Sign in to follow this  
ulie

Pepes daun Mengkudu (Pace)

6 posts in this topic

Udah pernah nyoba mencicipi pepes daun mengkudu...sensai rasanya bisa menghabiskan nasi apalagi disantap saat masih hangat...berikut resepnya,

Pepes Daun Mengkudu (Pace)

Bahan:

20 lembar daun pace (pilih yang tidak terlalu tua)

25 ons ebi kering/ikan peda

¼ butir kelapa muda parut

Daun pisang secukupnya

Bumbu:

5 siung bawang putih

10 siung bawang merah

1 sdm ketumbar

1 ruas jari lengkuas

1 ruas jari kencur

2 tomat ukuran sedang

¾ lembar daun jeruk purut

5 buah cabe rawit

2 buah cabe merah besar

5 buah cabe hijau besar

Garam, gula dan bumbu penyedap secukupnya.

Cara membuat:

1. Buang tulang daun mengkudu, potong-potong halus memanjang. Rendam dengan air panas selama 15 menit hingga layu dan berwarna hijau gelap, setelah itu tiriskan.

2. Haluskan semua bumbu, kecuali cabe merah dan cabe hijau cukup dipotong halus, campur daun mengkudu yang sudah layu, tambahkan ebi, dan kelapa parut. Aduk semua hingga merata.

3. Siapkan daun pisang, bungkus memanjang seperti pepes dan semat dengan lidi. Kukus selama 15 menit. Pepes daun mengkudu siap disajikan.

Selamat mencoba...

Share this post


Link to post
Share on other sites

mengkudu itu kalo tidak salah bau yah?

untuk menghilangkan baunya, apa ada cara khususnya?

lalu untuk rasanya sendiri bagai mana yah?

soalnya, untuk buahnya saja, saya tidak suka karen baunya yang sangat menyengat. hehehehe....

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah saya tidak suka mengkudu dan turunanya. sama seperti mas Esha, baunya benar2x menyengat di hidung.

walaupun saya tahu, mengkudu banyak manfaatnya.

tapi, kalo harus memakan mengudu, saya akan memikir untuk kedua kalinya.

haha

Share this post


Link to post
Share on other sites

Walah baru tau sy ada pepes daun mengkudu soalnya taunya buah nya banyak manfaatnya bs buat mengusir tikus, jd taruh buah mengkudu di pojok pojok rumah yg suka didatangi tikus ( soalnya saking baunya tikus aja nga suka :P )

Share this post


Link to post
Share on other sites

mengkudu itu kalo tidak salah bau yah?

untuk menghilangkan baunya, apa ada cara khususnya?

lalu untuk rasanya sendiri bagai mana yah?

soalnya, untuk buahnya saja, saya tidak suka karen baunya yang sangat menyengat. hehehehe....

Emang buah pace baunya menyengat banget, tapi kalo daunnya ngga berbau, bahkan kalo sudah jadi pepes, ngga ada aroma pace sama sekali....sebenarnya ak juga ngga suka dengan buah pace maupun segala makanan yang berkaitan dengan buah pace, tapi kalo olahan daun pace, ok banget..buktikan saja...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ulie
      Udah pernah nyoba mencicipi pepes daun mengkudu...sensai rasanya bisa menghabiskan nasi apalagi disantap saat masih hangat...berikut resepnya,

      Pepes Daun Mengkudu (Pace)

      Bahan:
      20 lembar daun pace (pilih yang tidak terlalu tua)
      25 ons ebi kering/ikan peda
      ¼ butir kelapa muda parut
      Daun pisang secukupnya

      Bumbu:
      5 siung bawang putih
      10 siung bawang merah
      1 sdm ketumbar
      1 ruas jari lengkuas
      1 ruas jari kencur
      2 tomat ukuran sedang
      ¾ lembar daun jeruk purut
      5 buah cabe rawit
      2 buah cabe merah besar
      5 buah cabe hijau besar
      Garam, gula dan bumbu penyedap secukupnya.

      Cara membuat:
      1. Buang tulang daun mengkudu, potong-potong halus memanjang. Rendam dengan air panas selama 15 menit hingga layu dan berwarna hijau gelap, setelah itu tiriskan.
      2. Haluskan semua bumbu, kecuali cabe merah dan cabe hijau cukup dipotong halus, campur daun mengkudu yang sudah layu, tambahkan ebi, dan kelapa parut. Aduk semua hingga merata.
      3. Siapkan daun pisang, bungkus memanjang seperti pepes dan semat dengan lidi. Kukus selama 15 menit. Pepes daun mengkudu siap disajikan.

      Selamat mencoba...