Sign in to follow this  
rhiennee

Berkunjung Ke Asal Usul Drakula Di Transsylvania?

3 posts in this topic

Guys kalian masih inget nggak sama drakula? Itu loh, setannya orang Eropa yang haus banget sama darah. Taring tajamnya yang kelihatan saat berseringai bikin ngeri banget.

 

Kalian nggak pengen berkunjung ke tempat asal usul drakula ini?

 

Drakula ini guys, asalnya dari Transylvania yang ada di Romania. Mungkin bagi kalian, Negara Romania nggak sering disebut sebagai Negara favorit buat dikunjungi tempat wisatanya. Negara-negara lain seperti Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang en Thailand mungkin lebih popular sebagai salah satu negeri tujuan wisata yang populer oleh orang Indonesia. Kebanyakan sih menawarkan keindahan alam en  bangunan yang jadi ciri khasnya.

 

post-11-0-49491100-1393605787_thumb.jpg

 

Tapi guys, Romania ini beda banget loh dengan Negara wisata lainnya. Ia menjadi sangat terkenal karena Negara ini yang jadi asal usul munculnya drakula. Ada legenda mistis yang udah jadi mendunia sejak kastil-kastil di Transylvania dituliskan oleh Bram Stoker menjadi tempat hidupnya si drakula ini. Emang sih di kota ini, ada sebuah kastil tua yang kelihatan banget sangat bersejarah.

 

Drakula emang udah di populerkan sama Bram Stoker di novelnya. Bahkan nih guys, novelnya ini udah difilmkan en menjadi inspirasi dari kisah-kisah vampir en drakula modern. Kisah mistis ini begitu populer, bahkan karena kepopulerannya itu dijadikan penarik wisatawan oleh pemerintah Romania. Tapi sayang banget guys, usaha ini nggak begitu dapet respon yang positif sama penduduk setempat.

 

Pemerintah Romania udah berusaha buat ngiklanin daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata historis dengan manfaatin legenda mitos drakula ini. Semua orang di dunia suka sama kisah Drakula ini, kamu juga kan guys? Hayo ngaku? Hehe. Karena itu paket tur Transylvania disebut-sebut sebagai salah satu paket wisata terfavorit yang ada di Romania. Biasanya sih karena penasaran ingin berkunjung ke asal usul dari drakula yang ada di Transylvania ini.

 

Guys, pemerintah Romania ternyata sungguh-sungguh banget soal wisata historis ini. Nggak cuma promosiin Transylvania aja tapi juga sering mengiklankannya en berusaha buat membangun tempat wisata unik dengan konsep drakula.

 

post-11-0-79863700-1393605789_thumb.jpg

 

Awalnya sih rencana pembangunan ini mau dibuat semacam taman dengan konsep drakula yang bakalan dibangun di Bukares, ibukotanya Rumania. Sepuluh tahun yang lalu rencana ini dibuat, banyak investor yang mau mengucurkan dana mereka buat pembangunan ini. Sayang banget usaha ini nggak berhasil karena ditolak warga setempat. Akhirnya nih guys, lokasinya pun dipindahin ke Transylvania, sama seperti yang ada di novel. Walaupun hingga sekarang nggak dibangun-dibangun tuh. Sebenarnya kalau dibangun di Transylvania sih bakalan lebih terasa feelnya. Soalnya kan dari legendanya drakula ini berasal dari Transylvania bukan di Bukares.

 

Mitos dari drakula sang penghisap darah yang sangat kejam ini nggak sesuai dengan kisah kepahlawanan dari Vlad bagi masyarakat sekitar. Warga Romania sih enggak terima kalau Vlad ini digambarin dengan kekejaman yang luar biasa. tapi belakangan sih pemerintah Romania udah mulai berhasil nyadarin masyarakatnya kalau mitos drakula ini adalah potensi besar bagi ekonomi di negeri ini.

 

Guys, masyarakat Romania ini udah nggak kolot lagi loh. Mereka ini udah mulai bisa berpikir modern. Jadi mereka bisa menerima mitos Drakula ini sebagai salah satu potensi ekonomi buat memajukan dan mempromosikan Negara mereka. Paket tur wisata di Transylvania inilah yang menjadi andalannya, bahkan makin laris aja. Sobat tertarik nggak nih?

 

 

Sebenarnya gimana sih cerita atau sejarah dari drakula ini?

 

Sobat pernah nggak nih nonton film Twilight atau film Blade yang pernah booming di bioskop? Kalau iya, udah pasti tahu dong ya kalau film itu berkisah tentang seorang drakula en vampir yang suka banget ngisap darah. Dari novel Bram Stokerlah inspirasi tokoh ini diambil yang berasal dari legenda di masyarakat Transylvania.

 

Nah, sobat mau tahu nggak nih gimana legendanya?

 

Drakula ini punya nama asli Vlad Tepes yang lahir pada tahun 1431-1476. Ia menjadi seorang penguasa dari kerajaan Wallachia (sekarang sih masuk wilayah Rumania). Ayah dari Vlad ini dianugrahi kaisar Romawi Suci Sigismund dengan keanggotaan dari ordo naga atau dracul dalam bahasa Wallachia. Nah itu berarti Vlad Tepes ini disebut juga sebagai Dracula atau anak naga. Sebenernya sih drakula ini nggak menghisap darah seperti di cerita fiksi itu. Tapi dia sebagai seorang pemimpin suka banget bunuh ratusan ribu orang. Duh, gak bayangin gimana ngerinya yah.

 

post-11-0-99162100-1393605793_thumb.jpg

Di usianya yang ke 11 tahun, ia dan saudaranya yang bernama Radu yang saat itu masih berusia 6 tahun menjadi tawanan di Kerajaan Turki Ottoman. Saat menjadi tawanan itu, mereka berdua diperlakukan dengan baik dan dididik dengan baik pula oleh kerajaan. Mereka tidak disiksa atau disakiti bahkan diberi pendidikan yang layak. Sayangnya Vlad tidak menjadi seorang yang berkepribadian baik, dari kecil ia sudah senang melihat darah dan membunuh binatang. Ia merasakan kegembiraan ketika melihat ada binatang atau manusia yang kesakitan.

 

Vlad bersaudara ini menjadi jaminan atas kemerdekaan dari kerjaan Wallachia. Hal ini sesuai dengan perjanjian dari ayah Vlad dengan Sultan Turki. Namun beberapa  tahun kemudian Vlad kembali lagi ke Wallachia lantas merebut tahta dari kekuasaan Turki. Namun beberapa tahun selanjutnya, Wallachia jatuh ke kerajaan Hungaria.

 

Saat menjadi raja nih guys,Vlad ini senang sekali membunuh orang yang tidak sejalan dengannya. Bahkan rakyatnya pun banyak yang ia bunuhi. Serem banget yah guys ada pemimpin yang tegaan gitu. Di tahun 1476, akhirnya Vlad terbunuh saat melawan pasukan dari Turki Ottoman di perang Salib. Vlad dipenggal lalu kepalanya dibawa ke konstantinopel yang telah dikuasai oleh Turki sebagai bukti bahwa Vlad sudah dibunuh. Sedang tubuh Vlad dikubur di Snagov.

 

Gitu guys, cerita dari legenda drakula yang sangat terkenal itu.

 

Kalau penasaran, silahkan aja sobat berwisata ke Transylvania

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this