• 0
Sign in to follow this  
Esha

perusahaan roko sampoer** dibeli sama perusahaan yang produksi M**rlboro??

Question

gan, ane sedikit agak telat nih taunya. jadi ceritanya tadi sodara ane nyobain rokok baru namanya Ice Blast warna nya biru hitam mereknya Marlbo**. kata sodara ane ini, rasanya unik soalnya mint nya bisa dipencet, mirip sama Sampoe*** Flava yang dulu sempat ada( terus kan katanya ngilang soalnya gak laku). nah , terus kita ngomongin soal hak cipta deh produk( dia kekeh banget ini ngelanggar hak cipta, soalnya rasa mint nya sama banget sama flava tersebut gan). nah , berahir lah pada kesimpulan kita searching tentang kedua produk roko tersebut..

begitu kita searching, ternyata PRODUK ROKO NASIONAL KEBANGGAAN KITA HAMPIR SETENGAH SAHAM NYA TELAH DI BELI OLEH PERUSAHAAN ROKO AMERIKA( Phillip Moris)!!!!! dengan begitu sudah jelas, tidak ada pelanggaran hak cipta, dan produk kebanggaan kita ini setengahnya telah menjadi milik asing gan. ane prihatin banget nih gan.

lebih jauh lagi, ternyata dampaknya sangat besar gan. berhubungan tu perusahaan amrik jaringannya sudah global, jadi dengan mudah mereka memasarkan produk sampoerna tersebut ke seluruh dunia ( jadi jangan aneh nanti di amerika ada produk sampoerna, hasil dari beli saham tersebut gan), namun dengan begitu berarti akan makin banyak orang yang ngeroko di seluruh dunia gan( ane bukan peroko, jadi anti banget). hal ini juga membuat khawatir badan kesehatan nasional atau WHO, soalnya dengan akuisisi perusahaan roko raksasa tersebut berarti yang terkena dampak roko juga akan makin banyak( peroko pasif). hmmm..... setuju ga kalo sampoerna disebut egois , ga cinta indonesia. petani kita susah-susah nanam, gak taunya hasilnya masuk kantong amrik.

Share this post


Link to post
Share on other sites

2 answers to this question

  • 0

Ini mah topik uda lama banget.. waktu saya kul jg uda pernah belajar nich tentang yang ini, karena ini merupakan bisnis pembelian perusahaan yang benar-benar besar. jadi perusahaan HM Sampoerna itu memang uda dijual ke perusahaan Phillip Morris, dan sekarang Sampoerna jadi produsen rokok yang terbesar di Indonesia. Untuk yang keluarga Sampoerna sendiri sekarang jadinya handle bisnis lain kecuali rokok. Gedungnya di Sampoerna Strategic. Tapi Phillip Morris engga mengganti nama HM Sampoerna, karena merek itu kan yang uda laku di Indo.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Married2014
      Beberapa Hal2 yang harus diperhatikan untuk membuat bisnis sendiri:
       
      1. Tipe Perusahaan
      Mau perusahaan sendiri, atau join dengan teman. atau mungkin mau buat perusahaan terbuka.
       
      2. Karyawan
      Berapa banyak yang diperlukan
       
      3. Jenis Bisnis
      apa yang mau dijual, jasa, makanan, minuman atau elektronik
       
      4. Catatan Keuangan
      menentukan budget untuk gaji, dan pengeluaran lainnya
       
      5. Sales
      Menyusun budget dan cara2 pemasaran yang akan dilakukan
       
      6. Competitor.
      Melakukan survei pasar lalu menonjolkan keunggulan produk kita.
       
      7. Nama
      Nama Produk yang kita tawarkan
       
      8. Modal
      Mencari modal baik anak buah maupun uang.
    • By angeline
      halo jalan2ers semua, long time no see. gimana tahun baru dan natal nya ?
      akhir tahun saya malah sibuk nih, maklum pekerja pabrik.

      indonesia sekarang ini banyak sekali memiliki perusahaan, baik yang produktif maupun yang tidak produktif. namun sayang, hanya sedkit perusahaan indonesia yang go publik, mereka lebih senang mengadakan kongsi dengan sesamanya dan terkesan membuat kartel, sehingga membuat pasar tidak sehat. Imbasnya sendiri ke serikat pekerja, publik ga punya power atas hal tersebut kan ?

      nah, saya sendiri bekerja di perusahaan lokal dan go publik. yang saya rasakan, kesejahteraan terjamin, insentif lumayan( ya sesuai kerjaan saya aja ), fasilitas ada, dan lain sebagainya. namun, kalo disuruh milih, saya pengen bekerja di BUMN, karena saya pikir lebih kondusif walaupun ga se rush di perusahaan swasta.


      kalo jalan2ers disuruh milih, mending kerja di perushaan nasional apa multinasional?atau pengennya jadi pegawai negeri ?
    • By desmaster
      Teman-teman jalan2ers sekalian, saya teringat waktu masih kuliah, dosen saya pernah bertanya di kelas.. perusahaan apa saja yang berkualitas internasional dan membanggakan dari Indonesia? Kalau pertanyaan yang sama ditanyakan ke Jepang atau ke Amerika, bisa-bisa 1 kelas angkat tangan semua buat menjawab, karena ada segitu banyaknya perusahaan mereka yang luar biasa. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

      Waktu itu kelas saya menjawab Indofood. Astra juga. Tapi kondisi sekarang ini setau saya kedua perusahaan itu saham utamanya sudah bukan di Indo. Waktu itu saya sempat pikir beberapa minggu, dan akhirnya menemukan satu perusahaan asli Indo yang memenuhi kriteria... PT. Pindad.. perusahaan yang membuat senjata, yang kualitasnya juga cukup terkenal di dunia.

      Kalau dalam dunia industri kreatif, sebenarnya Indonesia ada juga perusahaan-perusahaan yang terkenal di mata dunia. Dalam industri flash games, ada yang namanya toge productions, yang saya tau sudah pernah menang cukup banyak penghargaan internasional, dan jadi pembicara internasional.

      Nah teman-teman apa bisa menyebutkan perusahaan-perusahaan lainnya?