• 0
Sign in to follow this  
Banyusmom

Eh, Katanya Ada Lho Bisa Happy Dengan Hal-Hal Yang Aneh ....

Question

Biasanya pas lagi sedih, manusia melalui 2 fase, pertama larut dalam kesedihannya untuk beberapa saat, kedua mencari cara bagaimana caranya untuk happy lagi. Nah, ngomongin masalah cara untuk happy, ternyata tiap orang beda-beda lho caranya. Paling sering mungkin adalah dengan nonton film atau acara lucu, ngumpul bareng teman, jalan-jalan, belanja, atau makan. Tapi, ternyata ada juga lho hal-hal yang mungkin kurang masuk akal tapi sebenarnya malah bisa bantu kita happy lagi. Hmmm, beberapa memang terdengar aneh. Apa aja sih?

 

post-34-0-28652800-1393684311.jpg

 

1. Nonton film sedih

Masa sih? Aneh banget, orang sedih kok malah disuruh nonton film sedih? Yang ada malah tambah mewek. Tapi menurut Ohio State University, nonton film-film tearjerker malah bisa mem-boost kita jadi happy. Malah, semakin sedih filmnya semakin happy lah kita seteleh nonton film tadi. Jadi, mulai sekarang bisa tuh koleksi The Notebook, Hachiko, Titanic, dan film-film sedih lainnya.

 

2. Menjadi Tua

Ternyata menurut penelitian, semakin bertambah usia kita, otak kita kadi kurang sensitif sama hal-hal negatif yang ada di sekitar kita, entah itu yang kita dengar atau kita lihat. Yang ada malah rasa optimis, awet muda, dan tentunya rasa gembira. Buktinya, sekitar 42% responden yang usianya lebih dari 50 tahun merasa optimis dengan hidup mereka ke depan, sementara 60% merasa lima tahun lebih muda dari usia mereka yang sekarang. Jadi tua ada sisi positifnya juga ya ternyata?

 

3. Senyum palsu alias dibuat-buat

Yang satu ini juga bukan tanpa bukti ilmiah, ada penelitiannya juga lho ternyata. Jadi nih, di University of Kansas para peneliti bikin suatu penelitian tentang tersenyum. para peneliti ini pakai chopstick dan menaruh chopstick tadi di mulut para probandus. Probandus-probandus ini diminta untuk membuat senyum lebar yang mengembang (itu lho yang biasanya bikin siapa pun jadi terpesona, hehehe), senyum standard, sama ekspresi wajah yang alami. Nah, terus mereka ini diminta untuk menaruh tangan mereka ke dalam air dingin sebagai stressor. Hasilnya, probandus-probandus yang tersenyum tadi meskipun toh senyum mereka itu dibuat-buat, dibikin-bikin, alias palsu, detak jantungnya jadi menurun. Detak jantung yang menurun tadi adalah bukti kalau mereka tidak merasa stress. Solusi sedih terpecahkan deh! Senyum aja lebar-lebar! Mudah dang a pake biaya sama sekali.

 

4. Kurangi jadwal mengurus anak

Semua ibu pastilah pengen jadi ibu yang baik buat anaknya. Nah, sekarang defenisi “baik itu kayak gimana sih? Ada beberapa ibu yang bilang kalau “baik†itu artinya mengorbankan segala sesuatu buat anak, punya aktifitas segudang buat anaknya juga. Yang kedua ibu-ibu yang berpikir kalau “baik†itu ya parenting yang cukup baik, intinya ga terlalu memaksakan diri alias ga ngoyo. Nah, kenyataannya ibu-ibu kategori pertama lebih rentan terhadap stress. Alih-alih bikin anak happy malah bisa bikin anak jadi ikutan depresi. Anak-anak dengan ibu yang stress dan depresi cenderung memiliki resiko depresi, cemas, dan bermasalah di sekolahnya lebih tinggi. Ada kalanya let it flow dan relax jadi pilihan yang lebih baik. Well, moms, you’re the best mom in the world, no need to try so hard. Be happy then your children will be happy too!

 

5. Baca Koran

Dibandingin sama nonton TV, baca koran ternyata lebih bikin kita happy. Ini udah dibuktikan dengan penelitian dari University of Maryland yang meneliti bagaimana 30.000 orang menghabiskan waktu luang mereka. Ternyata, yang suka baca koran lebih bahagia ketimbang orang-orang yang lebih memilih nonton TV di waktu senggangnya. Hmmm? Ga yakin? Bisa tuh dicoba. Oh ya, selain bisa bikin happy wawasan juga jadi bertambah kan? Double positive deh!

 

6. Tidur di sebelah kiri

Wah, ternyata posisi tidur bisa memengaruhi mood lho. Laporan dari UK report nih, katanya orang-orang yang tidurnya dis ebelah kiri lebih ceria dan lebih positif. Kalo pas tidur berdua dan yang satu ga mau ngalah gimana? Hmm, coba alternatif lain dengan tidur selama tujuh atau delapan jam. Laporannya juga nih, orang-orang yang tidurnya cukup lebih bahagia dan sehat daripada orang-orang yang tidurnya kurang.

 

7. Hari Kamis

What? Ya, hari Kamis bisa jadi Jumat kedua buat orang-orang. Para peneliti dari London School of Economics melalui aplikasi Mappiness dari iPhone menemukan bahwa ternyata 45.000 orang moodnya bagus di hari Kamis.

 

8. Bepergian

Yang ini mungkin make sense lah ya? Tapi mungkin perlu tahu juga kenapa bepergian itu bisa mem-boost mood kita yang bagus. Ternyata puncak kegembiraan kita adalah saat menjelang perjalanan kemudian dengan cepat jadi flat menjelang kepulangan kita dari bepergian. Fakta ini ditemukan sama peneliti-peneliti dari Belanda lho. Jadi, manfaatkanlah masa-masa libur dengan merencanakan bepergian ke suatu tempat.

 

post-34-0-48561500-1393684312.jpg

 

Wah, ternyata happy bisa kita dapatkan dengan hal-hal yang ga biasa ya? Beberpa malah bisa kita lakukan setiap hari. Walaupun aneh dan terdengar kurang masuk akal, tapi ternyata udah dibuktikan sama peneliti-peneliti dari instansi terkenal di dunia ini. Hmm, kurang yakin? Ga ada salahnya kok dicoba dan lihat apa hal-hal tadi memang mem-boost mood kamu.

 

  •  
  •  

Share this post


Link to post
Share on other sites

3 answers to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this