shata

Fr: Bah Lias - Samosir - Berastagi - Medan (Ii)

18 posts in this topic

Di FR Bah Lias-Samosir-Berastagi-Medan bagian I, TS udah bahas perjalanan TS dari hari pertama sampe hari kedua. Nah sekarang FR bagian II, TS mau bahas hari ketiga sampe hari kelima. Cekidawtz!!

 

Day 3 Pulau Samosir - Karo - Sidikalang - Berastagi

Perjalanan TS masih panjang, jadi TS gak bisa lama2 di Pulau Samosir. Hari ketiga, abis sarapan (disediain sama hotel) dan beres2, TS lanjutin perjalanan ke tujuan berikutnya: Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun ini berada di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Kabupaten Karo sering disebut dengan Tanah Karo oleh orang2 setempat. Jadi, TS harus menginjakkan kaki di Tanah Karo dulu baru bisa ke Air Terjun Sipiso-piso.

 

Tanah Karo udah gak di Pulau Samosir lagi tapi udah di daratan utama Medan. Tanah Karo masih berbatasan sama Danau Toba, jadi kita masih bisa liat Danau Toba di beberapa sisi Tanah Karo. Buat ke Tanah Karo, TS harus naik ferry lagi. Kali ini bukan ke Pelabuhan Ajibata tapi ke Pelabuhan Tigaras, naik ferry nya dari Pelabuhan Simanindo karena lebih deket ke Tigaras.

 

Dari Samosir Villa ke Pelabuhan Simanindo kira2 20 menitan. Di perjalanan ini, TS bener2 ngerasaian suasana pedesaan. Betapa tenang dan simpelnya hidup orang2 di Samosir. Kontras banget sama Jakarta lah.. Mana alamnya bagus banget pula! *ngiri* TS sampai di pelabuhan jam 10.44 dan nggak pake nunggu lama, ferry langsung berangkat. Sampai di Pelabuhan Tigaras jam 11.13. Cepet kan?

 

b9a8bc01-b5f8-4802-9f7c-292c7fe23774_zps

Loket di Pelabuhan Tigaras

 

Dari Pelabuhan Tigaras, TS lanjut ke Desa Tongging, Tanah Karo. Tigaras-Tongging sekitar 1 jam 15 menit. Jalan besar dari Tigaras ke Tongging, setau TS, cuma satu dan ada di sisi Danau Toba. Jadi di beberapa bagian jalan, kita masih bisa liat Danau Toba + perbukitan disekitarnya. Nggak ada salahnya buat berenti sebentar buat foto2. Percaya, keindahan alamnya gak ada yang bisa nyaingin  ;)

 

AIR TERJUN SIPISO-PISO

TS sampe di Tongging sekitar 1 jam kemudian. Pas ada plang ijo penunjuk jalan ke Air Terjun Sipiso-piso, TS langsung pastiin ke penduduk sekitar. Ternyata plang yang nunjukin ke arah kiri itu bener. Di tengah jalan setelah belok ke kiri, jalannya jadi cabang 2 dan gak ada petunjuk sama sekali. TS ikutin feeling tetep lurus aja Alhamdulillah ternyata bener. Cabang yang ke arah kiri itu kayaknya mengarah ke tempat tinggi dimana kita bisa liat Danau Toba dan pemandangan di sekitarnya dari atas. Kalau mau langsung ke air terjun, ambil jalan yang lurus.

 

 

IMG_1840_zpse6f1d8a2.jpg

Area parkir dan area depan Air Terjun Sipiso-piso

 

Kalau udah sampe di tempat kayak foto TS diatas, berarti kita udah sampai di area Air Terjun Sipiso-piso. Tempat parkir mobilnya ada diseberang warung2 ini. Air Terjun Sipiso-piso letaknya dibawah, jadi setiap pengunjung harus turun tangga dulu. Tangganya gak terlalu curam, tapi banyak sampah dan railing tangganya udah pada copot semua  :( 

 

Setelah turun tangga kurang lebih 300 meter, TS sampe di area yang landai. Di area ini Air Terjun Sipiso-piso udah keliatan jelas, jadi kita udah bisa foto dengan background Air Terjun. Buat yang mau liat air terjun secara lebih deket atau mau berendem di dasar air terjun, bisa turun tangga lagi terusss menuju ke bawah. Tangga lanjutan ini lebih curam dan berkelak-kelok. Karena TS ngejar waktu dan bawa orang tua (baca: ibu dan bapak TS) yang bisa kejang2 kalau dipaksa sampe ke bawah, TS akhirnya lanjutin perjalanan.

 

a0926de5-a87d-4262-bbac-f64579b06f94_zps

 

Dari Pelabuhan Tigaras ke lokasi Air Terjun Sipiso-piso jarang banget ada tempat makan yang lumayan, sedangkan perut TS udah laper banget dari pas sampe di lokasi air terjun. Jadi setelah foto2 dan naik tangga yang sama ke area parkir, TS langsung beli makan siang di warung2 yang ada di area parkir. TS bungkus makanannya dan makan di mobil sambil lanjutin perjalanan ke Taman Simalem Resort.

 

Taman Simalem Resort adalah sebuah penginapan yang masih berada di Desa Tongging. Karena masih satu desa sama Air Terjun Sipiso-piso, TS rencana mau nginep disana. Dari lokasi air terjun ke Taman Simalem Resort sekitar 45 menit. Pendiri Taman Simalem Resort adalah PT Merek Indah Lestari. PT ini sengaja mencari investor Singapura karena mau buat Taman Simalem Resort gak cuma sekedar penginapan biasa. Nanti TS bahas Taman Simalem Resort di trit yang lain karena ada banyak yang bisa diulas tentang penginapan ini.

 

Ternyata oh ternyata harga kamar buat 1 malam di Taman Simalem Resort cukup mahal.. Pasti sesuai sih sama fasilitasnya! tapi karena TS perginya rame2, jadi harus pesen dua kamar. Jadi makin mahal deh wkwk.. TS cuma bisa nginep selama 1 malem dan pas sampe di Taman Simalem Resort udah jam 3 sore. Pagi besoknya udah harus pergi lagi. Sayang kan waktunya? Jadilah TS cuma jalan2 sekaligus liat2 fasilitas yang ada di Taman Simalem Resort.

 

1393737352972_zpsbbb5f42d.jpg

Pintu Masuk Taman Simalem Resort

 

BERASTAGI

Setelah keliling2 Taman Simalem Resort, TS lanjutin perjalanan ke tujuan ketiga yaitu Berastagi. Berastagi adalah salah satu kecamatan di kabupaten Karo. Berastagi ibarat Puncak nya-kota Medan. Dataran tinggi, udara dingin, alam dan hasil buminya serba bagus, top markotop deh! Dari Desa Tongging (Taman Simalem Resort) ke Berastagi bisa ditempuh lewat Jalan Jamin GintingJalan ini akan mengarah ke Kecamatan Kabanjahe. Dari Kabanjahe jalanan akan terus menanjak karena udah deket sama Berastagi. Terus aja ikutin arah, 20 menitan lagi bakal sampe di Berastagi. Taman Simalem Resort-Berastagi sekitar 50 menit.

 

Kabanjahe adalah kecamatan yang cukup deket sama Gunung Sinabung. Jadi pas TS kesana, banyak posko2 pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung. Sedih liatnya  :( Oh iya, buat yang muslim, Kabanjahe dan Tanah Karo terkenal akan hidangan BPK (Babi Panggang Karo), jadi agak susah kalau mau cari makan. Untungnya, di tengah jalan Kabanjahe menuju Berastagi ada restoran cukup besar dan halal, namanya Assri. Hidangan utama resto ini adalah ayam kremes. Recommended karena makanan yang TS pesen enak semua Emoticon%20Oke.gif 

 

TS sampai di Berastagi sekitar jam 6 sore. Layaknya daerah wisata dan pegunungan, di Berastagi ada berbagai pilihan penginapan. TS pilih Hotel Sibayak Berastagi yang ada di Jalan Merdeka. Kata sepupu TS yang pernah nginep, Hotel Sibayak adalah hotel lama yang cukup terkenal. Yang punya adalah PT Merek Indah Lestari, jadi masih 1 grup sama Taman Simalem Resort. Letaknya juga gak jauh dari pusat kota.

 

TS gak booking dulu sebelumnya karena pas itu bukan musim liburan jadi yakin dapet kamar. Eh ternyata bener kalau hotelnya gak terlalu rame. Jadinya TS dapet harga spesial dari resepsionisnya. 1 family cottage (1 unit ada 2 kamar gede) seharga 1,1 juta per malam. Dari ukuran kamar dan kasur, kamar jenis ini bisa muat sampai 8 orang.

 

post-2443-0-99492300-1394900559_thumb.jp

Family cottage Hotel Sibayak

 

 

Day 4 Berastagi - Medan

Hari keempat TS bangun pagi2 buat liat panorama Berastagi di kala pagi *aseeek* Begitu keluar hotel, udara pegunungan langsung kerasa. Sebelum sarapan, TS mau jalan2 ke sekitar hotel dulu. Tanya2 sama penduduk setempat katanya ada pasar buah dibawah. TS jalan kaki ke arah jalan turunan sampe ke pasar buah. Persis sebelum pasar ada area besar tempat jualan bunga. Karena masih pagi penjualnya belom ada semua.

 

Namanya juga daerah pegunungan, bunga2 aneka jenis dan warna dijual di pasar Berastagi ini. Jalan2ers yang tinggal gak jauh dari Berastagi, TS saranin beli deh.. Bagus2 banget bunganya! Kalau Jalan2ers tinggal di dataran tinggi yang jauh dari Medan, bisa beli bibit dari bunga2 tersebut. Rata2 dijual 10.000 buat 3 bibit. Murah banget kan? Jangan lupa buat tanya gimana cara nanemnya yaa! TS beli bibit seledri, brokoli, dan salah satu jenis bunga.

 

TS lanjut jalan ke pasar buah. Pasar buah ini mirip sama pasar2 tradisional, banyak kios dan ada atapnya. Buah dan sayur jadi bahan utama yang dijual di pasar ini. Lagi2, buah + sayurnya banyak jenisnya dan seger2. TS pengen cari buah yang belum pernah TS coba, kebetulan ada penjual jeruk madu, jeruk khas Berastagi. Rasanya enak dan manis, harganya 18 ribu/kilo (harga awal yang dikasih penjual masih bisa ditawar). Setelah mengantongi berbagai macam buah2an, TS balik ke hotel naik angkot yang ngetem didepan pasar. 

 

post-2443-0-39752200-1394900747_thumb.jppost-2443-0-08902600-1394900884_thumb.jp

Contoh bunga dan buah yang ada di Pasar Berastagi

 

Sampai di hotel, TS langsung sarapan di restoran hotel, beres2, dan lanjutin perjalanan. Agenda terakhir TS adalah ke Medan, tapi sebelumnya TS mau wisata ke Taman Alam Lumbini dulu. Taman Alam Lumbini adalah pagoda tertinggi di Indonesia dan bangunannya adalah replika dari Pagoda Shwa Degon, pagoda terkenal di Myanmar. Wow banget yah! Pagoda ini masih ada di kawasan Berastagi, sekitar 20 menit dari Hotel Sibayak. 

 

Abis keliling2 Taman Alam Lumbini, TS makan di Rumah Makan Family yang ada diseberang Hotel Sibayak. TS rela balik lagi karena RM ini cukup terkenal di Berastagi padahal cuma rumah makan biasa. Sepupu TS setiap ke Berastagi pasti makan disana. Ternyata emang worth banget. Menunya banyak (ada makanan khas jawa, sunda, dll), harganya murah, pelayanannya cepet pula!

 

Sehabis makan, TS liat plang penunjuk arah ke Bukit Gundaling. Kata sepupu TS Bukit Gundaling udah deket banget sama Hotel Sibayak, kira2 3 km terus ke atas. Bukit Gundaling ibarat daerah Dago Atas-nya Berastagi, dimana kita bisa liat pemandangan Berastagi dan sekitarnya dari atas bukit. Sebelum masuk ke area Bukit Gundaling, kita harus bayar tiket masuk 2000/orang dan kalo mau parkir mobil harus tambah berapa belas ribu rupiah. TS gak berniat buat lama2 jadi cuma bayar tiket masuk aja. 

 

Ternyata Bukit Gundaling ditengah2nya ada taman, sayang taman ini kondisinya kurang terawat. Cafe2 besar macem di Dago Atas gitu gak ada, tapi ada saung2 pinggiran yang oke buat ngopi2 sambil liat pemandangan. Kalau mau naik delman, juga ada beberapa penduduk setempat yang nawarin jasa naik delman. Oh ya, karena waktu itu Gunung Sinabung lagi erupsi, TS bisa liat bukti nyatanya dari Bukit Gundaling. Atap2 bangunan hampir semuanya berdebu dan pemandangan jadi agak blur efek erupsi. 

 

post-2443-0-87794800-1394900658_thumb.jp

Pemandangan Berastagi 'berdebu' dari Bukit Gundaling

 

MEDAN

Dari Bukit Gundaling, TS langsung cus ke Medan. Setelah 1 jam lebih perjalanan, TS sampe juga di Medan. Finally, Medan, here I come!!! TS sampai di Medan sore sekitar jam 4an, langsung menuju Masjid Raya Medan buat sholat ashar. Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun ada di tengah kota Medan, di Jalan Sisingamangaraja. Masjid terindah dan terbesar di Sumatera Utara ini emang megah dan luas, one of the place to be seen in Medan.

 

0e6d7f34-2ff2-4c39-a5c2-83b6268aa6f2_zps

Masjid Raya Medan

 

Selesai ibadah, TS lanjut beli oleh2 di Bolu Meranti. Salah satu cabang asli Bolu Meranti ada di Jalan Sisingamaraja juga. Jadi, dari Masjid Raya tinggal lurus aja, tokonya ada di sebelah kanan jalan. Seperti biasa, toko Bolu Meranti selalu dipenuhi pengunjung, jadi harus sabar dan antri. Belum cukup sama Bolu Meranti, TS pergi lagi ke tempat oleh2 lain yaitu Durian House yang ada di Jalan Gajah Mada No. 26-28.

 

Sekitar jam 6 sore, sebagian besar oleh2 khas Medan udah kebeli. TS ke rumah sepupu TS dulu, buat taro barang dan istirahat sebentar. Abis itu langsung cus lagi buat makan seafood. Kata orang2 kan ke Medan belom afdol kalau belom makan seafood. Oke kalau gitu TS coba makan malem di salah satu tempat makan seafood terkenal di Medan, Wajir Seafood. Wajir Seafood ada di Jalan Kolonel Sugiono.  TS awalnya kira Wajir Seafood resto yang ada di dalam bangunan tapi ternyata outdoor dan letaknya ada di depan sebuah ruko. Kayak seafood2 di daerah Boulevard Kelapa Gading.

 

Biarpun begitu, Wajir Seafood super rame. Jarak 5 meter sebelum sampe aja mobil2 udah pada ngantri buat dapet parkir. Wajar sih, Wajir Seafood udah tersohor dan pengunjungnya ada terus. TS gak heran, menu seafood di Wajir cukup lengkap. Kepiting, udang, cumi, ikan, ada semua. Dan yang paling bikin TS takjub adalah harganya yang gak terlalu mahal + pelayanannya yang cepet, padahal pengunjung segitu banyaknya. Buat ukuran porsinya lumayan, bisa buat berdua. Soal rasa ada beberapa yang enak, ada beberapa yang biasa aja tapi so far recommended lah Emoticon%20Oke.gif 

 

Rencana awal setelah selesai makan malam adalah makan duren di Duren Ucok, kedai duren yang terkenal di Medan. Udah ke Medan harus makan duren dong?? Tapi rencana berubah karena TS diundang buat dateng kerumah orangtua suaminya sepupu TS. Eeh.. betapa beruntungnya TS, persis di depan rumah sepupu TS ternyata ada yang jual duren. TS langsung pilih dan tawar2, dapet 8 buah seharga 100.000 semuanya. Walau TS belom pernah coba Duren Ucok, duren yang TS beli hampir semua gak ada yang gagal. TS sampe2 mabok duren Emoticon%20Tersipu.gif 

 

Day 5 Medan - Jakarta

Hari kelima adalah hari terakhir TS di Medan. Penerbangan TS ke Jakarta jam 12 siang jadi jam 11 an udah harus ada di bandara. Paginya masih ada waktu buat sarapan dan jalan2 sebentar. TS diajak sarapan di Soto Sinar Pagi, salah satu kedai soto medan yang terkenal. Kedai ini masih satu kawasan sama Wajir Seafood. TS baru kali itu coba Soto Medan. Bentuknya mirip banget sama Soto Betawi tapi rasanya lebih kaya akan rempah. Untuk isinya kita bisa pilih mau daging dan jeroan sapi atau ayam. 

 

715d34c0-ca27-4bb4-9a75-a8afbbd88c34_zps

Soto Medan Sinar Pagi

 

Abis sarapan, TS lanjut ke Jalan Majapahit. Kanan-kiri jalan ini dipenuhi sama toko oleh2 khas Medan yang unik2. Tujuan TS kesini adalah beli kopi di toko KopiSidikalang.com. Toko kopi ini terkenal akan pesanan lewat website nya, makanya diberinama Kopisidikalang.com sesuai dengan nama websitenya. Pemilik toko kopi ini menjual berbagai macam kopi hasil produksinya sendiri. TS beli kopi sidikalang yang special mix dan teh hijau seduh. Abis mampir ke kopi sidikalang, TS udah gak sempet kemana2 lagi dan harus segera ke bandara. Dari tengah kota Medan (Jalan Majapahit) ke Bandara Kualanamu sekitar 1 jam. TS udah sampe di bandara setengah jam sebelum keberangkatan. 

b4b6ce45-b5f6-456b-a443-65ffd38dcb5d_zps

Toko KopiSidikalang.com di Jalan Majapahit 

 

Cao Medan! What a great city you are! See you next time Emoticon%20Kesengsem.gif  

 

Sumber foto: google+hasil jepretan TS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

@shata

o ini lanjutan yg kemaren ya

semakin dibaca semakin ngiler kenapa dlo gw gak sempet ke samosir

dua kali ke medan lewat semua :(

Mod aku denger2 lagi sakit yah? Apa udah sembuh Mod?

Hahaha gapapa Mod, next time kalo ke Medan pastiin ke Samosir. Siapa tau ketemu bule cantik  :dance

 

asyik ada lanjutan, nice share :rate

Hehe makasih mas.. maaf lama lanjutannya.. semoga bermanfaat   :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi kangen dengan sumatera udara...

dan recall my memory where I used to go to tigaraksa so often.............

 

one day I wl be there again.....in syaa Allah..

Share this post


Link to post
Share on other sites

itu nama sebuah kampung di perbatasan brastagi dan kaban jahe....

memang tidak seterkenal lingga maupun peceran, namun saya seringkali kesana dulu karena merupakan daerah pertanian..

jadi kalau kesana sering diijinkan ngambil buah markisa dari kebun , dan makan wortel langsung seperti kelinci :)

 

 

 

@jasmine

tigakarsa itu daerah apa mba ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

@Varanus

oh gitu 

ini FR day 1 day 2 >> http://forum.jalan2.com/topic/11696-fr-bah-lias-samosir-berastagi-medan-i/

 

@jasmine

tigakarsa itu daerah apa mba ?

 

@Varanus

oh gitu 

ini FR day 1 day 2 >> http://forum.jalan2.com/topic/11696-fr-bah-lias-samosir-berastagi-medan-i/

 

@jasmine

tigakarsa itu daerah apa mba ?

Seeppp, tengkyu om. Gimana caranya cari link Fr previous or next sih om?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now