• 0
adriepn

Trip To Taman Nasional Baluran Dsk, Jawa Timur

Question

Hi guys,

 

Saya ada planning mau mlipir ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, dalam waktu dekat. Rencana sebelum puasa dah bisa kesana. 

 

Apalagi melihat kalender, bulan Maret & Mei ada libur yg bisa dibablas. Mei apalagi, bisa libur seminggu..   :terpesona

 

Rencana spot nya adalah : Taman Nasional Baluran, Pantai Bama, & Kawah Ijen. Urutannya bisa ditentukan kemudian. 

 

Berhubung saya belum pernah ke Baluran, saya mohon saran dari teman-teman yang sudah pernah mampir kesana, mengenai rencana trip ini  :

 

1.   Antara Maret ato Mei, mana yg paling pas ?

2.   Untuk 3 hari trip, mana yg memungkinkan ?

3.   Akses menuju kesana, mana lebih baik : kreta tapi ngingep semalem ato pesawat ?

4.   Fasilitas di tmpt tujuan, seperti apa ya ? Apakah hrs kemping ato nebeng rumah penduduk ?

5.   Saran tujuan tempat wisata disekitarnya, apalagi ya.. ?

 

Ditunggu share cerita nya ya..   :)

 

Makasih.

cc @deffa @Jalan2

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

47 answers to this question

  • 0

Hi guys,

 

Saya ada planning mau mlipir ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, dalam waktu dekat. Rencana sebelum puasa dah bisa kesana. 

 

Apalagi melihat kalender, bulan Maret & Mei ada libur yg bisa dibablas. Mei apalagi, bisa libur seminggu..   :terpesona

 

Rencana spot nya adalah : Taman Nasional Baluran, Pantai Bama, & Kawah Ijen. Urutannya bisa ditentukan kemudian. 

 

Berhubung saya belum pernah ke Baluran, saya mohon saran dari teman-teman yang sudah pernah mampir kesana, mengenai rencana trip ini  :

 

1.   Antara Maret ato Mei, mana yg paling pas ?

2.   Untuk 3 hari trip, mana yg memungkinkan ?

3.   Akses menuju kesana, mana lebih baik : kreta tapi ngingep semalem ato pesawat ?

4.   Fasilitas di tmpt tujuan, seperti apa ya ? Apakah hrs kemping ato nebeng rumah penduduk ?

5.   Saran tujuan tempat wisata disekitarnya, apalagi ya.. ?

 

Ditunggu share cerita nya ya..   :)

 

Makasih.

cc @deffa @Jalan2

 

Hi guys,

 

Saya ada planning mau mlipir ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, dalam waktu dekat. Rencana sebelum puasa dah bisa kesana. 

 

Apalagi melihat kalender, bulan Maret & Mei ada libur yg bisa dibablas. Mei apalagi, bisa libur seminggu..   :terpesona

 

Rencana spot nya adalah : Taman Nasional Baluran, Pantai Bama, & Kawah Ijen. Urutannya bisa ditentukan kemudian. 

 

Berhubung saya belum pernah ke Baluran, saya mohon saran dari teman-teman yang sudah pernah mampir kesana, mengenai rencana trip ini  :

 

1.   Antara Maret ato Mei, mana yg paling pas ?

2.   Untuk 3 hari trip, mana yg memungkinkan ?

3.   Akses menuju kesana, mana lebih baik : kreta tapi ngingep semalem ato pesawat ?

4.   Fasilitas di tmpt tujuan, seperti apa ya ? Apakah hrs kemping ato nebeng rumah penduduk ?

5.   Saran tujuan tempat wisata disekitarnya, apalagi ya.. ?

 

Ditunggu share cerita nya ya..   :)

 

Makasih.

cc @deffa @Jalan2

Wisata lebi enakan musim panas mas, biar kena suasana afrika nya hehe :v

tp daripada maret mending mei, maret gini masih hujan, ga enx kan hujan"an. Hewan jg pada berteduh ga keluyuran hehe..

pantai bama ada di dalam baluran nat park mas.

mo inap bisa, ga inap jg bisa. tp low mo inap di dalam tamana nas harus booking jauh hari.

untuk penginapan ada 2, di bekol sama bama, yg murah ada di bekol, 1 org cuma 35 ribu, kalo di bama 75 rb/org. cuma di bekol ga ada kantin.. makan bisa pesan untuk diantar ke bekol dari kantin yg di bama.

pesawat mo ga mau turun malang or surabaya. katanya banyuwangi ada bandara kecil, cuma belum tahu komersil atau bukan. kalo kereta api sama, bisa dari surabaya/malang. masnya berangkat darimana?

kemping bole, tp di dekat post depan, kalo di dalam baluran ga bole kemping kecuali rombongan ratusan org hingga penginapan ga bisa nampung. fasilitas tenang aja, semua lengkap, cuma seperti biasa listrik jam 5 mpe jam 11 malam baru ada. kalo mo colok hape, charger dll bisa nebeng di post.

wisata sekitar sy kurang paham, mending tanya reg banyuwangi aja ya hehe ^^ kyknya agak jauhan.

untuk kawah ijen, banyak cara menuju kesana .. ada yg turun stasiun di stasiun ?? (mungkin baca aja Fr nya mas @hanung yg baru aja kesana), ada juga yg dari arah Stasiun Banywangi baru/ketapang).

mungkin sekian sedikit pencerahan saya, kiranya membantu :)

maav kalo salah mohon koreksi

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Varanus,

 

Wuih.. thx lo iki infone. Saya start dari Jkt. 

 

Plan nya sih mungkin pk pswat, utk kejar waktu krn hanya ngambil wkt libur kejepit. Semoga yg Malang bisa dipake komersil.

 

Pertanyaan saya slnjutnya : 

1.   Dari Malang ato lanjut daratnya pk bus apa ya ? 

2.   Klo dari Sby, lnjut ke Balurannya pake kreta ato bus ? (kli aj ada kreta.. hehehehe)

3.   Rute nya yg enak gimana ya mas ?

 

Makasih lhoo...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hi guys,

 

Saya ada planning mau mlipir ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, dalam waktu dekat. Rencana sebelum puasa dah bisa kesana. 

 

Apalagi melihat kalender, bulan Maret & Mei ada libur yg bisa dibablas. Mei apalagi, bisa libur seminggu..   :terpesona

 

Rencana spot nya adalah : Taman Nasional Baluran, Pantai Bama, & Kawah Ijen. Urutannya bisa ditentukan kemudian. 

 

Berhubung saya belum pernah ke Baluran, saya mohon saran dari teman-teman yang sudah pernah mampir kesana, mengenai rencana trip ini  :

 

1.   Antara Maret ato Mei, mana yg paling pas ?

2.   Untuk 3 hari trip, mana yg memungkinkan ?

3.   Akses menuju kesana, mana lebih baik : kreta tapi ngingep semalem ato pesawat ?

4.   Fasilitas di tmpt tujuan, seperti apa ya ? Apakah hrs kemping ato nebeng rumah penduduk ?

5.   Saran tujuan tempat wisata disekitarnya, apalagi ya.. ?

 

Ditunggu share cerita nya ya..   :)

 

Makasih.

cc @deffa @Jalan2

klo  akhr maret bisa barengan nih

3hari dr sby biasanya q rutenya baluran, ijen, bromo,

baluran, ijen, papuma jg bisa

klo transport umum saya kurang paham, krn klo gk open trip yaw motoran.

 

di baluran gk bisa camping, krn monyetnya galak2 dan sudah jd peraturan, ada penginapan mulai 50 - 75 per orang

di kawah ijen bisa camping atau homestay 160 - 400 per kamar (1 max 2 orang) kalau gk salah krn biasanya camping klo ke ijen

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Varanus,

 

Wuih.. thx lo iki infone. Saya start dari Jkt. 

 

Plan nya sih mungkin pk pswat, utk kejar waktu krn hanya ngambil wkt libur kejepit. Semoga yg Malang bisa dipake komersil.

 

Pertanyaan saya slnjutnya : 

1.   Dari Malang ato lanjut daratnya pk bus apa ya ? 

2.   Klo dari Sby, lnjut ke Balurannya pake kreta ato bus ? (kli aj ada kreta.. hehehehe)

3.   Rute nya yg enak gimana ya mas ?

 

Makasih lhoo...

3 hari ya mas? itu uda kepotong perjalanan? mungkin kayaknya ga bakal cukup deh hehe..

saran kalo masnya belum pernah ke bromo, ubah destinasi ke bromo aja, karena bulan mei rencana tiket naik berkali kali lipat, dari 10.000 ke 37.500

saran sihh, kalo masih nekat ya coba aja yg memungkinkan saja, karena lokasi baluran dan ijen jika menggunakan transportasi umum ga bakal cukup 1 hari saja. ribetnya minta ampun..

Fr nya mas @hanung naik kereta api turun stasiun ???, kalisetail low ga salah untuk ke kawah ijen kok mas.

 

1. Ini tujuan mana mas?

2. Tujuan Baluran. Kalo naik bus dari malang maupun dari surabaya harus estafet mas bus nya AKAS (pake AKAS jgn Ladju), turun di probolinggo, lanjut bus ke arah Situbondo, bilang aja turun di BATANGAN, Baluran). Perjalanan krg lebih 8 - 9 jam!!

kalo naik kereta api bisa dari surabaya (Mutiara Timur) atau Malang (Tawang alun). turun di Banyuwangi baru / ketapang, mending ambil ini mas KA 79 Express Mutiara Timur Malam SURABAYA GUBENG 22.00 – BANYUWANGI 04.25, kalo dari malang Tawng Alun nyampenya jm 22.30 malam, harus inap di stasiun dulu baru esok pagi berangkat ke baluran or ke ijen jg bisa hehe..

3. Rutenya? semua trgnt kondisi masnya..

mo nanya, kira" brp org? bw rombongan ga? trus cek dulu jadwal pesawat jakarta - banyuwangi, (lokasi, akses bandara jg berpengaruh pada acara :) )

mohon bantuan dari Region Banyuwangi

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

@Varanus

@adriepn

oiya soal bandara banyuwangi ada kok dan komersil

garuda kesana dari jakarta

 

@aRai

oiya bener mas @Agus Bolang Setiawan mungkin bsa bantu

yaya.. sy kurang paham soal itu hehe..

garuda? wah pasti ga murah hehe.. :=D

apalagi jrg dengar penumpang naik pesawat turun ke banyuwangi..

tp coba aja brwosing lokasi bandara.. lokasi, akses jg berpengaruh.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

klo  akhr maret bisa barengan nih

3hari dr sby biasanya q rutenya baluran, ijen, bromo,

baluran, ijen, papuma jg bisa

klo transport umum saya kurang paham, krn klo gk open trip yaw motoran.

 

di baluran gk bisa camping, krn monyetnya galak2 dan sudah jd peraturan, ada penginapan mulai 50 - 75 per orang

di kawah ijen bisa camping atau homestay 160 - 400 per kamar (1 max 2 orang) kalau gk salah krn biasanya camping klo ke ijen

 

klo  akhr maret bisa barengan nih

3hari dr sby biasanya q rutenya baluran, ijen, bromo,

baluran, ijen, papuma jg bisa

klo transport umum saya kurang paham, krn klo gk open trip yaw motoran.

 

di baluran gk bisa camping, krn monyetnya galak2 dan sudah jd peraturan, ada penginapan mulai 50 - 75 per orang

di kawah ijen bisa camping atau homestay 160 - 400 per kamar (1 max 2 orang) kalau gk salah krn biasanya camping klo ke ijen

Maav ralat sedikit.

Di baluran boleh kemping kok mas, lokasinya di gardu paling depan dekat pintu masuk dan goa jepang hehe.. tapi kalo di bekol dan bama memang tidak boleh. :)

Tapi mohon maav, andai kemping areanya seraaammmm... :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tiga hari kayanya emang g cukup post_offline.pngadriepn , nyempil banget pemirsa ..saya juga seminggu berasa kurang soalnya disana banyak daerah yg cantik cantik , sayang kalo gak d eksplor

kalo ke taman balurannya kan jauh dari pemukiman penduduk, saran saya mending kemping di tepi pantai nya aja , sekalian bisa snorkling. tapi hati hati ama monyet dsna :ngeri beringas pemirsa ...tenda kunci rapat rapaaat dan jangan tinggalin makanan dalam tenda kalo g mau di amuk masa. betul kata mas post_offline.pngVaranus biar berasa d afrika :ngakak  bawa sunblok krn dsna panas bgt bs smp 50 derajat celcius , sehari disavana bisa jadi dendeng ..oiya , yang bisa lihat banteng mah mujur mujuran, bisi mau lihat banteng jadi jangan terlalu ngarep

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Maav ralat sedikit.

Di baluran boleh kemping kok mas, lokasinya di gardu paling depan dekat pintu masuk dan goa jepang hehe.. tapi kalo di bekol dan bama memang tidak boleh. :)

Tapi mohon maav, andai kemping areanya seraaammmm... :(

iya klo di depan boleh, tp camping di depan, untuk ke bekol atau bama masih sejam, dan agak ribet klo mau camping di baluran, ribet ijinya. klo pperorangan sih mungkin msh gampang, tp klo rombongan mending sewa di bama atau di bekol aja

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

3 hari ya mas? itu uda kepotong perjalanan? mungkin kayaknya ga bakal cukup deh hehe..

saran kalo masnya belum pernah ke bromo, ubah destinasi ke bromo aja, karena bulan mei rencana tiket naik berkali kali lipat, dari 10.000 ke 37.500

saran sihh, kalo masih nekat ya coba aja yg memungkinkan saja, karena lokasi baluran dan ijen jika menggunakan transportasi umum ga bakal cukup 1 hari saja. ribetnya minta ampun..

Fr nya mas @hanung naik kereta api turun stasiun ???, kalisetail low ga salah untuk ke kawah ijen kok mas.

 

1. Ini tujuan mana mas?

2. Tujuan Baluran. Kalo naik bus dari malang maupun dari surabaya harus estafet mas bus nya AKAS (pake AKAS jgn Ladju), turun di probolinggo, lanjut bus ke arah Situbondo, bilang aja turun di BATANGAN, Baluran). Perjalanan krg lebih 8 - 9 jam!!

kalo naik kereta api bisa dari surabaya (Mutiara Timur) atau Malang (Tawang alun). turun di Banyuwangi baru / ketapang, mending ambil ini mas KA 79 Express Mutiara Timur Malam SURABAYA GUBENG 22.00 – BANYUWANGI 04.25, kalo dari malang Tawng Alun nyampenya jm 22.30 malam, harus inap di stasiun dulu baru esok pagi berangkat ke baluran or ke ijen jg bisa hehe..

3. Rutenya? semua trgnt kondisi masnya..

mo nanya, kira" brp org? bw rombongan ga? trus cek dulu jadwal pesawat jakarta - banyuwangi, (lokasi, akses bandara jg berpengaruh pada acara :) )

mohon bantuan dari Region Banyuwangi

 

mas @Varanus

 

dalam FR ku emang aq turun di stasiun kalistail tp sdh di jemput rental jd aq lansung ke PM dan malam nya ke ijen mas.... :) :)

 

mas @adriepn

 

mas klo ambil spot nya ijen - baluran yg di ambil duluan itu ijen - baluran - pantai bama nah untuk rute bisa dr surabaya gubeng naik :kereta :kereta

ambil yg pagi hari jam 9 pagi dengan mutiara timur turun stasiun banyuwangi baru br lanjut ke ijen mas...btw mas berapa orang yaaa klo sendiri sedikit repot siihhh

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tiga hari kayanya emang g cukup post_offline.pngadriepn , nyempil banget pemirsa ..saya juga seminggu berasa kurang soalnya disana banyak daerah yg cantik cantik , sayang kalo gak d eksplor

kalo ke taman balurannya kan jauh dari pemukiman penduduk, saran saya mending kemping di tepi pantai nya aja , sekalian bisa snorkling. tapi hati hati ama monyet dsna :ngeri beringas pemirsa ...tenda kunci rapat rapaaat dan jangan tinggalin makanan dalam tenda kalo g mau di amuk masa. betul kata mas post_offline.pngVaranus biar berasa d afrika :ngakak  bawa sunblok krn dsna panas bgt bs smp 50 derajat celcius , sehari disavana bisa jadi dendeng ..oiya , yang bisa lihat banteng mah mujur mujuran, bisi mau lihat banteng jadi jangan terlalu ngarep

cc @adriepn

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

3 hari ya mas? itu uda kepotong perjalanan? mungkin kayaknya ga bakal cukup deh hehe..

saran kalo masnya belum pernah ke bromo, ubah destinasi ke bromo aja, karena bulan mei rencana tiket naik berkali kali lipat, dari 10.000 ke 37.500

saran sihh, kalo masih nekat ya coba aja yg memungkinkan saja, karena lokasi baluran dan ijen jika menggunakan transportasi umum ga bakal cukup 1 hari saja. ribetnya minta ampun..

Fr nya mas @hanung naik kereta api turun stasiun ???, kalisetail low ga salah untuk ke kawah ijen kok mas.

 

1. Ini tujuan mana mas?

2. Tujuan Baluran. Kalo naik bus dari malang maupun dari surabaya harus estafet mas bus nya AKAS (pake AKAS jgn Ladju), turun di probolinggo, lanjut bus ke arah Situbondo, bilang aja turun di BATANGAN, Baluran). Perjalanan krg lebih 8 - 9 jam!!

kalo naik kereta api bisa dari surabaya (Mutiara Timur) atau Malang (Tawang alun). turun di Banyuwangi baru / ketapang, mending ambil ini mas KA 79 Express Mutiara Timur Malam SURABAYA GUBENG 22.00 – BANYUWANGI 04.25, kalo dari malang Tawng Alun nyampenya jm 22.30 malam, harus inap di stasiun dulu baru esok pagi berangkat ke baluran or ke ijen jg bisa hehe..

3. Rutenya? semua trgnt kondisi masnya..

mo nanya, kira" brp org? bw rombongan ga? trus cek dulu jadwal pesawat jakarta - banyuwangi, (lokasi, akses bandara jg berpengaruh pada acara :) )

mohon bantuan dari Region Banyuwangi

 

 

Alo mas.. kebetulan saya sudah pernah ke Bromo, jadi ga mau kesana lagi. Maybe akan balik lagi ke Bromo, nanti2 lagi lah..

 

Sebenernya rencana trip nya masih tentatif, melihat akses kesananya. Dari cerita nya mas'e kayanya klo digabung ke Ijen, bakal ga kekejar. Jadi pertimbangan berikutnya, mungkin hanya Baluran saja.

 

Rencana sih ga bnyk org. Sekitar 3-5 org aj. 

 

Ini saya juga masih cek ricek ama pswat & kreta.

 

OK mas, tngkyu banget lho sarannya.. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mas @Varanus

 

dalam FR ku emang aq turun di stasiun kalistail tp sdh di jemput rental jd aq lansung ke PM dan malam nya ke ijen mas.... :) :)

 

mas @adriepn

 

mas klo ambil spot nya ijen - baluran yg di ambil duluan itu ijen - baluran - pantai bama nah untuk rute bisa dr surabaya gubeng naik :kereta :kereta

ambil yg pagi hari jam 9 pagi dengan mutiara timur turun stasiun banyuwangi baru br lanjut ke ijen mas...btw mas berapa orang yaaa klo sendiri sedikit repot siihhh

 

Hmmm.. bgtu ya..  :bingung

 

Rencana sih cuma dikitan, 3-5 org aj.. Cuma iseng pgn jalan daripada bengong di rumah.. 

 

Tapi berhubung dari grup saya ini buta Jatim semua, jd memang kynya perlu org yg dah katam daerah sana.. hehe..

 

Saya sih ga akan maksain diri klo memang tidak memungkinkan. Maka nya saya nanya2 dulu nih..  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hmmm.. bgtu ya..  :bingung

 

Rencana sih cuma dikitan, 3-5 org aj.. Cuma iseng pgn jalan daripada bengong di rumah.. 

 

Tapi berhubung dari grup saya ini buta Jatim semua, jd memang kynya perlu org yg dah katam daerah sana.. hehe..

 

Saya sih ga akan maksain diri klo memang tidak memungkinkan. Maka nya saya nanya2 dulu nih..  :)

mas untuk itu yaa rental mobil mas untuk bisa kemana2xx mas mungkin bisa tambah destinasi lgi thu ga cm 2 mungkin 3 atau 4 mas...untuk rental mobil di sana 350rb per hari + sopir tp blm BBM mas klo butuh info nanti ku bantu mba mungkin FR ku bisa jadi patokan aja mas

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya ada rencana ni ke sekitaran banyuwangi kalo bisa ijen, papuma, baluran teluk ijo antara tgl 7-12 om kalo waktunya ngepas di tgl segitu bisa kita barengan biar ada temen saya sementara masih solo traveller :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya ada rencana ni ke sekitaran banyuwangi kalo bisa ijen, papuma, baluran teluk ijo antara tgl 7-12 om kalo waktunya ngepas di tgl segitu bisa kita barengan biar ada temen saya sementara masih solo traveller :D

coba colek @adriepn :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya ada rencana ni ke sekitaran banyuwangi kalo bisa ijen, papuma, baluran teluk ijo antara tgl 7-12 om kalo waktunya ngepas di tgl segitu bisa kita barengan biar ada temen saya sementara masih solo traveller :D

 

alo mas... wah waktu nya kita tidak cocok nih.. hehehe.. Dan grup saya masih proses pertimbangan mengingat jumlah spot dan waktu yg kita punya.. 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tiga hari kayanya emang g cukup post_offline.pngadriepn , nyempil banget pemirsa ..saya juga seminggu berasa kurang soalnya disana banyak daerah yg cantik cantik , sayang kalo gak d eksplor

kalo ke taman balurannya kan jauh dari pemukiman penduduk, saran saya mending kemping di tepi pantai nya aja , sekalian bisa snorkling. tapi hati hati ama monyet dsna :ngeri beringas pemirsa ...tenda kunci rapat rapaaat dan jangan tinggalin makanan dalam tenda kalo g mau di amuk masa. betul kata mas post_offline.pngVaranus biar berasa d afrika :ngakak  bawa sunblok krn dsna panas bgt bs smp 50 derajat celcius , sehari disavana bisa jadi dendeng ..oiya , yang bisa lihat banteng mah mujur mujuran, bisi mau lihat banteng jadi jangan terlalu ngarep

yaaa.. kayaknya mustahil deh cuma 3 hari kunjungi 2 lokasi tersebut ala backpak, kecuali bawa kendaraan sendiri.

untuk backpak ke kawah ijen dan baluran masih terhitung susah mas, beda lagi backpack ke bromo yg memang sudah terorganisasi :)

mending yg memungkinkan saja, itu saran saya.

Ralat, untuk mas @choco, untuk kemping tidak diperbolehkan di dalam taman nas, kecuali di gardu paling depan :)

yups, musim panas lebih bagus berasa afrikanya!!!

Waaa.. mas Choco rupanya bawa termometer ni hehe =D :P

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

iya klo di depan boleh, tp camping di depan, untuk ke bekol atau bama masih sejam, dan agak ribet klo mau camping di baluran, ribet ijinya. klo pperorangan sih mungkin msh gampang, tp klo rombongan mending sewa di bama atau di bekol aja

yup, itu suda..

oia, infonya (colek @adriepn)

Taman Nasional Baluran buka mulai pagi jam 06.00 sampe 16.00

Kalo ada yg suda datang malam" atau dini hari bisa hubungi dulu pihak / petugas Taman nas Baluran (janjian) biar di bukakan.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mas @Varanus

 

dalam FR ku emang aq turun di stasiun kalistail tp sdh di jemput rental jd aq lansung ke PM dan malam nya ke ijen mas.... :) :)

 

mas @adriepn

 

mas klo ambil spot nya ijen - baluran yg di ambil duluan itu ijen - baluran - pantai bama nah untuk rute bisa dr surabaya gubeng naik :kereta :kereta

ambil yg pagi hari jam 9 pagi dengan mutiara timur turun stasiun banyuwangi baru br lanjut ke ijen mas...btw mas berapa orang yaaa klo sendiri sedikit repot siihhh

ohh gt... rental pesan dimana mas? harganya berapa? mungkin bisa beri info :)

yappp... harus tahu berapa org, karena kalo solo bakal puyeng.. ya ga mas @hanung ?

saya aja pingin coba ke ijen backpack masih kurang berani :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Alo mas.. kebetulan saya sudah pernah ke Bromo, jadi ga mau kesana lagi. Maybe akan balik lagi ke Bromo, nanti2 lagi lah..

 

Sebenernya rencana trip nya masih tentatif, melihat akses kesananya. Dari cerita nya mas'e kayanya klo digabung ke Ijen, bakal ga kekejar. Jadi pertimbangan berikutnya, mungkin hanya Baluran saja.

 

Rencana sih ga bnyk org. Sekitar 3-5 org aj. 

 

Ini saya juga masih cek ricek ama pswat & kreta.

 

OK mas, tngkyu banget lho sarannya.. 

ohh gt.. ya uda deh gpp kalo uda prnh ke bromo.. mumpung masih murah, mei tar rencananya bakal nae berkale lipat :)

ber 3 - 5 ya? mendingan deh

kalo saya bole saran dgn posisi mas di jakarta, memang mending ke baluran aja deh. akses ke baluran masih gampang karena dilewat jalan lintas provinsi situbondo - banyuwangi.

(lokasi gerbang taman nas baluran ada di pinggir jalan situbondo - banyuwangi)

kalo ke ijen rasanya susah kalau pingin cepet" hehe.. next time aja

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now