asalkan di kota dan daerah wisata seperti kuta, bedugul, kintamani, tanah lot, dll banyak makanan halal bukan hanya makanan jawa atau yang di bali disebut warung muslim aja, tapi juga makanan khas bali seperti ayam atau bebek betutu, ayam kedewatan, jukut ares, dll. Ditanggung mantap! Hanya di Ubud saja yang harus hati-hati ( diluar nasi ayam kedewatan, bebek bengil, bebek tepi sawah, laka-leke, dan bale udang mang engking )

Share this post


Link to post
Share on other sites

Nggak perlu khawatir koq. Sekarang sih kayaknya lebih banyak tempat makan halal daripada nggak. Ya kecuali kalo duitnya dapet korupsi ya. Makanan halal sama sekali nggak susah ditemukan. Yang paling gampang tentu jaringan fast food semacam KFC atau McDonalds. Opsi berikutnya restoran Padang yang banyak terdapat di pusat-pusat keramayan seperti Kuta, Sanur, dan Denpasar. Warung Jawa biasanya diembel-embeli nama kota di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Jember, dll. Sebarannya tidak hanya di pusat-pusat pariwisata, dimana ada keramaian pasti ada tuh. Yang lagi ngetrend sekarang, nasi tempong. Yang paling beken Nasi Tempong Indra, tapi yang lain2 juga banyak. Kalau mau menjajal makanan khas Bali juga banyak. Nasi campur khas Bali, nasi ayam Kadewatan, ayam betutu, sate lilit (biasanya bahannya ikan atau ayam), lawar (aslinya memang menggunakan darah babi dan daging babi, tapi sekarang sudah banyak variasi halalnya, misalnya lawar kuwir yang berbahan bebek, lawar kodel berbahan daging sapi, lawar kambing, lawar gurita, lawar cumi), atau cari aja tukang sate kambing.

 

Oh iya, kalo jalan2 ke Bali, jangan lupa mampirin pantai indah yang satu ini, Pantai Padang Padang namanya. Kalo mau info lengkapnya, bisa mampir ke http://fantasticbali.com/tempat-wisata/pantai-padang-padang.htm

 

Pantai-Padang-Padang-3.jpeg

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Sellaandrea gak juga kak, kalau di kuta dan legian staynya, bnyak kok sarapan, lunch smpai dinner halal, sya pagi beli sarapan 2porsi dan akua 16rb, makan siang 2porsi dan es teh cuma 20rb, makan malem ala penyetan 2porsi+pete+teh hangat cuma 15-20rb, saya beli di 1jalan cuma beda tempat, masuk gang sebelah skygarden sampai ujung trus belok kanan sampai ujung ada masakan jawatimur yang enak(beda dri yg lain menurut saya),  makan siang banyak orang sepeda jualan keliling sekitar monumen bom bali atau di jalan sebelum;  pintu masuk pantai kuta, makan  malam saya lewt gang sebelah skygarden lagi,sampai ujung jlan sya belok kanan, warungnya krlihatan paling terang, kalau mau bakso nasgor migor dri ujung jalan belok kiri saja.

Kalau gak suka ribet ada nasi krawu bisa pesan antar minimal order 5bungkus, lmyan bsa buat sarapn dan lunch, cmiww

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kebetulan baru nyobain warung makan halal, jadi mudah-mudahan bisa jadi referensi berguna.

Buat yang cari tempat makan halal + enak, boleh dicoba Warung Bu Umi di Jalan Dewi Sri, tepatnya seberang Pepito Express. Jalan Dewi Sri ini termasuk jalan gede dan pusat kuliner jadi gak akan susah kok nyarinya. Ini restoran kenalan aku (temennya temen tepatnya). Selain halal, harganya sangat terjangkau dengan porsi gedee.....dan enaaaakkkkk bangeett! Sampe sekarang masih kepikiran soto betawi nya yang nikmaaatt banget dan belom nemu seenak itu di Jakarta hihihi (agak bias sih, karena waktu itu pas makan emang lagi laper banget XD)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Hmm pengen nyobain bebek tepi sawah, cm resto nya ada menu pork nya kah? Tp kok ada mushola jg yah d sana.. halal atw nggak sih kl ada menu campur2 gitu. Tgl 11 okt ini mw k ubud soalny

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 8/23/2016 at 7:05 PM, deftones12 said:

Buat yang cari tempat makan halal + enak, boleh dicoba Warung Bu Umi di Jalan Dewi Sri, tepatnya seberang Pepito Express. Jalan Dewi Sri ini termasuk jalan gede dan pusat kuliner jadi gak akan susah kok nyarinya. Ini restoran kenalan aku (temennya temen tepatnya). Selain halal, harganya sangat terjangkau dengan porsi gedee.....dan enaaaakkkkk bangeett! Sampe sekarang masih kepikiran soto betawi nya yang nikmaaatt banget dan belom nemu seenak itu di Jakarta hihihi (agak bias sih, karena waktu itu pas makan emang lagi laper banget XD)

jalan dewi sri ini yang ngarah ke Bandara kan ya @deftones12 ?

17 hours ago, unlucky said:

Hmm pengen nyobain bebek tepi sawah, cm resto nya ada menu pork nya kah? Tp kok ada mushola jg yah d sana.. halal atw nggak sih kl ada menu campur2 gitu. Tgl 11 okt ini mw k ubud soalny

Oh ada kah ? kok dulu saya kesana gak ada ya @unlucky

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now